Friday, October 30, 2020

ASUS ROG Phone 3, Ultimate Smartphone for Ultimate Winner


Pria berbaju besi itu tiba-tiba melompat turun dan berhenti tepat di depanku.
Hentakan kaki dan hunusan pedangnya menghancurkan lantai.
Dia bangkit dan menghunjamkan pedangnya ke arahku.
Semuanya begitu mendadak.
Aku mencoba untuk menghindar, tetapi kalah cepat, pedangnya melukai tanganku.
Sakit, darah bercucuran ke lantai.
Kondisiku kritis.
Aku dikalahkan prajurit Kerajaan Nasrid dan dikeluarkan dari permainan.
Darah di tanganku menghilang, lantai menjadi rapi, dan semuanya kembali normal.

Itu bukan cerita saya, tetapi pengalaman pertama Yoo Jin-Woo saat bermain game Augmented Reality di serial Memories of The Alhambra, hehehe....


Sejarah Mobile Gaming 

Pasti asyik banget ya kalau ada game yang terasa begitu nyata seperti game di atas. Eh, atau malah seram ya, hihihi.... Enggak terbayang secanggih apa teknologi yang digunakannya. Sayangnya, itu hanya cerita fiksi.

Sebenarnya di dunia nyata pun, teknologi dalam dunia game memang berkembang dengan sangat pesat. Apalagi mobile game. Dalam dua dekade, begitu banyak inovasi yang sudah tercipta.


Perkembangan mobile game dimulai sejak tahun 1994. Pada saat itu Tetris menjadi game pertama yang bisa dimainkan menggunakan ponsel. Kemudian tahun 1997, muncul Snake. Teman-teman pasti tahu game ini kan, game yang sangat populer dan paling memorabel.

Setelah itu, mobile game semakin berkembang. Mulai dari game berbasis Symbian, game berbasis Java, hingga kini begitu banyak game yang bisa dijalankan di platform Android yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Hal tersebut berbanding lurus dengan hadirnya smartphone atau ponsel touchscreen. Diawali dengan rilisnya game Angry Birds pada tahun 2009. Lalu game online di mana pemainnya bisa bermain bersama pemain lain (multiplayer) seperti Cash of Clans yang rilis pada tahun 2012.

Kemudian ada game dengan teknologi Augmented Reality seperti Pokemon Go dan game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) seperti Mobile Legends pada tahun 2016. Serta ada pula game battle royale yang terus eksis hingga kini seperti Free Fire dan PUBG Mobile.

Seru banget ya. Enggak heran jika mobile game terus berkembang sehingga menyaingi game konsol dan PC. Kualitas grafisnya pun sudah hampir setara loh dengan game konsol dan PC. 

HP Kentang vs HP Sultan

Meski di dunia yang kita tinggali ini belum ada game yang bisa terasa benar-benar hidup seperti game di serial Memories of The Alhambra, kita juga bisa kok mendapatkan pengalaman bermain mobile game yang nyata meski hanya bermain di smartphone.

Yup, teknologi smartphone pun terus berkembang. Kini semua smartphone bisa digunakan untuk bermain game. Namun enggak semua smartphone bisa memberikan pengalaman bermain game yang asyik juga sih. Oleh karena itu, muncul lah istilah HP kentang, kena tanggung.

Banyak hal yang bisa menjadi indikator sehingga sebuah smartphone disebut HP kentang. Dalam bermain mobile game, HP kentang itu:
  • Lagi tegang bermain battle royale game, tampilan grafisnya patah-patah alias nge-lag, tau-tau sudah terkena tembakan dari musuh deh, eaaa....
  • Lagi asyik berburu Pokemon, eh tiba-tiba smartphone-nya mati kehabisan baterai, heuheu....
  • Lagi heboh mabar (main bareng) game online bersama teman-teman, smartphone-nya kepanasan, akhirnya meminta break supaya smartphone-nya bisa istirahat dulu, hihihi....
  • Lagi seru mabar game online bersama saudara-saudara, ada sepupu yang tiba-tiba menghilang, ternyata koneksi internet di smartphone-nya enggak stabil.
  • Lagi semangat mau main game, pekerjaan sudah selesai, anak-anak sudah tidur, eh pas buka aplikasinya ternyata harus di-update, tetapi enggak bisa karena smartphone-nya sudah penuh, hadeuh....

Yang terakhir itu pengalaman pribadi saya, hiks.... Maklum emak blogger, smartphone-nya multifungsi. Penuh sama aplikasi blogging, aplikasi editing, aplikasi belanja online, aplikasi keuangan, aplikasi kesehatan, dan lain-lain pokoknya semua ada. Tetapi yang paling banyak sih foto anak-anak yang enggak rela saya hapus meski sudah di-backup ke tempat lain.

Bukan salah HP-nya ya, memang sudah bukan peruntukannya aja. Gara-gara itu, beberapa bulan ini saya terpaksa enggak bermain mobile game dulu. Lebih baik enggak main sama sekali, daripada dipaksakan main tapi smartphone-nya enggak mendukung, sehingga ujung-ujungnya membuat saya menjadi kesal dan gemas sendiri. Bukannya terhibur, malah jadi emosi dan stres, hihihi.... Padahal kangen chicken dinner, huhuhu....


Yup, selain membaca buku saya juga hobi bermain mobile game. Sudah lama sekali enggak bermain game menggunakan PC. Alasannya sederhana aja sih. Yaitu karena bermain game menggunakan smartphone lebih praktis dan bisa dilakukan sambil rebahan, hohoho....

Makanya, kepingin banget nih mempunyai smartphone khusus untuk bermain game selain smartphone untuk daily driver. Agar bisa menuntaskan hasrat yang terpendam. 

Nah, kalau memang hobi dan serius bermain mobile game, smartphone-nya jangan yang kentang. Demi kenyamanan, kepuasan, dan kewarasan dalam bermain mobile game, lebih baik menggunakan smartphone yang memang diciptakan untuk gaming.

Sekarang, pilihan smartphone gaming pun sudah lebih banyak. Namun dari jenisnya, "Hanya ada dua jenis smartphone gaming di dunia, ROG Phone dan smartphone lainnya," begitu kata Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Berhubung ingin bermain mobile game layaknya sultan. Ya saya pilih HP Sultan dong, smartphone gaming paling powerful di dunia, ROG Phone 3.



ASUS ROG Phone 3

Hari Kamis tanggal 24 September 2020 yang lalu, ASUS meluncurkan smartphone gaming terbarunya, ROG Phone 3. Acara ini digelar secara online di akun Facebook dan Youtube ASUS ROG Indonesia. 

ROG Phone 3 adalah generasi terbaru smartphone gaming premium dari ASUS yang merupakan bagian dari jajaran produk Republic of Gamers. Sebagai smartphone gaming, ROG Phone 3 dirancang khusus bagi hardcore mobile gamer.


Kalau saya sih, baru melihat penampilan fisiknya aja sudah langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Cakep dan seksi banget. 

Di balik penampilannya yang seksi tersebut, smartphone ini hadir dengan performa paling powerful serta dilengkapi fitur gaming eksklusif yang enggak ada di smartphone lain. 

Penasaran? Yuk, simak apa aja keunggulan ROG Phone 3.

Performa Powerful, Bermain untuk Menang
Bermain game itu tujuannya untuk apa sih? Untuk menang atau hanya untuk mengisi waktu luang? Gamer sejati pastinya bermain untuk menang dong ah. Dan untuk menang, tentunya membutuhkan dukungan smartphone yang powerful.

Oleh karena itu, jika membahas smartphone gaming, hal pertama yang perlu ditegaskan tentu performanya. Performa ROG Phone 3 sangatlah powerful, bahkan merupakan smartphone paling powerful di dunia. Kok bisa? Karena smartphone ini adalah smartphone pertama yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming. 


Prosesor ini sangat kencang dengan kecepatan mencapai 3.1 GHz. Hal ini pastinya akan membuat bermain game menjadi sangat lancar dan super mulus. 


Sudah powerful begitu, ROG Phone 3 ini hadir pula dengan gabungan konektivitas ultra-cepat 5G dan konektivitas seluler terbaru WiFi 6. Dengan fitur terbaru bernama ROG HyperFusion Technology, memungkinkan penggunanya untuk menggabungkan 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan. Wuih, dipakai berbarengan gitu pasti jadi double mantapnya dan menghasilkan konektivitas terbaik saat bermain game.


Selanjutnya, dengan dukungan fitur Snapdragon Elite Gaming, ROG Phone 3 juga memiliki performa grafis terbaik untuk bermain game pada tampilan HDR. Dengan begitu, enggak masalah memainkan game dengan frame rate yang tinggi. Apalagi saat ini, developer game telah banyak menciptakan mobile game dengan frame rate di atas 60 fps.

Selain itu, ROG Phone 3 juga didukung memori LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan ultra-cepat UFS 3.1 ROM berkapasitas hingga 256GB. Jelas, hal ini membuat ROG Phone 3 unggul dari semua smartphone yang ada di pasar saat ini. Berkat spesifikasi tersebut, semua game dipastikan dapat berjalan lancar tanpa kompromi.

Oh iya, ASUS juga kembali menghadirkan fitur X Mode di ROG Phone 3. Tapi agak berbeda nih, karena kini hadir dengan kustomisasi dan parameter baru, sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai skenario game. Bahkan ASUS menghadirkan pengaturan optimal pada X Mode. Dengan begitu, ROG Phone 3 akan bekerja secara optimal di berbagai game.


Dengan teknologi super canggih dan performa super kencang, pengguna enggak perlu khawatir smartphone ini akan kepanasan. ROG Phone 3 dilengkapi dengan sistem pendingin GameCool 3 yang dilengkapi 3D Vapor Chamber dengan desain baru.

GameCool 3 hadir dengan heatsink yang lebih besar dari sistem pendingin generasi sebelumnya. Heatsink tersebut dirancang secara spesifik untuk menghantarkan panas dari komponen utama di ROG Phone 3 dan melepaskannya di ventilasi udara yang terdapat di bagian belakang smartphone ini.


Makanya, ROG Phone 3 dapat berjalan sempurna tanpa thermal throttling. Bahkan saat dalam sesi gaming panjang sekali pun, bisa tetap dingin dan lancar. Wohooo!

Visual Memukau, Bermain dengan Akurat
Untuk tampilan gaming yang memanjakan mata, ROG Phone 3 dilengkapi layar kencang dengan refresh rate 144Hz. Dengan refresh rate sekencang itu, tampilan gaming pada layar menjadi super halus.


Layar yang digunakan pada ROG Phone 3 juga mendukung teknologi 10-bit display dan HDR10+, serta mengadopsi layar dengan nilai Delta E < 1. Artinya, smartphone ini dapat menampilkan konten secara detail dengan warna yang akurat. 

Nah, untuk meminimalisir efek mata lelah saat digunakan, ROG Phone 3 sudah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced.

Adapun dari sisi gaming, layar ROG Phone 3 sudah dibekali dengan response time 1ms. Super responsif, karena membuat setiap aksi penggunanya dapat ditampilkan secara cepat di layar.

Selain itu, layar ROG Phone 3 sudah hadir dengan touch latency hanya 25ms, lebih kencang dari generasi sebelumnya. Touch latency yang rendah memungkinkan sistem mengenali input sentuhan lebih cepat yang tentu berpengaruh langsung pada performa gaming secara keseluruhan.

Baterai Monster, Bermain Sepuasnya
Dengan ROG Phone 3, penggunanya bukan hanya bisa menikmati pengalaman bermain game terbaik, tetapi juga dapat bermain game dengan lebih lama. Sama seperti generasi sebelumnya, ROG Phone 3 memiliki baterai berkapasitas besar 6.000mAh. Enggak masalah dipakai bermain game non stop sepanjang hari. Kalaupun habis, dayanya bisa diisi kembali dengan cepat berkat teknologi ROG 30W HyperCharging.


ROG Phone 3 juga dilengkapi dengan sistem pengaturan baterai khusus yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur sendiri mode penggunaan baterainya.

Selain itu, ASUS juga menyediakan mode pembatasan pengisian baterai di ROG Phone 3. Dengan begitu, penggunanya dapat mengisi ulang baterai secara terus-menerus tanpa khawatir mengurangi durabilitas baterai secara keseluruhan.

Dirancang untuk Gamer, Bermain dengan Lebih Nyata
ASUS enggak main-main ketika mengklaim bahwa ROG Phone merupakan smartphone gaming terbaik. ASUS memang membuat ROG Phone khusus untuk para gamer dengan berbagai macam fitur unggulan.

Di antaranya yaitu mode landscape. ROG Phone merupakan smartphone gaming pertama yang mengoptimalisasi gaming pada mode landscape. Hal tersebut tentunya kembali dihadirkan di ROG Phone 3. Dengan begitu, smartphone gaming ini memiliki desain ergonomis yang membuat penggunanya tetap nyaman saat bermain game pada mode landscape dalam waktu lama.


Fitur AirTrigger juga kembali hadir, namun dengan fitur baru. AirTrigger 3 kali ini memiliki tambahan gesture baru yang dapat digunakan saat bermain game, termasuk swipe dan dual-partition button emulation yang memungkinkan penggunanya memiliki kontrol penuh terhadap semua game yang dimainkan.

ROG Phone 3 juga memiliki motion sensor yang dapat digunakan sebagai kontrol tambahan. Motion Sensor memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan cara menggerakkan smartphone ke depan dan ke belakang. Sama seperti AirTrigger 3, motion sensor juga dapat diprogram agar sesuai dengan game yang sedang dimainkan.


Sebagai fasilitas untuk mengkoneksikan aksesori sekaligus charger, ROG Phone 3 kembali menggunakan side-mounted USB-C. Dengan desain seperti itu, penggunanya bisa bermain dengan nyaman meski sedang men-charge smartphone, Aksesoris seperti AeroActive Cooler 3 dapat dipasang melalui port khusus tersebut. Selain itu, terdapat konektivitas ekstra berupa 3.5mm audio jack dan konektor untuk pengisian daya. 

Untuk menghadirkan kualitas audio yang lebih baik dari generasi sebelumnya, ROG Phone 3 menyediakan Sistem audio GameFX terbaru dan menggandeng Dirac. Dengan dua speaker stereo menghadap depan, melahirkan kualitas audio yang kuat dan imersif. Hasilnya, ROG Phone 3 menerima skor yang sangat tinggi dari DXOMARK Audio Review, yaitu 75 poin. 


Kualitas audio tersebut semakin mantap lagi berkat Game Mode terbaru yang memungkinkan penggunanya mengetahui lokasi pemain lain menggunakan algoritma audio yang unik. Selain itu, speaker yang lebih besar, magnet yang lebih banyak, dan peningkatan pada sistem amplifier serta driver membuat penggunanya bisa mendengar setiap aksi pada game seakan sedang berada di dalam game yang tersebut. Wuih, jadi terasa lebih nyata.

ROG Phone 3 juga telah mendukung teknologi Qualcomm aptX™ Adaptive yang dapat menyuguhkan kualitas suara terbaik dengan minim latency saat penggunanya menggunakan headphone nirkabel melalui Bluetooth.

Meski merupakan smartphone gaming, pada ROG Phone 3 juga disematkan sistem triple camera untuk menghasilkan foto berkualitas luar biasa. Yaitu kamera sudut lebar (wide angle) utama Sony® IMX686 64 MP, kamera ultrawide angle 13 MP, dan kamera makro. Fitur perangkat lunaknya pun ditingkatkan. Di antaranya Pro Video Mode, Free Zoom, Wind Filter, dan fungsi Acoustic Focus. 

Bisa selfie? Bisa dong. Terdapat juga kamera depan 24 MP untuk selfie grup dan video streaming langsung berkualitas tinggi. Video? Bisa merekam video dengan kualitas hingga 8K! Ah, mantap banget deh.


Aksesori untuk Pengalaman Gaming Maksimal, Bermain Tanpa Batas 
Sama seperti generasi pendahulunya, ROG Phone 3 kembali hadir dengan sederet aksesori gaming yang dapat meningkatkan pengalaman penggunanya dalam bermain game. Berikut aksesori terbaru yang menemani ROG Phone 3:

ROG Kunai 3 Gamepad
Sebenarnya ROG Phone 3 telah menyediakan pengalaman bermain game yang lebih baik dari smartphone lainnya berkat fitur AirTrigger 3. Namun ternyata bisa lebih baik lagi jika menggunakan controller fisik, yaitu ROG Kunai Gamepad 3. Aksesori ini memiliki desain baru yang lebih kokoh sekaligus fleksibel. Serta didukung fitur key mapping melalui Game Genie dan telah kompatibel dengan berbagai game. Cek melalui aplikasi Armoury Crate ya.


TwinView Dock 3
TwinView Dock 3 pun kembali hadir untuk memberikan pengalaman bermain game menggunakan dua layar sekaligus. Masih dilengkapi dengan kipas dan baterai berkapasitas 5.000mAh, TwinView Dock 3 kini telah dilengkapi dengan layar yang memiliki refresh rate 144Hz, yup sama dengan ROG Phone 3. Untuk mengetahui daftar game yang kompatibel, dapat dilihat melalui aplikasi Armoury Crate.


AeroActive Cooler 3
Keberadaan AeroActive Cooler enggak bisa dipisahkan dari ROG Phone. Kali ini AeroActive Cooler 3 menawarkan performa pendinginan yang lebih baik dan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Selain itu, AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya, serta 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone.



ROG Clip
Mempunyai controller DualShock 4, XBOX One, atau Google Stadia? Melalui ROG Clip, kini gamer dapat menghubungkan controller tersebut secara mudah dengan ROG Phone 3. Cukup pasangkan ROG Clip di salah satu controller tersebut dan tempatkan ROG Phone 3 di dudukan yang telah disediakan. Bermain di ROG Phone 3 pun kini sama nyamannya dengan bermain di konsol.


Lighting Armour Case
Untuk tampilan ROG Phone 3 yang lebih memukau, penggunanya bisa memasang Lighting Armour Case terbaru. Aksesori ini dapat menampilkan logo ROG dengan tampilan mirip AniMe Matrix yang ada di laptop ROG Zephyrus G14 itu loh. Lighting Armour Case juga kompatibel dengan fitur Aura RGB dan dapat dikustomasi melalui aplikasi Armoury Crate.


Glass Screen Protector
HP Sultan harus selalu terlindungi dong. Makanya ASUS menyediakan Glass Screen Protector yang dirancang khusus untuk melindungi layar ROG Phone 3 sehingga terhindar dari goresan. Aksesori ini juga dilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga dapat melindungi penggunanya.


Waist Pack dan Crossbody Pack
ASUS mengerti bahwa gaming adalah bagian dari lifestyle. Oleh karena itu ROG Phone 3 hadir dengan Waist Pack dan Crossbody Pack yang dapat mempermudah penggunanya membawa perangkat gaming kesayangannya saat bepergian. Tentunya dengan desain yang keren dan penuh gaya. 


Spesifikasi ROG Phone 3


Harga ROG Phone 3

ROG Phone 3 telah tersedia di Indonesia dalam dua varian. Harganya yaitu:
  • Rp 9.999.000 untuk varian dengan penyimpanan 128GB dan RAM 8GB
  • Rp 14.999.000 untuk varian dengan penyimpanan 256GB dan RAM 12GB

Dengan spesifikasi dan berbagai keunggulan ROG Phone 3, harga tersebut terjangkau banget kan. Soalnya, smartphone lain dengan prosesor, RAM, dan storage yang sama tuh, harganya di atas ROG Phone 3 loh.

Selain itu, prosesor, RAM, dan storage boleh sama dengan smartphone lain, tetapi ROG Phone 3 memiliki environment pendukung yang enggak dimiliki smartphone lain. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, misalnya mode landscape, software yang mendukung spesifikasi game, aksesori, dan lain-lain. 

Oh iya, berhubung masyarakat Indonesia diperkirakan baru bisa menikmati jaringan 5G pada tahun 2021, berarti ROG Phone 3 ini masih gres banget hingga 1-2 tahun ke depan. Jadi anggap aja investasi, hohoho....

Apalagi ada berbagai promo menarik juga untuk setiap pembelian ROG Phone 3 di channel berikut:

Offline Retail


E-Commerce

Referensi

  • https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-3-model/
  • bit.ly/ROG3ID-BWC
  • bit.ly/BWC-ROGPhone3-Image
  • https://tekno.kompas.com/read/2019/12/31/19470057/perjalanan-10-tahun-game-mobile-di-indonesia
  • https://wikipedia.org/wiki/Mobile_game
  • https://www.domainesia.com/berita/jaringan-5g-di-indonesia-kapan-dinikmati/amp/#

19 comments :

  1. Ciamik nih ROG Phone 3, harganya sesuai yak, memang mumpuni untuk gaming apalagi buat bikin konten.

    soalnya kadang butuh juga break dari bikin tulisan dengan main games di hape.

    ReplyDelete
  2. Speknya bagus banget, idaman para gamer banget. Yakin banget deh, pake ASUS ROG Phone 3 ini pasti bisa bikin ngegame makin seru ya mbak.

    ReplyDelete
  3. alamak kalau ASUS ROG mah nggak usah di tanya lah ya gimana performanya
    udah pasti jempolan
    apalg untuk user android yg suka main game. wajib banget nih pakai ASUS ROG Phone

    ReplyDelete
  4. Mantep banget ya buat pegangan para gamer. Aku sih bukan gamer tapi naksir kameranya itu loh.

    ReplyDelete
  5. Punyaku hp kentang bukan sultan nih wkwkw. Pingin juga sekali-sekali pakai hp sultan biar hailnya lebih cetar membahanaaaa wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Waduh, baca tulisan ini jiwa "gamer"-ku jadi tersulut. Hahaha Tapi emang sih, sesekali ngegame enggak apa, biar pikiran tetap fresh.

    ReplyDelete
  7. Aaaakkk hape sultan yang hobi gamers ini mah, ASUS memang juaranya memperkenalkan teknologi terbarunya baik itu smartphone maupun laptop. Jadi mupeng pengen punya satu.

    ReplyDelete
  8. Suami aq hobi banget ngegame mbak, pas banget nih kalo di jadiin kado ultah buat dia.
    Tapi ya gitu kudu lebih sering nabung mulai sekarang

    ReplyDelete
  9. Smartphone sekarang makin gahar aja dalemannya lebih dari laptop kebanyakan. Performa untuk segala sesuatu serba mobile ini menawarkan banyak hal yang memang pas untuk saat ini. Meski, perlu dikompensasi dengan harga yang mewah pula.

    ReplyDelete
  10. Asus memang gak main2 kalau soal gadget ya mba selalu aja profesional kayak ROG Phone3 ini, desain dan fitur2nya kece parah jadi emang worthed banget lah harganya

    ReplyDelete
  11. Kalau baca soal Asus ROG Phone 3, rasanya pengen nyobain henponnya untuk streaming 2 hari non stop dan foto2 biar kayak influencer kekinian :D

    ReplyDelete
  12. Wah jadi nostalgia drakor al hambra hehe. Mantap memang kalau punya hp gaming ala sultan. Asus ROG mah udah terbukti kualitas nya

    ReplyDelete
  13. Produk keluaran ASUS selalu high quality ya, sayangnya harga gak bersahabat buat saya yang penghasilannya ga menentu... Padahal kepingin juga punya satu

    ReplyDelete
  14. HP gaming memang selalu gahar ya..memberikan pengalaman seru bagi penggunanya. Jadi betah main gamenya. palagi Asus ROG phone 3 ini. Harganya sesuai dengan kualitasnya

    ReplyDelete
  15. Soal hp gaming ini memang Asus jagonya yah, mupeng banget sama yg tipe ini, ukhhh meski bukan gamer pengen banget punya ini

    ReplyDelete
  16. Kalau soal gadget yang mumpuni untuk game, Asus memang jadi andalan ya. Spesifikasi Asus Rog Phone 3 buktinya, lengkap dan mendukung untuk gamers.

    ReplyDelete
  17. aku mau po o kaaaaaaaaaak hapenyaaa wkkwkw

    belasan juta cuy,,, sama kayak harga motor beat ku wahahahhaha

    hanya bisa berangan2 nih,,, sempurnaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  18. Wow, hp ini spesifikasi ya oke banget ya mba. Pantes lah dihargai segitu. Ada harga ada rupa donk, ya. Hmmm

    ReplyDelete
  19. cakep banget asus rog phone ini buat ngegame ya
    sayangnya aku udah pensiun ngegame sejak married jadi kalau beli ini bakal kena pelotot
    wkwkw

    ReplyDelete