Sunday, April 21, 2019

5 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut


Terkadang penderita bau mulut enggak menyadari masalah kesehatan mulut yang sedang dialaminya. Untuk mengetahui bau mulut atau enggak harus menggunakan bantuan orang lain. Atau juga dengan menjilat pergelangan tangan lalu membiarkannya kering. Jika dari pergelangan tangan tersebut tercium bau yang enggak sedap, maka kemungkinan menderita bau mulut. Orang yang menderita bau mulut akan merasa enggak percaya diri, dan pastinya akan membuat orang lain enggak nyaman juga pada saat mengobrol dengannya. 

Ayo kembalikan rasa percayaan diri dengan mengikuti cara menghilangkan bau mulut yang cepat seperti berikut ini : 

1. Menjaga kebersihan mulut dengan rutin menggosok gigi 
Kebersihan mulut dan gigi yang enggak terjaga dengan baik  akan menyebabkan napas yang ditimbulkan menjadi enggak sedap. Adanya sisa makanan yang melekat pada gigi dan gusi dapat berubah menjadi senyawa dengan baunya yang menyengat. Hal ini disebabkan oleh bakteri anerob yang berada di dalam mulut. Jika enggak rutin membersihkannya, maka bakteri tersebut akan membentuk plak dan senyawa yang berbau. Terlebih iika mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan sulfur. Oleh karena itu pastikan selalu menjaga kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi secara rutin pada pagi hari, sebelum tidur, dan juga selesai makan. 

2. Menghindari rokok 
Salah satu penyebab bau mulut adalah kebiasaan merokok. Hal ini disebabkan karena adanya senyawa tar dan nikotin di dalam rokok. Senyawa kimia yang ada di dalam rokok juga dapat memicu timbulnya plak gigi dan gingivitis atau peradangan pada gusi. Selain itu juga, tembakau akan menyebabkan mulut menjadi kering dan dapat meningkatkan temperatur yang ada di dalam mulut. Oleh karena itu sebaiknya menghindari kebiasaan merokok, yang juga memang enggak baik untuk kesehatan paru paru. 

3. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh 
Bau mulut juga bisa disebabkan oleh kondisi mulut yang kering karena kelenjar saliva yang enggak menghasilkan air liur. Air liur ini akan berfungsi sebagai zat yang dapat melembapkan mulut, menetralkan asam, menghilangkan bakteri, dan juga menyapu sel kulit mati yang ada pada lidah, gusi, dan juga pipi yang ada di sekitar rongga mulut. Bakteri penyebab bau mulut akan lebih mudah berkembang biak jika enggak ada air liur, serta akan mengubah sisa makanan menjadi senyawa yang menyebabkan terjadinya bau mulut. Oleh karena itu perbanyaklah mengkonsumsi air putih setiap hari sehingga mulut enggak akan kering dan enggak akan menimbulkan bau. 

4. Mengkonsumsi air yang dicampur lemon 
Mengkonsumsi air yang dicampur dengan irisan lemon ternyata dapat mengatasi bau mulut. Larutan air asam ini memiliki efek yang dapat menyamarkan bau mulut. Keasaman yang ada di dalam lemon dapat membantu melawan bakteri yang ada di dalam mulut penyebab bau mulut. Oleh karena itu teman-teman dapat mengkonsumsi air perasan lemon ini sebelum tidur, supaya air tersebut dapat melembapkan dan juga mengurangi bau mulut pada saat bangun pagi. Dijamin pada saat bangun di pagi hari, napas akan terasa lebih segar dan juga enggak berbau. 

5. Mengunyah parsley atau daun mint
Selain itu masih ada cara yang lain. Yaitu dengan mengunyah parsley atau daun mint. Senyawa aktif yang ada di dalam kedua bahan tersebut, seperti klorofil telah terbukti ampuh dapat menghilangkan bau mulut. Senyawa fenolik yang ada di dalam daun mint tersebut akan bereaksi langsung dengan senyawa yang dapat menghilangkan napas bau.

5 comments :

  1. Wah bener banget tuh Mbak, memang ya bau mulut itu sangat menganngu

    ReplyDelete
  2. Makan permen termasuk juga termasuk lho kak :D

    ReplyDelete
  3. Dengan menggosok gigi secara rutin itu juga bisa ya menghilangkan bau mulut

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata ada banyak cara ya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut

    ReplyDelete
  5. Dengan meminum air putih ternyata juga bisa ya menghilangkan bau mulut. Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete