Saturday, April 11, 2020

Service Mobil #dirumahaja


Hari ini genap satu bulan #dirumahaja nih. Bagaimana pengalaman teman-teman? Masih semangat? Atau sudah bosan? Saya sendiri masih semangat dong. Meski rencana liburan harus tertunda karena pandemi Covid-19, rasanya bersyukur sekali masih diberi kesehatan dan bisa berkumpul bersama keluarga kecil. Lebih baik sehat dan #dirumahaja kan, daripada sakit dan diisolasi di rumah sakit....

Meski begitu, pastinya saya cemas dan melow juga sih. Apakah pandemi ini bisa berakhir? Kapan? Hanya bisa berdoa dan terus berusaha menjaga kesehatan diri dan keluarga. Pasti ada hikmah di balik kejadian ini. 

Salah satu dari banyak hikmah yang saya rasakan dari pandemi ini yaitu Jav belajar di rumah dulu. Meski kesabaran saya sebagai fasilitator belajar Jav benar-benar diuji, tapi perasaan menjadi lebih tenang.

Pertama, kalau Rashya tidur siang, saya enggak perlu khawatir jam tidurnya terganggu karena harus menjemput kakaknya. Kedua, kalau hujan besar, saya enggak perlu deg-degan mengikuti uji nyali dan uji kemampuan menerjang banjir menggunakan mobil hatchback saat menjemput Jav ke sekolah.

Beneran deh, sebulan ini curah hujannya tinggi sekali dan menyebabkan banjir di mana-mana. Makanya, alhamdulillah sekarang enggak perlu stres kalau hujan. Kruntelan aja di balik selimut sambil peluk-pelukan dan berdoa sama anak-anak.

Ketika Aki Mobil Soak

Tapi risikonya, mobil jadi jarang dipakai. Tiga minggu pertama, saya masih belanja mingguan ke Griya. Minggu keempat, mulai belanja online. Soalnya cape hati. Belanja aja rasanya seperti mau pergi perang, huhuhu.... 

Selama ini, sudah beberapa tahun Jav yang bertanggungjawab untuk menghangatkan mobil. Hobinya terhadap otomotif membuat dia secara sukarela mengemban tugas tersebut, hohoho.... Namun suatu pagi, ketika Jav mencoba menghangatkan mobil, mesinnya enggak menyala dong. Ups, baru deh ingat, waktu terakhir service rutin empat bulan yang lalu, sekitar Desember 2019, saya diberitahu kalau akinya memang sudah lemah.

Duh, kalau sudah mati begini jadi repot deh. Sedang pandemi pula. Memang enggak akan pergi ke mana-mana sih. Tapi kan seram juga kalau pas tiba-tiba perlu, mobilnya enggak bisa digunakan.

Service Mobil #dirumahaja

Untungnya Jav memberitahu kalau Toyota memiliki layanan service yang bisa dipanggil ke rumah. Namanya Toyota Home Service. Langsung deh saya install aplikasi Auto2000 di ponsel. 

Cara menggunakannya sangat mudah. Saya hanya perlu mengisi data pribadi dan data kendaraan. Kemudian klik Auto2000 Home Service dan memilih pelayanan yang dibutuhkan, periodic service atau general repair. Yup, ternyata periodic service juga bisa dilakukan di rumah loh. Duh, ke mana aja saya selama ini, hihihi....

Selanjutnya saya pun memilih general repair dan replace battery. Setelah itu muncul deh perkiraan biayanya. Lalu tahap terakhir, menentukan waktunya. Saya memilih hari Sabtu, supaya suami yang WFH sedang libur. Selanjutnya tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Auto2000.

Tadi pagi, setelah menghubungi nomor telepon saya, mekanik Auto2000 cabang terdekat yaitu Auto2000 Cibiru (tempat kami membeli mobil dan service rutin) pun tiba di rumah sesuai dengan waktu yang sudah dijanjikan. Alhamdulillah, mekaniknya mengenakan masker juga, jadi kami sama-sama nyaman berinteraksi. 


Mekanik tersebut langsung mengecek akinya. Ternyata memang sudah nol, heuheu.... Jadi langsung diganti aja, dengan aki bawaan standar pabrik sesuai tipe mobil. Prosesnya enggak lama, cuma sekitar lima menit. Setelahnya, karena akinya baru digunakan, mesin mobil dinyalakan sampai satu jam. 


Sambil menunggu, suami melakukan proses pembayaran. Untuk pembayarannya, alhamdulillah bisa ditransfer. Suami hanya perlu membayar biaya aki dan biaya pengerjaan. Meski dipanggil ke rumah, enggak ada tambahan biaya lagi loh. Wuih, senang deh. Jangan lupa, bukti pembayarannya disimpan karena ada garansi selama satu tahun. 

Nah, mumpung ada ahlinya, saya pun bertanya tentang waktu ideal menghangatkan mobil. Jadi, sebenarnya sudah bagus dihangatkan setiap hari seperti yang biasa Jav lakukan. Namun ketika mobilnya akan digunakan dan enggak digunakan, lamanya berbeda. Kalau mobilnya akan digunakan, cukup dihangatkan terlebih dahulu selama dua menit aja. Sedangkan kalau enggak digunakan, dihangatkannya selama sepuluh menit. Begitu....

Saya juga bertanya, sebenarnya berapa lama umur ideal aki itu. Katanya satu sampai dua tahun aja. Dengan kondisi perubahan cuaca yang ekstrim seperti sekarang ini, sebentar panas, kemudian tiba-tiba hujan, membuat sel-sel aki menjadi lebih cepat rapuh. Makanya garansi aki mobil hanya satu tahun. Wah, aki mobil saya ini telah berumur tiga tahun lebih, berarti memang wajar sudah waktunya diganti.

Yang penting, lagi #dirumahaja seperti ini, enggak ke mana-mana, harus rajin mengingatkan Jav untuk menghangatkan mobil. Semangat :)

23 comments :

  1. Ah senangnya kalau ada service mobil yang bisa dipanggil ke rumah ya Mbak. Ndak waswas keluar rumahnya di masa sekarang.

    ReplyDelete
  2. Wah, Jav keren banget sudah bisa bantu merawat mobil ya Nath, ayem kalau ada layanan begini jadi bisa tetap perawatan mesin mobil walau stay at home

    ReplyDelete
  3. Nah, service seperti ini yang selalu dicari. Memudahkan banget ya, teknisi bisa dipanggil ke rumah jadi beres deh :)

    ReplyDelete
  4. Wah alhamdulillah ya...
    Terbantu bgt di kondisi kayak gini bs service mobil di rumah aja...

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata ada itungan waktunya buat angetin mesin mobil ya, Lia. Kalau sepuluh menit kayaknya cukup deh sambil bikin nasgor buat sarapan. Kalau belanja aku masih harus ke pasar nih. Untungnya deket rumah dan masih banyak yang ga pake masker. Antara sebel dan kasian liatnya

    ReplyDelete
  6. Eh beneran gak ada tambahan biaya lain. Baik juga kalau bisa dipanggil ke rumah ya mba. Nah, iya mobil emang mesti dihangatkan tiap hari.

    ReplyDelete
  7. Memudahkan sekali bisa service mobil di rumah. Pas banget kan keadaan sekarang membuat kita harus lebih banyak drumah

    ReplyDelete
  8. Asyik ya, nggak perlu repot ke bengkel, dengan kemungkinan kena macet dan antri.
    Jadi ingat, si hitamku juga sudah seminggu ini nggak di pakai, nggak pernah di panasi pula

    ReplyDelete
  9. Saran aja, kalo misalnya AKI supaya awet, jangan lupa cek performa AKI per 6 bulan. cek komponen dan air akinya. Soalnya kalo AKI soak paling fatal kan, mobil jadi gak bisa dipake. Dan jangan lupa dipanasin setiap hari wlpn gak dipake :)

    ReplyDelete
  10. Memanjakan banget ini jd ga perlu repot ya...untung abis akinya d rmh mba klo lag d pake d tengah jalan auto panik

    ReplyDelete
  11. wah enak banget kalau ganti aki bisa dirumah tanpa ada biaya tambahan pula.
    trus penting juga yaa kalau bisa via transfer. kalau gt transfer di awal kah mba?

    ReplyDelete
  12. Asik ya bisa menikmati service mobil di rumah aja, apalagi bayarnya juga nggak ada tambahan biaya dipanggil ke rumah. Penasaran di kota mana aja nih fasilitas service mobil dari Auto 2000 ini, mbak?

    ReplyDelete
  13. Aku pernah ini mak aki soak. Tapi ngelapor ke dealer resminya. Cuma lumayan juga

    Kalau pakai ini kena berapa mak? Biaya akinya aja ya?

    ReplyDelete
  14. Wah iya teh bengkel2 juga kan pada tutup jd solusi banget yah bisa panggi ke rumah enaknya..aku ganti aki karena dulu ada yg maling kesel banget wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Pernah mengalami juga aki soak, untungnya pas di rumah. Mobil temenku soalnya pas di bandara. Jadi bingung. Kenapa ya wkt itu belum tahu kalo auto 2000 bisa dipanggil

    ReplyDelete
  16. Setelah aki diganti, perlu dipanasin sampai 1 jam?
    Lumayan lama juga yaa...
    Beneran kangen nyetir aku mah...heuheu...dulu suka ngeluh capeek karena macet siih yaa..
    Jadi sekarang di rumah aja, dikasih waktu sama Allah untuk istirahat.

    ReplyDelete
  17. Praktis memang ya mbak kalau service mobil di rumah. Ngga perlu bingung, apalagi kalau problem mobilnya udah berangkat dari garasi sebelum mobil jalan.

    ReplyDelete
  18. Senang ya service mobil di rumah saja, soalnya masa pandemi ini kita semua di rumah aja, mau keluar juga horor deh.

    ReplyDelete
  19. Pas saat wabah gini dan ga boleh kemana2. Service mobil macam gini tuh diperlukan banget ya, Mba. Mereka pekerja bengkel ga nganggur. Tetap masih bs cari nafkah.

    ReplyDelete
  20. Mobil bisa ngambek juga ya kalau tidak diberi kehangatan hehehe...

    Alhamdulillah ada Auto2000 yang bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan datang ke rumah gini. Semoga habis ini enggak kelupaan lagi manasin mesin mobil ya mba.

    ReplyDelete
  21. Wuih, kok bisa ya enggak ada tambahan biaya lagi. Enak donggg..
    #dirumahaja ternyata ada hal-hal baru juga ya Mbak yang bisa didapat dan dimanfaatkan. Enggak perlu jauh-jauh keluar rumah, servis mobil udah bisa dikerjakan :)

    ReplyDelete
  22. Wah, mendukung program #dirumahaja ya ini mbak...dengan model dipanggil gini selain praktis juga bagus karena menghindari terjadi antrean. Ini berlaku di semua wilayah kan ya layanannya?

    ReplyDelete
  23. wah, menarik untuk ditiru, apalagi saat ini sedang diberlakukan pembatasan sosial jadi lebih baik melakukan sesuatu dirumah aja

    ReplyDelete