Thursday, October 3, 2019

Jaga Pernapasan, Ini Cara Melindungi Diri dari Kabut Asap yang Efektif


Akhir-akhir ini, kabut asap memenuhi beberapa daerah di Indonesia. Hal ini disebabkan karena meningkatnya polusi udara, gersangnya musim kemarau, serta pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan. Akibatnya, banyak masyarakat yang sulit menjalankan aktivitasnya dan merasakan masalah kesehatan pernapasan. Sedih, ya.... Makanya, sebaiknya teman-teman harus mengetahui beberapa cara melindungi diri dari kabut asap yang efektif. Ada beberapa hal yang bisa teman-teman lakukan. Simak informasinya ya.

Balut Hidung dengan Handuk Basah

Saat ada kabut asap, usahakan agar teman-teman menghindari aktivitas di luar rumah. Namun, jika keadaan yang memaksa, terapkanlah cara melindungi diri dari kabut asap yang pertama ini. Yakni dengan membalutkan handuk basah di hidung. Kandungan air yang mengandung oksigen akan membantu teman-teman bernapas lebih baik.

Kualitas udara yang buruk di luar sana akan tersaring oleh handuk basah dan membantu menetralisir kadar racun dari kabut asap. Cara melindungi diri dari kabut asap ini juga bisa teman-teman terapkan di dalam rumah untuk orang dewasa.

Pasang Penyaring Udara di Ventilasi

Teman-teman juga bisa memasang penyaring udara di ventilasi rumah. Cara melindungi diri dari kabut asap ini berguna untuk meminimalkan kabut asap yang masuk ke sirkulasi udara rumah teman-teman. Pilihlah penyaring udara dengan bahan photocatalyst filter yang menyaring udara hingga tiga kali lebih jernih hanya dengan dibantu energi cahaya saja. Jangan lupa untuk memasangnya di semua lubang ventilasi udara di rumah, ya.

Nyalakan AC

Masih dengan tujuan untuk menjaga kualitas sirkulasi udara di rumah, teman-teman juga perlu untuk menyalakan air conditioner (AC) di rumah. Jika teman-teman tidak memilikinya, maka gunakan penyaring udara ventilasi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, atau tutup ventilasi dengan handuk basah yang terus diganti. Buatlah agar setidaknya kualitas udara di rumah teman-teman tidak sama buruknya seperti kondisi di luar rumah yang dipenuhi kabut asap.

Rutin Membersihkan Rumah dari Debu

Selanjutnya, teman-teman disarankan untuk lebih sering membersihkan rumah dari debu-debu halus sebagai cara melindungi diri dari kabut asap. Sebab, jumlah debu kala kabut asap akan meningkat. Pastikan rumah bersih agar kesehatan semua anggota keluarga ikut terjaga. Jika teman-teman memiliki anak kecil, pastikan untuk menjaganya di ruangan yang bersih dan jangan ajak ke luar rumah. Kesehatan anak kecil akan lebih rentan, maka tidak ada salahnya pula jika memberi tabung oksigen untuk pernapasan yang lebih lancar.

Simpan dan Jaga Kebersihan Bahan Makanan

Kabut asap yang tersebar akan mencemarkan tumbuhan atau produk pertanian yang terpapar di lingkungan luar. Cucilah dengan bersih semua bahan makanan menggunakan air mengalir. Begitu pula dengan stok air bersih di rumah yang harus teman-teman tutupi dengan penutup rapat agar zat karbon dari kabut asap tidak tersebar dan mencemari air.

Bagaimana pun juga, sudah sebaiknya kita menjaga lingkungan dengan baik. Jika cara melindungi diri dari kabut asap seperti yang tertera di atas atau dengan sederhananya memakai masker saja teman-teman masih kesulitan bernapas, maka tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter atau mengungsi ke daerah yang lebih sehat. 

Masih ada informasi lain tentang cara melindungi diri dari kabut asap serta bahayanya untuk tubuh yang bisa teman-teman baca di link artikel berikut ini:

No comments :

Post a Comment