Tuesday, February 25, 2020

Liburan Setitik di Jakarta

Akhirnya... kesampaian juga Jav main ke Jakarta. Iya, jadi Jav tuh sudah sejak setahun yang lalu kepingin main ke Ibu Kota, penasaran sama Monas. Dia sudah beberapa kali sih ke Jakarta, tapi bukan untuk main. Makanya, setiap ayahnya berangkat ke Jakarta, dia selalu bilang ingin ikut.

Nah, akhir tahun kemarin, suami mengajak kami ke Jakarta. Satu malam saja. Pergi dan pulangnya menggunakan kereta api. Yeay, Rashya senang banget bisa 'naik dudut', hihihi....

Di Jakarta, ke Mana Saja?

Monas
Kami berangkat dari Bandung pada hari Sabtu siang, sampai di Jakarta sorenya. Setibanya di Stasiun Gambir kami langsung berjalan kaki ke area Monas. Untungnya gerbang yang di dekat stasiun dibuka, jadi kami enggak perlu berjalan memutar terlebih dahulu.

Untuk menuju ke Monas, kami masuk dari tangga di dekat Tugu Monemen Nasional, turun ke bawah. Di sana ada loket penjualan tiket masuk. Inginnya sih bisa naik ke Puncak, namun seperti yang sudah kami duga, kuota yang siang sudah habis. Kami pun akhirnya hanya membeli tiket masuk ke Cawan. Biayanya Rp 35.000, sudah termasuk harga JakCard serta tiket masuk untuk 2 orang dewasa dan 1 orang anak.

Dari situ kami berjalan lagi melalui lorong hingga tiba di Monas. Dilanjutkan dengan naik tangga menuju Cawan sambil melihat antrean pengunjung yang akan naik ke Puncak. Di pelataran Cawan kami foto-foto, melihat pemandangan sekitar, duduk-duduk santai meluruskan kaki, sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Setelah puas beristirahat, kami kembali ke dalam dan berkeliling di Museum Sejarah Nasional. Sebenarnya saya enggak terlalu suka main di museum. Tapi ternyata seru juga melihat diorama dan menjelaskan pada Jav sambil mengingat kembali sejarah Indonesia mulai dari zaman prasejarah sampai masa Orde Baru.

Kota Tua
Dengan menggunakan taksi online, kami melanjutkan perjalanan ke Kota Tua. Waduh, ternyata malam Minggu ramai banget. Gagal deh mau foto-foto cantik, huhuhu.... Bingung mau ngapain, akhirnya kami melipir ke Museum Sejarah Jakarta.

Harga tiket masuk untuk kami berempat yaitu Rp 12.000. Awalnya tertarik karena penjual tiketnya menyebut-nyebut soal tur. Kalau tur begitu kan saya kira ada pemandunya, tetapi ternyata enggak, kami jalan sendiri.

Gedung museum ini dulunya merupakan balai kota, jadi kelilingnya masuk dari satu ruangan ke ruangan lain. Di sini kami melihat perjalanan sejarah kota Jakarta, prasasti, mebel antik, dan lain-lain. Namun yang paling berkesan dan bikin penasaran yaitu penjara bawah tanahnya.

KidZania
Keesokan harinya, mumpung di Jakarta, kami menyempatkan diri menemani Jav main di KidZania. Beli tiket untuk yang setengah hari saja. Segitu juga sudah lumayan bikin pegal, heuheu....

Setelah masuk, pastinya Jav langsung memilih untuk menjadi pembalap. Sebelum bisa menjadi pembalap, tentunya dia harus mempunyai SIM dulu dong. Tetapi untuk bikin SIM, Jav harus menjalani tes kesehatan dulu, hehehe....

Lalu selesai cek kesehatan dan mendapatkan SIM, bisa langsung jadi pembalap? Ternyata enggak semudah itu, karena uangnya habis, hihihi.... Seru ya, mirip kehidupan nyata, ada saja hambatannya. Akhirnya Jav menjadi agen rahasia dulu. Dia bisa mendapatkan gaji dan Blue Card dengan berbagai fasilitas menarik, salah satunya yaitu gratis jadi pembalap. Padahal dia tuh takut gelap, tapi harus menyelesaikan misi di dalam ruangan tanpa cahaya, sendiri. Begitulah hidup ini Jav, penuh perjuangan, hohoho....

Selain itu, masih banyak establishment yang sempat dicoba oleh Jav. Sebagian besar sih F &B, jadi dapat sampelnya buat camilan, hihihi.... Oiya, di KidZania ini ada beberapa establishment yang bisa dinikmati oleh anak-anak usia Rashya juga. Tapi karena sibuk menemani Jav, Rashya cuma mencoba naik bus aja, heuheu....

Di Jakarta, Menginap di Mana?

Rencananya, kami ingin menginap di apartemen. Soalnya apartemen tuh fasilitasnya lebih lengkap. Dengan harga sewa apartemen harian yang terjangkau, kami bisa mendapatkan akomodasi yang lebih luas, ada dapurnya, dan ada kolam renangnya. Penting, soalnya sama anak-anak kan.

Saya pun sudah sejak dua minggu sebelumnya mencari apartemen di Jakarta Selatan, supaya dekat ke KidZania. Teman-teman tahu Traveloka kan? Mudah banget mencari apartemen di Traveloka.

Berikut fitur-fitur-fitur canggih Traveloka:
  • Pay at hotel. Dengan fitur ini, teman-teman bisa booking akomodasi sekarang tanpa harus langsung membayar. Nanti saja bayarnya pas check-in di hotel. Praktis banget kan.
  • Easy reschedule. Kalau anak tiba-tiba sakit, liburan pun terpaksa ditunda terlebih dahulu. Padahal sudah memesan akomodasi. Tenang, dengan fitur ini, tinggal di-reschedule saja.
  • Last minute hotel. Fitur ini bermanfaat sekali apabila teman-teman mendadak harus menginap.
  • Hotel near me. Dengan fitur ini, teman-teman enggak perlu kebingungan mencari akomodasi, meski enggak mengenal daerah yang sedang dikunjungi. Traveloka akan merekomendasikan akomodasi terdekat dari lokasi teman-teman.

Dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Saya sendiri ketika mencari tempat menginap di Jakarta kemarin, menggunakan fitur filter untuk mencari akomodasi tipe apartemen dengan fasilitas kolam renang dan fitur sort untuk menyortir alternatif akomodasi berdasarkan harga. Maklum, bunda hemat, hihihi.... Meski akhirnya seminggu kemudian kami memutuskan untuk menginap di tempat kos suami saja. Karena cuma menumpang tidur kok. Jangankan berenang, pulang saja pukul 10 malam dan sudah pergi lagi pukul 7 pagi. Nanti deh, kapan-kapan lagi.

Selain fitur-fiturnya yang canggih dan lengkap, Traveloka juga mempunyai metode pembayaran yang mudah. Yup, di zaman yang sudah serba canggih seperti ini, segala sesuatu bisa dilakukan secara online dan cashless. Tinggal klak-klik-klak-klik di ponsel, beres deh. Termasuk memesan akomodasi di Traveloka. Pembayarannya bisa memakai kartu kredit, kartu debit, atau bayar nanti (Traveloka PayLater). Asyik banget kan.

Teman-teman enggak perlu khawatir apabila ingin membayar dengan menggunakan cicilan online, karena Traveloka PayLater didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK. Cara kerja penagih hutangnya pun beretika kok. Asalkan teman-teman ingat ya untuk memanfaatkan kemudahan ini dengan bijak.

Duh, jadi ingin main ke Jakarta lagi nih, hihihi....

58 comments :

1. hahaha, kami tahun 2018 lalu ke Jakarta, tujuan pertama masjid istiglal, lalu Monas, besoknya ke kota tua, terus ngemol.
    Lalu ke Tangerang sih.
    Harusnya agak stay lama di Jakarta, banyak yang bisa dilakukan :)

1. Kalau kelamaan biayanya gede, hihihi... Dicicil aja soalnya dekat :D

Delete
  2. mantap mbak liburanya, saya udah ada rencana ke jakarta pengen nyobain MRT heheheh (norak) tapi gak nyampe nyampe nih,,ada aja halanganya

ReplyDelete
  3. Aku pernah ke jakarta tapi belum ke tiga tempat itu. Lain kali harus ke sana, deh

4. Aku belum pernah ke tempat2 tadi, baru sekali sih ke Jakarta, cuma di rumah saudara aja 1 hari nggak kemana-mana. Next harus ke sana deh, ada yang bilang belum ke Jakarta kalau belum ke Monas hahaha.
    Nginep di apartemen asyik juga ya, karena memang fasilitasnya lengkap.

ReplyDelete
  5. sebagai orang bogor, aku belum sempat ajak anak2 main ke monas. kalo ke kota tua udah pernah dan apesnya pas museum lagi direnov hikhik

6. Di Jakarta menurutku banyak tempat hiburan ..,

Gak cuma setitik hehehehe.

Dulu pernah ke Monas, ikutan senam pagi hari Minggu..

Sekarang dah jauh dipulau sebrang..ntah kapan lagi mm ke Jakarta..

Replies
    1. Iya, karena baru nyoba sedikit di antara pilihan yang banyak banget, makanya saya sebut setitik :D

Delete
  7. Jav, baca ini Tante Niar nyesal dulu pernah ke Jakarta gak ke Monas huhuhu.

ReplyDelete
  8. Lho..di Traveloka bisa sewa apartemen juga toh...baru tahu, walah lebih lengkap fiturnya...

Kalau ke Jakarta, emang wajib tuh ke Monas dan Kota Tua, hehehe Ramai dan asyik!

9. Neyna juga baru liburan ke Jakarta tapi ke Dufan dan Ocean Dream teh hahaha alhamdulilah happy banget ntar juga ah mau ajak ke Monas

Replies
    1. Saya juga pengen banget ke dufan, tapi rashya masih kecil, sayang hehe...

10. KoTu pesonanya luar biasa yaaa
    Aku baru sekali main ke sana
    pengin sih, ajak anak main ke KoTu
    ntar nginepnya deket2 sana aja, pakai TRAVELOKA tentu saja :)

Replies
    1. Karena ramai banget, saya enggak bisa menikmati pesonanya huhu...

Delete
  11. Jadi kangen liburan ke Jakarta dan Menikmati keindahan dan tempat-tempat wisata yang mengedukasi anak-anak, apalagi bisa nginep dengan harga yang murah ya!

ReplyDelete
  12. Jakarta memamg identik dengan Monas dan Kota Tua yah...ngak lengkap rasanya kalo belum mengunjungi tempat itu, soal akomodasi mudah banget, pakai Traveloka aja semua pilihan menginap dan transportasi ada di sana.

13. Enggak apa-apa liburan singkat di Jakarta, yang penting bisa menikmati liburannya dan anak merasa senang. Seru juga main di KidZania, udah dapat SIM gak langsung bisa jadi pembalap. Mesti cari duit dulu, kek beneran aja, hahaha. Tapi permainan yang seru nih, mengajarkan anak-anak mengerti bagaimana cara mencari uang.

14. Fiturnya traveloka canggih banget ya. Aku pernah check in ke hotel jam 12 malam. Udah cape aja dan pengen tidur. Untungnya malam itu dapet kamar. Ga kebayang kalau ga ada fitur ini trus masa tidur di terminal atau masjid 🙈

ReplyDelete
  15. Anakku ngajak main di Kota Tua tapi sampai skarang belum terwujud. Kayaknya pas libur sekolah mau ngajak anak ke sini ah :)

16. Yeeaaay Jav seneng banget nih ya ke Monas. Anak anakku juga senneng banget nih ke Monas

17. Asyik banget ya walaupun liburan cuma didalam kota gini ya mom..aku juga pernah main ke kota tua ini

ReplyDelete
  18. Kidzania nih impian anak-anak kalau main ke Jakarta. Bisa nyobain banyak permainan dan profesi

19. Selamat menikmati Jakarta Jav. Seru bisa liburan bersama keluarga walau cuma setitik haha. Judul tulisannya itu menggelitik banget Mbak. 😅

20. Wah napa pada ngajakin main ke kota tua sih, bikin mupeng jadinya. Anak-anak selalu senang kalo diajakin ke Kidzania, bisa jadi apa saja di sana

ReplyDelete
  21. Duh mau banget deh ih liburan di Jakarta bareng anak-anak. Kayak seruuuu, banyak banget destinasi yang bisa dituju. Dari yang sifantnya hiburan hingga edukatif. DDan iya, aku kepengennya juga sewa apartemen. Selain nyaman, bisa banyakan, terusnya harganya ternyata banyak yang lebih murah dari hotel ya.

22. Jakerdaaah!! Semoga rencana tahun ini untuk ngajak anak2 ke Jakarta bisa terwujud :). Hahaha, padahal masih domestik yaaa...impian sederhana saja kadang tidak serta merta bisa terwujud. TFS info travelokanya ya mbak...mana tau ntar ga ada hotel teman, bisa klik traveloka hahahha

23. Saya yang di Jkt blm pernah naik ke monas hahaha, ke monas pun bisa dihitung jari #melas
    Jd pengen deh ajak anak ke monas dan naik ke atas :D
    Fitur traveloka makin lengkap ya mbak, Traveloka juga andalanku kalau kami sekeluarga jalan ke luar kota hehe

ReplyDelete
  24. Yay, welcome to Jakarta, Jav!
    Aku aja belum pernah naik ke cawan. Pernah niat ke Monas dari pagi eh malah tutup karena upacara.

Btw, seru kan main di KidZania Jakarta. Setengah hari belum cukup itu. Kudu balik lagi, hehe.

Replies
    1. Waduh, setengah hari aja yang nganternya udah pegel, hihihi...

Delete
  25. Asyik maen ke jakarta, jadi pengen ngajak koko ke monas & kota tua, padahal deketdari jakarta

ReplyDelete
  26. Fotonya bikin mupeng mbak buat liburan ke jakarta, apalagi adanya traveloka paylaternya... makin mantap

27. Hayuukk mba main lagi ke jakarta. Kbar-kabari supaya kita bisa meet up.
    Traveloka memang ngebantu banget ya. Apalagi sekarang fiurnya semakin banyak.

ReplyDelete
  28. Huhuhu saya mau bangga karena sudah pernah ke Monas dan Kota Tua meskipun hanya beberapa menit saja
    Impian sudah terlaksana meskipun cuma sebentar saja