Saturday, April 27, 2019

Mengatasi Kulit Kering Selama Ramadhan dengan Sensatia Botanicals


Alhamdulillah, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan ya. Semoga kita semua bisa dipertemukan dengan bulan yang suci ini dalam kondisi yang sehat agar dapat melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya. Membicarakan masalah kesehatan, selain sembelit, kulit wajah yang kering adalah masalah kesehatan yang selalu saya alami di setiap bulan Ramadhan. Pada dasarnya, jenis kulit saya ini memang kering. Ditambah puasa, semakin kering kerontang deh, dry patch di mana-mana. Untungnya, tahun ini saya sudah lebih peduli untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah.

Tips Mengatasi Kulit Kering Selama Bulan Ramadhan

Untuk mengatasi kulit kering yang mengalami dehidrasi selama bulan Ramadhan, berikut rutinitas yang saya lakukan:
  • Menggunakan pembersih wajah untuk kulit kering dan enggak mengandung SLS.
  • Menggunakan hydrating toner yang mengandung hyaluronic acid.
  • Menggunakan serum yang mengandung hyaluronic acid.
  • Menggunakan moisturizer lebih sering.
  • Menggunakan sheet mask yang mengandung hyaluronic acid dan aloe vera.

Dengan begitu saya berharap kulit wajah pun akan lebih terjaga kelembapannya meski sedang berpuasa. Tentunya harus diiringi dengan konsumsi air putih dan buah yang cukup saat sedang berbuka puasa.

Tentang Double Cleansing

Salah satu kegiatan wajib yang saya lakukan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan wajah adalah double cleansing. Teman-teman pasti sudah lebih jago lah ya tentang double cleansing ini. Double cleansing yaitu membersihkan wajah dalam dua tahap. Tahap pertama, menggunakan first cleanser yang biasanya berbahan dasar minyak (oil based). Bentuknya bisa berupa milk cleanser, oil cleanser, balm cleanser, atau cream cleanser. Adapun tahap kedua, menggunakan second cleanser yang biasanya berbahan dasar air (water based). Bentuknya bisa berupa facial wash atau facial foam.

Saya melakukan double cleansing ini hanya satu kali di malam hari. Meski jarang memakai make up, tapi siangnya saya selalu menggunakan sunscreen. Nah, dengan double cleansing, sisa sunscreen yang bercampur bersama debu, kotoran, minyak, keringat, dan sel kulit mati bisa bersih secara tuntas. Sedangkan di pagi hari, saya membersihkan wajah hanya dengan satu tahap saja yaitu facial wash.

Namun bagi jenis kulit kering seperti saya, enggak bisa tuh sembarangan memilih produk pembersih wajah, karena bisa-bisa malah membuat wajah menjadi semakin kering, terutama di bulan Ramadhan. Untuk membersihkan wajah di pagi hari, saya memakai Erha Skin Barrier Facial Wash. Adapun untuk double cleansing di malam hari, saya menggunakan rangkaian dari Sensatia Botanicals.

Double Cleansing dengan Sensatia Botanicals

Sejak mengetahui tentang Sensatia Botanicals dari Female Daily, saya langsung tertarik untuk mencobanya. Ya bagaimana enggak tertarik. Sensatia Botanicals ini merupakan brand lokal asal Bali yang produk-produknya natural, sudah teregistrasi di BPOM, aman bagi ibu hamil dan menyusui, serta sudah memiliki sertifikat halal dan GMP.

Original Soapless Facial Cleanser
Produk ini saya gunakan sebagai second cleanser. Saya bahas duluan karena memang ini produk Sensatia Botanicals yang saya coba pertama kali. 


Deskripsi: Dirancang untuk kulit kering hingga normal, pembersih yang menyegarkan ini membersihkan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit. Perpaduan aroma minyak esensial lavender, petitgrain dan bunga kenanga memberikan vitamin yang melembutkan kulit dan aroma menenangkan. Sari lidah buaya menambahkan nutrisi dan menjaga kelembapan pada kulit. 

Bahan Utama: Sari lidah buaya mengandung fitronutrien yang dikenal mampu membantu proses regenerasi kulit. Petitgrain adalah antiseptik alami. Lavender dan bunga kenanga tinggi akan antioksidan dan memiliki aroma menenangkan yang dapat meningkatkan relaksasi.

Harga: Rp 130.000


Review
Produk ini katanya cocok untuk jenis kulit kering seperti saya. Dikemas dalam botol plastik transparan berukuran 220 ml berwarna cokelat dengan tutup berbentuk fliptop. Kuat dan anti bocor. Meski begitu, mudah kok untuk membuka dan menutupnya. Sebelum digunakan, ada segel di balik tutupnya yang harus dilepas terlebih dahulu.

Ketika dibuka, langsung tercium aroma herbal yang menyegarkan sekaligus menenangkan. Untuk mengeluarkan isinya, botolnya harus agak dipencet. Bentuknya berupa gel cair berwarna bening. Saat diaplikasikan pada wajah yang sudah basah, rasanya nyaman dan segar. Judulnya juga soapless jadi busanya sedikit banget dan sangat mudah dibersihkan.

Lemon Meringue Cream Cleanser
Sebelum ini, saya menggunakan Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil sebagai first cleanser. Setelah Hada Labonya habis, saya langsung mencoba produk ini sebagai penggantinya.


Deskripsi: Lembut dan creamy dengan wangi citrus yang segar, Lemon Meringue Cream Cleanser ini sangat menghidrasi seraya membersihkan wajah dari kotoran, makeup dan minyak berlebih. Bahan dasar yang kaya dari shea butter alami dicampur dengan ekstrak kakadu plum organik dan lemon untuk meningkatkan antioksidan. Gunakan dua kali sehari untuk kulit sehat dan bercahaya. 

Bahan Utama: Ekstrak kakadu plum yang bersertifikasi organik dari USDA kaya akan antioksidan yang membantu kulit menjadi lebih cerah dan halus. Shea butter melembabkan dan membantu melindungi kulit dari stres. Minyak lemon berpotensi mencerahkan kulit.

Harga: Rp 150.000


Review
Kemasannya berupa tube plastik berukuran 100 ml dengan tutup bentuk fliptop. Sama seperti Original Soapless Facial Cleanser, segelnya berada di lubang tube-nya. Jadi sebelum digunakan, buka dulu tutupnya, lepas segelnya, kemudian pasang lagi tutupnya.

Saat tutupnya dibuka, langsung menguar aroma lemon yang manis dan menyegarkan. Untuk mengeluarkan isinya, tubenya harus agak dipencet juga. Bentuknya krim berwarna putih kekuningan yang enggak terlalu kental. Saya mengaplikasikannya pada wajah yang kering sambil dipijat dengan gerakan memutar. Rasanya lembut banget dan mudah dibilas.

Kesimpulan

Suka.... Ini duo pembersih wajah favorit saya. Aromanya enak banget. Yang Lemon Meringue Cream Cleanser, wanginya manis kaya permen lemon, bikin kepingin jilat, hihihi.... Kalau yang Original Soapless Facial Cleanser, wanginya mirip jamu, tapi enak kok,menyegarkan. Busanya juga sedikit dan mudah dibilas. Hasilnya, setelah membersihkan wajah, kulit menjadi lebih bersih, lembap, dan halus tanpa ada sensasi ketarik. Kalau efek mencerahkannya sih belum terasa.

Saya juga puas dengan kemasannya. Setiap paket pembeliannya disertai dengan kotak dus yang bagian tutupnya bukan hanya disegel biasa, tapi dilem juga. Jadi terjamin banget kehigienisannya. Pada kemasan tersebut terdapat informasi yang lengkap mengenai kandungan, cara pakai, tanggal kedaluwarsa, dan lain-lain. Desainnya pun cantik. Bernuansa putih dan hijau muda yang simpel dan elegan.

Meski berbeda waktu, keduanya saya beli di Sensatia Botanicals Official Shop di Shopee. Kenapa enggak beli langsung di official websitenya? Soalnya kalau di Shopee, ada promo gratis ongkos kirim, hihihi.... Jadi lebih hemat. Kan lumayan jauh, dikirim dari Bali. Berapa tuh ongkos kirimnya kalau bayar sendiri.

Repurchase? Yes. Insya Allah belinya di Shopee lagi. Apalagi dalam rangka menyambut Ramadhan, Sophee mengadakan Big Ramadhan Sale yang sudah dimulai sejak tanggal 22 April kemarin dan akan berakhir pada tanggal 6 Juni nanti. Selain Beauty Sale untuk membeli berbagai produk dalam kategori perawatan wajah dengan harga promosi terbaik, ada juga Fashion Muslim Sale, Mom and Kids Sale, Home Electronics Sale, dan lain-lain. Cocok banget nih untuk berburu keperluan menjelang Lebaran, hohoho....

15 comments :

  1. Wah bagus banget nih produknya, cocok banget nih ya buat yang kulitnya kering

    ReplyDelete
  2. Wah bisa jadi solusi nih saat kulit menjadi kering

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Bun atas review tempatnya. Bisa jadi rekomendasi nih

    ReplyDelete
  4. Wah bagus ya produk yang satu ini, cocok banget buat para wanita

    ReplyDelete
  5. Wah terima kasih Bun atas informasinya, sangat membantu hehe

    ReplyDelete
  6. Harganya lumayan juga ya, tapi mesti sama dengan kualitas yang diberikan

    ReplyDelete
  7. Udah lama ngincer brand ini, akhirnya ada reviewnya juga, makasih teh nanti cek di Shoppe ah❤️

    ReplyDelete
  8. Aku belum cobain ni teh malahan baru tahu brand ini hehehe harganya pas yah beli di shopee juga jadi ada promo:)

    ReplyDelete
  9. Wah, kayaknya bagus ya produknya. Harganya worth itu dengan kualitasnya. Aku nih kulit kering banget. Jadinya suka serba salah kalo bersihin. Suka jadi malah lebih kering lagi.

    ReplyDelete
  10. Aku udah kenal lama sama produk Sensatia Botanica dan emang bagus banget, setuju banget kalau aroma skincare ini emang wangi menyegarkan banget. Sejauh ini baru coba C Face Acne Serumnya aja dan cocok :D

    ReplyDelete
  11. Kulit aku normal kering Teh selama ini bersih bersih wajahnya pakai facial foam aja. Gak berani ganti ganti produk soalnya suka kering kalau produknya gak cocok.

    Tapi enak juga ya kalau belanja di SHOPEE emang suka dpt free ongkir

    ReplyDelete
  12. Sy juga suka bermasalah kulit kering teh. Sensatia Botanical dari bahan alam jadi seger deh rasanya.

    ReplyDelete
  13. Belum pernah pakai produk skincare dari sensatia botanica, problem aku mah, kulit wajah berminyak, kulit badan kering kerontang, huhuhu jadi bingung khan

    ReplyDelete
  14. Bulan puasa tetep kinclong, kulit muka lembap, dan tetep terawat baik dengan sensatia botanica, ya, Teh.
    Tipe kulit saya normal kombinasi, kayaknya cocok sama sensatia botanica ini.

    ReplyDelete
  15. Wah cucok nih buatku yg berkulit normal cenderung kering...jd pengen nyoba deh..

    ReplyDelete