Thursday, November 15, 2018

ZenFone Max Pro M1, Teman Me Time yang Ga Ada Matinya

zenfone max pro m1 limitless gaming

"Makasih ya Bu, maaf mengganggu waktu tidur siangnya," ujar seorang tamu saat pamit setelah menyelesaikan urusannya dengan saya. Saya pun menjawabnya dengan senyum manis. Padahal sebenarnya ingin berteriak, "Tidur siang? Makhluk apa itu?" Hehehe...

Saat sedang mempunyai bayi remaja yang sedang aktif-aktifnya seperti sekarang ini, saya sih enggak pernah berharap bisa tidur siang. Jangankan tidur siang, baru masuk ke kamar mandi buat wudhu saja, pintunya langsung dia gedor-gedor. Jangankan tidur siang, baru menyalakan kompor untuk masak mi instan saja, si dia yang tadinya tidur pulas, tiba-tiba bangun dan mencari saya. Fiuh, posesif banget, hihihi....

Tentang Me Time

Tentu saja saya sangat menikmati dan mensyukuri hal tersebut. Tetapi hidup itu kan harus seimbang ya. Peran saya di dunia ini bukan hanya sebagai ibu, tetapi juga sebagai hamba Allah, sebagai istri, sebagai anak, sebagai bagian dari anggota masyarakat, dan pastinya sebagai diri sendiri. Makanya, saya harus berusaha mengatur waktu agar semua peran tersebut bisa berjalan dengan baik sesuai prioritas. Termasuk waktu untuk diri sendiri alias me time.

Me time: Time spent relaxing on one's own as opposed to working or doing things for others, seen as an opportunity to reduce stress or restore energy.
(Oxford Dictionaries)

Setelah berjibaku dengan berbagai rutinitas di siang hari, mulai dari menyiapkan makan dan bekal, mengantar-jemput ke sekolah, belanja, berkutat dengan piring kotor, bercengkerama dengan setrikaan yang terus beranak-pinak, dan lain-lain sambil diposesifin si bayi remaja, enggak bisa dipungkiri bahwa saya membutuhkan me time di malam hari. Saat anak-anak sudah tidur, saya bisa melakukan kegiatan favorit dengan bebas dan tanpa gangguan. Nah, dengan menikmati me time secara rutin, pikiran menjadi lebih fresh dan terhindar dari stres. Keesokan harinya, saya pun dapat kembali berkegiatan dengan bahagia, hohoho....

Kadang, saya juga suka 'ceritanya me time' ke luar rumah seperti menghadiri event blogger, mengikuti pengajian, mendatangi acara arisan, dan lain-lain. Tapi karena masih sepaket dengan si bayi remaja, judulnya jadi bukan 'me time' lagi deh. Tetap 'ngasuh time', cuma berbeda tempat saja, heuheu...

Makanya dengan kondisi seperti sekarang ini, bagi saya sih me time di rumah pun sudah cukup. Yang penting berkualitas, hohoho.... Cara saya menikmati me time pun enggak pernah neko-neko. Asal ada smartphone kesayangan, kegiatan me time dijamin lancar. Berikut beberapa kegiatan me time yang biasa saya lakukan dengan smartphone:
  • Menulis blog. Mengabadikan momen, mencurahkan isi hati dan unek-unek, serta berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui blog merupakan cara me time yang menyenangkan. 
  • Blogwalking. Tujuan utamanya untuk menjalin silaturahmi dengan teman-teman blogger. Tapi ternyata bisa menambah pengalaman, pengetahuan, dan inspirasi juga yang membuat wawasan saya bertambah kaya.
  • Membaca buku. Membaca buku juga bisa dilakukan melalui smartphone loh. Lebih praktis dan hemat. Bisa beli atau bisa juga pinjam di perpustakaan online. 
  • Menonton film. Sensasi menonton film di rumah tentu sangat jauh berbeda dengan menonton film di bioskop. Tapi daripada enggak sama sekali, heuheu....
  • Mendengarkan musik. Mendengarkan musik dapat membuat perasaan menjadi lebih baik. 
  • Belanja online. Hmmm, maksudnya memasukkan barang ke keranjang belanja saja. Check out-nya sih kapan-kapan. Begitu juga sudah happy kok, hihihi....
  • Bermain game. Kalau sedang malas berpikir, malas menulis, pokoknya malas melakukan yang serius-serius, ya main game saja. 

Serunya Bermain Mobile Game

Yup, sekarang ini teknologi smartphone semakin canggih saja. Seiring dengan berjalannya waktu, fungsinya bukan hanya untuk komunikasi, tetapi bisa juga digunakan sebagai perangkat multimedia untuk bekerja dan hiburan. Saya bisa menulis draf blog, membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, dan lain-lain menggunakan smartphone. Termasuk bermain game. Di dunia, industri mobile gaming memang semakin maju. Hal ini didukung dengan munculnya berbagai jenis mobile game yang dapat diunduh dan dinikmati melalui smartphone.

Sama halnya dengan di Indonesia. Kini, bermain game bukan hanya alat untuk mencari kesenangan saja. Fungsinya mulai bergeser dari sekadar hobi menjadi profesi yang bisa menghasilkan uang. Sudah ada loh beberapa gamer profesional yang memiliki penghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah. Bahkan saking pesatnya perkembangan gaming di Indonesia, untuk pertama kalinya dalam sejarah, eSports pun dipertandingkan dalam ajang Asian Games 2018 yang lalu. Meski hanya eksibisi, namun hal tersebut menunjukkan bahwa tren mobile gaming enggak bisa dipandang sebelah mata.

Saya sendiri sudah lama sekali enggak bermain game menggunakan PC. Alasannya sederhana saja sih. Yaitu karena bermain game menggunakan smartphone lebih praktis dan bisa dilakukan sambil tidur-tiduran, hihihi....

Saya memang bukan penggemar berat mobile game. Tetapi tentu saja tetap ingin mendapatkan pengalaman yang terbaik setiap sedang bermain game, meski hanya menggunakan smartphone. Oleh karena itu, memiliki perangkat yang mumpuni merupakan syarat utama yang dibutuhkan untuk menikmati mobile gaming.

Mungkin semua smartphone bisa digunakan untuk bermain game. Namun belum tentu bisa memberikan pengalaman bermain game yang asyik loh. Enggak lucu kan, kalau lagi seru bermain game, tiba-tiba smartphone-nya nge-lag, nge-hang, atau mati kehabisan baterai, hehehe.... Apalagi bermain game menggunakan touchscreen di smartphone enggak semudah bermain game di PC atau konsol.

Makanya, menurut saya, sebuah smartphone gaming harus memiliki spesifikasi utama sebagai berikut. Pertama, prosesor yang mutakhir. Kedua, layar yang luas. Dan ketiga, baterai yang besar. Nah, semua spesifikasi tersebut dimiliki oleh ZenFone Max Pro M1. Iya, smartphone yang dulu flash sale-nya langsung sold out dalam waktu beberapa detik itu loh.

zenfone max pro m1 limitless gaming

ZenFone Max Pro M1, Limitless Gaming

Jadi, pada tanggal 23 April 2018 yang lalu di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, dalam ajang bertajuk Limitless Gaming Max Series Launch, ASUS kembali merilis update terbaru di jajaran smartphone seri Max andalannya. Setelah menghadirkan varian ZenFone Max Plus M1 sebagai pembuka lini baru ZenFone Max pada kuartal pertama 2018, kini produsen asal Taiwan tersebut kembali menghadirkan varian terkuat dari seri Max M1 yaitu ZenFone Max Pro M1, smartphone yang memang khusus ditujukan untuk bermain game.

zenfone max pro m1 limitless gaming

Sama seperti varian sebelumnya, ZenFone Max Pro M1 juga merupakan smartphone yang mengandalkan kemampuan baterai sebagai fitur unggulannya. Smartphone ini juga merupakan model yang mendukung fitur full-view display. Serta yang paling menarik, diperkuat oleh prosesor mutakhir yang mempunyai performa mumpuni. Makanya saya mantap memilih ZenFone Max Pro sebagai teman me time andalan.

1. Prosesor Mutakhir yang Gahar
Untuk bermain game, tentunya dibutuhkan perangkat yang mempunyai performa mumpuni untuk menjalankan aplikasi game terkini. ZenFone Max Pro M1 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 636. Prosesor ini spesial karena disebut-sebut sebagai chip dari kelas medium namun memiliki fitur kelas premium dari generasi Snapdragon 800. Prosesor ini menawarkan performa yang peningkatannya mencapai 1,54 kali lebih tinggi dibandingkan dengan Snapdragon 625. Makanya ZenFone Max Pro M1 dijamin mampu untuk menjalankan berbagai aplikasi game Android apapun yang disediakan di Google Play Store.

zenfone max pro m1 limitless gaming

Saya mencoba menguji performa ZenFone Max Pro M1 menggunakan AnTuTu. Aplikasi benchmark ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik. Dan skor ZenFone Max Pro M1 ini adalah 114.837.

zenfone max pro m1 limitless gaming

2. Layar Luas yang Memukau
Bukan hanya prosesor, untuk kepuasan bermain game juga dibutuhkan tampilan layar yang maksimal. Selain ukuran yang besar, diperlukan pula resolusi yang tinggi. Nah, ZenFone Max Pro M1 menyediakan layar ukuran besar yaitu 6 inci dan resolusi Full HD+ 2.160 x 1080 dengan rasio 18:9 serta infinity display atau full-view display. Bukan hanya lebih menarik dan kekinian tetapi juga dapat menghasilkan tampilan game yang terlihat lebih bagus, lebih jernih, lebih terang, dan lebih besar sehingga memaksimalkan pengalaman bermain game.

zenfone max pro m1 limitless gaming

3. Kapasitas Baterai Besar yang Ga Ada Matinya
Kelebihan utama yang menjadi ciri khas ASUS ZenFone Max series adalah kapasitas baterainya. Di balik tampilan ZenFone Max Pro M1 yang ramping, terdapat baterai li-polimer 5000mAh yang dapat menyimpan daya lebih besar, namun dibuat dalam dimensi yang ringkas. Baterai tersebut sangat kuat dan didesain untuk memberikan performa maksimum sehingga bisa digunakan untuk bermain game tanpa harus takut kehabisan baterai.

zenfone max pro m1 limitless gaming

Pengalaman Bermain Game Menggunakan ZenFone Max Pro M1 

Sebenarnya ada banyak jenis game yang pernah saya mainkan di smartphone. Namun mobile game yang masih terus saya mainkan hingga sekarang hanya beberapa macam saja. Saya sih sukanya game yang santai. Tapi harus ada mikirnya juga. Tapi mikirnya jangan yang terlalu serius juga, hehehe.... Coba tebak, game apa? Jangan tertawa ya, Minesweeper, hihihi....

Duh, masa smartphone gaming hanya dipakai untuk bermain Minesweeper. Habis bagaimana lagi, soalnya suka banget. Cukup menantang dan memicu adrenalin juga kok, hohoho.... Permainan mencari ranjau ini merupakan game favorit saya dari zaman masih kerja dulu. Ketika saya masih sering bermain game di PC kantor kalau sedang jenuh. Simpel dan mudah disembunyikan apabila Pak Bos tiba-tiba lewat, hehehe.... Jangan ditiru ya. Makanya senang banget karena rupanya game ini ada versi mobile-nya juga. 

Tenang, saya enggak menggunakan ZenFone Max Pro M1 hanya untuk bermain Minesweeper kok. Saya juga senang memainkan beberapa mobile game yang sedang populer. Sempat beberapa kali bermain FarmVille, SimCity, Minecraft, dan lain-lain, tapi enggak bertahan lama karena rasanya membosankan. Mungkin karena sayanya enggak bisaeun, hihihi.... Yang menjadi favorit hingga kini justru PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile, hohoho....

Saya bermain PUBG Mobile ini belajar secara autodidak loh, enggak ada yang mengajarkan. Ketika pertama kali mencoba bermain, suami sedang super sibuk dan sering berada di luar kota. Jadi saat bertanya padanya tentang game ini, saya malah disuruh googling sendiri, heuheu.... Makanya sempat beberapa kali mati sia-sia karena terlalu lama berada di luar zona bermain, hahaha.... 

zenfone max pro m1 limitless gaming

Jujur, awalnya saya sama sekali enggak tertarik memainkan game jenis battle royale ini. Membaca judul dan melihat posternya saja, saya sudah sakit kepala duluan. "Main game kok kaya gitu? Apa enaknya sih? Bukannya makin stres ya?" Eh, ketika mencoba, ternyata malah ketagihan. Deg-degan tapi seru saat harus bertahan selama mungkin dalam zona bermain dan tetap fokus ketika berhadapan dengan musuh. Saya merasa lebih rileks setelah selesai bermain game yang lumayan memicu adrenalin ini. Mungkin karena berhasil meluapkan emosi, hihihi.... Apalagi bermainnya menggunakan ZenFone Max Pro M1, rasanya puas dan menyenangkan.

Nah, untuk review yang paripurna, saya akan membahas pengalaman yang didapatkan ketika bermain PUBG Mobile menggunakan ZenFone Max Pro M1.

Permainan lancar
Tentunya enggak asyik ya kalau bermain game dengan tersendat-sendat. Rasanya pasti gemas dan mengesalkan. Dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 636, performa ZenFone Pro Max M1 enggak perlu diragukan lagi. Asalkan didukung koneksi internet yang kuat, saya bisa bermain PUBG Mobile dengan lancar tanpa tersendat. Wus... wus... mulus banget.

zenfone max pro m1 limitless gaming

View luas 
Dengan aspek rasio 18:9, saya mendapatkan view lebih lebar sekitar 12% dibanding smartphone dengan rasio 16:9. Layar lapang dan tambahan view tersebut sangat menguntungkan ketika digunakan untuk bermain PUBG Mobile yang mengandalkan kejelian mata.

Kualitas gambar halus
Saya dapat mengatur setting PUBG Mobile ini dengan graphics pada level HD dan frame rate pada level high. Hasilnya, kualitas gambar pada game ini halus banget. Memukau dan memanjakan mata serasa bukan bermain di smartphone.

zenfone max pro m1 limitless gaming

Nyaman dalam genggaman
Meski ZenFone Max Pro memiliki layar yang besar dengan ukuran 6 inci, tapi enggak terasa jebrag. Hmmm... apa ya Bahasa Indonesianya, oh enggak terlalu lebar. Rupanya karena ukuran bodinya hanya 5.5 inci. Loh kok bisa ya, tipuan mata atau apa nih, hihihi.... Bukan sulap, bukan sihir, ini karena bezelnya sangat tipis sehingga layar berukuran besar bisa muat di smartphone berukuran sedang. Desain yang ergonomis ini membuat ZenFone Max Pro M1 terasa nyaman untuk digenggam saat sedang bermain game.

zenfone max pro m1 limitless gaming

Kualitas suara mengagumkan
Speaker ZenFone Max Pro M1 memiliki konstruksi 5 magnet dengan suara yang dilindungi metal. Selain itu, ditambah juga dengan NXP smart amplifier yang memberikan suara yang lebih kencang dan jernih di semua kondisi. Makanya ketika bermain, suara tembakan dalam pertempuran PUBG Mobile pun terasa lebih real dan mencekam. Seru.

zenfone max pro m1 limitless gaming

Tahan Lama
Paling lama itu, saya bisa bermain game hingga 2 jam. Tapi rata-rata sih 1 jam saja atau 2 kali permainan PUBG Mobile. Bukannya apa-apa, kalau terlalu lama main sampai begadang, keesokan harinya saya bisa jadi zombie dan enggak ada energi untuk mengasuh si bayi remaja, hehehe.... Jadi bukan karena baterainya habis ya. Karena baterai ZenFone Max Pro M1 ini awet banget. Setelah bermain selama 1 jam, daya baterai hanya berkurang sekitar 10% saja. Wow banget kan. 

Adem
Selain baterainya yang tahan lama, hal yang membuat saya betah bermain game menggunakan ZenFone Max Pro M1 ini juga karena smartphone-nya adem banget. Enggak panas sama sekali meski sudah lama bermain game. Hanya terasa hangat sedikit, itu pun sepertinya hangat dari tangan saya deh.

zenfone max pro m1 limitless gaming
Yea...yea... yeay...!

Ah, ASUS memang enggak bohong saat mengklaim bahwa ZenFone Max Pro M1 ini merupakan smartphone khusus untuk mobile gaming dengan tagline Limitless Gaming.

Fitur Menarik pada ZenFone Max Pro M1

Selain mantap digunakan untuk bermain mobile game, fitur-fitur lain pada smartphone ini enggak kalah menarik loh. Berikut 3 fitur favorit saya yang terdapat pada ZenFone Max Pro M1.

1. Desain elegan
ZenFone Max Pro M1 dibuat dengan metal yang kuat. Layarnya menggunakan teknik curved display 2.5D. Bezel kanan dan kirinya tipis, serta melengkung di bagian sisinya. Makanya, smartphone ini sangat stylish dan nyaman ketika digenggam. Bobotnya pun cukup ringan, hanya 180 gram. Terdapat 2 pilihan warna, yaitu Deepsea Black yang elegan dan Meteor Silver yang mewah.

zenfone max pro m1 limitless gaming

2. Kamera mantap
Berbeda dengan varian ZenFone lain, kali ini ZenFone Max Pro M1 enggak mengandalkan aplikasi Pixel Master camera, tetapi menggunakan Snapdragon camera, aplikasi kamera standar yang dikembangkan Qualcomm untuk ponsel dengan OS Android.

zenfone max pro m1 limitless gaming

ZenFone Max Pro M1 memiliki sistem dual kamera yang canggih. Kamera belakangnya dapat melakukan fokus ke suatu objek hanya dalam 1 kedipan mata. Serta memiliki sensor resolusi tinggi dengan lensa wide yang dapat mengambil foto dengan lebih jelas setiap saat. Selain itu, ZenFone Max Pro M1 dapat menangkap video pada resolusi 4K UHD, 4 kali lebih baik dari Full HD.

zenfone max pro m1 limitless gaming
Kamera belakang: mode portrait dengan depth effect

Untuk foto portrait dan close up yang luar biasa, kamera kedua pada ZenFone Max Pro M1 dapat digunakan untuk menciptakan depth effect yang artistik. Yaitu fokus yang tajam pada subjek dan membuat background menjadi kabur, sehingga membuat subjek menjadi menonjol. Makanya enggak pusing lagi kalau mau foto tapi banyak orang lewat di belakang, tinggal dibuat bokeh saja, hohoho....

zenfone max pro m1 limitless gaming
Kamera depan: mode portrait dengan depth effect

Adapun untuk foto selfie yang cantik, ZenFone Max Pro M1 dilengkapi dengan fitur live beautification. Fitur ini dapat mempercantik foto dengan menghilangkan jerawat, menyeimbangkan bentuk wajah, mencerahkan warna kulit, dan lain-lain secara instan. Berikut perbandingan foto selfie saya dengan fitur beautification off dan fitur beatification on. Meski diatur pada level low, wajah saya langsung tampak mulus seperti artis Korea. Langsung hilang deh tuh bintik hitam dan komedo, hihihi....

zenfone max pro m1 limitless gaming
Kamera depan: mode beauty

3. Sistem keamanan canggih
Salah satu fitur yang selalu saya suka dari varian ZenFone yang saya miliki sebelumnya (ZenFone 3 dan ZenFone 3 Max) adalah fingerprint sensor yang praktis banget. Saya bisa membuka smartphone hanya dalam waktu 0,3 detik. Pada ZenFone Max Pro M1 ini, fingerprint sensor-nya lebih canggih lagi karena dapat diakses meski menggunakan jari yang sedang basah.

Selain itu ZenFone Max Pro M1 juga memiliki sistem face recognition - face unlock, yang dapat mengenali fitur unik wajah saya dan kemudian membuka smartphone. Keren loh. Sangat responsif dan enggak berpengaruh apakah saya dandan atau enggak, memakai kerudung atau enggak, serta senyum atau enggak, hohoho....

zenfone max pro m1 limitless gaming

Selain 3 fitur favorit saya tersebut, masih ada fitur keren lain nih. ZenFone Max Pro M1 memiliki Triple Slots. Yaitu 2 slot SIM Card yang mendukung 4G LTE dengan kecepatan hingga 400MbUps, dan 1 slot microSD sehingga memudahkan untuk menambah storage hingga 2TB.

zenfone max pro m1 limitless gaming

Dan terakhir namun enggak kalah penting, Zenfone Max Pro M1 menggunakan UI Pure Android Oreo v 8.1. Karena belum mendapatkan kostumisasi apapun, jelas Android 8.1 sangat bersih. Versi terbaru dari user interface Android ini dapat membantu melakukan hal-hal dengan lebih cepat dan meningkatkan produktivitas.

zenfone max pro m1 limitless gaming

Yup, sekian cerita saya tentang ZenFone Max Pro M1, teman me time andalan yang ga ada matinya. Teman-teman tertarik juga ingin memiliki ZenFone Max Pro M1? Tenang, untuk spesifikasi yang gahar dan pengalaman bermain game yang memuaskan, harga ZenFone Max Pro M1 ini sangat terjangkau kok. Yaitu:
  • Rp2.199.000 untuk ZenFone Max Pro M1 (3GB/32GB)
  • Rp2.599.000 untuk ZenFone Max Pro M1 (4GB/64GB) 
  • Rp3.399.000 untuk ZenFone Max Pro M1 (6GB/64GB)

zenfone max pro m1 limitless gaming

52 comments :

  1. Hmmm, jadi penasaran. Biar bisa banyak me time juga kebetulan hape yg sekarang sudah mulai error2 mulu nih.
    kebayang, mana enak digenggam, pasti makin betah magerr hehe

    ReplyDelete
  2. Ngga ada game di hp tapi cocok. Juga ya ngegame. Buat me time, tfs tehhh

    ReplyDelete
  3. Ya ampun bagus banget dan terjangkau harganya ya?
    Siap siap pindah ponsel nih :)

    ReplyDelete
  4. Hp zaman now tau banget ya kebutuhan tiap orang beda tapi bisa dikemas all in one nonton drakor dengan hasil layar yg wide dan resolusi warna tinggi bikin betah si pasti 😁

    ReplyDelete
  5. harganya murah ya teh, suami juga pake zenfone bagus emang buat nge-game wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Kece banget Teh, aku juga punya HP Asus

    ReplyDelete
  7. Selalu inovasi keren yaa Asus, Mantul!!
    Hmm, ga hnya buat maen game doang, ehh ada buat menpercantik dirii ya Liaa, asiik!

    ReplyDelete
  8. Ya ampun ini Zenfone Max Pro M1 kenapa kece amat sih. Udah baterai 5000 MAh, yang mana ku pasti enggak perlu repot bawa powerbank atau chargeran kalau mau pergi seharian. Udah gitu kamera depan belakangny udah 16 MP hmm, jadi pengin ih. Enggak kebayang ih yang RAM nya 6 GB pasti wus wus cepet kinerjanya.

    ReplyDelete
  9. Tiap hari aku main game di hp. Cocok nig sama ZenFone :)

    ReplyDelete
  10. Ya ampun Fathir kalo dikasih hape khusus game kayak gini pasti bakalan betah banget tuh hahaha

    ReplyDelete
  11. Ini reviewnya bikin mupeng begini...jadi mauuuu

    ReplyDelete
  12. wah, desain bagian belakang ASUS jadi rada niru xiaomi ya...
    layarnya gede banget, cumey buat gamer tapi gak cucok buat saya yang suka ngantongin hape di saku, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg suka ngantongin hp di saku kok, krn zenfone max pro m1 ini ukuran bodynya cuma 5,5 inci jd cukup di saku :D

      Delete
  13. Ini ukuran ideal banget buat layar smartphone menurut aku, 5.5", soalnya aku pakai 5" kurang puas, ada tab 7" kegedean banget hahaha

    ReplyDelete
  14. huaaa aku mupeng banget sama seri ini, huhuhuhu. Soalnya daku suka phone yang agak besar biar muantabs gitu

    ReplyDelete
  15. Mau main game, mau foto, pakai zenmax pro m1 puassss

    ReplyDelete
  16. Sekarang lagi senengnya dengerin musik dari hape. ZenFone kualitasnya makin bagus ya :)

    ReplyDelete
  17. Asik nih kalo punya hp kayak gini. Layarnya luas, enak banget buat main game. Nulis juga enak mata nyaman ya. Anakku lagi minta hp nih hehe boleh lah ceki2 siapa tau cocok dan beli de :D

    ReplyDelete
  18. Makin keren zenfone. Layar luas puas untuk yutuban, hehe...

    salam

    ReplyDelete
  19. Pas banget buat gamers, namun nggak pas buat gua karena gua mencari cewek ckckck

    ReplyDelete
  20. Ngng mau tanya, Bu, bayi remaja itu usianya berapa sih? :D

    Daan, rupanya mainan game Mbak Lia ini gahar yaa yang battle2 gitu ... wuih :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toddler bu alias batita :D

      Hihihi, setelah dicoba ternyata ga gahar2 amat kok, malah seru dan bikin penasaran ;)

      Delete
  21. selamat ya kakak, sudah jadi pemenang,..keren deh

    ReplyDelete
  22. Wah reviewnya keren banget mba, saya jadi penasaran ama asus zenfone ini, bisa main PUBG brarti the Sims juga bisa dong yah ni hp hehe..btw congrats yah mba udh jdi pemenang :)

    ReplyDelete
  23. Nah me timenya kita mirip, nih. Minus main game dan belanja onlinenya, hahaha. Btw, ini HPnya keren banget, bikin ngiler :)

    ReplyDelete
  24. Selamat ya mbaa.. menang ^^
    Reviewnya keren :) iyaa bener digedor2 haha. Cakep hapenya ya mbaaa inii

    ReplyDelete
  25. duh iya, hp aku udah susah dipake main game. Cuma bisa game-game ringan aja. Mungkin memang sudah waktunya ini pindah ke max pro m1 ya. Biar bisa nyolong-nyolong main game

    ReplyDelete
  26. Hari ini malah udah launching yang Max Pro M2, ya. ASUS cepet banget sih inovasinya :)

    ReplyDelete