Thursday, June 27, 2019

Tips Mudah Cara Berinvestasi Saham Online Bagi Pemula


Di antara berbagai instrumen investasi, saham menjadi alat investasi yang banyak digemari karena hasilnya bisa memberikan keuntungan yang cukup besar untuk investornya.

Semakin majunya teknologi komunikasi juga turut memberikan dampak positif bagi kegiatan investasi ini. Salah satunya adalah adanya kemudahan dalam memperoleh akses untuk berinvestasi. Jika dulu seorang investor harus bersusah-susah menghubungi broker atau pialang untuk mendapatkan saham, sekarang bisa dengan mudah mendapatkannya melalui sistem online. Juga keunggulan lainnya ditunjukkan melalui kemudahan dalam memantau harga juga keuntungan dari banyaknya saham yang ditanamkan. 

Saya sendiri sudah sejak lama ingin mulai berinvestasi secara online, tapi maju-mundur karena masih ragu. Hingga kemarin saya mendapatkan beberapa tips mudah cara berinvestasi saham secara online. Nah, bagi teman-teman yang juga tertarik untuk mulai berinvestasi saham secara online, berikut ya tipsnya. 

1. Memilih Perusahaan Sekuritas 
Sebelum mulai berinvestasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih perusahaan sekuritas. Bisa pialang ataupun broker. Fungsinya adalah sebagai perantara untuk membeli saham di Bursa Efek Indonesia atau yang lebih dikenal dengan BEI. 

Salah satu perusahaan sekuritas yang bisa dipilih adalah mandirisekuritas.co.id. Untuk bisa bergabung sebagai nasabah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Seperti KTP, NPWP, buku tabungan, kartu keluarga, dan materai berjumlah 3-4 lembar. 

2. Sediakan Setoran Awal 
Selanjutnya adalah menyediakan setoran awal untuk membuka rekening efek. Sekarang ini, Bursa Efek Indonesia membuka sebuah program baru yang diberi nama Yuk, Nabung Saham. Jika teman-teman mengikuti program ini, setoran awal yang harus disediakan cukup murah. Yakni hanya 100 ribu rupiah saja untuk satu akunnya. 

3. Install Aplikasi Trading 
Lalu langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi trading. Hal tersebut dikarenakan semua hal yang berhubungan dengan trading saham akan dilakukan secara online melalui aplikasi tersebut. Aplikasi trading ini bisa diunduh secara gratis melalui google play store. 

4. Mulai Trading 
Inilah puncak dari semua mekanisme yang telah dipenuhi. Apalagi kalau bukan trading? Secara umum, melakukan trading secara online di aplikasi tergolong cukup mudah untuk dilakukan. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke akun. Kemudian masukkan pin, karena tanpa pin tidak akan bisa melakukan trading saham. Setelah itu, cari perusahaan publik yang ingin dibeli sahamnya. Kemudian masukkan kode emiten dari perusahaan tersebut. Untuk membeli saham bisa memilih pilihan buy, sedangkan untuk menjualnya bisa memilih sell. Masukkan jumlah lot yang diinginkan. 

5. Pelajari Strategi yang Tepat 
Sebenarnya BEI sendiri mengklasifikasikan sahamnya ke dalam beberapa jenis. Salah satunya adalah saham unggulan dan bluechip. Untuk mengurangi risiko adanya investasi bodong, teman-teman yang notabenenya seorang pemula disarankan untuk memilih saham unggulan. Karena sekuritas di dalamnya bisa dibilang terlalu populer untuk tidak dilirik. 

Mudah bukan? Yuk segera investasikan uangmu! Jangan lupa untuk mengunjungi mandirisekuritas.co.id ya!

12 comments :