Tuesday, March 3, 2020

Panduan Sederhana Melakukan Pembelian Menggunakan Bitcoin

pembelian menggunakan bitcoin

Teman-teman tahu Bitcoin? Atau jangan-jangan sudah sering menggunakan. Bagi teman-teman yang belum tahu, kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan pembelian menggunakan Bitcoin dalam banyak platform online yang menerima pembayaran Bitcoin, seperti Overstock sampai Microsoft. Walaupun tujuan utama Bitcoin yaitu sebagai alat pembayaran internasional, rupanya Bitcoin saat ini lebih banyak diimplementasikan sebagai aset investasi. Meski begitu, seiring waktu, semakin banyak perusahaan yang menerima pembayaran menggunakan Bitcoin. Hal ini enggak terlepas dari semakin besarnya komunitas Bitcoin meskipun mengalami deflasi. Mengenai hal tersebut, baca lebih lanjut di sini ya.

Berikut beberapa langkah yang perlu teman-teman ikuti untuk melakukan pembelian dengan Bitcoin.

1. Buka Dompet Digital

Untuk bisa mulai menggunakan Bitcoin sebagai metode pembayaran, sebelumnya teman-teman perlu memiliki dompet Bitcoin. Teman-teman bisa menggunakan dompet ini selayaknya akun bank konvensional. Dengan dompet ini, teman-teman bisa menerima pembayaran, menyimpan, atau membayar dengan Bitcoin, dan mengirimkan koin ke orang lain.

Teman-teman juga bisa memiliki pilihan untuk menggunakan dompet versi web seperti dompet blockchain yang dapat diakses dari ponsel dan komputer. Apapun dompet yang teman-teman pilih, proses pembuatannya sangat mudah dan cepat kok. Teman-teman hanya perlu mengikuti panduan yang dijelaskan di situs terkait, dan setelah itu bisa langsung menggunakannya dengan segera.

2. Dapatkan Bitcoin

Setelah pengaturan dompet digital selesai dibuat, teman-teman membutuhkan Bitcoin untuk diisi. Bitcoin dapat dibeli dari pasar transaksi atau jasa seperti Coinfy. Di sana terdapat beberapa pilihan untuk membeli Bitcoin, yaitu menggunakan kartu kredit atau transfer bank melalui platform transaksinya. Kemudian teman-teman hanya perlu mengisi alamat yang disimpan di dompet, dan Bitcoin pun langsung dikirim. Jika  teman-teman ingin tahu lebih lanjut mengenai proses pembelian Bitcoin, silakan melihat detailnya di sini.

3. Membayar dengan Bitcoin

Setelah memiliki sejumlah Bitcoin di dompet digital, sekarang saatnya teman-teman menggunakannya untuk pembayaran. Caranya, kunjungi toko online yang menerima pembayaran menggunakan Bitcoin, kemudian pilih produk yang ingin dibeli, dan pilih pembayaran menggunakan Bitcoin saat sedang berada dalam halaman pembayaran.

Teman-teman akan diberikan informasi tentang detail pesanan, dengan nominal yang sudah dikonversi ke dalam Bitcoin. Ada dua pilihan pembayaran, yaitu menggunakan kode QR atau tombol tertentu. Jika memiliki dompet yang terinstall di ponsel, teman-teman bisa dengan mudah menggunakannya untuk scan kode QR dan mengirimkan Bitcoin dengan cepat. Namun untuk dompet versi desktop, teman-teman perlu menekan tombol bayar lewat klien Bitcoin. Dompet digital akan dibuka dan pembayaran akan dicetak. Baca lagi detail pembayaran dan lakukan konfirmasi.

Selain itu ada juga pilihan pembayaran manual, yaitu dengan cara menyalin alamat Bitcoin yang tampil dalam jendela pembayaran. Kemudian tempelkan pada kolom send to, di dompet digital. Masukkan nominal yang diminta di dompet, dan kirimkan.

Apa yang bisa didapatkan: Setelah melakukan pembayaran ke jaringan Bitcoin, jendela pembayaran akan memperbarui status ke terbayar dan teman-teman akan diarahkan ke toko terkait.

Apa yang perlu dilakukan: Selalu mengirimkan nominal jumlah Bitcoin yang tampil dalam jendela pembayaran. Dompet teman-teman bisa saja menggunakan nilai tukar yang berbeda dan berarti nominal mata uang konvensional yang juga berbeda.

Apa yang perlu dihindari: Jangan pernah melakukan pembayaran dari akun trading yang diproses sebagai penarikan. Hal ini akan membuat status transaksi menjadi melewati jangka waktu karena proses penarikan yang enggak berlangsung instan.

Tips Pembayaran Bitcoin

Pembayaran Bitcoin hanya valid dalam waktu 15 menit. Hal ini disebabkan nilai tukar yang fluktuatif antara Bitcoin dan mata uang lainnya yang digunakan oleh toko tersebut. Jika transaksi Bitcoin enggak dikonfirmasi dalam jangka waktu tersebut, pembayaran akan tetap masuk, namun akan terlihat bahwa pembayaran sudah melewati jangka waktu. Dan ini bisa berakibat pada kesediaan toko untuk menerima pembayaran atau memberikan pengembalian dana.

Sebagai konsumen, teman-teman akan selalu bisa melihat status pembayaran, apakah itu sudah diproses atau belum. Juga penting untuk diingat bahwa setelah teman-teman melakukan pembayaran, hanya toko sendiri yang bisa melakukan pengembalian dana jika terjadi kesalahan. Teman-teman harus melakukan kontak langsung terkait pertanyaan tentang produk, pengiriman, dan sebagainya setelah melakukan pembayaran pada toko terkait.

2 comments :

  1. berarti produk fisik tidak masuk dalam skema perbayaran pake bitcoin yah

    ReplyDelete
  2. Saya pengen banget beli bitcoin, tapi masih ragu bisa untung apa gak ya, bingung jadi masian

    ReplyDelete