Friday, November 6, 2020

5 Kuliner Lezat dan Unik dari Kabupaten Klungkung, Bali

klungkung

Kabupaten Klungkung, Bali merupakan kabupaten terkecil di pulau Bali. Meskipun wilayahnya kecil, Klungkung memiliki destinasi wisata yang sangat menarik dengan pantainya yang sangat bersih dan indah seperti Kelingking Beach serta Ceningan Island. Dahulu Klungkung merupakan pusat pemerintahan raja-raja di Bali sehingga Klungkung menjadi tempat yang penuh dengan sejarah. Selain objek wisata dan sejarahnya, Klungkung juga memiliki segudang kuliner khas yang nikmat dan lezat. Penasaran kan makanan tradisional Bali apa saja? Yuk simak ulasannya dibawah ini! 

1. Serombotan 

Kuliner pertama yaitu Serombotan. Kuliner ini merupakan makanan dengan bahan dasar sayur yaitu kangkung, kacang panjang, bayam, tauge, dan kacang-kacangan yang direbus serta disiram bumbu khas yang sangat nikmat dan lezat. Serombotan merupakan kuliner bercita rasa pedas sehingga teman-teman yang suka pedas akan suka dengan olahan makanan ini. 

Sekilas terlihat, Serombotan seperti olahan Lotek atau Gado-Gado khas Jakarta. Sebelum memakan Serombotan ini sebaiknya dicampur terlebih dahulu menggunakan tangan untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal. Harga untuk satu porsi Serombotan ini sangat murah yaitu Rp. 8.000 saja. 

2. Mie Koples 

Kuliner selanjutnya yaitu Mie Koples. Kuliner khas Klungkung ini merupakan olahan mie yang pedas dan nikmat, cocok disantap sebagai makan siang. Makanan ini berbahan dasar bihun rebus lalu disirami bumbu kacang pedas ala serombotan. Perpaduan kedua bahan ini akan memanjakan lidah serta memberikan rasa baru yang enak dan lezat. 

Mie Koples juga sangat pas disantap dengan tambahan kacang merah goreng, kecap manis, serta ketupat agar membuat perut menjadi lebih kenyang. Harga untuk satu porsi Mie Koples ini sangat terjangkau yaitu Rp. 10.000 saja. Teman-teman bisa mencarinya di sekitar Pasar Senggol, Klungkung, Bali. 

3. Bubur Masak 

Kuliner selanjutnya yaitu Bubur Masak. Kuliner yang satu ini merupakan kuliner khas Klungkung yang memiliki penyajian dengan cara yang berbeda. Biasanya saat teman-teman menyantap bubur, pasti akan menggunakan mangkuk atau wadah, nah Bubur Masak ini pasti akan membuat tercengang. Cara penyajian Bubur Masak yaitu menggunakan daun pisang sebagai alas, lalu bubur akan diratakan di atas daun pisang tersebut menggunakan sendok. Setelah itu diberi kuah dan dibubuhi sayur pepaya muda parut atau urap. 

Rasa dari Bubur Masak ini sangat gurih dan lezat. Masyarakat sekitar selalu menyantapnya sebagai sarapan. Harga untuk satu porsi Bubur Masak ini sangat murah yaitu Rp. 5000 per porsinya. 

4. Sate Languan 

Kuliner selanjutnya yaitu Sate Languan. Jika teman-teman berada di Klungkung kurang lengkap rasanya jika belum mencoba Sate Languan ini. Sate Languan merupakan kuliner yang menggunakan bahan ikan laut dan dibentuk dikepal/dililit. Sate ini menggunakan batang daun kelapa yang muda dan membuat penampilan sate ini berbeda dengan sate lainnya. 

Rasanya yang enak dan lezat pasti akan membuat teman-teman ingin tambah lagi. Harga untuk satu porsi Sate Languan dibandrol Rp. 15.000. Jangan lupa nasi hangat saat akan menyantap Sate Languan ini agar perut cepat kenyang. 

5. Jajan Bulung 

Kuliner selanjutnya yaitu Jajan Bulung. Kuliner ini merupakan camilan manis yang sangat enak. Camilan manis khas Klungkung ini banyak disukai oleh wisatawan. Jajan Bulung merupakan camilan yang terbuat dari rumput laut dan olahan manis gula yang memanjakan lidah. Camilan ini merupakan camilan sehat karena rumput laut baik untuk pencernaan yang kaya akan serat. 

Camilan ini berbentuk kotak dengan berawarna kecoklatan. Untuk harganya pun sangat murah yaitu Rp. 1.000 per potong . 

Itulah beberapa kuliner khas Klungkung, Bali yang nikmat dan enak. 

No comments :

Post a Comment