Wednesday, April 10, 2019

Menjadi Apa Saja di Bandung Champion City


Sudah sejak lama Jav kepingin main ke Kidzania. Saya juga sebenarnya mau banget mengajak Jav ke sana, tapi sampai sekarang belum menemukan waktu yang pas. Hingga beberapa waktu lalu, saya mendapat informasi bahwa kini di Bandung juga sudah ada indoor edutainment theme park dengan konsep role play mengenalkan berbagai macam profesi. Enggak pakai lama, saya pun langsung mengajak Jav dan ayahnya untuk menjajal tempat wisata edukasi yang baru saja soft launching akhir Maret kemarin.

Bandung Champion City (BCC) ini letaknya berada di Lucky Square. Kami berangkat ke sana hari Minggu siang karena paginya ayahnya ada rapat panitia KPPS dulu, huhuhu.... Akhirnya kami baru tiba di Lucky Square pas adzan Dzuhur. Dari tempat parkir di lantai P1, kami langsung menggunakan lift menuju ke lokasi BCC yang berada di lantai P8.

Keluar dari lift, kami langsung disambut dengan front office yang futuristik. Saya pun langsung menuju ke bagian ticketing. Namun sebelum membeli tiket, saya bertanya dulu, apakah kalau sudah masuk boleh keluar dan masuk lagi, soalnya kami belum salat dan makan siang. Katanya boleh, asalkan lapor terlebih dahulu. Tapi katanya lagi, di dalam ada musala dan kafe kok, jadi kami enggak perlu keluar.

Harga tiketnya yaitu Rp 150.000 untuk anak usia 4-12 tahun dan Rp 100.000 untuk orang dewasa/pendamping. Alhamdulillah waktu itu masih ada diskon sebesar 50%. Jadi biaya yang harus dikeluarkan untuk kami bertiga adalah Rp 175.000. Rashya? Gratis.

Selain tiket masuk, kami mendapatkan gelang berisi chip dengan warna plastik yang berbeda. Warna biru untuk Jav serta warna merah untuk ayahnya dan saya. Gelang tersebut discan ketika kami melewati pintu masuk. Dan khusus Jav, discan juga di setiap wahana yang dia coba.


Begitu masuk, kami disuguhi pemandangan sebuah miniatur kota metropolitan. Ada bank, minimarket, kantor polisi, dan lain-lain. Jadi BCC ini bekerjasama dengan berbagai instansi dan merchant di Bandung dan Jawa Barat seperti Toyota, UPI, Polda Jawa Barat, BIJB Kertajati, dan lain-lain.

Oiya, selain gelang, Jav juga diberi modal awal berupa cek sebesar 1000 cc. Makanya, wahana pertama yang dia kunjungi adalah bank. Di sana dia menukar ceknya menjadi cicis dengan berbagai pecahan. Tellernya ramah dan memanggil Jav dengan sebutan "Pak", hihihi....


Berhubung selalu suka dengan dunia otomotif, terutama kendaraan roda 4, ketika melihat wahana dealer mobil, Jav langsung menuju ke sana. Dia berharap bisa test drive mengendarai mobil-mobilan yang bentuknya mirip mobil asli. Awalnya saya melihat Jav berbicara sama orang marketingnya. Terus diajak melihat-lihat mobilnya (itu sih memang hobi dia kalau ada pameran mobil di mal). Setelah itu ternyata dia disuruh bekerja menawarkan mobil sambil menunjukkan brosurnya ke orang-orang. Mau? Enggak. Dia beraninya jualan ke Bunda aja, kalau ke orang lain malu katanya, huhuhu.... PR saya nih, harus mengasah jiwa bisnisnya, heuheu.... Akhirnya enggak dapat gaji deh, hihihi....


Selanjutnya, Jav tertarik untuk mencoba wahana pemadam kebakaran. Namun untuk bekerja menjadi pemadam kebakaran, rupanya harus memiliki ijazah. Jav pun pergi dulu ke wahana universitas. Setelah membayar uang kuliah, dia dipakaikan jas almamater. Kuliahnya seperti apa? Ditanya tentang cita-cita gitu deh, hehehe.... Ketika selesai, Jav pun mendapatkan ijazah.


Tetapi saat kembali ke wahana pemadam kebakaran, mobilnya sedang berangkat. Jadi sambil menunggu, Jav pun memutuskan untuk mencoba wahana pabrik teh dulu. Di sana, dia dipakaikan celemek dan bekerja sebagai pegawai pabrik teh. Mulai dari membuat teh hingga menyimpan teh dan mencoba hasilnya. Setelah selesai, Jav pun mendapat gaji pertamanya. Yeay!


Karena sudah lapar, saya mengajak Jav untuk istirahat salat dan makan siang dulu. Kami pun menuju ke dChamps Cafe yang berada di lantai 2. Siang itu kami memesan Beef Rice Bowl, Geprek Champ, Nasi Goreng Champ, Es Jahe, dan Es Leci. Sambil menunggu pesanan kami disiapkan, Jav dan ayahnya salat Dzuhur dulu. Berhubung sedang enggak salat, jadi saya enggak tahu bagaimana kondisinya. Tapi kata Jav sih cukup nyaman. Cuma sayang enggak dipisah antara laki-laki dan perempuan. 

Es Jahe (Rp 15.000) - Es Leci (Rp 25.000)

Ternyata pesanan kami diproses dengan cepat. Sebelum Jav dan ayahnya kembali dari musala, semua pesanan kami sudah tiba. Porsinya lumayan mengenyangkan dan rasanya pun cukup enak. Lagu-lagu yang diputarnya pun lagu anak-anak tahun 90-an.

Beef Rice Bowl (Rp 35.000) - Geprek Champ (Rp 20.000) - Nasi Goreng Champ (Rp 30.000)

Setelah makan, Jav ingin mencoba wahana polisi. Tapi sama seperti pemadam kebakaran, mobilnya sedang berangkat. Sambil menunggu, Jav masuk ke wahana minimarket di sebelahnya. Di sana dia dipakaikan rompi pegawai minimarket dan bekerja menjadi kasir. Belajar mengscan barang belanjaan. Kata Jav gampang, hihihi.... Dan dia pun mendapat gaji lagi. Hore!


Akhirnya, kali ini Jav bisa masuk ke wahana kantor polisi. Syarat untuk menjadi polisi, tentu harus mempunyai ijazah. Untung Jav sudah punya. Dia dipakaikan seragam polisi, lengkap dengan rompi dan topinya. Sebelum bertugas, ada briefing dulu dari bapak komandannya.


Setelah itu Jav dan teman-temannya pun diajak berpatroli berkeliling Champion City menggunakan mobil polisi dengan raungan sirenenya yang membahana. Di wahana mobil balap, mereka berhenti dulu dan melakukan razia. Mengecek apakah ada pembalap yang belum memiliki SIM. Tapi Jav mah malu-malu ngeceknya. Gimana sih polisi teh, hihihi.... 


Dari sana, kami jadi tahu bahwa untuk masuk ke wahana balap mobil, harus memiliki SIM. Makanya, setelah mendapat gaji hasil bekerja sebagai polisi, Jav pun langsung semangat mencari wahana kantor pembuatan SIM. Di wahana tersebut, untuk mendapatkan SIM, Jav harus membayar biaya pembuatan SIM dan mendengarkan penjelasan dari instruktur tentang rambu dan tata tertib berlalu lintas. Lumayan lama, heuheu.... Sayang enggak ada simulasinya. 


Akhirnya, Jav pun mengantungi SIM dan langsung kembali ke wahana balap mobil. Di sini lumayan ramai, Jav harus menunggu 2 putaran hingga gilirannya tiba. Eh, pas sudah bayar, memakai rompi pembalap, dan duduk di mobil, ada pengumuman flash mob. Jadi balap mobilnya ditunda dulu deh karena semua mentor dan anak-anak menuju ke area tengah dan menari bersama. 


Setelah menari, semua kembali ke tempat semula. Jav pun mengendarai mobilnya dengan semangat, tapi santai. "Kenapa mobil yang depan enggak disalip?" tanya ayahnya setelah balap mobilnya selesai dan Jav meraih juara 2. Jawabannya, "Takut nabrak terus mobilnya rusak," hadeuh, heuheu.... 


Selanjutnya, Jav langsung bergegas ke wahana bandara, kepingin jadi pilot. Di sana sudah ada beberapa anak yang antre. Tapi ternyata mentornya menolak. Katanya waktunya sudah mau habis, jadi enggak bisa menerima antrean baru. Jav kecewa berat karena enggak jadi mengemudikan pesawat. Dia pun kembali ke bank dan menyerahkan sisa cicisnya. Sebagai gantinya, dia mendapatkan buku tabungan. 


Melihat Jav sedih, saya jadi merasa sangat bersalah. Seharusnya kalau mengajak Jav ke sini, memang harus seharian. Waktu 3 jam tuh kurang banget, enggak puas. Lagipula waktu operasionalnya juga terlalu pendek sih, huhuhu.... Hari Sabtu-Kamis buka pukul 09.00-15.00. Sedangkan hari Jumat buka pukul 13.00-18.00. 

~~~

Bandung Champion City
Lucky Square Lantai P8
Jalan Terusan Jakarta No. 2 Bandung
Website: championcity.co.id
Instagram: @championcity_id

23 comments :

  1. wah, mau juga saiah dpt ijazah dalam hitungan jam (trus ditabok)... Seru juga ya, jadi anak tahu dapat kerjaan mesti ada ijazah dulu nihhh... perjalanannya panjang buat dapat kerja... Kl masih diskon, mending diajak lagi mak... dan kalau ada waktu juga yah, biar puas anaknya dan dapat ilmu pengetahuan juga

    ReplyDelete
  2. Mbakkk, Jav udah gede ya.. Hahaha, aku kok baru sadar pas lihat foto2 diatas ^^. Wah, seru banget main di Bandung Champion City, anak ank pasti pada betah.

    ReplyDelete
  3. Wah bagus banget ya wahana yang ada di Bandung Champion City

    ReplyDelete
  4. Wah dengan berwisata di tempat ini kita bisa sekalian belajar ya

    ReplyDelete
  5. Keren banget nih ya tempatnya. Bisa berfoto seakan-akan kerja sebagai polisi :D

    ReplyDelete
  6. Kalau mau jadi petugas pemadam kebakaran harus punya ijazah dulu ya. Cari ijazah dulu ya adik Jav

    ReplyDelete
  7. Wah bagus banget nih ya tempatnya. Terima kasih informasinya. Nanti kalau ke Bandung kalau bisa mampir nih hehe

    ReplyDelete
  8. Wah ada juga tempat yang seperti Kidzania yq di Bandung. Sayang anakku yang paling gede baru mau 3 tahun, jadinya kalo dibawa ke tempat role play seperti ini masih kurang bisa menikmati. Semoga ke depannya fasilitas di champion city makin diperbanyak biar anak anak mainnya lebih seru lagi. Lumayan juga bisa jadi salah satu destinasi kalo main di Bandung.

    ReplyDelete
  9. Di Bandung ada ya, asyik Jav dapet diskon hihi. Wah mdh2an tempat sholatnya bisa smakin nyaman lagi ya dgn dipisah laki dan perempuannya..
    Dekeut yaa dari rumah Jav dibanding ke Kidzania 😁

    ReplyDelete
  10. baca ceritanya, Bandung Champion City ini menarik buat dikunjungi dengan anak-anak. Kalau ke Bandung bisa jadi pilihan destinasi nih

    ReplyDelete
  11. Keren banget yaa ada kunjungan anak2 seperti ini.. Bisa tau dia dan belajar bagaimana tugas2 kayak polisi gitu..

    ReplyDelete
  12. Konsepnya bcc bagus banget ya? Anak-anak bisa langsung belajar dengan pengalaman langsung. Seru banget ini...

    ReplyDelete
  13. Mobil patroli polisi yang untuk keliling itu mirip dengan yang patroli di area CFD saat hari MInggu di Kota SEmarang. Keren ya kayak betulan gitu semua wahanya yang ada di Bandung Champion City

    ReplyDelete
  14. Bolehlah masuk list kalau ke Bandung lagi. Kemarin ke Jakarta pgn nyobain Kidzania tapi waktunya yang ngga ada

    ReplyDelete
  15. Asyik ya kalau bisa menemukan tempat bermain anak yang edukatif dan kreatif begini. Ga hanya anak yang senang bermainnya, ortupun jadi senang karena bisa memberikan pembelajaran melalui permainan.

    ReplyDelete
  16. Waaah kereen banget ini tempatnya.. anak-anak pasti happy banget dan betah di tempat ini

    ReplyDelete
  17. Wow... ini wahanna bermain tapi sekeren itu? Bisa sambil belajar ya anak main kesitu. Keren ih.

    ReplyDelete
  18. Bandung champion city. Note .Bisa jadi referensi nih kalau ke bandung suati hari nanti .keren banget tempatnya

    ReplyDelete
  19. Tempat mainnya keren. Konsepnya sama kayak Kidzania ya. Emang kalo ke tempat main gitu musti nyiapin waktu banyak ya mba, biar anaknya puas bisa nyobain semua.

    ReplyDelete
  20. Di Bandung udah ada yang seperti Kidzania yaa, keren lho. Trus ada alurnya, harus ke bank, sekolah dulu, punya SIM dulu. Next time dari pagiii ya Jav supaya puas.

    ReplyDelete
  21. Wah seru bisa bermain peran dan mengenal banyak profesi.anakku juga pasti senang banget kalo diajak kesini. Seru dan banyak ilmu

    ReplyDelete
  22. Di BCC juga ada psikologi anak. Untuk cek minat bakat. Perlu 2-3x mencoba ragam profesi lainnya

    ReplyDelete
  23. Wah kerennya. Wahanya lengkap dan kayak sungguhan. Anakku bakalan ga mau pulang kalo diajak ke sini

    ReplyDelete