Wednesday, December 11, 2019

Serunya Peluncuran dan Bedah Buku Anak: Aku dan Alam Semesta


Seminggu yang lalu, tepatnya hari Sabtu 30 November 2019, saya menghadiri peluncuran buku anak "Aku dan Alam Semesta". Acara tersebut diadakan di Perpustakaan Pusat ITB mulai pukul 2 siang.

Buku yang diterbitkan oleh ITB Press ini merupakan kumpulan cerita pendek untuk anak. Kebetulan Jav sudah mulai bosan dengan buku cerita bergambar, makanya saya semangat banget datang ke acara ini karena memang sedang mencari jenis buku baru untuk bahan bacaan Jav. Sekalian 'pulang kampung' juga ke kampus yang pernah menjadi rumah kedua saya selama 9 tahun, hohoho....

Siang itu, saya tiba di Gerbang Belakang ITB tepat pukul 2. Wow, ternyata sudah banyak banget perubahannya. Sambil terkagum-kagum, saya berjalan ke Perpustakaan Pusat ITB dan baru sampai 5 menit kemudian. Ternyata acaranya sudah dimulai. Keren deh, tepat waktu.

Ketika saya masuk, Pak Arif Arianto sedang menyampaikan kesan-kesannya mengenai buku "Aku dan Alam Semesta". Rupanya beliau mewakili ayahnya, Prof. Bambang Hidayat yang menjadi narasumber dalam pembuatan buku ini. Kebetulan Pak Arif juga rekan kerja penulis di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) loh.

Menurut beliau, meski tipis, buku ini isinya padat dan bernas. Cocok sekali untuk situasi sekarang di mana tantangan orang tua dalam mendidik anak semakin berat. Setiap cerita di buku ini mengandung pesan, ilmu pengetahuan yang dibalut dengan kearifan lokal, juga soft skill. 

Setelah itu Mak Efi sebagai perwakilan dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) menyampaikan sambutannya. Karena penulis dan ilustrator buku ini mengawali kegiatan menulisnya dari komunitas KEB.

Acara dilanjutkan dengan penuturan dari Mak Laras sebagai penulis buku ini. Pemilik nama pena De Laras ini mempunyai nama lengkap Diadjeng Laraswati. Buku “Aku dan Alam Semesta” merupakan buku solonya yang ke-8. Yup, saat ini, Mak Laras sudah menghasilkan 17 buku antologi dan 8 buku solo loh. Namun, sebagian besar berupa komik dan cerita hantu. Sampai-sampai diprotes sama keponakannya, "Kok hantu terus sih," hihihi.... 

Makanya Mak Laras memutuskan untuk menuangkan kenangan masa kecilnya dalam sebuah cerita. Salah satunya yaitu kenangan duduk di pangkuan ayah, memandang langit, sambil mendengarkan kisah tentang bintang kejora. Teman-teman tahu enggak bintang kejora itu apa? Bintang kejora itu bukan bintang, melainkan planet Venus. Nah, melalui buku ini, Mak Laras ingin meluruskan hal tersebut.

Dalam penyusunan buku yang proses kreatifnya memakan waktu selama 10 bulan ini, Mak Laras berdiskusi dengan Prof. Bambang (astronom Indonesia dan Guru Besar ITB). Mak Laras senang sekali dengan sikap beliau yang sangat terbuka memberi masukan untuk buku ini.

Awalnya, buku “Aku dan Alam Semesta" hanya berisi 5 cerita pendek. Namun setelah bertemu dan berdiskusi dengan Mak Tanti, Mak Laras menambah 5 cerita pendek lagi yang masih memiliki benang merah dengan cerita sebelumnya, sehingga akhirnya buku ini berisi 10 cerita pendek.

Bersama Mak Laras

Sebagai PNS dan blogger di laraswati.com, Mbak Laras yang gaya penulisannya ini terinspirasi dari karya-karya NH. Dini, Lelia S. Chudori, Sidney Sheldon, Enid Blyton, dan lain-lain juga membagikan tipsnya membagi waktu antara keluarga, pekerjaan, dan kegiatan menulis. Mak Laras membiasakan diri untuk tertib menulis setiap hari di atas pukul 10. Ada atau enggak ada ide, pokoknya harus menulis. Apabila merasa sedang buntu, Mak Laras biasanya keluar dulu menghirup udara di ruang terbuka, jalan pagi atau berkendara naik Gojek.  

Selanjutnya Pak Edi Warsidi dari ITB Press sebagai editor buku “Aku dan Alam Semesta" menyampaikan proses penyuntingan buku ini. Yang beliau lakukan pertama kali adalah membaca buku ini dari awal sampai akhir. Kemudian baru dilakukan penyuntingan. Beliau membiarkan penulis bebas menuangkan idenya dan hanya melakukan mechanical editing.

Menurut beliau, karena buku ini merupakan kumpulan cerita pendek, pembaca bisa masuk dari mana saja, enggak harus dari awal. Beliau juga menambahkan bahwa buku ini sangat bagus karena bukan hanya menghibur, tetapi mendidik juga.

Oh iya, buku “Aku dan Alam Semesta" merupakan buku fiksi kedua yang diterbitkan oleh ITB Press. Sebelumnya, misi ITB Press hanya menerbitkan buku-buku yang berkaitan dengan sekolah dan fakultas yang ada di ITB. Namun kini misi ITB Press sudah semakin luas. Salah satunya yaitu menerbitkan lebih banyak buku fiksi di tahun 2020.

Acara kemudian dilanjutkan dengan bedah buku yang disampaikan oleh Kang Ali Muakhir dari Forum Lingkar Pena. Menurut Kang Ali, berdasarkan usia target pasarnya, buku ini cocok untuk pembaca akhir atau pra remaja. Sudah pas lah ya untuk dibaca Jav. Selain komentar mengenai body shaming yang sekarang ini sedang menjadi isu sensitif dan masih adanya kalimat yang terlalu panjang, Kang Ali banyak memuji buku ini.

Temanya yang fokus dengan lingkungan hidup sangat menarik. Openingnya memikat. Ceritanya mengalir dengan cara penyampaian yang terasa seperti disampaikan secara langsung. Membacanya pun menyenangkan, karena seolah-olah sedang traveling keliling Indonesia, meski sebenarnya setting ceritanya masih bisa digali lebih dalam lagi. Kesimpulannya, anak-anak butuh buku ini.

Pembicara terakhir dalam acara ini yaitu Mak Tanti Amelia. Sebagai ilustrator buku “Aku dan Alam Semesta", Mak Tanti menyiapkan beberapa puluh gambar untuk buku ini, hingga akhirnya terpilih 41 gambar. Mak Tanti sempat kaget karena sebenarnya dari gambar yang dipilih tersebut, beberapa ada yang masih berupa sketsa. Mak Laras memilih gambar tersebut karena ekspresinya 'dapet'.

Mak Tanti bercerita bagaimana suka dukanya membuat ilustrasi untuk buku ini. Sukanya karena bekerjasama dengan Mak Laras itu rasanya menyenangkan. Jadi beberapa tahun yang lalu, Mak Laras dan Mak Tanti pernah bersama-sama menghadiri event doodle di Malaysia. Sejak saat itu mereka sering bekerjasama, bahkan sudah ada rencana untuk buku selanjutnya juga.

Bersama Mak Laras, Mak Tanti bisa berkarya secara bebas tanpa diberi batasan. Meski sempat bingung juga ketika diminta untuk membuat gambar untuk 3 cerita terakhir, karena ceritanya belum ada, hehehe.... Sedangkan dukanya, Mak Tanti pernah merasa kesal ketika gambarnya dicorat-coret oleh Prof. Bambang, hihihi....

Mak Elisa Koraag - Mak Laras - Mak Tanti - Kang Ali - Pak Edi - Pak Arif

Asyik banget deh menyimak proses kreatif pembuatan buku ini dan membedahnya. Lebih asyik lagi karena acara ini dipandu oleh MC yang merangkap moderator, Mak Elisa Koraag. 

Acara semakin seru dengan adanya pembagian hadiah untuk pemenang kuis dan doorprize. Ada buku “Aku dan Alam Semesta" edisi berwarna. Serta voucher menginap di Musafir Guest House Solo, RedDoorz, dan Harris Hotel Bandung. 

Alhamdulillah, saya kebagian voucher menginap di RedDoorz

Sebelum pulang, saya dan teman-teman blogger menikmati makanan ringan dulu dari Dunkin Donuts. Kemudian pulang membawa goodie bag berisi oleh-oleh dari ITB Press dan Faber Castle. Enggak lupa, tentunya saya membeli bukunya juga dong. Tunggu reviewnya ya. 

Yeay, dapat tandatangan dari Mak Laras dan doodle dari Mak Tanti

Teman-teman tertarik juga untuk memiliki bukunya? Buku “Aku dan Alam Semesta" ini bisa dibeli di Tiara Bookstore dengan harga Rp 50.000 untuk buku edisi hitam putih dan Rp 150.000 untuk buku edisi berwarna.

Foto bersama

25 comments :

  1. Terima kasih sudah hadir, terima kasih sudah buat postingan ini. Keren. Komplit ya beli buku dan dapat doorprize ♡

    ReplyDelete
  2. Wah, menarik nih. Jadi ini kumpulan cerpen yang penuh hikmah gitu ya. Kirain beneran buku anak pelajaran sains gitu

    ReplyDelete
  3. Duh banggaaaa banget jadi member KEB. Karena buanyaakk yg berproses dan "naik kelas" dgn jadi penulis buku dll ya Mak.

    ReplyDelete
  4. Tersanjuuuung.. Liaaaaa!

    Runut banget ih, dan hapal banget urutan seluruh acara .. alhamdulillah terimakasih banyak yaaa Liaaaa

    ReplyDelete
  5. Buku yang sangat berguna ya mba..Nggak cuma sekedar menghibur, tapi content pendidikannya pasti banyak

    ReplyDelete
  6. Menarik nih bukunya. Pengen punya deh meski yang versi hitam putih juga gpp.. ikut seneng aku sbg sesama anggota keb

    ReplyDelete
  7. Hebat lah ini emak-emak di balik buku ini. Saluuttt sama mereka. Dan buku ini, aku yakin akan disenangi oleh anak-anak.

    ReplyDelete
  8. Menarik itu yang diminta menggambar, tapi ceritanya justru belum ada. Jadi cuma dikasih tau vig picturenya bagaiman, ya?

    ReplyDelete
  9. Tipsnya mba Laras oke banget ya. Senang ya bisa tertib gitu nulis setiap hari di atas jam 10 pagi. Konsiten :) Selamat y mba Laras untuk launching buku barunya

    ReplyDelete
  10. Hebat ya, produktif nulis buku. Pengen juga kapan-kapan nulis buku juga. Sekarang latihan dulu rajin nulis di blog hihi...

    ReplyDelete
  11. Aku jadi penasaran ini pengen punya bukunya, anak-anak memang harus dikenalkan untuk membaca buku sejak dini menurutku.

    ReplyDelete
  12. Salut ya dengan Mbak Laras yang bisa menulis secara disiplin di atas jam 10. Saya mah yang ada buka-buka hp terus ngabisin waktu

    ReplyDelete
  13. Saya baru tahu kalau bintang kejora itu bukan bintang, melainkan planet..hehehe
    Pengetahuan yang baru saya dapatkan ketika menghadiri launching buku Aku dan Alam Semesta

    ReplyDelete
  14. Oo yang buat ilustrasinya Mba Tanti? Kalau sudah terbitan ITB Press pasti isinya bagus dan mendidik ya. Walau sudah bebas untuk siapa aja, pastinya kan ITB Press juga punya tujuan percetakannya.

    ReplyDelete
  15. Kumpul bermanfaat bngt ya mba dpet ilmu tips Dan trik menulis kpingin bngt Juga akutuh nulis cerita anak kyk mba Tanti

    ReplyDelete
  16. Wah. Jd pengen nulis buku jg pas baca ini. Sy mah kalo anak bobok ngerjain kerjaan domestik Plus nonton drakor nih. Wkwk

    ReplyDelete
  17. Wah di sela2 aktivitasnya sebagai org kantoran/ PNS masih bisa disiplin nulis buku yaa, saluutt :D
    Manajemen waktunya lbh bagus.
    Aku kyknya dah lama gak ke toko buku, ocoba bsok wiken aku coba cari bukunya ya mbak :D

    ReplyDelete
  18. Aku tuh suka banget baca buku anak-anak teh, gambarnya gemes-gemes. Ini juga bagus banget bukunya. Salut juga sama konsistensi Mba Laras bisa nulis di atas jam 10 mau mood or nggak. Aku jam segitu mah udah tepar. Haha.

    ReplyDelete
  19. Kereeeeen mba diadjeng. Dan blogger tangsel yang mempertemukan kolaborasi mereka sampai bikin buku

    Aku jadi pengen beli

    ReplyDelete
  20. Ada 2 jenis buku yang beredar ya, hitam putih dan berwarna. Kayaknya bakalan puas banget kalau bisa punya yang buku berwarnanya. Gambar-gambar Mak Tanti bakalan terasa hidup banget nih.

    ReplyDelete
  21. Karya mbak Larasati ini sudah banyak sekali ya, teh..
    Cantiknya...
    Buku anak-anak yang sangat imajinatif.
    Karena inilah yang dibutuhkan anak-anak zaman sekarang, daya imajinasi tanpa batas.

    ReplyDelete
  22. Uwaaaah Mak Laras shared the same memories with me. Tambahannya kalo dari pengalaman saya, Bapak juga sambil ngajakin nyanyi lagu bintang kejora diiringi gitar :D

    ReplyDelete
  23. Produktif banget ya mbak Laras ini konsisten hingga akhirnya membuahkan hasil buku yang sekeren ini.

    ReplyDelete
  24. Menarik banget temanya. Aku baru tahu kalau bintang kejora ini ternyata planet venus ta. Ya ampun.

    Jadi bukunya ada dua versi ya Mbak. Hitam putih dna berwarna. enak banget ini pembeli bisa menyesuaikan dengan isi kantong.

    ReplyDelete
  25. Penasaran deh. Jadi pengwn beli bukunya. Bisa dibeli online kan ya? Tp aku mau nunggu review nya dl deh.. Buruan direview dong mbak..

    ReplyDelete