Tuesday, January 12, 2021

Beragam Manfaat Jinten Hitam untuk Kecantikan

Sumber: health.detik.com

Banyak penelitian yang sudah membuktikan manfaat jinten hitam, salah satu rempah yang mudah dijumpai di pasaran. Karena di dalam rempah yang satu ini nyatanya banyak mengandung senyawa berkhasiat yang begitu bagus untuk kesehatan tubuh. Sehingga kemudian ia banyak diformulasikan atau dijadikan sebagai bahan campuran dalam pembuatan beragam jenis obat-obatan herbal. Jinten hitam atau yang lebih populer dengan nama habbatussauda ini merupakan biji-bijian dengan warna hitam yang didalamnya mengandung senyawa thymoquinone. 

Senyawa tersebut memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan, mulai diantaranya adakah dipakai sebagai obat penurun darah tinggi, mengatasi kolesterol tinggi, menjaga kadar gula yang ada dalam darah sampai dengan efek antiinflamasinya yang sangat bagus untuk penyembuhan luka. Hanya saja konsumsinya juga harus diperhatikan, jangan dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Karena tetap ada efek samping jika seandainya digunakan secara berlebih. Berhati-hati juga bagi teman-teman yang memiliki reaksi alergi yang terkandung dalam jinten hitam tersebut. Karena memang tak jarang beberapa orang yang alergi setelah mengonsumsi jinten hitam. 

Selain memberikan manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan, nyatanya jinten hitam ini juga bermanfaat bagi kecantikan, berikut ini diantaranya yang wajib teman-teman ketahui, yaitu: 
  1. Mengobati jerawat, jerawat bisa timbul pada siapa saja dipicu oleh bakteri yang masuk dalam pori-pori sehingga menyebabkan terjadinya peradangan. Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, bahwa jinten hitam ini memiliki efek antiinflamasi yang sangat bagus untuk mengatasi peradangan. Sehingga tak heran jika seandainya ia bisa dijadikan sebagai obat untuk masalah jerawat teman-teman. Cara pakainya sangatlah mudah, yaitu cukup dengan menumbuknya hingga halus. Selanjutnya dapat teman-teman campur dengan sedikit air, juga ditambah dengan madu, aduk rata. Jadikan sebagai masker pada bagian wajah yang berjerawat saja, diamkan selama beberapa menit kemudian dibilas hingga bersih. 
  2. Mengobati wajah yang bengkak atau meradang, karena sifatnya yang antiinflamasi, maka ia juga sangat bagus jika seandainya ada area wajah yang bengkak seperti diantaranya adalah ketika terkena benturan. Cara pakainya dengan menghaluskan jinten hitam, tambahkan dengan madu dan juga cuka. Oleskan hanya pada bagian wajah yang mengalami peradangan atau bengkak saja, biarkan selama beberapa saat kemudian dibilas hingga bersih. 
  3. Mencegah penuaan dini, kandungan antioksidan yang terdapat didalam jinten hitam ini juga sangat banyak. dimana hal tersebut bagus untuk mencegah radikal bebas yang berasal dari polusi ataupun juga kebiasaan buruk sehari-hari. Dengan pemakaian minyak jinten hitam ini bagus dalam mencegah terjadinya penuaan dini. Teman-teman bisa menggunakan minyak jinten hitam kemudian dioleskan pada area wajah, biarkan selama beberapa menit kemudian dibilas hingga bersih. 
  4. Membuat kulit lebih cerah, teman-teman juga dapat menjadikan jinten hitam sebagai facian scrub alami. Campurkan minyak jinten hitam dengan gula, setelah itu pakai untuk scrubing bagian wajah, lakukan secara perlahan, sehingga tidak sampai melukai kulit wajah teman-teman. Setelah dirasa cukup bersih maka bisa langsung dibilas menggunakan air. Jangan lupa segera mengoleskan pelembab ke area wajah setelah scrubbing. 

Teman-teman bahkan sekarang ini bisa dengan mudah menemukan produk jinten hitam yang siap pakai di pasaran. Diantaranya adalah lewat Herbana, mereka menjual beragam bahan herbal kaya manfaat dengan harga terjangkau. Beli sekarang juga dan segera rasakan manfaat jinten hitam setelah pemakaian secara rutin. 

No comments :

Post a Comment