Thursday, March 12, 2020

Pertolongan Pertama pada Demam Gak Pake Drama

hansaplast cooling fever disney

Sebagai manusia yang normal, teman-teman pasti pernah berurusan dengan demam. Iya, enggak? Apalagi teman-teman yang mempunyai anak, biasanya lebih sering lagi berurusan dengan demam, hihihi....

Tentang Demam

Demam adalah kondisi meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat Celcius. Demam bukan penyakit, tetapi merupakan alarm yang menginsyaratkan bahwa ada sesuatu di dalam tubuh. Demam umumnya terjadi sebagai reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasite penyebab penyakit. 

Makanya, demam jangan dimusuhi. Loh? Yup, karena demam dapat dikatakan sebagai salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk menyingkirkan penyakit di dalam tubuh. Contohnya infeksi kerena virus. Virus akan mati pada suhu tinggi, dan sebaliknya akan mudah berkembangbiak pada suhu rendah. Begitu....

Selain penyakit, ada juga beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya demam, yaitu paparan cuaca dan suhu panas yang berlebihan, serta tumbuh gigi dan reaksi setelah pemberian imunisasi pada anak. 

Pertolongan Pertama Pada Demam

Tapi namanya emak-emak, mungkin sebagian besar pasti panik ya kalau anak demam. Setuju, enggak? Saya juga dulu begitu. Apalagi kalau keluarga dekat sudah menunjukkan sikap khawatir ketika anak demam. Tadinya butuh dukungan yang menenangkan, malah menjadi semakin panik deh, huhuhu.... 

Namun seiring dengan bertambahnya ilmu dan pengalaman, sekarang saya enggak pernah panik lagi kalau anak demam. Kok gitu sih, tega banget? Enggak lah. Prinsip saya, khawatir itu wajar, waspada itu perlu, tapi panik? Jangan.

Jadi ketika anak demam, daripada panik dan terburu-buru membawanya ke dokter, saya berusaha untuk memaksimalkan pertolongan pertama pada demam. Pertolongan pertama ini penting loh. Karena ketika demam terjadi, anak cenderung enggak bersemangat, enggak memiliki mood yang baik, malas makan, dan rewel.

Berikut tips pertolongan pertama pada demam tanpa panik ala saya.

Membuat anak nyaman. Di antaranya yaitu mengoleskan minyak balur favorit dan memakaikan pakaian dengan bahan yang enggak terlalu tebal. Ketika Rashya masih bayi sih enak, membuatnya nyaman cukup dengan disusui dan digendong sambil melakukan skin to skin contact. Sekarang karena sudah besar, saya membuat Rashya nyaman dengan mengajaknya berbicara dengan lembut sambil memeluk dan mengusapnya.

Jangankan anak-anak, saya saja yang sudah dewasa, kalau sedang sakit paling senang kalau dipeluk dan diusap, hehehe.... Meski harus istirahat, supaya enggak bosan, saya juga mengajak Rashya melakukan kegiatan favoritnya seperti membaca buku, mewarnai, atau menonton film.

Menyediakan minuman dan makanan yang mudah dikonsumsi. Untuk menghindari dehidrasi, anak yang sedang demam harus banyak minum air putih. Alhamdulillah, selama ini sih Rashya termasuk anak yang doyan minum ketika sedang demam, jadi enggak khawatir.

Selain itu, biasanya saya juga menyediakan air kelapa hijau, jus, susu, sup, puding, buah, biskuit, pokoknya apa saja yang Rashya suka. Saya enggak terlalu mempermasalahkan jika dia malas makan nasi, asalkan ada yang masuk, sudah membuat perasaan menjadi lebih lega.

Enggak terburu-buru memberikan obat penurun panas. Sebenarnya obat penurun panas dapat diberikan apabila suhu badan anak berada di atas 38 derajat Celcius. Namun saya sendiri baru memberikan obat penurun panas jika Rashya mulai rewel, gelisah, dan enggak nyaman. Jadi misal suhu badannya 39 derajat Celsius, tetapi masih ceria dan bisa bermain ya enggak saya berikan.

Mengompres dengan air hangat. Mengompres menggunakan lap atau handuk yang direndam air hangat akan membuat pori-pori kulit melebar sehingga panas dapat dengan mudah keluar dari tubuh.

Tapi Rashya enggak suka dikompres. Kalau dikompres, selalu dia lepas lapnya. Maklum masih kecil, belum mengerti. Mungkin karena rasanya enggak nyaman, basah-basah gimana gitu ya, hehehe.... Makanya sekarang saya menyediakan Hansaplast Cooling Fever di rumah, sebagai pengganti kompres demam konvensional. Hansaplast Cooling Fever ini bisa digunakan untuk anak usia di atas 2 tahun.

hansaplast cooling fever disney

Demam Gak Pake Drama dengan Hansaplast Cooling Fever Disney dan Marvel

Yup, teman-teman pasti sudah kenal dengan Hansaplast kan? Sebagai ahli produk Pertolongan Pertama, Hansaplast enggak pernah berhenti berinovasi dalam memberikan produk Pertolongan Pertama yang tepat guna.

Untuk menjawab kebutuhan akan kompres demam yang praktis, Hansaplast meluncurkan inovasi terbaru dan modern untuk pertolongan pertama pada demam sebagai yang pertama dan satu-satunya yaitu Hansaplast Cooling Fever dengan karakter favorit anak yaitu Disney Frozen dan Marvel Avengers.

Berikut beberapa keunggulan Hansaplast Cooling Fever edisi Frozen / edisi Avengers.

Kemasan menarik. Dari kemasannya saja sudah menarik banget. Karakter Disney Frozen dan Marvel Avengers pada Hansaplast Cooling Fever dapat mengalihkan perhatian anak dari rasa enggak nyaman karena demam. Praktis juga untuk dibawa bepergian.

hansaplast cooling fever disney

Cara pemakaian mudah. Pertama, tarik lapisan plastik transparan yang menempel pada bantalan Hydrogel. Kemudian tempelkan pada kulit yang bersih dan kering. Enggak perlu khawatir lepas karena produk ini dapat menempel dengan kuat.

Memberikan sensasi sejuk di dahi. Yup, sejuk yang membuat nyaman bukan dingin yang membuat anak menggigil. Skin-friendly dengan daya tahan hingga 8 jam. Ketika pertama kali mencoba, saya khawatir Rashya akan merasa terganggu karena ada sesuatu yang menempel di dahinya. Ternyata enggak loh, dia malah tidur pulas. Benar-benar deh ini, gak pake drama.

Aroma menenangkan. Aromanya enak sekali, yaitu aroma Peppermint dan Wintergreen Oil. Menenangkan dan membuat Rashya nyaman, serasa enggak sedang menggunakan obat. 

hansaplast cooling fever disney

Karakternya disukai anak. Anak mana sih yang enggak kenal sama karakter Disney Frozen dan Marvel Avengers? Dengan Hansaplast Cooling Fever edisi Frozen / edisi Avengers, bagi anak laki-laki, bisa diajak melawan demamnya bersama dengan Captain America, Iron Man, dan Black Panther. Sedangkan bagi anak perempuan, bisa diajak seru-seruan bernyanyi bersama Anna dan Elsa. Tapi meski laki-laki, Rashya juga suka kok menyanyikan lagu Frozen, hihihi....

Mudah didapatkan. Hansaplast Cooling Fever edisi Frozen / edisi Avengers bisa didapatkan secara online di Hansaplast Official Store di berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, juga secara offline di toko obat modern seperti Guardian, Watson, Alfamart, Hypermart, dan lain-lain. Saya sendiri kemarin membeli produk ini di Griya dekat rumah.

Tetap Waspada

Meski begitu, teman-teman harus tetap waspada dan terus melakukan observasi. Salah satunya yaitu dengan mengukur suhu tubuh anak secara teratur. Demam memang mudah dikenali hanya dengan meletakkan telapak tangan di dahi. Namun lebih baik mengukur suhu anak menggunakan termometer agar hasilnya lebih akurat.

Lalu, sebaiknya teman-teman segera membawa anak ke dokter apabila:
  • Demam enggak turun meski sudah lebih dari 3 hari (72 jam) tanpa diikuti gejala lain seperti batuk, pilek, diare, muntah
  • Bayi usia kurang dari 3 bulan dengan suhu lebih dari 37,9 derajat Celcius, bayi usia 3-6 bulan dengan suhu lebih dari 38,3 derajat Celcius, anak usia lebih dari 6 bulan dengan suhu lebih dari 39,4 derajat Celcius
  • Anak dehidrasi, kejang, sangat lemas, sesak napas, kulit pucat atau tampak kebiruan, sakit kepala berat

Begitu.... Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Untuk informasi lebih jelas mengenai Hansaplast Cooling Fever edisi Frozen / edisi Avengers, teman-teman bisa cek di:

Instagram: @Hansaplast_ID
Facebook Fanpage: @HansaplastID

~~~

#GakPakeDrama
#HansaplastID

52 comments :

  1. baru tau lho klo ada handsaplast buat ngompress kayak gini

    ReplyDelete
  2. Fotonya lucu bangeett itu. Sama, anakku juga kemarin demam. Biasanya susaah banget dikompres, hiks. Eh gara-gara lihat kompres hansaplast yang avenger, dia semangat banget dikompres. Gak pake drama lagi deh sekarang

    ReplyDelete
  3. Hansaplast Cooling Fever ini juaraaak banget dah
    Andalan ibu2 untuk atasi demam anak.
    Ada motif Disney jadi makin syukaak

    ReplyDelete
  4. Wah, Hansaplast sekarang ada Cooling Fever-nya, ada aromnay pula. jadi lebih praktis ya.

    Kalau aku, saat badan pegal suka pakai hansaplast koyo, enak juga tuh mbak karena gak panas, hehehhe...

    ReplyDelete
  5. Halo Mba. Aku termasuk orang yang baru tahu kalau hansaplast sekarang punya plester penurun panas. Ini memudahkan banget buat emak-emak supaya nggak drama ama anak di rumah klo demam ya. Klo anakku suka banget yang gambar elsa itu.

    ReplyDelete
  6. Sejak diajarkan sama dokter anak saya tentang mengatasi demam, saya gak panikan lagi. Tetapi, memang suka susah kalau mau ngompres. Apalagi anaknya tetap aktif meskipun demam. Memang lebih praktis pakai Hansaplast begini

    ReplyDelete
  7. nah itu dia mbak kebanyakan sebagai ibu memang panik deluan mungkin khawatir sesuatu terjadi pada anak, perlu banget memang stok plester penurun panas Hansaplast ini.

    ReplyDelete
  8. Wah ini aku suka banget pake plester demam kalo anak demam. Kalo ada yg karakter gini lucu juga ya. Paling bener memang kalo anak demam itu di buat nyaman

    ReplyDelete
  9. Sekarang plester demam makin kece ya, ada gambar karakter kesukaan bocah juga aromanya menenangkan..aku juga skin to skin kalau anak demam biar cepat reda, banyak air putih dan kompres..

    ReplyDelete
  10. Jadi, kalau anak demam jangan langsung panik terus bawa ke dokter, ya. Coba pakai Hansaplast Cooling Fever dulu. Saya penasaran bagaimana rasa dan aromanya yang aromaterapik gitu. Karakternya juga bagus nih, yang disukai anak-anak. The Avengers atau Frozen yg memang ngehits gitu.

    ReplyDelete
  11. wah hansaplas sekarang mengeluarkan cooling fever juga yaa.. semakin kumplit deh perawatan sakit dari hansaplast ini

    ReplyDelete
  12. Dengan hansaplast cooling fever ini paling tidak kita merasa nyaman jika sewaktu-waktu anak demam ya. Sudah punya sediaan soalnya. Tfs mb...

    ReplyDelete
  13. Jangankan anak-anak. Aku saja suka lho mbak pakai plester demam. Karena adem, dan ceoet banget ternyata bikin reda pas demam

    ReplyDelete
  14. Dengan gambar-gambar yang berkarakter begini, anak-anak bisa diajak ngobrol dan bercerita sekalian bahwa melawan demam bersama Kapten Amerika, Iron Man dan Black Panther dan lainnya. Anak-anak bakal lebih bersemangat.

    ReplyDelete
  15. Wah, Hansaplast ini punya semua keutamaan atasi demam.
    Terutama karakter disney-nya itu, sesuatu!
    Buat cewek dan cowok.
    Pilihan lengkap!

    ReplyDelete
  16. Anakku juga gitu, kalau dikompres pake air hangat dan handuk, selalu dilepas. Dengan adanya cooling fever gini bakalan kebantu banget ya. Mana gambarnya lucuk gitu, ga bakalan dilepas-lepas lagi kan.

    ReplyDelete
  17. Belum pernah coba produk baru dari Hansaplast ini. Tapi praktis banget ya buat nurunin demam. Gambarnya lucu lagi.

    ReplyDelete
  18. Gak pke drama lagi pokoknya gegara pake cooling fevernya hansaplast ya mak
    Soalne kalau g punya ginian di rumah duh pusing anak2 skit

    ReplyDelete
  19. Bener bngt nih kitanya Juga jd gk tambah bingung ketika anak sakit bisa tidur bareng krn gk hrs gonta ganti air kompres sdh Ada hansaplast cooling fever

    ReplyDelete
  20. Iya kak, bener banget.
    Selalu menyediakan makanan dan minuman yang dibutuhkan selama masa recovery dari demam. Anakku kalau sedang demam, mintanya makanan yang asin. Mungkin efek dari rongga mulutnya yang terasa pahit yaa...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama kaya saya, kalau sakit lebih suka makanan asin daripada manis...

      Delete
  21. Aku tipe panik .kalo anak demam..apalagi kalo udah 39, terus ogah makan atau minum..

    Di kompres pakai handuk suka main buang ..aja..

    Pakai hansaplas..lebih aman dan efektif ya..

    ReplyDelete
  22. mungkin kalau beli plester ajak si kecil juga kali ya. biar sia pilih karakter yg dimau. jd enak pakai plester penurun demam gak pake drama

    ReplyDelete
  23. Kl punya anak masih kecil memang obat2an kaya gini kudu punya stoknya ya, mbak. Praktis tinggal tempel aja bisa bikin demam turun, drpd kadang kl anak suruh minum obat cair agak rewel

    ReplyDelete
  24. Sejak punya bayi, aq jd mom yg suka waspada apalagi soal suhu tubuh debay. Takut dy demam huhuhu. Beruntung bsa dpt referensi ini jd bisa sedia stok hansaplast sblm kejadian

    ReplyDelete
  25. anak-anak saya kalau demam maunya pakai cooling fever gini ketimbang minum obat penurun panas. Kemasannya lucu karakter kesukaan anak-anak

    ReplyDelete
  26. Nggak harus si kecil deh, saya yang udah hampir 30 aja masih reweeelll kalo demam aduduuu yang pusing lah, pegel lah

    ReplyDelete