Thursday, February 28, 2019

Skin Barrier Facial Wash dan TruWhite Activator C Serum: Solusi Kulit Wajah Kering dan Kusam dari Erha


Beberapa waktu yang lalu, lupa di mana, saya pernah membaca cerita tentang seseorang yang diminta untuk membelikan smartphone untuk keponakannya. Seseorang itu pun berniat membelikan smartphone merk terkenal. Tapi si keponakan malah meminta smartphone merk baru. Alasannya, karena kameranya canggih, jadi enggak perlu mengeluarkan biaya perawatan wajah, hihihi....

Duh, perempuan zaman now memang dimudahkan sekali dengan adanya kamera canggih yang bisa membuat wajah terlihat lebih mulus dan cerah secara instan. Tapi walau bagaimanapun, kecantikan seperti itu kan semu ya. Saya juga mau banget sih mempunyai smartphone dengan kamera canggih. Tapi merawat kulit wajah juga sangat penting.

Untuk memiliki wajah dengan kulit sehat dan cantik, perlu usaha yang enggak singkat. Usaha yang saya lakukan di antaranya yaitu:

Mengkonsumsi makanan gizi seimbang.
Sejak mempunyai anak, saya jadi lebih memerhatikan makanan yang kami konsumsi. Jadi, makan sayur dan buah sih aman ya. Begitupun minum air putih, minimal 8 gelas sehari. Tapi mungkin karena memang sudah dari sananya, kulit wajah saya tuh bawaannya kering terus. Jadi saat rajin makan sayur, buah, dan minum air putih pun, wajah selalu kering dan kusam. Apalagi kalau enggak rajin, beuh... lebih parah.

Menjaga gaya hidup sehat.
Saya memang enggak merokok. Enggak suka begadang juga kalau enggak terpaksa. Tapi... jarang olahraga. Sejak mempunyai anak, rasanya sulit memiliki waktu khusus untuk olahraga. Jadi olagraganya ya curi-curi saja, sambil jalan pagi sama anak, atau menari sambil menggendong anak.

Rutin menggunakan produk skincare.
Saya baru rutin menggunakan basic skincare (cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen) itu mulai setahun yang lalu. Karena dulunya cuek banget, akhirnya di usia kepala 3 ini sudah muncul kerutan di sekitar mata dan flek hitam di pipi, hiks....



Salah satu produk skincare yang saya gunakan selama ini adalah produk Over The Counter (OTC) dari Erha Skin, Hair & Laser Expert. Enak deh. Untuk mendapatkannya, enggak perlu konsultasi ke dermatologist di Erha Clinic. Mempunyai bayi begini, mana sempat pergi-pergi ke klinik. Berhubung masalah kulit saya masih termasuk ringan, jadi cukup menggunakan produk dari Erha Apothecary yang bisa dibeli secara bebas tanpa perlu resep dokter.



Karena cocok dengan produk sebelumnya, kali ini saya kembali mencoba produk Erha yang lain. Yaitu Skin Barrier Facial Wash, TruWhite Activator C Serum, dan TruWhite Activator Day Cream. 

Skin Barrier Facial Wash



Category: General Dermatology

Deskripsi: Sabun wajah untuk kulit kering, sensitif, dan atopi. Diformulasikan khusus dengan busa lembut dan bahan non-irritant untuk membersihkan wajah dari kotoran, sekaligus menjaga kelembapan dan fungsi barrier kulit. Tidak mengandung Paraben, SLS, perwarna, dan parfum.

Kemasan: Tube 60g

Kandungan:
  • PHA, Zinc PCA, dan bahan moisturizer yang merupakan bagian dari NMF (Natural Moisturizing Factor) untuk melembapkan dan menjaga fungsi barrier kulit
  • Aloe Vera dan bahan anti-inflamasi untuk menenangkan dan merawat kulit yang teriritasi ringan
  • Mild surfactant untuk membersihkan wajah dari kotoran dan aman untuk kulit sensitif

Cara Pemakaian: Aplikasikan pada wajah yang sudah dibasahi. Pijat lembut selama 1 menit. Bilas dengan air dan keringkan.

Harga: Rp 79.000


Kesan Awal:
Kemasannya berupa tube plastik dengan tutup bentuk fliptop. Karena enggak dibungkus dus, segelnya berada di lubang tube-nya. Jadi sebelum digunakan, buka dulu tutupnya, lepas segelnya, kemudian pasang lagi tutupnya. Karena tanpa parfum, saat dikeluarkan enggak tercium wangi apapun. Isinya mudah dikeluarkan. Bentuknya gel berwarna putih yang kental banget.

Saya menggunakan pembersih wajah ini dua kali sehari. Pada wajah yang sudah dibasahi dan memijatnya selama sekitar 1 menit. Pagi hari sebagai first cleanser dan malam hari sebagai second cleanser. Busanya sedang, sangat lembut, dan mudah dibilas. Setelahnya, wajah terasa lebih bersih tanpa ada rasa ketarik.

TruWhite Activator C Serum



Category: Brightening

Deskripsi: TruWhite Activator C Serum merupakan inovasi terbaru yang mengkombinasikan manfaat dan kekuatan vitamin C dengan Targeted Whitening System dalam Advance Formulation Technology untuk mengoptimalkan aktivitasnya pada kulit sehingga efek brightening yang dihasilkan lebih maksimal. Teruji secara klinis 7 days brighter: mencerahkan kulit sejak pemakaian hari ketujuh*.

Kemasan: Botol 20ml

Kandungan:
  • High dose - stabilized Vitamin C menghambat penuaan dini dengan cara: mencerahkan kulit wajah dengan menghambat pembentukan melanin, merangsang produksi kolagen, dan menghambat efek buruk radikal bebas pada kulit.
  • Teknologi Targeted Whitening System yang secara selektif bekerja pada melanosit untuk menghambat produksi melanin. Menjadikan efek brightening lebih efektif.
  • Moisturizer (Sodium Hyaluronate & D-Panthenol) untuk meningkatkan hidrasi, menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit
  • Soothing Agent (Alpha Melight & Sepicalm VG) untuk mengurangi inflamasi dan menenangkan kulit

Cara Pemakaian: Gunakan secukupnya pada pagi dan malam hari secara teratur setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan pelembab wajah.

Harga: Rp 180.000


Kesan Awal:
Kemasannya berupa botol dengan tutup bentuk pump yang dilengkapi dengan pelindung tambahan. Segelnya ada di kotak kardusnya. Warna isinya bening keabu-abuan. Bentuknya gel yang encer. Tercium aroma sesuatu dari produk ini, tapi samar-samar. Enggak mengganggu.

Saya menggunakan brightening serum ini dua kali sehari, pagi dan malam hari. Setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner. Serumnya sangat mudah diaplikasikan dan cepat menyerap. Enggak ada rasa lengket sama sekali.

TruWhite Activator Day Cream



Category: Brightening

Deskripsi: Merupakan pelembap yang diperkaya dengan 4 Whitening Agent, salah satunya Arbutin (pencerah alami dari buah Bearberry) yang berfungsi sebagai zat pencerah sehingga efektif mencerahkan dan melembapkan kulit, mengurangi bintik-bintik (hiperpigmentasi) serta menghambat pembentukan melanin pada kulit. Juga mengandung tabir surya untuk menangkal sinar UVA dan UVB sekaligus exfoliating agent yang mengangkat sel-sel kulit mati serta menstimulasi pertumbuhan sel kulit baru. Kombinasi pemakaian Truwhite Activator Day Cream dan Night Cream akan memberikan 24 Hrs Re-brightening System.

Kemasan: Botol 30g

Kandungan:
  • Glabridin dan Niacinamide: bekerja sinergis dengan cara menghambat pembentukan melanin dan mengurangi hiperpigmentasi
  • Glycosphere Papaine: mengatasi kulit kusam dengan cara membantu mengangkat sel kulit mati - Bisabolol: soothing agent yang berfungsi untuk mengurangi iritasi akibat sinar matahari
  • SPF25/PA++: melindungi kulit dari efek buruk sinar UV B & UV A

Cara Pemakaian: Aplikasikan setiap pagi setelah membersihkan wajah. Aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Harga: Rp 198.500


Kesan Awal:
Kemasannya berupa botol dengan tutup bentuk pump yang dilengkapi dengan pelindung tambahan. Segelnya ada di kotak kardusnya. Warna isinya putih. Berupa krim yang kental dan lembut. Produk ini aromanya netral, enggak tercium wangi apapun. 

Saya menggunakan pelembap ini setiap pagi setelah menggunakan serum. Krimnya mudah diaplikasikan dan cepat menyerap. Awalnya memang terasa agak lengket, tapi setelah krimnya terserap sempurna, enggak lagi kok. Kulit pun terasa lebih lembap.

Review

Sebelumnya, saya sudah pernah menggunakan TruWhite Activator Day Cream. Jadi, produk yang baru saya coba kali ini adalah Skin Barrier Facial Wash dan TruWhite Activator C Serum.

Membersihkan wajah merupakan kegiatan yang sangat penting. Karena kotoran yang menumpuk atau tertinggal di wajah bisa memicu peradangan dan iritasi sehingga merusak dan membuat kulit terlihat lebih tua. Tetapi, jangan sampai juga produk pembersih wajah tersebut merusak fungsi barrier kulit.

Barrier kulit merupakan lapisan terluar kulit yang terdiri dari sel-sel kulit (corneocytes) yang saling terikat dengan adanya lapisan lipid. Lapisan barrier ini bersifat impermeable sehingga mencegah hilangnya air/kelembapan dari dalam kulit dan mecegah masuknya mikroorganisme atau iritan yang merusak kulit. Rusaknya barrier kulit menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, gatal, teriritasi, atau sensitif.

Makanya, bagi saya yang memiliki kulit kering, memang cocok menggunakan Skin Barrier Facial Wash. Produk ini bukan hanya membersihkan wajah, tetapi juga menjaga fungsi barrier kulit sehingga kulit tetap lembap. Dengan kondisi kulit yang bersih dan lembap, dapat membuat produk skincare lainnya bekerja lebih baik.

Nah, yang membuat saya agak deg-degan adalah TruWhite Activator C Serum. Karena ini adalah kali pertama bagi saya mencoba serum Vitamin C. Takut alergi atau enggak cocok. Tapi karena merasa cocok dengan produk sebelumnya, saya enggak melakukan patch test lagi. Langsung diaplikasikan saja ke seluruh kulit wajah. Untungnya, memang aman, enggak menimbulkan alergi. Cocok juga, karena enggak terasa panas, gatal, ataupun muncul bruntusan.

Setelah serumnya meresap, kemudian dilanjutkan dengan TruWhite Activator Day Cream untuk mengunci kelembapan kulit. Karena sudah mengandung tabir surya, kalau di rumah saja sih saya enggak memakai sunscreen lagi. SPF 25-nya cukup banget untuk melindungi kulit wajah saya dari bahaya sinar UV B dan UV A. Yeay!

Lalu bagaimana dengan hasil akhirnya? Sekarang, saya sudah menggunakan rangkaian produk dari Erha ini selama 1 minggu. Katanya, TruWhite Activator C Serum merupakan serum pencerah wajah yang dapat mencerahkan kulit setelah pemakaian hari ketujuh. Betul enggak? Hmmm, kalau hanya melihat di cermin sih, saya enggak bisa menjawab. Tapi kalau melihat perbandingan foto before-after-nya, ternyata memang betul loh, hasilnya memuaskan.


Teman-teman lihat sendiri deh. Yang sebelah kiri adalah foto sebelum saya menggunakan produk Erha seri TrueWhite. Sedangkan yang sebelah kanan adalah foto setelah saya menggunakan produk tersebut selama 7 hari. Foto keduanya sama-sama diambil pada pukul 9 pagi, bare face, tanpa edit, dan tanpa filter. Terlihat kan bahwa warna kulit wajah saya cerahnya semakin merata. Flek hitam di pipi memang masih terpampang nyata. Tapi kalau diperhatikan, warnanya menjadi lebih pudar ya. Wow....

Teman-teman tertarik jugakah untuk menggunakan produk Erha. Kalau iya, saya mempunyai info menarik nih. Bulan ini, Erha sedang ada promo. Untuk setiap pembelian Skin Barrier Facial Wash, bisa mendapatkan free Erha Eternalips dengan mengisi form pada link berikut ini: www.erha.co.id/skinbarrier_pr

Erha Eternalips adalah pelembap bibir dengan Aloe Vera, Vitamin E, dan Co-Q10. Eternalips kaya akan antioksidan yang mampu mengatasi masalah bibir kering, pecah-pecah, hingga menyamarkan garis halus. Dilengkapi dengan sunscreen yang dapat melindungi bibir dari pengaruh buruk sinar matahari dengan kandungan SPF25/PA++. Dapat digunakan setiap saat sehingga selalu memberikan efek lembut dan lembap terhadap bibir.

Hmmm, malah saya yang jadi tergoda dengan promonya nih, hihihi.... Soalnya saya memang sudah lama mencari pelembap bibir yang mengandung tabir surya.

~~~


Erha
Instagram: @erha.dermatology

65 comments :

  1. Inilah pentingnya merawat kulit ya, kak .. tampilan kulit jadi terlihat sehat cerah juga ngga gampang keriput.
    Kalau kulit kita sehat, kita senang, orang lain yang lihat juga senang :)

    ReplyDelete
  2. Produk Erha ini sudah banyak yang pakai ya. Di kota saya sudah ada saya lihat kliniknya.
    Bagus ya karena tidak mengandung Paraben, SLS, perwarna, dan parfum. Trus boleh dipakai oleh ibu hamil dan menyusui pula. Mbak Lia pun sudah merasakan menfaatnya, ya.

    ReplyDelete
  3. Terlihat moist mak..memang kulit muka perlu juga dirawat 😊 supaya sehat dan kinclong kayak gituu hihi. Nggak perlu beauty cam ini mah 😁

    ReplyDelete
  4. Lucu ya beli smartphone agar tak perlu perawatan. Padahal ya bisa saja merawat wajah dg hal simpel seperti rajin cuci muka. Saya belum pakai Erha ini

    ReplyDelete
  5. Kalau telaten, perawatan apa saja oke termasuk Erha ini. Aku belum pernah pakai serum vitamin C. Produk Erha ternyata ada juga

    ReplyDelete
  6. Aarrgh... lihat harga sepadan deh sama hasilnya Kak.

    Sebagai cowok, terutama untuk cewek, memang penting sekali merawat kulit.
    Usaha yang dilakukan juga tidak bisa hanya sebentar. Jadi, harus bisa rajin merawat diri.

    Semoga makin cantik Kak.

    ReplyDelete
  7. hahahaha...jadi inget kata-kata "muka tuh dirawat, bukan diedit"
    tadinya aku juga cuek sama perawatan lho, tapi sekarang udah mulai perhatian sama kulit. kalau aku tidur yang cukup juga ngaruh banget, mba. kalau kurang tidur pasti deh muka kusyam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, paling ga bisa begadang, soalnya besoknya lgsg keliatan, ngaruh ke wajah :(

      Delete
  8. Setuju..rawat wajah jangan hanya karena HP murah marah-marah..hahaha
    Erha memang ya, dari dulu testinya oke punya.
    Pernah coba sih cuma karena enggak rutin jadi hasilnya kurang optimal. Hm..jadi pengin coba nih biar kulit kusam jadi bersinar

    ReplyDelete
  9. Eh, beneran, setelah 7 hari penggunaan, wajah memang terlihat lebih bersih ya...
    Saya juga paling suka dengan kosmetik dengan kemasan berbentuk pump. Karena aman dan tidak akan mudah tumpah, ya,kan...

    ReplyDelete
  10. mak ini kalo pemakaian awal perih gitu gak sih? aku tertarik buat nyobain, cuma khawatir efeknya akan perih gitu di awal-awal pemakaian

    ReplyDelete
  11. Hihi karena biaya perawatan muka lebih mahal dibanding handphone dg kamera oke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal perawatan pakai erha masih terjangkau, daripada beli hp, hihihi...

      Delete
  12. Pantesan saya sering lihat kulit wajah orang2 kinclong dan kenyal, ada rahasia khusus perawatan kayak gini ya..

    ReplyDelete
  13. Aku udah coba loh Skin Barrier facial wash ini, muka jadi berasa bersih kayak keset gitu ya

    ReplyDelete
  14. Baru tau kalo produk Erha bisa dibeli bebas tanpa resep dari dokter. Tapi beli produknya harus di cabang Erha ya mba ? Tak bisa online kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di erha apothecary... Tp skrg udah ada erhastore jg kok, utk beli online ;)

      Delete
  15. Sekarang semakin banyak ya produk skin care. Jadi makin bingung mau pilih yang mana. Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, kalau saya cari yg harganya terjangkau dan barangnya mudah didapatkan :)

      Delete
  16. Sudah sering dengar nama ERHA ini tapi belum pernah nyoba. Tapi baca review dari mbak jadi penasaran deh. Ntar aku coba juga ah. Untuk kulit berminyak juga bisa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak, untuk semua jenis dan masalah kulit... Sesuaikan aja produknya :)

      Delete
  17. Aku teh paling males pake skincare padahal udin kepala 3 sih mesti wajib ya demi hilangkan kerutan manja di wajah :(

    belum pernah coba produk ERHA teh liat ini jadi tertarik mau cobain

    ReplyDelete
  18. Awali hari dengan SERUM ya ... karena SENYUM aja gak cukup untuk bikin wajah makin glowing. Hahahaha

    Aku paling suka kalo ke ERHA Apothecary nya udah banyak banget, hampir tiap mall ada, dan wangi ruangannya yang khas langsung tercium begitu kita lewat depannya. Pernah sampe nanya ke mbak nya loh, pake pengharum ruangan apa. Enak banget soalnya.

    ReplyDelete
  19. Daku lagi mau pakai serumnya Erha nih, penting banget pakai serum karena kulit wajahku udah mulai ada flek hitam. Disaranin sama Irma Senja pakai Erha karena dia pelanggan erha.

    ReplyDelete
  20. Subhanallah Teh Lia makin cantik, saya jadi penasaran banget teh tapi saya mah pengen ke klinik nya heheu makasih ya teh infonya, sekarang mah mending wajah sehat daripada pake. Filter

    ReplyDelete
  21. Kebetulan saya juga pakai Erha mbak tapi blm pernah nyobain yang serumnya :D
    Pengen jg melengkapi perawatan wajah pakai serum itu. Kalau sabun cuci muka saya pakai yang liquid dan pakai jg krim truwhite activatornya :D

    ReplyDelete
  22. erha memang bagus cuman harganya ku tak sanggup teh

    ReplyDelete
  23. kulit wajahku juga cenderung kering Teh, dan emang masalah pertama buat kulit kering ya bikin kusam. Erha emang udh gak diraguin lagi ya msalah kualitasnya, harga emang sebanding sama hasilnya.

    ReplyDelete
  24. Wah sama Teh aku juga kulitnya kering, pengen nyobain apalagi ini aman buat busui ya produknya. Gak perlu konsul dokter dulu pula pakainya hehe.. cucok

    ReplyDelete
  25. Aku udah lama nggak pakai serum, Teh. Tapi kulitku kumbonasi antara kering dan berminyak.

    ReplyDelete
  26. Kelihatan seger lho, Mbak. Ngaruh banget berarti ya. Aku udah lama pengin ganti Erha, tapi malas kalau harus pakek resep. Eh, katanya sekarang enggak harus ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau masalahnya ringan, bisa pakai produk yg dijual bebas :)

      Delete
  27. sekarang erha sudha bisa dibeli tanpa resep, ya, teh?
    aku jadi pengen cobain, tapi tetap bisa konsultasi kan ya di kliniknya?

    ReplyDelete
  28. Belum pernah coba produk erha. Pengen cobain deh yang serumnya. Ktnya tahap skincare bisa lebih ngerawat kulit wajah yaa. Pengen diajarin sama yang udah expert skin care hheu

    ReplyDelete
  29. Tanpa konsultasi ke dokter pun bisa yaa, teh..
    Aku dari dulu pingin coba serumnya Erha.
    Apa kalau dicampur dengan merk lain bakalan berkurang efeknya?

    ReplyDelete
  30. Rutin ini Pr terberat saya Mbak. Entah kenapa sulit sekali berkomitmen dengan produk kecantikan, meskipun mahal sangat. Sudah pernah coba sih, tapi ya itu lah.... Ga konsisten dan sering lupa. Padahal niat banget beli mahal agar merasa sayang jika tak digunakan.
    Btw, ERHA ini menarik ya. Pasti bagus di saya.
    Aaargh.... Harus belajar konsisten!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg susah sih, apalagi kalau malam, suka ketiduran, hihihi...

      Delete
  31. Apalah arti cantik & mulus kalau cuma didepan kamera ya mbak, kalau wajah udah mulus alami ga perlu pake kamera yang aneh2 juga udah cantik

    ReplyDelete
  32. Saya pakai Erha juga, alhamdulillah cocok ya teh hehe. ehiya buat apa cantik dan mulus dalam foto saja aslinya engga hihih jadi mending aslinya yang cantik dan mulus yah

    ReplyDelete
  33. KOk jadi ingin mencoba produk Erha ini ya Mbak. Saya punya banyak masalah kulit.

    ReplyDelete