Sunday, December 15, 2019

ASUS ROG Phone II, Rajanya Smartphone Gaming


Games di Mata Perempuan

Akhir tahun ini ROG Phone II resmi diperkenalkan di Indonesia. Teman-teman sudah tahu kan? Berhubung sebagian besar pembaca blog ini berjenis kelamin perempuan, saya membayangkan beberapa respon seperti ini.

Jawaban pertama, "Iyaaaa! Penasaran deh, pengen beli...," jawaban teman perempuan yang suka main games.

Games bukan hanya untuk kaum adam saja. Perempuan yang suka main games juga enggak sedikit. Contohnya Pevita Pearce. Brand Ambassador ASUS ini sudah senang bermain games online sejak masih SD loh, mainnya di warnet. Sekarang dia sedang suka bermain PUBG Mobile. Meski cantik dan feminim tapi katanya mainnya barbar, hohoho....

Teman-teman suka bermain games seperti Pevita? Baca sampai bawah ya ;)


Jawaban kedua, "Smartphone yang buat main games itu? Duh, jangan sampai suami saya beli deh, bisa-bisa aku makin dicuekin," jawaban baper mamah muda yang suaminya hobi main games.

Jujur, saya juga sempat memiliki perasaan seperti mamah muda di atas. Kesal dan cemburu kalau suami sudah asyik bermain games, hihihi.... Tapi itu dulu karena sekarang saya sudah enggak muda. Lama-lama, saya sadar. Bermain games itu kan hobi suami. Toh, saya sendiri juga mempunyai hobi dan enggak suka kalau dilarang-larang sama suami. Kami sama-sama sudah dewasa dan tahu batasan. Makanya, selama enggak merugikan diri dan orang lain, ya biarkan saja suami menyalurkan hobinya bermain games.

Jadi penasaran sama ROG Phone II dan ingin memberi kejutan untuk suami? Baca juga sampai bawah ya ;)

Jawaban ketiga, "Hapenya Sultan? Iya, anakku minta dibeliin tuh. Pusing aku. Hobinya main games melulu, sampai lupa belajar," jawaban emak-emak yang stres karena anak ABG-nya suka main games.

Beda ceritanya nih kalau yang suka bermain games itu anak sendiri. Anak zaman sekarang memang sudah canggih. Sebagai orang tua, mungkin ada rasa khawatir dong anak akan kecanduan games. Kebetulan kemarin saya habis ikut acara parenting dan mendapat pencerahan cara asyik agar anak enggak kecanduan games. Jadi kuncinya yaitu jangan dilarang, karena bisa-bisa malah dianggap orang tua yang menyebalkan, hehehe.... Mending menggunakan metode 4T yang dibuat oleh Eko Nugroho, M. Sc., seorang game designer dan game-based learning expert. Berikut metodenya.

Pertama, Tertarik. "Apa serunya sih bermain games? Enggak bermanfaat banget. Mending bantuin Bunda cuci piring." Eits, jangan berburuk sangka dulu. Coba deh cari tahu games apa yang paling sering dimainkan anak, lalu pahami apa yang menarik dari games tersebut. Cara mencari tahunya bisa dilakukan dengan membaca ulasan games, menonton video bermainnya di Youtube, atau bisa juga langsung mencobanya sendiri. 

Dulu, saya sama sekali enggak tertarik bermain PUBG. Hanya membaca judul dan melihat poster game jenis battle royale ini, saya sudah sakit kepala duluan. "Main game kok kaya gitu? Apa enaknya sih? Bukannya makin stres ya?" Eh, ketika mencoba, ternyata malah ketagihan. Deg-degan tapi seru. Saya merasa lebih rileks setelah selesai bermain game yang lumayan memicu adrenalin ini. Mungkin karena berhasil meluapkan emosi, hihihi....

Baca juga, ZenFone Max Pro M1, Teman Me Time yang Ga Ada Matinya

Kedua, Terlibat. Jika sudah menemukan apa yang menarik dari game tersebut, coba juga terlibat dalam sesi bermain anak. Minta izin untuk melihatnya bermain sambil tanya, “Aa lagi main game apa sih? Kok kayanya seru banget,” atau “Aa kayanya sering banget main game ini, paling serunya pas bagian mana sih?” dan sebagainya. 

Ketiga, Temani. Setelah itu, coba juga ambil inisiatif. Ajak anak untuk memainkan game tersebut bersama-sama. Tentukan waktunya (misal setelah mengerjakan PR atau setiap weekend). Selain mengenalkan cara bermain games yang lebih sehat, bermain bersama juga bisa memperkuat bonding dengan anak.

Keempat, Tambahkan variasi. Ketika bermain, tambahkan sedikit variasi seperti beberapa peraturan tambahan, papan skor bersama, dan lain-lain. Bisa juga membangun diskusi soal strategi atau apapun setelah sesi bermain usai. Siapa tahu nantinya malah menjadi atlet e-sport kan. 

Jadi jangan terlalu kaku dalam menghadapi anak yang doyan main games, santuy.... Kalau sudah menjadi teman bermain games yang asyik, harapannya anak akan kecanduan bermain games bersama orang tuanya, bukan kecanduan sama gamesnya. Begitu. Apalagi kalau orang tua bermain gamesnya memakai ROG Phone II, kewl banget.... Anak pasti bangga, hohoho....

Bagaimana, sudah enggak musuhan lagi sama games kan? Hehehe....

Grand Launching ROG Phone II

Nah, kembali ke ROG Phone II. Jadi, ASUS sebagai gaming brand nomor 1 di dunia resmi memperkenalkan ROG Phone II di Indonesia dalam acara yang bertajuk We Own The Game – ROG Phone II Grand Launching pada hari Kamis, 5 Desember 2019 yang lalu. Tempatnya seperti biasa, di Pullman Central Park Jakarta. Meski enggak hadir, tetapi saya menonton live streamingnya di Youtube. 

Sejak sehari sebelumnya, ratusan ROG Fans sudah mengantre di lokasi acara. Mereka rela menginap sehari semalam demi menjadi pembeli pertama ROG Phone II di Indonesia loh. Serta tentunya demi mendapatkan penawaran menarik, berbagai bonus istimewa dari ASUS, salah satunya yaitu jam tangan eksklusif ROG X G-Shock 2nd Generation. Wow!


Acara ini ini dimulai sekitar pukul setengah 2. Dibuka dengan sambutan dari ASUS Chairman, Jonney Shih yang memperkenalkan smartphone gaming paling canggih dan powerful di dunia. ROG Phone II.


5 Keunggulan Utama ROG Phone II

Menurut Jimmy Lin, ASUS South-East Asia Regional Director, ada 5 keunggulan utama yang dimiliki oleh ROG Phone II. Meski saya belum bisa membuat reviewnya, namun saya akan menjelaskan beberapa keunggulan ROG Phone II tersebut berdasarkan presentasi yang disampaikan oleh Willy Chen, ASUS Indonesia Smartphone Product Manager.


Performa Kencang Tak Tertandingi
Agar bisa bermain games dengan seru, tentunya enggak hanya membutuhkan smartphone ala kadarnya yang asal bisa digunakan untuk bermain games. Kalau ingin menang, smartphonenya harus yang bisa diandalkan, harus yang kencang dan powerful. ROG Phone II merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang mengusung Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus Mobile Platform dengan CPU clockspeed hingga 2,96GHz. CPU powerful tersebut didukung dengan chip grafis Adreno 640 yang memiliki performa 15% lebih kencang dari GPU yang ada di Qualcomm® Snapdragon™ 855. Selain itu, Qualcomm® Snapdragon™ 855 Plus juga telah terintegrasi penuh dengan Qualcomm® Snapdragon™ Elite Gaming, sehingga membuat ROG Phone II enggak hanya tampil sebagai smartphone paling bertenaga yang pernah ada, tetapi juga memang telah dioptimalisasi khusus untuk bermain games.


Tapi namanya bermain games, pasti mengakibatkan smartphone menjadi cepat panas. Untuk memastikan hadirnya performa maksimal sepanjang waktu, ROG Phone II menggunakan sistem pendingin khusus yaitu GameCool II yang memanfaatkan 3D vapor chamber yang memungkinkan panas dapat dihantarkan dan dibuang dengan sangat baik. 


Penyimpanan dan konektivitasnya pun merupakan yang terbaik. ROG Phone II menggunakan penyimpanan UFS 3.0 berkapasitas hingga 512GB, sehingga memastikan waktu loading di dalam game dapat berjalan sangat cepat. Sementara dari sisi koneksi, ROG Phone II enggak hanya mendukung konektivitas 4G LTE Cat 18 dengan kecepatan download hingga 1,2Gbps, smartphone gaming ini juga dilengkapi dengan WiFi 802.11ad yang menggunakan koneksi 60GHz serta memiliki kecepatan transfer data hingga 4,6Gbps. Pokoknya teman-teman enggak akan menemukan smartphone gaming dengan performa yang lebih baik dari ROG Phone II.

Layar Responsif Kelas Profesional
Untuk menyajikan pengalaman gaming terbaik, ROG Phone II dilengkapi layar AMOLED dengan refresh rate kencang 120Hz dan response time 1ms. Sangat akurat mengalahkan seluruh smartphone yang ada saat ini. Kualitas visualnya pun terbaik berkat warna dengan tingkat Delta E kurang dari 1, sehingga mampu menghadirkan pengalaman gaming dengan framerate terbaik serta tampilan animasi jelas dan mulus, enggak patah-patah.


Layar premium ROG Phone II tersebut diberikan perlindungan terbaik. Untuk itulah ROG Phone II menggunakan kaca pelindung Corning® Gorilla® Glass 6 yang sangat kuat. Berkat perlindungan tersebut, ROG Phone II tampil sebagai salah satu smartphone flagship paling tangguh. Yup, tangguh luar dalam nih.

Stamina Monster
Saat sedang bermain game, tentu teman-teman ingin bermain lebih lama. ROG Phone II memiliki baterai berkapasitas 6.000mAh. Jadi teman-teman dapat bermain lebih lama tanpa perlu bolak-balik mengisi ulang daya.


ROG Phone II juga mendukung teknologi Qualcomm QuickCharge 4 dan hadir dengan adapter charger khusus berteknologi ROG HyperCharge. Adapter berdaya 30W tersebut mampu mengisi daya ROG Phone II sebesar 66% hanya dalam waktu 58 menit saja. ROG Phone II juga mendukung teknologi USB Type-C Power Delivery sehingga teman-teman dapat menggunakan adapter USB Type-C apapun untuk mengisi ulang daya smartphone gaming ini.

Ergonomis
ROG Phone II merupakan smartphone gaming-centric yang sejak awal didesain untuk landscape gaming. Yup, layar berukuran 6,59 inci tersebut telah dioptimalkan agar nyaman digenggam ketika digunakan bermain game dengan posisi landscape. Menggunakan ROG Phone II, teman-teman akan tetap dapat melihat tampilan game dengan sangat jelas dan enggak terhalangi oleh jari. 


ROG Phone II juga memiliki fitur side-mounting port sehingga memungkinkan teman-teman untuk tetap mengisi ulang daya smartphone saat sedang bermain games, tanpa mengganggu keseruan bermain. Karena saat sedang bermain games, posisi kabelnya ada di bawah, jadi aman, enggak akan bikin konsentrasi menjadi ambyar. Selain itu ROG Phone II pun dilengkapi dengan multi-antenna wi-fi untuk mendukung koneksi yang lancar saat sedang bermain game. 


Sensasi Bermain Games Maksimal 
ROG Phone II dilengkapi dengan fitur gaming khusus, salah satunya adalah Air Trigger II yang merupakan sensor khusus di bagian samping bodi ROG Phone II. Air Trigger II ini dapat digunakan sebagai tombol tambahan ketika bermain game. Sehingga menghadirkan pengalaman bermain game layaknya menggunakan tombol trigger di controller konsol. AirTrigger II juga didukung oleh teknologi Dual Surrounding Vibration yang menawarkan pengalaman penggunaan terbaik.


Audionya juga mantap. ROG Phone II memiliki dual front-facing stereo speakers yaitu  DTS:X Ultra Virtual Surrounding Sound Stereo speaker yang dilengkapi dengan dual NXP TFA9874. Memberikan efek suara yang lebih kencang dan jernih. Untuk kelancaran komunikasi saat sedang bermain game pun, ROG Phone II didukung dengan noise-cancelling quad-mic.


Keunggulan Lain ROG Phone II 

Selain 5 keunggulan utama tadi, berikut beberapa keunggulan lain yang membuat ROG Phone II sulit untuk ditolak.

Desain Eksklusif
ROG Phone II memiliki warna matte black dengan desain yang cakepnya enggak ada duanya. Dan yang menurut saya paling keren dan bikin mupeng adalah adanya pencahayaan ASUS Aura RGB berbentuk logo ROG di belakang bodi yang bisa menyala dengan warna yang berubah-ubah sesuai warna pelangi. Uh, eye catchy banget. Tingkat kekerenan langsung meningkat tajam kalau menenteng smartphone ini.


Pengalaman Fotografi Memuaskan 
ROG Phone II memiliki kamera belakang ganda yaitu kamera utama 48 MP SONY IMX586 flagship sensord engan bukaan f/1.8 yang sudah dilengkapi dengan fitur PDAF dan Laser autofocus, serta kamera kedua adalah kamera ultra-wide 13 MP. Adapun untuk kamera depan, ROG Phone II memiliki kamera 24MP dengan bukaan f/2.2. Yup, meski merupakan smartphhone gaming, kameranya juga enggak kalah mantul.


Atau ada juga teman-teman yang sama sekali enggak tertarik dengan games? Tenang, dengan spesifikasi seperti di atas sih, sebenarnya ROG Phone II ini bukan hanya cocok untuk gamers. Tapi sesuai juga untuk mendukung berbagai kebutuhan teman-teman, apapun jenis kelaminnya, berapapun usianya, apapun profesi dan hobinya.

Seperti saya. Sebagai blogger, dengan semua keunggulan yang dimiliki ROG Phone II--performa, baterai, layar, kamera, dan lain-lain--bisa mendukung kegiatan saya dalam membuat konten seperti menulis artikel, membuat foto, hingga mengedit gambar dan video secara mobile dengan nyaman.

Harga ROG Phone II

Bagaimana teman-teman, keren banget kan ROG Phone II ini? Tertarik membeli hapenya sultan? Siap untuk menjadi emak-emak yang asyik dan kewl? Hehehe.... Teman-teman bisa mendapatkan ROG Phone II ini dengan harga Rp8.499.000.

ROG Phone II dilengkapi juga dengan berbagai aksesori menarik. Seperti yang disampaikan oleh Brian Tan, ASUS Senior Product Director of ROG Phone. Yaitu:
  • ROG AeroActive Cooler. Merupakan perangkat pendingin aktif yang dapat dipasang di ROG Phone II. Hadir dengan kipas khusus yang lebih senyap. 
  • ROG TwinView Dock II. Merupakan perangkat yang membuat teman-teman dapat merasakan pengalaman bermain dengan dua layar menggunakan ROG Phone II. 
  • ROG Kunai Gamepad. Merupakan sebuah controller game yang dapat dipasangkan bersama ROG Phone II. Terdiri dari sebuah casing dan dua sisi controller yang dapat dilepas. Dilengkapi dengan tombol fisik serta kontrol analog untuk pengalaman bermain game kelas konsol.
  • ROG Desktop Docking. Merupakan perangkat yang memungkinkan teman-teman untuk merasakan pengalaman gaming layaknya PC desktop menggunakan ROG Phone II. 


Adapun untuk paket lengkap ROG Phone II bersama dengan aksesorinya, harganya menjadi lebih hemat, yaitu Rp21.999.000. 

Spesifikasi ROG Phone II 


24 comments :

  1. ASUS ini fokus banget ke produk gaming. Keren nih kalau smartphone mendukung untuk gaming. Biasanya tangguh juga

    ReplyDelete
  2. jadi akhirnya ketagihan main PUBG ya jeng Lia hahahaha...

    aku aja nih yang ga terpengaruh ama game yang memacu adrenalin ini. masih setia pada game Matchington Mansion dan Garden Escape ... eh sama satu lagi, Bubur Ayam!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk... toss mba Tanti, saya juga termasuk yang ga suka sama game pubg. Lebih suka hometown escape.. xixixixi.. tapi mgkn akan wus wus wus kali ya kalau mau di HP ROG.

      Delete
  3. Beughh kalo pakai HP ini, auto keren yaak. Mupeng beratsss, pingin bungkus satuuu ajah ahaggg

    ReplyDelete
  4. Racun...racuuun. Lihat handphone dengan spek support game gini naluri gamer dalam diriku langsung bergejolak, Mbak. Ampun, tutup mata dulu deh, bisa jebol tabungan. Hahaha.

    ReplyDelete
  5. anaku yg remaja demen main game. kalo punya asus rog phone ini pasti dia seneng banget. wow keren pisan!

    ReplyDelete
  6. Asik ini henpon cucok buat yang doyan main game, makin mager atulaaah..
    Meni weweg gitu ya.

    ReplyDelete
  7. ASUS ini emang manjain gamers banget ya teh. Nggak kebayang canggihnya kayak apa ini smartphonenya, speknya bikin speechless haha, worth it banget kalau harganya sampai 8jtan.

    ReplyDelete
  8. Wah, makasih mbk tipsnya. Kalo dilarang biasanya anak makin menjadi jadi ya. Rig phone ini keren banget, desainnya khas

    ReplyDelete
  9. Penggisian dayanya cepat ya. Jadi nggak perlu kuatir juga pas batreai habis dan butuh cepat. Rekomen banget ini

    ReplyDelete
  10. Mupeng banget pengen punya ASUS ROG Phone II ini. Kalau HP biasa buat ngegame seringnya cepet panas dan baterai boros. Spec nya mantap jiwa dan designnya udah kekinian.

    ReplyDelete
  11. Kalau buat aku yang mau tobat game, ini belum masuk itungan. Tapi memang yang mau terjun di dunia game, ya kudu punya smartphone ROG ini ya. Apalagi yang gemar esport

    ReplyDelete
  12. Wow banget batereinya tahan lama gtu ya mbak, jd yang main game pakai henpon ini bisa puas2 main :D
    Wajib dimiliki para gamer nih hapenya. Btw gak nyangka mbak Pevita juga suka maen game :D

    ReplyDelete
  13. Buat game aja kece apalagi pake buat kerja ya pasti enak
    Ga bakal sering ngelag pakai ini

    ReplyDelete
  14. Ini beneran keren ya hapenya. Beneran hapenya anak sultan deh. Pricey. Tapi memang worth it ya. Tampangnya keren, fiturnya gak nahaaan.

    ReplyDelete
  15. Rumus 4T-nya ternyata tanpa aku sadari, sudah aku lakukan di rumah. Kalau ngga baca artikel ini, ngga ngerti kalau itu ternyata ada di teori parenting. Tinggal penyempurnaan lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  16. Saat ini mobile gamer memang semakin banyak ya, jadi hp yang spesifikasinya cocok buat gamer seperti ini pasti banyak dicari. Mau info ke ponakan ah, yang kemarin cari hp yang gahar buat ngegame..

    ReplyDelete
  17. Jangan sampai anakku baca ulasan ini, nanti dia minta dibelikan hehehe....
    Iya nih, sebenarnya kalau orang tua mau meluangkan waktu juga buat mengetahui game apa yang suka dan sering dimainkan anak-anak, nggak bakal ada "keributan" kok ya

    ReplyDelete
  18. Adanya gamecool II bikin ngegame bs berlama2. Woooh kalau suami tahu bisa minta anggaran buat beli asus rog phone ini nih. Kasih tahu gak yaaa

    ReplyDelete
  19. Gahar banget pokoknya mah si ROG Phone II ini. Anakku aja sampe tercengang saat kuceritakan spek si ROG ini. Masih kecil sih dia, tapi udah tau mana hape gaming yang dahsyat. Dia pengin banget punya hape ini, pengin bisa main PUBG katanya. Di hape yang sekarang, nge-lag melulu kalau dipake nyobain games yang itu.

    ReplyDelete
  20. Widihhhh keren banget ya ROG Phone II, terlihat tegas gitu dari belakang. Memang cocok banget deh buat gamers - gamers aman sekarang, aku ceritain anakku aja dia langsung mupeng wkwk

    ReplyDelete
  21. Aku nih, klo ponakan sama sodara serius jadiin profesi, ikut lomba dll, beneran aku dorong buat beli ini hahaha

    La klo cuma buat main aja, minta diketak klo minta ini hahaha
    Tapi emang bikin mupeng banget sih

    ReplyDelete
  22. Pak suami doyan banget main games online, kadang aku suka nemenin Mak. Penasaran bisa betah gituuu. Tapi pas main game memang problemnya adalah henfon cepet panas dan mati wkwkwkwk

    ReplyDelete
  23. harganya kok lumayan terjangkau yaa.. hehehe gaya banget aku ini. soale aku pernah dulu lihat harga rog phone 15 juta dan aku gemeteran wkwkwk

    ReplyDelete