Friday, January 10, 2020

Tips Memilih Minyak Telon untuk Bayi


"Bunda, Rashya kok wangi bayi?" tanya Jav sambil mengendus badan adiknya.
"Iya, pakai minyak telon lagi, biar kaya bayi," hihihi....

Pastinya teman-teman enggak asing ya dengan minyak telon. Penggunaan minyak telon untuk tubuh merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang yang hingga sampai saat ini masih dilakukan. Seperti yang sudah diketahui, minyak telon ini biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi agar enggak kedinginan setelah selesai dimandikan. Bukan hanya itu, minyak telon juga memiliki aroma wangi yang enak dan tahan lama sehingga tubuh si kecil menjadi harum sepanjang hari. Namun apakah teman-teman tahu, dari manakah asal mula istilah minyak telon? 

Ternyata, istilah minyak telon diambil dan berasal dari bahasa Jawa yaitu “telu” yang berarti “tiga”. Ya, itu karena minyak telon terdiri dari perpaduan 3 jenis minyak yang berbeda. Yaitu minyak kelapa, minyak kayu putih, dan minyak adas. Masing-masing jenis minyak tersebut tentunya memiliki keunggulan yang berbeda. 

Minyak Kelapa 
Selain digunakan sebagai minyak untuk menggoreng, rupanya minyak kelapa juga digunakan sebagai bahan untuk pembuatan minyak telon lho. Ya, tentu saja, sebab minyak kelapa ini memiliki manfaat yang dapat mencegah kulit kering atau terkelupas. Pastinya kandungan minyak kelapa pada minyak telon mempunyai peranan cukup penting, mengingat kulit bayi yang masih tipis dan sensitif. Makanya, kelembapan kulit bayi harus tetap terjaga agar terhindar dari permasalahan kulit. Dengan adanya kandungan minyak kelapa pada minyak telon, dapat menjaga kelembapan kulit si kecil. 

Minyak Kayu Putih 
Sudah sejak dari dulu, minyak kayu putih kerap digunakan untuk mencegah tubuh bayi dari kedinginan setelah selesai dimandikan. Pasalnya, kandungan minyak putih pada minyak telon dapat memberikan sensasi hangat. Nah, sensasi hangat tersebutlah yang bertugas untuk mengatasi masalah perut kembung pada bayi. 

Minyak Adas 
Jenis minyak berikutnya yang terdapat pada minyak telon yakni minyak adas alias jintan. Minyak adas ini juga enggak kalah penting, karena manfaatnya yang dapat meringankan rasa nyeri kulit karena gigitan serangga maupun iritasi. Cara penggunaanya juga enggak ribet, karena tinggal mengoleskan minyak telon tersebut ke area kulit yang mengalami masalah. 

Setelah mengetahui 3 jenis minyak yang terdapat pada minyak telon, berikut beberapa tips membeli minyak telon plus yang bagus untuk bayi.

Memilih Minyak Telon Yang Teksturnya Enggak Lengket 
Tips pertama saat membeli minyak telon untuk bayi yaitu memilih minyak telon yang teksturnya enggak lengket. 

Memilih Minyak Telon Yang Hangatnya Pas 
Enggak semua produk minyak telon yang ada di pasaran memiliki kadar kehangatan yang pas. Sebaiknya mencoba terlebih dahulu sebelum membelinya. Apabila kadar kehangatannya dirasa sudah pas, maka minyak telon tersebut cocok untuk si kecil. 

Jangan Memilih Minyak Telon yang Berbau Menyengat 
Selain menghindari minyak telon yang panas, jangan sampai juga  memilih minyak telon yang berbau menyengat. 

Pilihlah Minyak Telon Dengan Merk Terkenal 
Setiap produk dengan merk ternama, tentu saja memiliki kualitas sudah enggak diragukan lagi. Begitu pun dengan produk minyak telon, lebih baik memilih merk minyak telon yang sudah terkenal . Salah satunya yaitu Doodle. Pasalnya, Doodle merupakan minyak telon kekinian yang aman dan nyaman digunakan, serta mempunyai aroma green tea yang sangat lembut.

No comments :

Post a Comment