Monday, September 14, 2020

Tunaiku, Solusi Keuangan untuk Freelancer


Saat ini, dengan semakin berkembangnya teknologi digital, semakin banyak pula pekerjaan yang bisa dilakukan secara mandiri dari rumah atau di mana saja. Biasanya disebut dengan pekerjaan freelance, dan pekerjanya disebut freelancer. 

Kini, pekerjaan freelance ini enggak lagi dianggap sebelah mata. Bahkan, tipe pekerjaan yang dulu hanya dianggap sebagai pekerjaan sampingan atau sambilan ini mulai menjadi kegiatan utama untuk menunjang kebutuhan hidup.

Yup, banyak pegawai yang menanggalkan statusnya sebagai karyawan tetap dan beralih menjadi freelancer loh. Hal ini menunjukkan bahwa dari segi penghasilan, bekerja sebagai freelancer pun ternyata cukup menjanjikan.

Teman-teman tertarik untuk menjadi freelancer juga? Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Sribu pada bulan Januari 2020, pekerjaan terbanyak yang dikerjakan oleh freelancer didominasi oleh tiga bidang. Yaitu 62,7% di bidang desain, 27,2% di bidang copywriting, dan 41,5% di bidang pemasaran online.

Untuk memulai usaha menjadi freelancer, teman-teman bisa mengawalinya dari hal-hal yang memang teman-teman sudah tahu dan kuasai. Contohnya nih, yang suka foto-foto bisa menjual fotonya di situs online. Yang hobi memasak, bisa membuat kursus memasak online. Yang senang berbicara dan memiliki suara berkarakter, bisa menjadi voice over talent. Dan masih banyak lagi. 

Berikut beberapa kelebihan menjadi freelancer:
  • Bisa bekerja sesuai hobi/passion
  • Enggak terikat kontrak perusahaan secara utuh
  • Bisa bekerja kapan dan di mana saja
  • Memiliki waktu luang yang lebih fleksibel

Meski begitu, tentu menjadi freelancer pun ada kelemahannya, yaitu:
  • Enggak memiliki pemasukan tetap
  • Enggak mendapatkan tunjangan dari perusahaan

Makanya, selain harus pintar mengatur waktu, freelancer juga harus pandai mengelola keuangan. Apalagi di masa pandemi seperti ini, di mana hampir semua kegiatan terkena dampaknya, termasuk freelancer.

Untuk mengatasi krisis di masa pandemi, teman-teman freelancer bisa mengurangi pengeluaran dengan membatasi belanja yang bukan merupakan kebutuhan pokok. Selain itu, teman-teman juga bisa mencari peluang baru dengan cara menambah keterampilan (soft skills) melalui berbagai webinar atau kursus online gratis. 

Lalu bagaimana apabila teman-teman freelancer memiliki kebutuhan yang mendesak, namun kondisi keuangan benar-benar enggak mendukung? 

Meminjam ke teman atau saudara? Jangan ah, enggak enak kalau terjadi hal-hal yang enggak diinginkan, bisa memutus tali silaturahmi. Meminjam ke bank? Tentunya banyak syarat yang sebelumnya harus dilengkapi, salah satunya yaitu slip gaji. Freelancer kan enggak punya slip gaji.

Tenang, teman-teman masih bisa meminjam uang dari pinjaman online kok. Tapi jangan sembarang memilih pinjaman online ya. Harus yang terpercaya seperti Tunaiku.

Tunaiku, Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji

Tunaiku adalah salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia. Situs ini sudah berdiri sejak tahun 2014. Berikut beberapa keunggulan Tunaiku dibandingkan dengan situs pinjaman online lain.

pinjaman online tanpa slip gaji

Terpercaya
Merupakan produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi sejak tahun 1991. Nah, Tunaiku dan Amar Bank ini berada di bawah bendera perusahaan multinasional Tolaram Group.

Aman
Tunaiku terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga teman-teman enggak perlu khawatir datanya disalahgunakan karena Tunaiku melindungi keamanan data nasabahnya. 

Fleksibel
Tunaiku menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah. Berbeda dengan situs lain yang biasanya memberikan tenor pendek dan limit kecil.

Mudah
Tunaiku menawarkan syarat dan pengajuan yang lebih mudah. Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit. Proses pengajuan pinjaman online tanpa slip gaji, cukup menggunakan KTP. Serta, hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk pengisian formulir. 

Tips dari saya, walau teman-teman bisa memanfaatkan pinjaman online dengan mudah, tetap harus meminjam dengan bijak ya. Yaitu hanya meminjam bila benar-benar terpaksa dan yakin bisa membayarnya.

Contohnya nih, invoice baru akan cair satu bulan lagi, tetapi laptop tiba-tiba rusak dan harus segera membeli yang baru. Boleh tuh memanfaatkan pinjaman online untuk membeli laptop baru, karena yakin bulan depan pasti bisa mengembalikan setelah invoicenya cair. 

Begitu.... Jangan sampai tutup lubang gali lubang loh.

26 comments :

  1. Pas banget nih Tunaiku, nggak perlu slip gaji buat syarat pengajuan pinjaman. Ya kan banyak juga jenis pekerjaan selain freelancer yang memang nggak bisa dapatin slip gaji karena memang bekerja secara mandiri

    ReplyDelete
  2. Setuju kalau meminjam dana jangan sampai gali lubang tutup lubang ya.

    Harus digunakan dengan betul. Contohnya ya itu td untuk dipakai yg menghasilkan juga. Jd kita bisa bayar cicilan atau pinjamannya itu

    ReplyDelete
  3. Harus bijak ya dalam mengambil hutang, and bener kata Mbak Nathalia, jangan sampe kejadian tutup lubang gali lubang.

    ReplyDelete
  4. Pengennya sih gak punya utang ya, mak. Tapi gimana lagi kalau kondisi kepepet. Mau pinjam orang juga sekarang gak mudah menemukan orang yang bersedia meminjamkan dengan cuna cuma. Jadi Tunaiku kayaknya bisa jadi solusi kalo sedang kepepet.

    ReplyDelete
  5. Di masa pandemi memang harus membatasi pengeluaran ya.Kalau terpaksa meminjam harus tahu meminjam ke mana yang tepat.

    ReplyDelete
  6. wowww sekarang udah ada yang mengakomodasi pinjaman online untuk freelancer tanpa slip gaji... ini membantu banget kalo bener-bener lagi kepepet

    ReplyDelete
  7. Wah prosesnya mudah ya mbak,.tapi pastinya sebelum mengajukan pinjaman harus dipikirkan matanf matang yaa

    ReplyDelete
  8. Wah...begitu mudahnya saat ini meminjam dana di Tunaiku.
    Semoga bisa memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  9. Oh ada pinjaman online lkagi ya mba. Tapi ini langsung terhubung dengan bank ya jadi insyaAllah aman ya mba

    ReplyDelete
  10. Sekarang mah minjem uang secara online gampang banget ya. Tapi ya gitu, karena gampangnya, kita jadi kudu teliti. Kudu yang bener2 resmi terdaftar di OJK. Biar gak bermasalah kemudian. Dan akan lebih bijak juga jika minjem uangnya buat keperluan mendesak atau modal. Kalo buat foya-foya, lebih baik jangan ya. Pasti akan berat nanti saat bayarnya.

    ReplyDelete
  11. Cermat dan teliti sebelum mengajukan pinjaman online, ehmm.. Solusi yang cukup menarik ya Tunaiku. Biasanya mengurus beberapa hal tanpa slip gaji itu cukup sulit

    ReplyDelete
  12. Kalau mau apply pinjaman online gini emang harus banyak yang diperhatikan yaa..salah satunya ya pastikan dulu apakah sudah terdaftar OJK atau belum.

    ReplyDelete
  13. Mau nih coba akukan ke Tunaiku yg menyediakan layanan kredit pinjaman aplagi tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit... Lebih mudah persyaratannya ini

    ReplyDelete
  14. wah kalau pinjaman online begini pasti aman ya mba? I am very careful when it comes to money so I guess I will nee to learn more

    ReplyDelete
  15. Iya mbak Ngeri banget kalau ternyata lebih besar pasak daripada tiang. Semoga kita bisa mengelola keuangan sehingga survive di masa pandemi ini ya

    ReplyDelete
  16. Zaman sekarang segalanya penuh ketidakpastian ya. Kita gak tahu nanti bakal butuh apa gak berhutang. Tapi moga2 sih gak sampai berhutang. Yg penting bener sekali kudu bisa mengelola keuangan dan kalau terpaksa berhutang kudu bisa memproyeksikan kapan bisa bayar.

    ReplyDelete
  17. Makin dipermudah ya sekramh pinjaman2 online kayak gini

    Tp ttp sih butuh kecerdasan kita svg konsumen nih utk memilih

    ReplyDelete
  18. Semoga bisa tanpa minjem ya mak. Kalaupun harus, mau ga mau kudu cari yang aman

    ReplyDelete
  19. Nah, yang penting memang itu ya. Kita melakukan pinjaman ini untuk sesuatu yang urgent dan nantinya sudah jelas sumber pemasukan untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Jangan gali lubang tutup lubang, bener banget pendapat ini.

    ReplyDelete
  20. aku belum pernah coba, boleh nih jadi referensi :D terimakasih sharingnya ya kak

    ReplyDelete
  21. Jasi gak harus orang yang pekerja kantoran bisa pinjem ya ini, karena gak make slip gaji.

    ReplyDelete
  22. Aku juga termasuk freelancer ya mba sebagai blogger dan private online teacher. Dan sekarang mau pinjam uang duh prosesnya maha mudah sampai ga perlu slip gaji juga. Semoga bisa memberi angin segar untuk yang benar benar membutuhkan ya

    ReplyDelete
  23. Saya suka photo-photo
    Dan hasil jepretan saya unggah di photobucket, di lokal guide dan di blog pastinya.
    Dengan harapan bisa menghasilkan duit

    ReplyDelete
  24. tunaiku ini simpel ya dan cepat tapi betul kata mba nathalia harus bijak jangan sampai untuk konsumtip dan tanpa perencanaan pembayaran dari mana

    ReplyDelete
  25. Selama pinjamnya untuk bisnis masih ga khawatir nyicilnya ya. Kalau utk konsumtif, mendingan mlipir dari pinjem2 ya..

    ReplyDelete
  26. Harus bijak ya dalam mengambil hutang, and bener kata Mbak Nathalia, jangan sampe kejadian tutup lubang gali lubang.

    ReplyDelete