Saturday, September 5, 2020

Morinaga Chil*School Platinum, Susu Bubuk untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi Jav


"Bunda, sekarang tinggi badan aku udah sejajar mulut Bunda," kata Jav saat kami sedang berdiri di depan sebuah cermin.
"Oh iya ya, waktu itu kan masih sejajar bahu Bunda," jawab saya membenarkan. "Jangan-jangan tahun depan tingginya jadi sama," saya menambahkan.
Jav pun tertawa cekikikan. 

Karena Waktu Tak Bisa Kembali

Waktu berjalan terus ya. Enggak terasa nih, Jav semakin besar saja. Usianya sudah 9 tahun. Alhamdulillah, selama 9 tahun ini tumbuh kembangnya cukup optimal. Pertumbuhan adalah bertambah banyak dan besarnya sel-sel tubuh yang bersifat kuantitatif. Adapun perkembangan adalah bertambah sempurnanya fungsi dari organ tubuh. 

Kebetulan, kemarin anak sulung saya ini belajar mengenai tumbuh kembang makhluk hidup. Untuk mempelajari tumbuh kembang manusia, kami mengumpulkan foto-foto Jav yang mewakili setiap tahap perkembangan. 

Jadi nostalgia lagi, betapa gemuknya dia ketika masih bayi. Sekarang? Tinggi dan kurus. Sempat khawatir dengan tubuh kurus Jav. Namun dokter pernah mengingatkan, "Orang tuanya kurus, masa berharap anaknya bisa gemuk," hehehe....

Jadi ingat juga, bagaimana waktu itu dia belajar tengkurap, merangkak, hingga berjalan dan berlari. Sekarang? Hobinya kebut-kebutan main sepeda, heuheu....

Jav main sepeda

Kadang saya tuh suka takjub sendiri melihat proses tumbuh kembang anak. Memang ya, masa emas (golden age) tumbuh kembang anak itu berada di usia 0-6 tahun. Pada saat itu laju pertumbuhan dan perkembangannya begitu pesat. Masa yang sangat sebentar dan jangan sampai disia-siakan karena enggak akan bisa diulang.

Tetapi tumbuh kembang anak enggak berhenti di usia 6 tahun kok. Kecerdasan dan tumbuh kembang anak masih bisa berkembang sampai usia 12 tahun loh. 

Karena waktu tak bisa kembali dan mumpung sekarang masih ada masanya, saya masih terus konsisten memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang Jav.

Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Setiap orang tua, tentu mengharapkan agar tumbuh kembang buah hatinya optimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu faktor genetik, faktor stimulasi, dan faktor nutrisi.

Kalau faktor genetik sih enggak bisa diapa-apakan ya, hehehe.... Faktor genetik ini menduduki peringkat pertama dalam tumbuh kembang anak. Namun orang tua masih bisa kok mengoptimalkan tumbuh kembang anaknya dengan cara memberikan stimulasi dan nutrisi yang tepat. 

Stimulasi bisa didapatkan anak dari lingkungan sekitarnya. Stimulasi yang baik untuk anak itu sebenarnya sederhana dan enggak ribet. Orang tua cukup memberikan kasih sayang serta kesempatan bagi anak untuk bebas bergerak dan bermain. 

Adapun nutrisi, perlu diberikan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Yaitu berupa asupan makanan dengan gizi seimbang setiap hari. 

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak

Investasi nutrisi merupakan hal yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Apabila kebutuhan gizinya enggak terpenuhi, anak bisa berisiko mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi.

Dampaknya sangat banyak dan akan berpengaruh pada kehidupan jangka panjang anak. Di antaranya yaitu mengalami:
  • Kemampuan motorik terlambat, karena enggak mendapatkan asupan makanan yang cukup sebagai sumber energi. 
  • Daya tahan tubuh menurun, sehingga lebih rentan terkena beragam penyakit.
  • Pertumbuhan fisik terhambat, karena penyerapan vitamin dan mineral yang enggak sempurna, sehingga berat dan tinggi badan anak enggak sesuai dengan usianya.
  • Pertumbuhan otak terhambat, karena kekurangan mineral yang dibutuhkan oleh otak.

Pengalaman Memberikan Nutrisi Harian Terbaik untuk Jav

Di masa awal kehidupannya, saya memberikan ASI (Air Susu Ibu) sebagai sumber nutrisi untuk Jav. Sesuai dengan rekomendasi WHO, ASI adalah satu-satunya nutrisi terbaik bagi anak yang berusia 0-6 bulan. Alhamdulillah, saya bisa menyusui Jav hingga usianya 2 tahun.

ASI merupakan cairan yang sangat spesial. Berikut adalah beberapa keunggulan ASI:
  • Komposisi nutrisi dan bioaktif yang terdapat pada ASI sangat bermanfaat untuk kesehatan dan pembentukan daya tahan tubuh anak.
  • ASI mengandung bahan komponen antiradang, zat untuk pertumbuhan, dan prebiotik.
  • ASI juga memiliki kandungan nutrisi yang dinamis, artinya kandungan nutrisi akan berubah menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi anak seiring pertumbuhannya.

Ketika Jav menginjak usia 6 bulan, saya mulai memberinya nutrisi berupa makanan padat. Tentunya dengan frekuensi dan tekstur yang disesuaikan dengan kemampuan anak ya.

Sejak masa MPASI sampai sekarang, saya masih konsisten untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Jav (dan semua anggota keluarga) menggunakan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang sudah diterapkan di Indonesia sejak tahun 1990-an.

Yaitu terdiri dari makronutrien seperti karbohidrat dan protein, serta mikronutrien yaitu vitamin dan mineral. Sumber karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, kentang, jagung, pasta, dan lain-lain. Sumber protein hewani bisa didapatkan dari daging sapi, ayam, ikan, telur, susu, dan lain-lain. Sumber protein nabati bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, tahu, dan lain-lain. Adapun sumber vitamin dan mineral bisa didapatkan dari sayur dan buah.

Bekal sekolah Jav

Tentunya ditambah dengan air putih minimal 8 gelas per hari. Karena kandungan mineral dalam air putih dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bekerja secara maksimal. 

Kemudian didukung dengan membiasakan perilaku hidup bersih, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Melakukan aktivitas fisik, untuk menyeimbangkan pengeluaran energi dan pemasukan zat gizi ke dalam tubuh. Serta mempertahankan dan memantau berat badan dalam batas normal. 

Dengan nutrisi harian yang tepat, tumbuh kembang Jav bisa optimal. Dari segi pertumbuhan fisik, badannya memang terlihat kurus. Padahal sebenarnya masih ideal loh. Untuk anak usia 9 tahun, berat dan tinggi badan yang ideal yaitu 29 kg dan 134 cm. Alhamdulillah, berat badan Jav 28,5 cm dan tinggi badannya 139 cm. 

Dari segi kemampuan motorik, dia sudah bisa mengendarai sepeda roda dua sejak usianya 4 tahun. Beberapa bulan yang lalu, dia juga sudah lulus ujian taekwondo untuk sabuk merah. Saya saja dulu waktu SMP baru bisa dapat sabuk biru, hihihi....

Adapun dari segi daya tahan tubuh, dia termasuk anak dengan imunitas yang baik. Dalam setahun, bisa dihitung dengan jari berapa kali dia sakit batuk pilek, jarang banget. Terakhir kali mengalami sakit yang agak berat itu ketika sakit cacar tahun kemarin, itupun gejalanya sangat ringan dan pemulihannya cukup cepat. Jav juga jarang mengalami diare atau konstipasi.

Dari segi kecerdasan juga oke lah. Karena pandemi, selama BDR (belajar dari rumah) beberapa bulan ini, saya bisa melihat bahwa kecerdasan kognitif, bahasa, emosi, dan lain-lainnya terus mengalami perkembangan.

Tips Memberikan Nutrisi Harian Terbaik untuk Anak

Makan dan minum sesuai adab. Supaya berkah, sejak dia kecil saya membiasakan Jav untuk makan dan minum sesuai adab. Contohnya yaitu berdoa terlebih dahulu, makan dan minum dengan tangan kanan, makan dan minum sambil duduk, makan dan minum sampai habis, dan lain-lain.

Bervariasi. Setiap makanan memiliki manfaatnya masing-masing. Karena sejak masa MPASI sudah biasa diberi makanan yang bervariasi, alhamdulillah sampai sekarang Jav enggak pernah memilih-milih makanan. Apapun yang saya sediakan, pasti dihabiskan. Mulai dari nasi sampai pasta, dia suka. Mulai dari daging belut sampai udang, dia senang. Mulai dari sayur bayam sampai brokoli, dia doyan. Begitu juga dengan buah, mulai dari jeruk sampai naga, selalu lahap.

Santai dan menyenangkan. Makan bersama keluarga sambil bercengkerama, tetap asyik meski enggak ada televisi. Kadang ada kalanya Jav malas makan, sama lah seperti kita orang dewasa. Ya enggak apa-apa, jangan dipaksa. Biarkan dia belajar menyadari kebutuhannya, kapan merasa lapar dan kapan merasa kenyang.

Berkreasi bersama. Sejak kecil, Jav suka ikut saya nimbrung di dapur. Selama enggak berbahaya, enggak pernah saya larang. Malah saya ajak untuk belajar mencuci, memotong, mengulek, dan lain-lain, hihihi.... Selain membuat dia bangga dan semangat memakan hasil kreasi sendiri, juga baik untuk melatih life skill-nya. Manfaatnya sudah terasa nih, sekarang dia senang menyiapkan sendiri makanan dan minumannya.

Tambahkan suplemen. Ada beberapa kelompok anak yang membutuhkan suplemen untuk membantu proses tumbuh kembangnya. Di antaranya yaitu anak yang susah makan, anak yang sedang sakit atau dalam masa penyembuhan, anak dengan kondisi medis tertentu (misalnya alergi), anak yang sangat aktif, dan anak yang menjalani pola makan khusus.

Kelompok tersebut membutuhkan tambahan vitamin dan mineral selain dari makanan yang dimakan sehari-hari. Bisa dalam bentuk suplemen ataupun susu yang difortifikasi.

Jav termasuk anak yang sangat aktif, sudah begitu enggak pernah tidur siang pula, membuat saya khawatir. Oleh karena itu, saya menambahkan Morinaga Chil*School Platinum untuk melengkapi nutrisi hariannya.

Sehat dan aktif bersama Morinaga Chil*School Platinum Moricare+ Zigma Σ Triple Bifidus

Morinaga Chil*School Platinum

Morinaga Chil*School Platinum merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 3-12 tahun. Variannya terdiri dari rasa vanila, cokelat, dan madu dengan pilihan kemasan 400 gr dan 800 gr.

Morinaga Chil*School Platinum Moricare+ Zigma Σ Triple Bifidus

Produk ini merupakan susu bubuk favorit Jav. Dia suka yang rasa vanila dan rasa cokelat. Katanya enak. Biasanya dia membuat sendiri susunya saat sarapan dan sebelum tidur.

Dibalik rasanya yang memanjakan lidah anak, Morinaga Chil*School Platinum ini memiliki inovasi unggulan berupa sinergi nutrisi yang mendukung Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda, dan Tumbuh Kembang Optimal untuk Generasi Platinum yang Multitalenta

Kecerdasan Multitalenta
Morinaga Chil*School Platinum mengandung:
  • AA dan DHA: meneruskan rangsangan antar sel syaraf untuk mempercepat daya tangkap
  • Alfa Laktabulmin: protein yang berperan untuk fungsi kognisi (kemampuan berpikir)
  • Kolin: golongan vitamin B yang berfungsi untuk memperkuat memori/daya ingat
  • Zat besi: mineral penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar
  • Omega 6 dan Omega 3: asam lemak essential sebagai prekursor/bahan pembentuk AA dan DHA
  • Fosfolipid: bagian Milk Fat Globular Menbrane yang merupakan komponen penting untuk membentuk fungsi otak

Pertahanan Tubuh Ganda
Morinaga Chil*School Platinum mengandung:
  • Nukleotida: meningkatkan antibodi untuk melawan penyakit infeksi
  • Laktoferin: meningkatkan daya tahan tubuh untuk membantu melawan infeksi saluran nafas dan saluran cerna
  • Prebiotic GOS: makanan untuk pertumbuhan bakteri baik pada saluran cerna
  • Triple Bifidus: gabungan 3 bakteri (bifidobakterium) yang terdapat di saluran cerna

Probiotik (Zigma) Triple Bifidus tersebut terdiri dari:
  • Bifidobacterium longum BB 536 untuk meningkatkan penyerapan nutrisi serta mencegah infeksi saluran nafas (influenza dan ISPA).
  • Bifidobacterium breve M-16V untuk mencegah konstipasi (BAB keras) dan diare serta mencegah infeksi saluran pencernaan lain
  • Bifidobacterium infantis M-63 untuk membantu penyerapan serta mencegah dan mengurangi gejala alergi

Kombinasi Prebiotik dan Probiotik tersebut berfungsi agar anak enggak mudah diare dan konstipasi (sembelit). Dengan begitu, nutrisi yang masuk ke dalan tubuh bisa terserap dengan lebih baik.

Tumbuh Kembang Optimal
Morinaga Chil*School Platinum mengandung:
  • Kalsium, Vitamin D, dan Magnesium: baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi
  • Whey Protein (Alfa Laktalbumin): sumber protein sebagai komponen penting dalam tumbuh kembang
  • Beta Palmitat/OPO: membantu penyerapan kalsium dan lemak dengan lebih baik sehingga anak bertambah panjang dan tinggi
  • Vitamin dan Mineral: untuk tumbuh kembang optimal

Morinaga Chil*School Platinum Moricare+ Zigma Σ Triple Bifidus

Lengkap banget ya. Bagi teman-teman yang memiliki anak usia 1-12 tahun juga, coba yuk tambahkan Morinaga Platinum pada nutrisi hariannya. Morinaga Chil*Kid Platinum untuk anak usia 1-3 tahun atau Morinaga Chil*School Platinum untuk anak usia 3-12 tahun.

~~~


Morinaga Platinum

Referensi:
  1. https://morinagaplatinum.com/id/milestone/dampak-negatif-kurang-gizi-untuk-tumbuh-kembang-si-kecil
  2. https://morinagaplatinum.com/id/milestone/penuhi-asupan-gizi-ini-untuk-tumbuh-kembang-optimal-si-kecil
  3. https://morinagaplatinum.com/id/milestone/susu-nutrisi-penunjang-kesehatan-si-kecil
  4. https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/berat-dan-tinggi-ideal-anak-usia-6-12-tahun/#gref

52 comments :

  1. Aku tahu cerita Jav di blog ini kayanya masih kecil, eh ini sudah besar aja ya. Kalau ngomong genetik ya memang harus terima, tapi jangan lupa tetap kasih nutrisi yang lengkap biar tumbuh kembang anak baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, supaya tumbuh kembangnya optimal harus didukung dengan stimulasi dan nutrisi juga ;)

      Delete
  2. Anak sholih, makin pintar, tangguh, hebat, membanggakan keluarga yaaaa
    Bener banget Mak.
    Tumbuh kembang anak tuh periodenya terbatas
    jadi kudu kita optimalkan banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena waktu enggak bisa kembali, jangan sampai menyesal :)

      Delete
  3. Ternyata sampai 12 tahun ya Mak perkembangan kecerdasan anak, masih panjang perjalanankuu. Hihi. Tinggi sekali Kakak, bentar lagi nyalip Bundanya nih :D

    ReplyDelete
  4. Wah, Jav sudah setinggi itu, sehat-sehat ya Nak
    Memang benar karena waktu tak bisa kembali dan mumpung sekarang masih ada masanya kita mesti terus konsisten memberikan yang terbaik bagi tumbuh kembang putra-putri kita diantaranya dengan melengkapi nutrisi dengan Morinaga Chilschool Platinum ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik ya untuk putra-putrinya :)

      Delete
  5. Dulu saya juga memberikan susu ini kepada ponakan saya
    Susu yang super sekali
    Super dari segala segi termasuk harganya
    Tapi memang anak menyukainya

    ReplyDelete
  6. Nggak terasa ya anak-anak yang dulunya masih digendong sekarang sudah makin besar. Kebutuhan nutrisi yang baik memang sangat penting agar pertumbuhan anak optimal. Anak-anakku dulu juga minumnya susu Morinaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, waktu berlalu cepat banget... Wah, sama ya minumnya susu bubuk morinaga :)

      Delete
  7. Wuah emaknya Jav ternyata dulu pemain taekwondo yaa .... apa lagi istilahnya ... taekwondoin ya? Eh salah kayaknya hehe.
    Jav sudah tinggi, in syaa Allah dengan konsumsi Morinaga Chilschool Platinum tumbuh sehat dan cerdas ya Nak, nanti bisa jadi bodyguard emaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, kalau saya dulu karateka :D
      Aamiin, makasih doanya ya tante :)

      Delete
  8. Bahagia banget ya melihat anak bertumbuh kembang dengan baik. Meskipun waktu rasanya terbang. Sepupu saya juga minum susu ini

    ReplyDelete
  9. Wah cepet tinggi kakak Jav ya mbak. Anak-anak memang butuh nutrisi yang cukup untuk proses tumbuh kembang. Apalagi kalau masa golden age, waktu yang nggak bisa lagi diputar kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, di masa golden age harus diperhatikan banget nutrisinya...

      Delete
  10. Susu yang rasanya enaaak ini...hehe anakku sukak banget. Urusan tumbuh kembang anak emang komplit ya...mulai A-Z..Apalagi nutrisinya..

    ReplyDelete
  11. Kangen bikin bekal buat anak sekolah lagi. Pengen berkreasi dan udah niat mau bikinin sushi seperti bekal jav eh keburu libur karena pandemi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kangen... Biasanya tahun ajaran baru beli printilan baru buar bekal sekokah, sekarang libur dulu...

      Delete
  12. anak - anak memang makin cepat besar dan tinggi ya mba.. keep up the great nutrition for them

    ReplyDelete
  13. Waktu memang tak bisa diulang tapi kita pasti tau yang terbaik untuk si kecil ya mbak. Melihat tumbuh kembangnya setiap hari itu bahagia banget dan kadang suka aku rekam untuk nanti dia lihat.

    ReplyDelete
  14. Peribahasa mengatakan alah bisa karena biasa. Karena terbiasa diberi makanan beragam, jadinya Jav gak milih-milih makanan ya Mbak. Pendidikan adab yang sangat baik sekali terhadap makanan. Jempol Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga usaha mbak, meski prosesnya enggak selalu mulus :D

      Delete
  15. Betul, karena waktu tak bisa kembali :) Jadi sedini mungkin kita persiapkan si kecil dengan segala asupan bergizi dan tentu tambahannya susu Chil School Morinaga ya. Supaya pertumbuhan anak kita baik sekali, bugar dan kuat juga pintar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, masa golden age harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam pemberian asupan nutrisinya

      Delete
  16. Kebutuhan nutrisi anak-anak itu harus jadi perhatian tersendiri bagi setiap org tua dg menghadirkan susu formula untuk tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, meski enggak wajib, tapi baik untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak

      Delete
  17. anakku juga tingginya udah hampir setinggia aku lho, padahal baru kelas 4 SD. seneng banget melihat pertumbuhannya dari tahun ke tahun, bulan ke bulan, karena waktu tak bisa kembali jadi aku berikan nutrisi tambahan terbaik berupa susu anak Morinaga Platinum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti anak kita seumuran ya, sama udah kelas 4 juga...
      Susunya juga sama ;)

      Delete
  18. Galfok sama bekal sekolah Jav, nyaaam :D
    Anak2 emang masih butuh nutrisi yang bagus sebanyak mungkin ya. Saya pun sampai hari ini masi memberi anak2 susu supaya tumbuh kembangnya optimal.

    ReplyDelete
  19. Hi Jav, i hope you grow up and happiness. Do you like drink Morinaga?

    ReplyDelete
  20. Jav sudah besar, sebentar lagi juga tingginya melebihi bundanya nih. Semangat teru slatihan Taekwondonya ya, untuk nutrisi tenang ahja bunda punya Morinaga Chilschool

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante, sejak bulan maret taekwondonya libur dulu nih, huhuhu...

      Delete
  21. Nutrisi tepat memang penting di masa tumbuh kembang anak, agar tumbuh optimal dan pertahanan ganda.

    ReplyDelete
  22. Ya Allah Jav sudah hampir setinggi mamanya. Emang kadang suka takjub sendiri sama perkembangan anak-anak ya Mbak. Dua bujangku juga tiba-tiba sudah lebih tinggi dari mamanya.

    Setuju sekali kalau nutrisi yang cukup dibutuhkan untuk perkembangan anak-anak.

    ReplyDelete
  23. Asa pangling sama Jav yaa, teh...
    Sekarang uda namja banget.
    Sehat dan aktif selalu, sholiih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sampai googling dulu nyari tau arti namja :D
      Aamiin, makasih ya tante :)

      Delete
  24. Nutrisi bagi anak memang selalu menjadi fokus utama kita sebagai orangtuanya. Semoga anak-anak sehat dan pintar yaaa

    ReplyDelete
  25. Wah pentingnya sufor untuk melengkapi nutrisi yg blm ada di makanan yg dimakan ya. Semoga sehat selalu ya nak.

    ReplyDelete
  26. Benar ya mbak, klo kebutuhan gizi dan nutrusi anak teepenuhi, ibu pasti tenang ya...
    Anak jadi tumbuh optimal

    ReplyDelete