Friday, April 12, 2019

4 Tips Renovasi Apartemen Yang Tepat


Teman-teman pasti enggak asing ya dengan apartemen. Apartemen merupakan hunian yang siap pakai dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh pengembang atau developer. Meskipun pada prinsipnya sama dengan pengembangan perumahan, yaitu developer mendapatkan dana untuk membangun apartemen dari penjualan unit yang sudah dijual sebelum apartemen dibangun, unit yang belum terjual akan tetap tersedia jika bangunan apartemen telah dibangun hingga layak huni.

Berbeda dengan perumahan, rumah yang belum dibeli tidak akan dibangun kecuali sudah ada yang membeli tanah dan bangunan tersebut. Hasil penjualan tersebut akan digunakan untuk membangun rumah tersebut. Nah, bagi teman-teman yang membeli apartemen siap pakai atau apartemen yang sudah pernah dihuni, renovasi terhadap unit apartemen dapat dilakukan untuk menyegarkan suasana di unit tersebut. Berikut beberapa tips untuk renovasi apartemen. 

Pertama, sebelum pekerjaan revonasi dilakukan, sebaiknya mendesain ulang unit apartemen yang akan dihuni tersebut. Desain renovasi apartemen bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan konsultan perencana desain interior. Biaya yang dikeluarkan untuk desain interior terkadang tidak murah, akan tetapi hasil desain dari konsultan akan lebih memudahkan teman-teman untuk merealisasikan revonasi apartemen agar menjadi lebih bagus dan lebih cepat. Adapun desain interior yang dilakukan sendiri bisa dilakukan tanpa biaya dan mungkin bisa memberikan rasa bangga. 

Kedua, desain yang bagus bisa direalisasikan dengan baik jika dilakukan oleh kontraktor atau tukang yang berpengalaman dan memiliki kinerja yang bagus pula. Untuk menghasilkan pekerjaan yang bagus, lebih baik menyeleksi vendor atau tukang yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan pekerjaan interior. Dengan melihat pengalaman-pengalaman yang sudah dikerjakan, kontrakor pun akan semakan cepat dan rapi dalam menyelesaikan renovasi apartemen teman-teman. Pada saat teman-teman menggunakan kontraktor yang tidak bagus atau tidak berpengalaman, waktu pengerjaan renovasi akan berlangsung lebih lama dan hasil yang diberikan bisa jadi lebih buruk daripada sebelum direnovasi. Pengerjaan renovasi sebaiknya diawasi dengan seksama setiap hari atau beberapa hari sekali setiap minggunya. Hal ini dimaksudkan agar pekerjaan bisa lebih terjaga kualitasnya. 

Ketiga, renovasi yang bagus memang tidak selalu menggunakan material yang mahal. Karena itu, memilih material yang murah dan umum di toko bangunan lebih baik digunakan untuk menekan biaya renovasi apartemen teman-teman. Seperti contohnya renovasi tembok dengan pemasangan wallpaper. Pemasangan wallpaper lebih mudah dilakukan dan lebih cepat karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasang wallpaper dinding daripada penggunaan cat dinding. Jika merasa bosan dengan wallpaper, teman-teman dapat mengganti wallpaper dengan memasang langsung wallpaper yang baru atau membongkar wallpaper yang lama untuk dipasang dengan wallpaper yang baru. Interior lain yang bisa direnovasi adalah perabot seperti furniture dan kitchen set. Pemasangan kitchen set yang baru bisa dilakukan jika apartemen yang dibeli belum terpasang kitchen set. Atau furniture yang dipilih sebaiknya menyesuaikan dengan tema desain interior unit apartemen teman-teman. 

Keempat, dana renovasi sebaiknya diperhatikan dan dijadikan patokan utama dalam merenovasi apartemen. Dengan dana yang ada, anggaran renovasi bisa disesuaikan dan tidak perlu memilih desain yang rumit dan mahal. Pastikan sesuai anggaran serta kebutuhan, maka renovasi sudah dapat dilakukan. 

Itulah beberapa tips renovasi apartemen yang sebaiknya diperhatikan. Dengan melakukan pertimbangan di atas, semoga renovasi dapat berjalan lancar.

1 comment :

  1. Baca-baca soal apartemen bikin kepengen punya deh satu. Hehehehe... aamiin :D

    ReplyDelete