Wednesday, December 23, 2020

Wujudkan Rumah Pintar Idaman Bersama Bardi Smart Home

bardi smart home

Apa kabar teman-teman? Bagaimana mendampingi PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)-nya? Alhamdulillah sudah selesai ujian ya, tinggal menunggu pembagian rapot saja.

Bagi sebagian orang tua, sesungguhnya PJJ ini memang cukup menyita waktu dan menguji emosi. Walaupun begitu, meski pemerintah membolehkan belajar tatap muka, selama pandemi Covid-19 belum terkendali, saya sih insya Allah bakal tetap memilih PJJ.


Setiap orang tua pastinya mempunyai drama PJJ-nya masing-masing ya. Mungkin drama saya enggak seberat orang tua yang WFO (Work from Office) atau orang tua yang mempunyai anak usia sekolah lebih dari satu. Drama saya cuma anak sulung yang mudah terdistraksi dan anak bungsu yang senang menggoda kakaknya baik untuk mengajak bermain maupun mengajak bertengkar. Klop kan, hihihi....

Jika kami bertiga berada di dalam satu ruangan, Jav pasti enggak bisa fokus belajar, suka ikut nimbrung ingin ikut bermain juga. Namun jika saya dan Rashya bermain di ruangan lain, tetap saja Jav enggak fokus, karena bukannya belajar kadang malah sibuk mengobrol bersama teman-temannya di Whatsapp Group sebelah, hadeuh.... 

Kalau menuruti emosi, kadang saya suka marah-marah, atau malah sebaliknya menjadi cuek banget. Tapi ya enggak bisa menyelesaikan masalah. Biasanya ujung-ujungnya saya juga yang repot, karena harus menemani belajar sampai malam, hehehe.... 

Sempat terbersit di pikiran, sepertinya harus punya interkom deh, agar saya bisa menemani Rashya bermain tetapi bisa tetap mengawasi Jav belajar. Saya ingat, dulu waktu kecil suka menonton telenovela dan ada interkom di rumah-rumah mewahnya, hihihi.... Ah, atau sekalian saja pasang kamera pengawas. 

Tapi rumah kecil begini, kok gaya banget ya kalau memasang kamera pengawas. Pantasnya kan untuk rumah-rumah gedongan gitu. Harganya pun pasti mahal, instalasinya repot, plus mungkin ada biaya pemasangan juga.

Hingga suatu hari, saya melihat review Mbak Katerina tentang Bardi IP Camera. Menarik banget deh. 

Bardi Smart Home

Bardi merupakan brand smart home bersertifikasi Indonesia. Smart home adalah istilah untuk rumah atau gedung yang dilengkapi dengan perangkat berteknologi tinggi, di mana seluruh perangkat tersebut saling terhubung dan dapat dikendalikan dalam jarak jauh (remote).

Semua produknya didukung oleh Tuya. Tuya adalah platform pintar global. Merupakan platform pengembangan AI (Artificial Intelligence) + IoT (Internet of Things, komunikasi antara perangkat pintar tanpa interaksi manusia) serta platform interaksi suara AI terkemuka.

Produknya cukup banyak. Saat ini sudah memiliki lebih dari 90.000 produk dan penjualan ke hampir 190 negara. Keren banget ya. Bukan hanya IP Camera, tetapi juga lampu pintar, socket pintar, gagang pintu pintar, pokoknya semua yang pintar-pintar untuk menciptakan sistem smart home di rumah. 

Makanya rasanya senang sekali, karena kali ini saya berkesempatan untuk mencoba tiga produk unggulannya. Yaitu:
  • Bardi IP Camera IDR - IPC - STC
  • Bardi IR Remote 10M - BLK
  • Bardi Smart Bulb 9W RGBWW

Bardi IP Camera IDR - IPC - STC


bardi ip camera
Bardi IP Camera

Spesifikasi dan Harga Bardi IP Camera IDR - IPC - STC
Model: IDR-IPC-STC
Warna: Putih
WiFi: IEEE 802.11 b/g/n 2.4 Ghz
Sistem Suport: IOS dan Android OS
Features: 
Flip Video untuk di meja dan plafon
Deteksi gerakan dan notifikasi di app
Rekam dengan SD card 
Otomatis mode malam bila gelap
Harga: IDR 330.000

Review Bardi IP Camera IDR - IPC - STC
Bardi IP Camera ini dikemas dalam kotak berwarna putih dengan aksen hijau toska. Enggak banyak informasi yang tercantum di kemasannya, hanya ada logo Android, iOS, Tuya, barcode, dan nomor Postel. 

bardi ip camera
Isi paket penjualan Bardi IP Camera

Adapun isi kotaknya yaitu IP Camera, adaptor, kabel USB, dan buku panduan. Ternyata ukuran IP Cameranya kecil banget, lucu deh imut-imut.

Bentuknya bulat berwarna putih dengan leher (yang bisa dibengkokkan sesuai kebutuhan) dan penyangga yang berwarna putih juga. Di bagian depan terdapat kaca berwarna hitam, tempat lensa dan sensor. Di bagian belakang terdapat speaker, mikrofon, dan tombol reset. Serta di bagian samping terdapat lubang untuk memasukkan SD Card (maksimal 128GB).

Cara memasangnya mudah sekali, cukup mengikuti petunjuk yang terdapat pada buku panduan.
  • Pertama, sambungkan kabel kamera dengan adaptor, kemudian hubungkan ke sumber listrik.
  • Lalu, unduh aplikasi Bardi Smart Home di smartphone. Karena menggunakan Android, saya mengunduhnya di Google Play Store.
  • Kemudian masukkan data untuk registrasi.
  • Selanjutnya, tekan tanda + untuk menambahkan perangkat. Pilih Static IP Camera Indoor.
  • Jika lampu indikator pada kamera sudah berkedip dengan cepat, tekan tombol Confirm. Apabila belum, tekan tombol reset pada kamera selama 5 detik, kemudian tekan tombol Confirm setelah lampu indikator pada kamera berkedip dengan cepat.
  • Sambungkan dengan wifi. Masukkan akun dan password wifi.
  • Ubah nama perangkat (jika mau), lalu tekan tombol Completed.
  • IP Camera pun siap digunakan deh. 

Bardi IP Camera ini bisa disimpan di meja, digantung, atau ditempel di permukaan vertikal (dilengkapi selotip juga di dalam kemasannya). Saya sih cukup menyimpannya di atas rak. Praktis dan lebih mudah dipindahkan sesuai kebutuhan.

Menyimpan Bardi IP Camera di rak buku

Jadi saat jam sekolah, IP Cameranya saya simpan di kamar Jav. Posisinya mengarah ke meja belajar agar saya bisa mengawasi dan mengingatkan Jav melalui smartphone meski sedang berada di ruangan yang berbeda, bahkan ketika sedang berada di luar rumah. Yup, kemarin sempat ada keperluan mendesak sehingga saya harus pergi ke rumah orang tua dan Jav enggak ikut karena sedang ujian.  

Dengan kamera pintar ini, saya dapat melihat video dan mendengarkan suara dari kamar Jav. Misalkan enggak membutuhkan suara, speaker-nya bisa dimatikan kok. Nah, ketika Jav mulai terlihat enggak fokus atau enggak semangat, langsung saja saya tekan tombol Speak di smartphone sambil bilang "Semangat Aa Jav..." atau "Fokus Aa Jav..." atau "Ada yang enggak ngerti?" Jika Jav membutuhkan saya, baru deh saya temani.

Adapun pada malam hari, IP Cameranya saya simpan di ruang tamu. Meski gelap karena lampunya dimatikan, videonya dapat tetap dilihat dengan sangat jelas. Karena pada posisi gelap, kameranya akan otomatis beralih ke night vision.

Tampilan IP Camera di aplikasi Bardi Smart Home

Selain pengaturan suara, fitur lain pada IP Camera ini yaitu kualitas gambar (bisa pilih HD atau SD), zoom (untuk hasil video lebih detail), screenshot (hasilnya langsung tersimpan di galeri smartphone), record (hasilnya langsung tersimpan di galeri smartphone), playback (memerlukan SD Card), cloud storage (ruang penyimpanan berbayar), dan alarm.

Notifikasi (alarm) pergerakan di malam hari (night vision)

Alarm tersebut bisa diatur berdasarkan gerakan dan/atau suara. Jadi, apabila IP Camera-nya mendeteksi ada gerakan atau suara, akan muncul notifikasi dan screenshot-nya di smartphone. Mantap deh, sensornya super sensitif. Ada serangga terbang pun alarmnya langsung menyala, hihihi.... Makanya, saya atur saja sensitivitas sensornya agar enggak terlalu tinggi.

Jadi tertarik juga nih ingin membeli Outdoor IP Camera, untuk memantau situasi di luar rumah.

Bardi IR Remote 10M - BLK


bardi ir remote
Bardi IR Remote

Spesifikasi dan Harga Bardi IR Remote 10M - BLK
Model: 10M - BLK
Warna: Hitam
WiFi: IEEE 802.11 b/g/n 2.4 Ghz
Voltase: DC 5V 1A w/ 220V Adaptor
Sistem Suport: IOS dan Android OS
Frekuensi Infrared: 38-56 KHz
Sudut Infrared: 360°
Jarak Infrared: 10 m
Harga: IDR 160.000

Review Bardi IR Remote 10M - BLK
Selain IP Camera, produk unggulan Bardi Smart Home yang lain yaitu IR Remote. Bardi IR Remote adalah pemancar infrared pintar yang bisa dikendalikan melalui aplikasi. Jadi, remot ini bisa menggantikan semua remot infrared di rumah. 

Sama seperti Bardi IP Camera, Bardi IR Remote dikemas dalam kotak berwarna putih dengan aksen hijau toska. Selain logo Android, iOS, Tuya, barcode, dan nomor Postel, juga terdapat logo Siri serta keterangan works with Amazon Alexa dan Google Assistant.

bardi ir remote
Isi paket penjualan Bardi IR Remote

Isi kotaknya yaitu IR Remote, adaptor, kabel USB, dan buku panduan. Bentuknya bulat, kecil, dan berwarna hitam. Simpel banget. Di bagian bawah terdapat lampu LED dan tombol reset. 

Cara memasangnya pun mudah sekali. Sama seperti Bardi IP Camera, cukup mengikuti petunjuk yang terdapat pada buku panduan.
  • Pertama, sambungkan kabel remot dengan adaptor, kemudian hubungkan ke sumber listrik.
  • Lalu, buka aplikasi Bardi Smart Home di smartphone. 
  • Selanjutnya, tekan tanda + untuk menambahkan perangkat. Pilih IR Remote.
  • Jika lampu indikator pada remot sudah berkedip dengan cepat, tekan tombol Confirm. Apabila belum, tekan tombol reset pada remot selama 5 detik, kemudian tekan tombol Confirm setelah lampu indikator pada remot berkedip dengan cepat.
  • Sambungkan dengan wifi. Masukkan akun dan password wifi.
  • Terakhir, tambahkan remote control yang ada di rumah. Bisa langsung mencari berdasarkan ratusan merk yang sudah terdaftar di aplikasi, ataupun DIY melalui duplikat sinyal infrared dari remot lama.
  • IR Remote pun siap digunakan.

Sudut pemancarannya 360 derajat dengan jarak hingga 10 meter dalam garis pandang. Makanya saya simpan IR Remotenya di tempat yang strategis di ruang keluarga.

Sekarang semua remot di ruang keluarga bisa digantikan hanya dengan satu aplikasi di smartphone. Mulai dari yang merknya sudah ada di aplikasi seperti televisi (Samsung) dan AC (Panasonic). Hingga yang DIY seperti STB (MNC Play) dan mainan edukasi anak (Al Qolam).

Tampilan IR Remote di aplikasi Bardi Smart Home

Yeay! Praktis dan ringkas. Enggak perlu ada lagi cerita remot-remot berserakan atau sibuk mencari remot yang terselip di bawah bantal, hihihi.... Benar-benar nih, sekarang kontrol berada dalam genggaman.

Bardi Smart Bulb 9W RGBWW


bardi smart bulb
Bardi Smart Bulb

Spesifikasi dan Harga Bardi Smart Bulb 9W RGBWW
Model: 9W - RGBWW
WiFi: IEEE 802.11 b/g/n 2.4 Ghz
Voltase: AC 200-230 Volt
Sistem Suport: IOS dan Android OS
Mounting: e27 Edison Screw
Masa Pakai: 50.000 jam
Maximum Power: 9W
Maximum Lumen: 900
Temperatur Putih: 2700-6500 K
Harga: Rp 115.000

Review Bardi Smart Bulb 9W RGBWW
Produk unggulan Bardi Smart Home yang lain yaitu Smart LED Bulb. Favorit kami semua nih, seru mengutak-atiknya.

Sama seperti produk Bardi lainnya, Bardi Smart LED Bulb dikemas dalam kotak berwarna putih dengan aksen hijau toska. Informasi yang tercantum di kemasannya yaitu logo Android, iOS, Tuya, barcode, dan nomor Postel. Juga logo Siri serta keterangan works with SmartThings, Amazon Alexa, dan Google Assistant.

bardi smart bulb
Isi paket penjualan Bardi Smart Bulb

Isi kotaknya hanya LED Bulb dan buku panduan. Adapun bentuknya seperti lampu bohlam pada umumnya lah.

Cara memasangnya sangat mudah. Cukup mengikuti petunjuk yang terdapat pada buku panduan.
  • Pertama, pasang lampu ke fiting lampu ulir E27, lalu nyalakan lampu.
  • Kemudian, buka aplikasi Bardi Smart Home di smartphone. 
  • Selanjutnya, tekan tanda + untuk menambahkan perangkat. Pilih Smart Bulb.
  • Jika lampu berkedip dengan cepat, tekan tombol Confirm. Apabila belum, mati-nyalakan lampu sebanyak 3 kali, kemudian tekan tombol Confirm setelah lampu berkedip dengan cepat.
  • Sambungkan dengan wifi. Masukkan akun dan password wifi.
  • Ubah nama perangkat (jika mau), lalu tekan tombol Completed.
  • Smart LED Bulb pun siap digunakan dan dikendalikan melalui aplikasi di smartphone.

Kepinginnya sih dipasang di ruang keluarga. Tetapi berhubung beberapa minggu ini suami sedang enggak ada di rumah, dan saya malas manjat-manjat, sementara lampunya dipasang di meja belajar Jav dulu.

Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW adalah bohlam pintar yang bukan hanya bisa dimati nyalakan melalui aplikasi, tetapi juga bisa diubah warna dan tingkat kecerahannya. 

Bebas pilih warna lampu

Lampu ini memiliki kecerahan maksimal di 900 lumens dan bisa di redupkan hingga 90 lumens. Kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white).

Fitur Smart Bulb di aplikasi Bardi Smart Home

Selain itu ada juga fitur scene untuk memilih mode night, read, working, leisure, dan lain-lain. Serta yang paling menarik yaitu fitur music, di mana lampunya akan berubah warna sesuai dengan ketukan musik. Asyik banget kan, bisa menemani seru-seruan dance dan workout meski di rumah saja.

Harus beli lagi yang banyak nih, untuk dipasang di setiap ruangan, hihihi....

Keunggulan Bardi Smart Home

Masih banyak produk Bardi Smart Home yang belum saya coba. Namun dengan mencoba tiga produk unggulannya saja, saya langsung jatuh cinta. Berikut tujuh keunggulan produk Bardi Smart Home berdasarkan pengalaman saya. 

Canggih
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Bardi ini didukung oleh Tuya, platform pintar terkemuka di dunia. Menggabungkan AI (Artificial Intelligence) dan IoT (Internet of Things) sehingga memudahkan penggunanya untuk mengendalikan perangkat elektronik di rumah.

Jadi, selain menggunakan tombol-tombol di smartphone, bisa juga mengatur beberapa perangkat sekaligus dengan memanfaatkan fitur otomatisasi di menu Pintar. Pertama atur kondisinya, misalnya berdasarkan jadwal, perubahan suhu, perubahan lokasi, dan lain-lain. Kemudian atur tugasnya. Contohnya nih, AC otomatis menyala pada suhu tertentu atau lampu menyala lebih terang apabila IP Camera mendeteksi pergerakan. Mantap banget pokoknya. Tinggal diatur saja sesuai kebutuhan. 

Fitur Smart di aplikasi Bardi Smart Home

Selain itu, bisa juga dikendalikan menggunakan suara. Tetapi harus mengunduh dan memasang aplikasi Google Home terlebih dahulu. Sekarang, rutinitas rebahan bisa lebih paripurna karena saat butuh menyalakan televisi, tinggal bicara saja sama Google, "Nyalakan TV," lalu televisi pun segera menyala. Asyik kan....

Terjangkau
Yup, untuk menikmati semua kemudahan ini, ternyata enggak membutuhkan biaya yang besar. Cukup bermodalkan smartphone dan wifi, serta produk Bardi yang harganya cukup terjangkau.

Desain Menarik
Dari tiga produk yang sudah saya coba ini, semuanya memiliki desain yang menarik. Simpel dan modern dengan warna putih dan/atau hitam. 

Mudah
Instalasinya benar-benar mudah. Ketika produk ini tiba di rumah, anggota keluarga yang paling antusias adalah Jav. Si sulung yang cita-citanya ingin menciptakan mobil mewah dan canggih ini langsung sibuk unboxing dan mulai memasang sendiri. Tuh kan, saking mudahnya, anak usia 9 tahun pun bisa melakukannya. Saya tahu beres saja, hohoho....

Technical Support yang Responsif
Jadi, ketika mulai memasang Bardi IR Remote, lampu LED-nya enggak menyala. Padahal harusnya menyala kan, berwarna biru. Saya pun langsung menghubungi Bardi Technical Support melalui Whatsapp. Alhamdulillah sangat responsif sehingga masalah pun bisa segera terselesaikan.

Garansi 1 Tahun
Kalaupun memang terjadi kerusakan pada produknya, enggak perlu khawatir karena ada garansi 1 tahun. Garansi tersebut bisa diklaim di kota-kota besar di Indonesia. Hanya perlu melampirkan foto dan video permasalahan ketika mengisi formulir klaim secara online.

Berbagi dengan Anggota Keluarga Lain
Semua produk Bardi bisa dikendalikan oleh lebih dari satu orang. Jadi beberapa atau semua anggota keluarga bisa menggunakannya secara bersama-sama. Cukup tambahkan saja email anggota keluarga untuk saling berbagi perangkat.

Kesimpulannya? Very recomended. Cinta banget sama produk-produk Bardi Smart Home. Dengan tagline-nya Always in Control, Bardi Smart Home bisa mewujudkan rumah pintar idaman.

~~~

Bardi Smart Home
Website: bardi.co.id
Instagram: @bardismarthome

44 comments :

  1. Wahhh tos dulu mbak, aku juga sudah menggunakannya sih dirumah dan hasilnya memang kece banget sih menurutku. Bisa jadi andalan dan aman karena dikendalikan lewat smartphone aja

    ReplyDelete
  2. Canggih banget nih, peralatannya bisa dikendalikan dengan satu aplikasi di smartphone. Jadi ingin beli juga. Untuk sementara tertarik dengan smart led bulb. Kalau ditaruh kamar anak-anak pasti mereka seneng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, bisa disetting macam-macam, untuk tidur, belajar, dll ;)

      Delete
  3. Teknologi Bardi ini kayak di film-film. Pasti menyenangkan memiliki produk Bardi di rumah, manfaatnya juga banyak

    ReplyDelete
  4. Jasi pengen punya Bardi smart home juga buat di rumah. Ini keren dan bermanfaat banget. Apalagi buat rumah yang sering ditinggal-tinggal, jadi bisa dipantau via smartphone aja.

    ReplyDelete
  5. Iyes, very recommended ya produk-produk Bardi ini. Aku dan keluarga pun suka banget sama produk-produknya. Dan sama nih, favorit kami yang smart light-nya. Seruuu yaa ngutak-atiknya 😂

    ReplyDelete
  6. Saya juga pakai ketiganya. Pengen nambah lampunya lagi untuk dipasang di beberapa ruangan. IP Camera juga gak cukup satu :)

    ReplyDelete
  7. Aku baru aja nih pasang Bardi di rumah. Duh, keren abis yah. Aku jadi norak banget. Haha...Hidup jadi lebih mudah gitu. Aku sih seneng ama Smart IP Cameranya tuh. Matanya jadi nambah...

    ReplyDelete
  8. Wiiih, produk Bardi nya mbak Lia lengkap juga ya. Aku cuma punya IP camera LED nya aja. Dan warna nya keren² 😍

    ReplyDelete
  9. Gemasshhh dan fungsional bangeettt ini produk2nya BARDI.
    Cintaa banget ama teknologi yg mereka lahirkan.
    Makin hepi karena rumah udah bermetamorfosa jadi smart home, yeayy!

    ReplyDelete
  10. Baca artikel ini tu bikinpengen semuaa haha.. brasa smua penting dan bisa di bakai buat berkarya jgua buat lampu warna warni nya

    ReplyDelete
  11. Waah asyik ya kamera BARDI bisa dilihat meski gelap karena ada mode night vision. Aku juga pasang cctv dan kamera semacam ini di rumah buat awasin anak-anak dari Hp saat aku tinggal keluar rumah

    ReplyDelete
  12. aduduh Bardi ini sangat canggih ya bisa bikin rumah lebih cerdas gitu dengan teknologi yang ada

    ReplyDelete
  13. Anak saya sudah rewel nih pengen remote AC pakai HP. Dan sepertinya produk Bardi IR Remote ini yang pas.

    ReplyDelete
  14. ih keren bener bardi kameranyaaa. iya banget nih bisa buat ngawasin anak anak pas kita di luar rumah yaaa.. super keren, wait lah, liat tabungan dl nih sebelum beli.. hihi

    ReplyDelete
  15. aku juga pakai Bardi Smart Light Bulb nya dan remote. Menurutku ini produk selain pintar juga ramah di kantonr mbak karena harganya terjangkau

    ReplyDelete
  16. Tertarik banget pengen nyobain Bardi Camera nya, lumayan bisa buat bantu awasin kondisi rumah kalau saya pas lagi keluar rumah

    ReplyDelete
  17. Wah, zaman now perangat kenyamanan dan keamanan rumah semakin modern ya :) BARDI begitu mengerti kebutuhan penghuni rumah. Kita bisa kontrol dan melihat segala aktivitas di dala rumah dg IP camera dan remote juga fokus dari satu genggaman aja.

    ReplyDelete
  18. Nowadays we have smart cities, smart car, and smart home. We should try and get this one as well

    ReplyDelete
  19. Bardi Smart ini emang beneran smart yah, jadi bisa lebih hemat energi juga karena bisa di-setting kalo2 kelupaan matiin lampu. Jadi penasaran pengen pake juga nih buat di rumah

    ReplyDelete
  20. Aku jadi penasaran nih dengan semua produk Bardi ini, dari ketiga ini aku pengen nyoabin yang kameranya dulu deh.

    ReplyDelete
  21. Aku tertarik dengan Bardi IP camera. Seandainya rumah ditinggal, alangkah tenangnya bisa diawasi dari jarak jauh menggunakan bantuan smartphone tanpa harus memasang CCTV yg biayanya tentunya lebih mahal dan ribet.
    Benar-benar smart ya produk Bardi ini, Mbak.

    ReplyDelete
  22. Aku jadi makin pengen punya BArdi IP Camera ini mba. Apalagi harganya juga terjangkau banget ya

    ReplyDelete
  23. Punya Bardi Smart Home ini rasanya dunia dalam genggaman ya mbk. Gimana nggak, semua dioperasikan hanya lewat hp saja. Punya lampu Bulb ini seru banget ya, bisa gonta ganti warna

    ReplyDelete
  24. Saya tertarik dengan Bardi Smart Bulb 9W RGBWW, harganya juga terjangkau banget ya.
    Berkat produk-produk Bardi smart home ini, kini punya rumah pintar bukan lagi impian ya. Nggak heran dan mupeng lagi klo lihat adegan di film, di rumah sendiri juga bisa dilakukan hehehe...

    ReplyDelete
  25. Jadi kalau beli Bardi Smart Bulb, mesti beli infrared remotenya juga kah?
    Pengen banget liat bendanya langsung, cobain kalau jalan ke Informa gitu, ada juga gak yaa...?

    ReplyDelete
  26. Jadi pengen punya semuanya haha. Kemaruk. Tapi memang semua produknya fungsional banget penting buat kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  27. Gemes deh lihat lampunya tentunya jadi makin Happy rumah Jadi semakin bersinar dengan produk-produk dari Bardi

    ReplyDelete
  28. wah lengkap banget ya produk smart home dari Bardi ini
    sekarang punya smart home ala drakor bukan lagi impian

    ReplyDelete
  29. Mewujudkan rumah pintar dan nyaman, sekarang bisa lebih mudah, ya, tinggal pakai produk dari Bardi aja.

    ReplyDelete
  30. Keren ya, udah gitu harganya lumayan terjangkau juga...
    Sebelumnya hanya banyak liat di drakor, sekarang sudah ada di depan mata hahaha
    Mudah pula pengaplikasiannya

    ReplyDelete
  31. Dengan Bardi kita jadi lebih mudah dan praktis ya mba. Jadinya teknologi masa depan yang biasa dilihat di tv itu udah ga asing lagi ya. Apalagi aplikasinya juga mudah tinggal ikut petunjuk ya..

    ReplyDelete
  32. seru ya mak semua di rumah bisa pakai bardi ini. mulai lampu sampai kamera cctv lengkap bangett . jadi kayak abad 21 tinggal bilang, " lampu nyaaalaa" keren banget mak. kayak di film2 masa depan gitu

    ReplyDelete
  33. Trnyata harga kamera itu masih terjangkau ya. jadi kita bisa pantau terus anak-anak kita gitu ya? kereen.

    ReplyDelete
  34. Aku tuh lagi sering kepoin barang-barang nya Bar di loh mbak, soalnya di youtube udah banyak yang review. Eh untung ada review juga di blog jadi makin mantap pilih Bardi nih.

    ReplyDelete
  35. Kameranya mungil kecil, harga gak terlalu mahal dan masangnya gak ribet ya. Sensornya jg bekerja dengan baik. Jd kepengen masang juga untuk beberapa titik di rumah.

    ReplyDelete
  36. Mantap juga cctv-nya. Jadi seperti pengintai di rumah modal handphone. Keren juga produknya. Semoga bisa beli produk ini.


    Jajan biasa biasa hanya habis membeli Koleksi buku dan Majalah
    Semoga bisa beli.

    btw, makasih infonya kak.

    ReplyDelete
  37. Aku pun senang sekali nih mba bisa nyobain produk-produk unggulan Bardi. Lumayan mudah untuk instalnya meskipun sempat nanya-nanya juga waktu belum bisa konek. Sekarang urusan lampu dan remote beres pake hape ajah.

    ReplyDelete
  38. Wah keren kak, banyak banget produk Bardinya, saya masih kalah.. emang bagus sih ini smart home nya dan yang terppenting sdalah terjangkauu

    ReplyDelete
  39. Wih, hasil gambar IP Camera-nya bagus juga

    Itu IP Camera-nya berarti nggak perlu instalasi ribet kaya security cam ya mbak?
    Cuma tinggal disambungin ke wifi & confirm pakai hp

    ReplyDelete