Sunday, July 25, 2021

Duo Serum untuk Wajah Awet Muda dari Elsheskin


Perawatan Anti Aging

Usia memang enggak bisa dilawan, tapi penuaan dini di wajah? Bisa dong, asal dirawat. Sayangnya, saya baru sadar untuk merawat kulit wajah setelah usia 30-an.

Padahal perawatan anti aging sebaiknya sudah dimulai sejak usia 20-an loh, hiks.... Kenapa? Karena ternyata, produksi kolagen di kulit sudah mulai berkurang sejak usia tersebut.

Kolagen adalah protein yang terdapat di bagian dermis. Peran kolagen ini sangat penting. Fungsinya sebagai penyangga kulit dan membentuk jaringan kulit baru, sehingga membuat kulit tetap kencang.

Makanya, saya tertarik untuk mencoba duo serum anti aging dari Elsheskin ini karena keduanya dapat merangsang produksi kolagen sehingga wajah menjadi awet muda. Asyik....

Tentang Elsheskin

Elsheskin merupakan brand produk perawatan kulit dan kosmetik lokal yang sudah mengantongi sertifikat BPOM dan halal MUI. Produk-produknya banyak dan dapat memenuhi kebutuhan semua jenis dan masalah kulit. Mulai dari kulit kusam, berjerawat, minyak berlebih, penuaan dini, dan lain-lain.

Produk Elsheskin yang sudah pernah saya coba sebelumnya yaitu Radiant Skin Serum. Alhamdulillah cocok dan terasa sekali hasilnya. Kulit wajah menjadi cerah dan sehat. Entah saya sudah repurchase berapa kali. Pokoknya serum favorit deh.

elsheskin

Nah, berhubung kesadaran untuk melakukan perawatan anti aging sudah mulai muncul, kini saya tertarik untuk mencoba duo serum Elsheskin yang memiliki manfaat untuk meremajakan kulit, yaitu Vitamin C Serum dan Active Rejuvenating Night Serum.

Elsheskin Vitamin C Serum

elsheskin vitamin c serum

Deskiripsi:
Mengandung Whitening Agent dan Moisturizer untuk kulit wajah. Menjadikan kulit wajah tampak lebih cerah secara merata dan terjaga kelembapannya.

Key Ingredients:
  • Ethyl Ascorbic Acid: turunan Vitamin C murni sebagai Bright Booster utama yang dapat menaikkan tone warna kulit dengan cepat.
  • Lecithin: sebagai emollient, menjaga kelembapan dan mengembalikan kekenyalan kulit.
  • Citric Acid: membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus dan cerah, membantu merangsang pergantian sel kulit sehingga kulit tetap sehat
  • Tocopheryl Acetate (Vitamin E): sebagai antioksidan, melawan radikal bebas, melawan tanda penuaan dan memberikan nutrisi untuk menjaga kulit tetap sehat. 

Ingredients:
Aqua, Ethyl Ascorbic Acid, Propylene Glycol, PEG-400, Glycerin, Sodium Citrate, Retinyl Palmiate, Methylparaben, Citric Acid, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Cyclopentasiloxane, Dimethiconol, Ethylhexyl Cocoate, Phenyl Trimethicone, Dimethicone, Lecithin, Glycolipids, Caprylyl Glycol, Sodium Metabisulfite, Carbomer, Potassium Hydroxide, Xanthan Gum

Cara Penggunaan:
Gunakan 1-2 pump ke telapak tangan, usapkan ke seluruh wajah. Pijat dan tepuk wajah dengan lembut hingga serum meresap sempurna.

POM: NA18171900255

Berat Bersih: 20 ml

Harga: IDR 240.000

First Impression
Kemasan Vitamin C Serum ini didominasi warna merah dan putih. Teman-teman pasti sudah hafal lah ya, ciri khas produk-produk Elsheskin. Kemasan luarnya berupa kotak dus berwarna merah dengan tulisan berwarna putih, simpel. Adapun kemasan serumnya, didominasi warna putih dengan tulisan berwarna merah dan hitam.


Informasi yang tercantum pada kemasannya, baik di dus maupun di botol cukup lengkap. Mulai dari deskripsi, komposisi, cara penggunaan, logo halal, nomor BPOM, expired date, dan lain-lain. Sayang enggak ada keterangan PAO (Period After Opening)-nya. Ya, yang penting keterangan expired date-nya ada di botol, jadi enggak masalah meski dusnya dibuang.

Wadah serum ini berupa botol kaca berwarna cokelat gelap, dengan bagian atas berupa pump berwarna putih yang dilindungi tutup plastik transparan.


Sayang sekali, ketika pertama kali saya mengeluarkan botol serum dari dusnya, ternyata banyak cairan serum yang sudah mengering di pinggiran tutupnya. Mungkin luber saat proses pengemasan. Bukan bocor, karena ketika saya cek sih tutupnya masih rapat. Jadi isinya aman ya. Cuma jadi kelihatan kotor dan kurang estetis deh. Sedih, huhuhu....


Awalnya saya sempat heran dengan tutupnya yang berbentuk pump. Kenapa bukan pipet seperti serum Elsheskin lainnya. Mungkin karena Vitamin C Serum ini memiliki konsistensi yang agak kental kali ya. Warnanya bening dan tanpa aroma. Tapi harus hati-hati ketika mengeluarkannya, karena kalau terlalu kencang menekan pump-nya, kadang isinya muncrat ke mana-mana. 

Elsheskin Active Rejuvenating Night Serum

elsheskin active rejuvenating night serum

Deskripsi:
Mengandung 1% Encapsulated Retinol dan Multi-Peptide Complex yang mampu meregenerasi dan merawat kulit yang bermasalah. Perpaduan kandungan aktif Niacinamide, Licorice Extract, Hyaluronic Acid, dan Gluconolactone-nya mampu membantu mengembalikan fungsi optimal skin barrier, meregenerasi kulit dengan lembut, serta memberikan hidrasi yang diperlukan. Kulit tampak lebih muda, lembap, cerah merata, dan bercahaya.


Key Ingredients:
  • Encapsulated Retinol: bahan anti aging dalam bentuk terstabilisasi yang mampu menangkal radikal bebas, meregenerasi kulit, sekaligus meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit.
  • Niacinamide: mencerahkan kulit, menenangkan kulit yang iritasi, meningkatkan skin barrier sehingga kondisi kulit lebih seimbang dan sehat.
  • Multi Peptide Complex: memberikan efek kulit kencang seketika dan di saat yang sama meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan kualitas jaringannya di dalam kulit.
  • Licorice Extract: mencerahkan kulit, menutrisi dan mencegah terbentuknya hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari.
  • Hyaluronic Acid: menarik dan menahan kelembapan ke kulit sampai 1000x berat kelembapan, memberi tampilan yang sehat dan kenyal
  • PHA: gentle exfoliator yang bekerja lembut mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih lembut namun di saat yang sama juga bekerja sebagai humektan yang dapat menarik kelembapan alami pada kulit.


Ingredients:
Aqua, Niacinamide, Pentylene Glycol, Propanediol, Glycerin, Cichorium Intybus Root Oligosaccharides, Tetradecyl Aminobutyroylvalylaminobutryc Urea Trifluoroacetate, Magnesium Chloride, Dipeptide Diaminobutyroyl Benzylamide Diacetate, Acetyl Hexapeptide-8, Caprylyl Glycol, Caesalpinia Spinosa Gum, Sodium Benzoate, Gluconolactone, Calcium Gluconate, Lecithin, Polysorbate 20, Retinol, Ethylhexylgycerine, Ammonium Acryloydimethyltaurate/VP Copolymer, Xanthan Gum, Disodium EDTA, Hyaluronic Acid, Glycyrrhiza Glabra Root Extract

Cara Penggunaan:
Aplikasikan secara merata pada wajah dan leher. Pijat dengan lembut sampai produk meresap.

POM: NA18200104589

Berat Bersih: 20 ml

Harga: IDR 242.000

First Impression
Sama seperti Vitamin C Serum, kemasan Active Rejuvenating Night Serum ini didominasi warna merah dan putih. Kemasan luarnya berupa kotak dus berwarna merah dengan tulisan berwarna putih, simpel. Adapun kemasan serumnya, didominasi warna putih dengan tulisan berwarna merah dan hitam.


Dibandingkan Vitamin C Serum, informasi yang tercantum pada kemasannya lebih lengkap. Selain deskripsi, komposisi, cara penggunaan, nomor BPOM, expired date, dan lain-lain, ada peringatan dan PAO (Period After Opening)-nya juga. PAO-nya ternyata cukup lama, 12 bulan.


Wadah serum untuk penuaan dini ini berupa botol kaca berwarna cokelat gelap, dengan bagian atas berupa tutup berwarna putih yang dilengkapi pipet. Isinya berupa cairan yang encer, berwarna bening keputihan, dan tanpa aroma. Saking encernya, pipetnya belum ditekan pun, kadang cairannya menetes sendiri. 


Review Elsheskin Vitamin C Serum dan Active Rejuvenating Night Serum

Kedua serum ini diklaim sebagai serum anti kerut yang dapat meremajakan kulit. Karena vitamin C dan retinol sama-sama mengandung antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas, sehingga melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan dini. Juga sama-sama dapat menstimulasi produksi kolagen di kulit, sehingga membuat kulit tetap kencang. Jadi, ketika keduanya digunakan secara bersamaan, serum vitamin C dapat memaksimalkan kerja serum retinol.

Ada beberapa cara untuk menggabungkan pemakaian kedua serum ini. Bisa dipakai pada waktu yang sama, layering menggunakan Active Rejuvenating Night Serum dulu kemudian Vitamin C Serum. Atau dipakai secara bergantian, selang-seling setiap malam. Atau memakai Vitamin C Serum di pagi hari dan Active Rejuvenating Night Serum di malam hari. Kalau saya sih memilih cara yang terakhir.

Saya menggunakan Vitamin C Serum sesuai petunjuk penggunaannya, sebanyak 2 pump. Ketika diaplikasikan ke kulit, serumnya mudah diratakan dan cukup cepat menyerap. Sedikit lengket di kulit, tapi sebentar saja kok. Kadang ada terasa cekit-cekit juga di pipi dekat hidung, tapi samar dan sebentar banget.

Adapun Active Rejuvenating Night Serum, saya gunakan sebanyak 3 tetes. Saat diaplikasikan ke kulit, serumnya mudah diratakan, cukup cepat menyerap, dan enggak lengket di kulit.

Sudah 2 minggu saya menggunakan duo serum Elsheskin ini. Alhamdulillah keduanya enggak menimbulkan efek negatif pada wajah saya yang berjenis kulit normal cenderung kering ini. Padahal saat itu kulit saya baru pulih dari kondisi yang mengkhawatirkan. Kering dan bersisik di bagian pipi dan dagu. Mungkin karena faktor cuaca. Jangankan memakai skincare, wudu saja perih.

Selain itu, ini merupakan pengalaman pertama saya menggunakan retinol dalam bentuk serum. Deg-degan, hehehe.... Sebelumnya pernah juga sih menggunakan retinol, namun dalam bentuk krim. Jadi ketika reaksinya aman-aman saja, saya senang sekali.

Meski sebenarnya, retinol dalam Active Rejuvenating Night Serum ini bukan retinol biasa ya, tetapi encapsulated retinol. Berbeda dengan retinol yang rentan menimbulkan iritasi pada kulit, encapsulated retinol dilindungi mikrokapsul liposom vegan yang mampu menembus ke lapisan dermis lebih dalam, kemudian bekerja perlahan (time-released) dan menyerap merata di kulit selama kita sedang tidur. Lebih lembut dan meminimalkan iritasi.

Walau begitu, saya tetap menggunakannya secara bertahap. Vitamin C Serum sih saya gunakan setiap hari. Sedangkan Active Rejuvenating Night Serum, berhubung masih pemula, saya gunakan seminggu 2 kali dulu. Dibarengi dengan hydrating toner dan moisturizer andalan, plus sunscreen enggak boleh terlewat.


Hasilnya kulit terasa lebih lembap dan teksturnya menjadi lebih halus. Apalagi ketika baru bangun tidur dan berkaca di cermin, terlihat mulus sekali. Rasanya ingin memakai Active Rejuvenating Night Serum setiap hari saja, hehehe.... 

Selebihnya sih saya merasa biasa saja. Namun ketika membandingkan foto sebelum dan sesudah penggunaan, eh... rupanya kulit saya terlihat lebih cerah, tanda penuaan dini berupa noda hitam di pipi pun warnanya mulai sedikit memudar. Ternyata bagus ya manfaat vitamin C untuk wajah apabila dipadukan dengan retinol.

Teman-teman mau mencoba juga dan merasakan manfaat kombinasi retinol dan vitamin C untuk wajah? Duo serum Elsheskin yang dapat meremajakan kulit ini bisa dibeli di Elsheskin Official Shop ya.

15 comments :

  1. Bagus banget efek brightly nya mbak, kelihatan serumnya worked well di wajahnya Mba Nathalia. Tapi sayang harganya lumayan mahal yaa. Tapi saya percaya sih harga berbanding lurus dengan kualitas. Saya jadi ngebayangin kalau saya pakai serum itu bakalan bagus juga gak yaa di wajah saya

    ReplyDelete
  2. Pertama kali dengar Elsheskin. Dari namanya kirain brand luar, ternyata produk Indonesia.

    Kalau lihat ulasan skincare kayak gini, biasanya jadi tertarik pengen coba, tapi mau menahan diri dulu tuk menghabiskan yang masih ada, hehe.

    ReplyDelete
  3. Yang kepengen awet muda,jangan lupa perawatan kulit wajah..
    Apalagi pas aku liat foto before afternya muka jadi lebih glowing dari setelah pakai Duo serum Elsheskin.
    Kandungan vit c plus dikombinasikan dengan retinol bikin muka sehat terawat ya.

    ReplyDelete
  4. Elsheskin ini produk lokal kan ya? Aku kepingin banget dari tahun lalu coba produk-produk lokal macam ini tapi belum kekumpul keberaniannya. :(

    ReplyDelete
  5. Elsheskin ini produk lokal kan ya? Aku dari dulu kepingin banget coba skincare brand lokal tapi belum ada keberanian mengingat kulitku yang agak-agak dan takut break out :(

    ReplyDelete
  6. Aku seneng banget sama elsheskin! Selain produknya, campaign dari elshe juga bagus-bagus dan out of the box.

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah nyoba Elsheskin, Mbak. Warna merahnya menyala. Kelihatan hasilnya glowing. Senang karena sekarang produk lokal bagus-bagus. Jadi bisa nyesuaiin sama kulit kita

    ReplyDelete
  8. Memang perawatan anti aging gak mesti nunggu udah tua ya. Dan bisa dipake ketika umur 20an ya mba. Jadi mau coba deh

    ReplyDelete
  9. Wah iya aku tadi juga auto galfok ma kemasannya. Serum kebanyakan kan pakai pipet ini malah aku lihatnya kayak sprey ya mbak.

    Tapi lihat hasilnya lumayan mbak
    Noted buat referensi pilihan..jujur aku baru tahu produk ini.

    ReplyDelete
  10. Lihat before afternya sangat meyakinkan. Harganya pun murah. Bisa rekemndasi ke istri ini.

    ReplyDelete
  11. Yang terpenting sudah terdaftar BPOM dan mengantungi sertifikat halal dari MUI.

    ReplyDelete
  12. Hasilnya kelihatan banget ya. Tapi sayangnya aku nggak bisa pakai serum vitamin C, entah kenapa udah coba beberapa merk tapi selalu muncul jerawat.

    ReplyDelete
  13. Kombinasi retinol dan vitamin C, wah bakal seperti apa nih ya kerennya kalau daku menggunakannya. Walau penasaran, masih takut untuk mencoba karena kulit daku agak sensitif

    ReplyDelete
  14. produk ini kayak nya bisa menjadi salah satu produk yang patut di rekomendasikan buat saya pribadi. untuk lebih awet muda cocok ni..

    ReplyDelete
  15. hehehe, coba saya rekomendasikan produk ini ke istri namun membaca bisa artikel ini dahulu

    ReplyDelete