Saturday, October 10, 2020

8 Tips Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog

 

Ya Allah, makasiy mbak, langsung kerasa ketampol begini akyu... Makasiy yah mbak, beneran deh jadi nyadar sekarang... Pencerahan di tengah hari panas yang cerah... Peluk dirimu yang kenceng boleh yah mbaaaak ^^ (pembaca blog nathaliadp.com)

Setiap saya merasa sedang enggak semangat menulis blog, hal yang biasanya saya lakukan adalah membaca kembali artikel-artikel lama beserta komentar-komentarnya. Kalau sudah begitu, semangat untuk menulis pun kembali membara.

Flashback dulu ya.... Tahun 2006 adalah pertama kalinya saya mulai menulis blog. Saat itu, tujuan saya ngeblog hanya untuk menyalurkan perasaan yang berkecamuk di dada, menuangkan ide yang berkeliaran di kepala, atau mendokumentasikan pengalaman sehari-hari.

Ketika itu, saya enggak menyangka bahwa tulisan saya bisa bermanfaat juga bagi orang-orang yang membacanya. Ternyata ngeblog bukan hanya menghasilkan perasaan lega setelah selesai menulis, tetapi juga memberikan perasaan hangat ketika mendapatkan apresiasi dari pembaca.

Mendapatkan penghasilan dari blog? Dulu sama sekali enggak pernah terbayangkan.

Yup, kini begitu banyak peluang yang bisa didapatkan dari blog. Dari menulis blog, sekarang saya bukan hanya bisa mendapatkan benefit berupa materi, tetapi juga menerbitkan buku--meski masih berupa antologi, kesempatan menjejakkan kaki di tempat yang belum pernah dikunjungi, hingga bertemu dengan teman-teman baru yang selalu menginspirasi.

Peluang tersebut enggak muncul begitu aja loh. Harus ada usahanya. Berikut 8 tips mengoptimalkan peluang dunia blog yang sudah saya lakukan selama ini.

Konsisten

Blog memang milik pribadi. Tetapi mentang-mentang enggak punya bos, enggak bisa seenaknya juga. Sebagai blogger harus rutin menulis dong. Kalau saya, minimal seminggu satu tulisan. Syukur-syukur bisa lebih. 

Berkualitas

Selain konsisten dalam kuantitas, kualitas konten juga perlu diperhatikan. Yup, content is the king. Untuk menghasilkan konten yang berkualitas, saya hanya menulis artikel yang temanya benar-benar saya kuasai. Enggak harus berdasarkan pengalaman pribadi kok, riset juga bisa membantu menguatkan pemahaman terhadap suatu materi loh.

Materi Pendukung yang Menarik

Nah, selanjutnya berikan nilai tambah pada tulisan dengan dilengkapi foto/gambar/video/infografis yang menarik. Selain mendukung isi tulisan, foto/gambar tersebut juga bisa memanjakan mata pembaca. Adapun infografis, bisa menyajikan data-data yang rumit sehingga lebih mudah dimengerti oleh pembaca. Sedangkan video, karena bentuknya audio visual, bisa memudahkan agar pesan yang ingin disampaikan blogger diterima oleh pembaca. 

Menerapkan SEO

Bisa dilakukan dengan menerapkan SEO. Iya sih, blogger menulis untuk manusia, bukan untuk mesin. Tetapi jika artikel blog muncul di hasil pencarian Google, tentunya akan lebih mudah ditemukan oleh pembaca yang membutuhkan. Saya sendiri masih perlu banyak belajar soal SEO ini. Sementara, baru menerapkan beberapa tips SEO on Page aja nih. 

Memanfaatkan Media Sosial

Selain itu, menarik pembaca juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Tetapi enggak bisa asal tebar link juga. Blogger perlu menciptakan personal branding yang kuat di media sosial sesuai dengan niche blognya. 

Bergabung dalam Komunitas

Sama seperti profesi yang lain, blogger juga perlu bergabung dalam komunitas. Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan. Mulai dari bertemu teman baru yang sehobi sehingga lebih semangat dalam menulis, hingga mendapatkan informasi penting mengenai peluang di dunia blog.

Salah satu komunitas menulis yang saya ikuti yaitu Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Pada mulanya saya bergabung dengan komunitas tersebut karena ingin menulis buku. Tetapi ternyata hingga sekarang, komunitas ini begitu banyak memfasilitasi blogger juga. Senang deh bisa bergabung dengan ibu-ibu hebat yang menginspirasi.

Upgrade Skill

Ngeblog itu gampang? Tinggal menulis, terbitkan, lalu mendapatkan penghasilan? Oh enggak begitu dong. Ada banyak keahlian yang perlu dikuasai oleh seorang blogger selain kemampuan menulis. Seperti desain, fotografi, videografi, optimasi media sosial, SEO, dan lain-lain.

Jujur, tahun ini saya merasa sedang stuck. Blog memang selalu aktif, tapi kok begini-begini aja. Mumpung pandemi, banyak kelas yang bisa diikuti secara online. Salah satunya yaitu webinar yang diadakan oleh IIDN bersama IM3 Ooredoo.

Enggak tanggung-tanggung, ada 25 episode loh, masya Allah.... Dengan tema yang semuanya seru serta sangat dibutuhkan blogger, bersama narasumber yang kiprahnya enggak perlu diragukan lagi, dan gratis.

Kepinginnya sih bisa mengikuti setiap kelas. Kesempatan menimba ilmu yang bermanfaat ini begitu sayang untuk disia-siakan. Namun akhirnya saya hanya bisa bergabung di enam episode aja, dan semuanya luar biasa. 

Tinggal praktiknya nih. Namun PR terbesar saya yaitu upgrade skill public speaking.

Sebagai orang dengan jenis kepribadian introvert, berbicara di depan banyak orang itu rasanya menyiksa banget. Suka grogi dan enggak pede dengan suara yang cempreng. Makanya selain menari, menulis dan menjadi blogger merupakan cara mengekspresikan diri yang paling nyaman bagi saya.


Masalahnya, jika ingin mengoptimalkan peluang di dunia blog, saya juga harus menguasai public speaking dong. Karena seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya ngeblog bukan hanya sekadar menulis. Harus luwes juga berbicara baik di depan kamera maupun di depan banyak orang. Apalagi sekarang, ditambah lagi dengan hadirnya podcast. 


Nah, di webinar episode #21, Mbak Sara Neyrhiza memberitahu tiga hal penting yang perlu diperhatikan dalam public speaking. Yaitu 3V. Vocal, Verbal, dan Visual. Bukan hanya teori, dalam kelas tersebut, Mbak Sara juga mengajak peserta untuk langsung praktik. 

Dengan suaranya yang renyah dan memanjakan telinga, Mbak Sara juga memberikan tips ketika merasa grogi, tips menghilangkan medok, tips menghasilkan suara yang bulat, hingga tips menarik perhatian audiens. Pokoknya seru banget.

Fasilitas Penunjang yang Mumpuni

Terakhir, tapi paling penting, apa sih senjata utama blogger? Kalau saya sih smartphone. Selama anak-anak masih kecil, rasanya sulit deh bisa menulis sambil duduk manis di depan laptop. Makanya, saya biasa mengetik draf tulisan di ponsel. Dengan begitu saya bisa tetap rutin menulis kapan pun dan di mana pun. 

Bukan hanya menulis, membuat dan mengedit foto/video pun bisa diselesaikan di smartphone. Meski begitu, untuk finishing, kadang saya menggunakan laptop juga sih.

Sebagai salah satu profesi di dunia digital, blogger tentu membutuhkan jaringan internet. Secanggih apapun gadgetnya, sebagus apapun tulisannya, sekeren apapun fotonya, tanpa internet semuanya ambyar.

Untuk kebutuhan internet di rumah, saya sudah menemukan provider yang pelayanannya memuaskan. Tapi untuk di luar rumah? Jadi kepingin cerita nih.

Beberapa waktu yang lalu kami berangkat ke rumah mertua. Tetapi di perjalanan, saya gagal terus mengupload konten di Instagram. Padahal tenggat waktunya tinggal satu jam lagi. Memakai internet di ponsel saya, teethering dari ponsel suami, hingga langsung mencoba upload di ponsel suami, semuanya enggak berhasil. Stres.

Untungnya suami saya pengertian banget. Kami pulang lagi dong ke rumah demi mendapatkan akses internet dari wifi, dan akhirnya berhasil. Fiuh....

Enggak ingin kejadian tersebut terulang kembali. Eh, keesokan harinya dapat info mengenai IMPreneur dari IM3 Ooredoo. Paket ini merupakan solusi komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis saat ini.


Dengan paket ini, bisnis bisa dijalankan dari mana aja. Dan benefitnya bisa dibagikan ke semua tim hingga 25 orang. Menarik banget loh ini. Berhubung saya enggak mempunyai tim, bisa untuk keluarga kok. Karena suami kan sedang WFH dan anak juga sedang SFH. Plus, enggak perlu tergantung wifi di rumah lagi, hihihi.... 

Kalau sudah begitu, lengkap deh senjata blogger. Mau update blog, ikut webinar, menghadiri event online, dijamin lancar, hohoho.... 

~~~



26 comments :

  1. Wah udah lama juga ya teh, sejak thn 2006 😍 Btw setuju bgd sama semua tipsnya, apalagi yg pertama. Harus konsistem memang dlm nge blog. Buat konunitas, salah satu komunitas yg aku ikut n memotivasi buat rajin nulis itu 1mingu1cerita. Lumayan jd memotivasi jd tiap minggu selalu ngeusahain posting 1 tulisan 😁

    ReplyDelete
  2. Bener mbak dulu nulis lebih ke menuangkan ide apalagi tulisan aku juga curhatan gak jelas. Tapi makin ke sini banyak belajar & dapat informasi berguna yang berhubungan dengan blog ya apalagi bisa dioptimalkan supaya dapat peluang & penghasilan

    ReplyDelete
  3. Memang banyak peluang menarik di blog. Meskipun ada banyak platform media sosial bahkan vlog. Tetapi, ngeblog tetap menarik banget

    ReplyDelete
  4. Semangat ngeblog yaa, mbak. Senengnya tu kalau blog kita bisa bermanfaat untuk orang lain juga ya. Jadi kaya kebayar deh capeknya riset dan bikin tulisan.

    Sukses juga buat lombanya

    ReplyDelete
  5. KOnsistensi itu penting banget dalam segala hal termasuk ngeblog :) Yang tadinya cuma menyalurkan hobi ternyata menulis bisa mendatangkan pundi2. Internetan juga kudu lancar ya sebagai pendukungnya. Pakai IM3Ooredo 10 GB hanya 50K mantap deh :D

    ReplyDelete
  6. Aduhaii, ini webinar IIDN dan Indosat emang keceee banget
    (pe)materinya super duper mantab dan bukan kaleng2
    Aku jadi terpacu buat ngeblog dll mbaa

    ReplyDelete
  7. Emang kece ya mbak webinar IIDN X IM3 Ooredoo ini.
    Bikin blogger makin bisa meningkatkan peluang bloggingnya

    ReplyDelete
  8. Setuju!
    Membaca artikel sendiri dan komentar, apalagi yang organik, rasanya "sesuatu" ya, Mak.

    Sukar diungkapkan dengan kata-kata.

    Btw,
    Saat pandemi ini, terasa sekali manfaat aktivitas dunia maya termasuk blogging. Apalagi jika didukung jaringan yang anti putus, perfecto!


    ReplyDelete
  9. Wow, udah cukup lama juga ya mba ngeblognya. Sejak 2006, berarti udah 14 tahun ya. Semangat terus untuk menginspirasi ya mba..

    ReplyDelete
  10. Wah mba say ternyata udah lama banget ya ngeblognya. Iya aku setuju ngeblog itu suka ada naik turunnya ya semangat kitanya. Tapi biasanya kalau ada komen dari pembaca bisa bikin kita semangat ya mba 😍. Dan aku setuju juga bahwa ngeblog itu bukan cuma sekedar nulis tapi harus belajar SEO, fotografi, bikin video, ilustrasi dan lain-lain. Jadi dilarang gaptek ya kalau jadi blogger itu hahaha 😂. Bikin kita harus terus belajar ya mba. Ngomong-ngomong webinarnya mengedukasi ya mba, jadi bikin semangat lagi

    ReplyDelete
  11. Kak Saraaa...
    Aku salut banget sama kak Sara. Suaranya bikin adeeem yaa..

    Menulis di blog memang penuh dinamika. Inginnya apa yang kita tulis bisa meringankan apa yang kita rasakan dan semoga bermanfaat untuk orang lain yang membaca.
    Syukur-syukur kalau dibaca baik di mata google, hehehe...

    ReplyDelete
  12. Penting banget ya kuota IMPreneur nih buat keluarga apalagi kegiatan bisnis online wajib nih punya

    ReplyDelete
  13. Saya juga menyimak materi Mbak Sara, Mbak Lia. Keren ya ... dapat banyak insight.

    ReplyDelete
  14. alhamdulillah banyak sekali berkah, nikmat dan rejeki dari mengoptimalisasi blog sejak tahun 2016, baru sebentar sih dan terbilang telat dibanding teman-teman lainnya

    ReplyDelete
  15. Ngeblog zaman now gak sekadar nulis yaa. Tapi juga banyak yang harus digarap sebagai pelengkap biar makin sip hehe.
    Terus terang dunia blog emang kyk membuka kesempatan yang lebih luas. Alhamdulilah. Asalkan mau belajar dan memanfaatkan platform yang ada :D

    ReplyDelete
  16. media sosial itu kalau dimanfaatkan dengan baik memang bisa membuka peluang meningkatkan income ngeblog ya mba. karena sekarang orang ga hanya melihat blog tapi juga mensyaratkan ig sebagai pendongkraknya..

    ReplyDelete
  17. Sama mba saya pun awalnya ngeblog sekedar curcol tp jaman dulu memang ngeblog ga ada uangnya ya hahha

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah, sempat menyimak beberapa kelasnya, memang keren dan bermanfaat ya Nath, langsung dipraktekkan deh untuk blog dan medsosku..

    ReplyDelete
  19. It is very important to always add insight and skills about blogs, including the world of photography and design

    ReplyDelete
  20. Aku juga kalau lagi drop suka baca2 blog jadul ama komen2nya berasa hangat postingan dibaca orng :")

    ReplyDelete
  21. memang senjata para blogger sekarang mostly adalah smartphone ya mba. Selamat berkarya dan terus menikmati dunia blogging yang seruu

    ReplyDelete
  22. Iya ya, komentar-komentar pembaca blog kadang bisa bikin mood menulis kita jadi bagus lagi.
    Keren emang program IIDN kemarin. Aku juga nyimak beberapa kelasnya. Tapi gak kekejar ikutan lombanya nih. Hehe.

    ReplyDelete
  23. Duh nyesel deh ketinggalan yang pas sesi belajar bareng Mb Sara. Pengin bisa menguasai teknik bicara di depan umum, terutama untuk menghilangkan aksen medok nih.

    ReplyDelete
  24. Keren sekali Mbak. Bagi sebagian orang aktivitas menulis hanya dipandang sebelah mata, padahal manfaat menulis begitu banyak. Selain mengekspresikan perasaan banyak juga tulisa-tulisan yang bermanfaat buat orang lain, kita bisa berbagi tips atau berbagi inspirasi untuk orang lain begitupun sebalinya. Aktivitas menulis secara finansial juga bisa menghasilkan uang lho. Jadi menulis itu memang penuh manfaat.

    ReplyDelete
  25. Sama banget mba, selalu pas banget momennya dari komen komen yang jadi mood dan spirit booster gini ya Mba. Langsung nulis lagi kalau aku. heehehe. Dan emang upgrade skill itu malah wajib bangetttt ya mba, biar nggak ketinggalan

    ReplyDelete
  26. Kelasnya keren banget yah, ilmu baru nih. Upgrade skill banget jadinya yah

    ReplyDelete