Tuesday, July 13, 2021

Semangat Menyambut Tahun Ajaran Baru Bersama Ruangbelajar dari Ruangguru

ruangbelajar dari ruangguru

Seminggu lagi tahun ajaran baru dimulai ya. Jav sudah naik ke level 5. Tapi sedih nih, soalnya pandemi Covid-19 belum selesai juga. Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pun ditunda karena grafik pertambahan kasus positif meningkat terus. Jadi sepertinya masih akan lanjut Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) deh.

PJJ vs PTMT

Sebenarnya, sekolah Jav sih termasuk sekolah percontohan. Jadi akhir tahun ajaran kemarin sudah mulai menyelenggarakan PTMT. Namun, dengan berbagai pertimbangan, saya dan suami memutuskan agar Jav tetap ikut PJJ saja.

Prokes PTMT-nya memang ketat. Jumlah siswa per kelasnya pun dibagi 2 shift, jadi dalam sekali pertemuan cuma ada 7-8 siswa. Tapi saya pribadi enggak mau anak kami menjadi bahan uji coba pemerintah. Untung anaknya mengerti, dia mau sabar diam di rumah dulu.

Tugas tutup temanya magang jadi panitia assembly adik kelas, tapi jarak jauh ;)

Saya berharap, usaha (kecil) kami ini bisa membuat pandemi cepat selesai. Supaya Jav bisa sekolah normal lagi, serta bisa belajar dengan leluasa bersama guru dan teman-temannya, bukan bersama bundanya yang cerewet, hihihi....

Risiko PJJ

Dengan memilih PJJ, tentu banyak risiko yang harus kami dapatkan. Salah satunya yaitu mulai memudarnya semangat belajar Jav. Menurut saya nih, metoda belajar secara daring di sekolah Jav belum maksimal. Maklum lah, bukannya menciptakan terobosan pembelajaran daring yang inovatif, malah disibukkan dengan persiapan untuk PTMT kan.

Jadinya ya begitu. Jav mulai bosan. Bahkan beberapa minggu terakhir selalu telat masuk kelas. Itupun kadang dalam keadaan yang belum mandi dan belum sarapan, hiks....

Memang penting sih melatih kembali kedisiplinan Jav. Namun, menjadi PR besar juga nih bagi saya untuk mencari metoda belajar yang lebih menarik, supaya dia lebih semangat lagi menuntut ilmu.

Ruangbelajar dari Ruangguru

Adakah teman-teman yang merasakan masalah yang sama dengan saya? Begitu peduli dengan pendidikan anak selama PJJ yang akan berlangsung entah sampai kapan?

Ruangbelajar solusinya.

Ruangbelajar merupakan terobosan di bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar dari Ruangguru. Teman-teman pasti sudah tahu Ruangguru kan?

Ruangguru merupakan aplikasi belajar online terbaik dan terbesar di Indonesia. Memiliki 300 ribu lebih pengajar dan sudah dimanfaatkan oleh 22 juta lebih pengguna loh. Rating-nya juga mencapai angka 9,3 dari 10.

Nah, Ruangbelajar adalah salah satu layanan belajar online dari Ruangguru. Bersama layanan ini, anak-anak bisa belajar bukan hanya secara mandiri, tetapi juga menyenangkan.

Karena, dengan berlangganan Ruangbelajar dari Ruangguru, anak-anak akan mendapatkan puluhan ribu video belajar beranimasi yang interaktif dan menarik. Sehingga harapannya enggak akan mudah bosan ketika sedang belajar. Selain itu, dilengkapi juga dengan berbagai latihan soal dan rangkuman infografis yang bisa diunduh dan diakses secara offline. Asyik banget kan....


Selain itu, ada juga Rapor Anak, sehingga orang tua bisa memantau perkembangan belajar anak dengan mudah melalui Whatsapp.

Fitur Ruangbelajar dari Ruangguru

Menyambut tahun ajaran baru, bulan Juli ini Ruangbelajar meluncurkan beberapa fitur baru.

Adapto
Video-video di Ruangbelajar itu ada jalan ceritanya. Dengan fitur ini, jalan cerita video yang dipelajari satu siswa akan berbeda siswa lain. Materinya lebih personal disesuaikan dengan kemampuan siswa yang dilihat dari hasil nilai kuis sebelumnya. Suka deh, karena materi dan kecepatan belajarnya benar-benar memperhatikan kebutuhan masing-masing siswa, enggak disamaratakan.

Rencana Belajar (Playlist Belajar)
Fitur ini memberikan rekomendasi rencana pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan timeline di sekolah, menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin untuk mempelajari materi sesuai jadwal, serta memudahkan siswa untuk melanjutkan materi belajar. Jadi bukan lagu saja yang dibikin playlist-nya, materi belajar juga harus dong, hohoho....


Subtitle Video
Memang penting ya memakai subtitle (transkrip) video? Eits, ternyata transkrip dapat membantu proses pembelajaran loh. Karena dengan adanya traskrip, siswa dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, tanpa melewatkan poin-poin pentingnya.

Fitur Pencarian
Nah, kalau fitur ini bisa memudahkan siswa yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajarannya.

Pet Mission
Dengan fitur ini, belajar terasa seperti bermain game online. Karena terdapat daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Bagi siswa yang berhasil menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan. Seru! Semakin rajin belajarnya, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan.


Tes Minat Bakat
Tes minat bakat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Enggak perlu mencari ke mana-mana lagi, karena sudah ada di aplikasi ini. Bisa membantu mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif, dan reasoning. Hingga membantu memperkirakan jurusan dan karier yang sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Berlangganan Ruangbelajar dari Ruangguru

Lengkap dan seru banget kan fitur-fitur di Ruangbelajar dari Ruangguru? Apalagi harganya juga sangat terjangkau. Ada diskon 60% loh untuk paket belajar di tahun ajaran 2021/2022 ini, dengan menggunakan kode diskon JADIJUARA.

    22 comments :

    1. Benar-benar bisa meringankan dan membantu orang tua masa kini, ya. Karena, RuangBelajar by Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi.

      ReplyDelete
    2. Sangat meringankan beban ortu ni mengingat PJJ ni emang bikin ngelu banget. Aku liat ada fitur tes minat bakat. Bagus banget tuh kita jd tau apa bakat anak sejak awal jd bisa mengarahkan dengan baik ya mbak

      ReplyDelete
    3. Semangat tahun ajaran baru! Anakku juga masih kuliah online nih sekarang, karena memang kondisi pandemi lagi parah-parahnya.
      Fitur Ruangbelajar by Ruangguru ini lengkap dan menarik sekali, pastinya akan sangat membantu anak belajar online selama PJJ ini.

      ReplyDelete
    4. Saya masih menyimak tentang fitur Adapto ini. Belum ngeh. Anak saya barusan lagi nih pakai Ruangbelajarnya Ruangguru. Yang dia sibuk tiap hari adalah mengatur rencana belajarnya. Rupanya Athifah serius dengan rencana belajarnya. Semoga saja membuatnya berkembang dengan lebih baik.

      ReplyDelete
    5. tidak terasa ya mbaaa sudah 2 tahun kita berjuang melawan pandemi ini dan harus terus semangat, terutama mendampingi anak - anak belajar dan tetap semangat

      ReplyDelete
    6. Ruang belajar membantu banget nih..secara kadang PJJ anak-anak terlalu dilepas gitu tanpa ada panduan buat memahami pelajarannya...

      ReplyDelete
    7. Aku pengen juga nih teh berlangganan ruang belajar semoga bisa memudahkan Neyna belajar karena andelin dari sekolah aja ga cukup

      ReplyDelete
    8. Ruangbelajar ini membantu sekali para orangtua dalam membimbing anaknya sekolah ya mba. Saya sendiri sebagai orangtua kadang kesulitan saat harus ngajari materi pelajaran anak SMP. Sudah banyak yang lupa :)

      ReplyDelete
    9. memang beda ya, mbak suasananya kalau belajar tatap muka dan dengan sistem pjj ini. pastinya anak-anak jadi bosan karena kegiatannya itu-itu melulu dan nggak ketemu temannya juga. bagus juga nih inovasi ruangguru dengan membuat proses belajar jadi fun kayak bermain biar anak-anak jadi semangat belajar

      ReplyDelete
    10. Menurutku, Ruangbelajar ini sangat membantu ditengah pembelajaran jarak jauh seperti ini
      Banyak fitur Ruangbelajar yang membuat anak lebih memahami materi pelajaran

      ReplyDelete
    11. Iya niih...aku cukup senang dan puas menggunakan ruangguru.
      Paling seneng karena saat anak-anak ujian akhir semester kemarin, anakku jadi paham mengenai konsep matematika pecahan dan desimal karena ada fitur video animasinya.

      Terimakasih ruangbelajar dari ruangguru.

      ReplyDelete
    12. Ruangguru banyak sekali fiturnya. Ada Pet Mission, juga. Anak pasti tambah senang belajarnya dan tambah semangat dengan misi-misi yang harus diselesaikan.

      ReplyDelete
    13. sama mbak, anakku juga belajar di ruangguru, emang bagus sih sejauh ini aku perhatikan mbak, dan anak bisa enjoy belajar karena bisa mengulang pelajaran kalau misalnya masih ga ngerti karena ada video pembljarannya yang menurutku interaktif

      ReplyDelete
    14. Aku udah daftar Ruangguru tahun ini, soalnya pengalaman pjj tiga semester lalu belajarnya ngak maksimal...entahlah mungkin bosan, nah kalau di Ruangguru kan banyak fitur yang membantu anak belajar.

      ReplyDelete
    15. Senang juga ya kalau anak bisa belajar tanpa rasa bosan. Kadang kan cara penyampaian guru begitu-begitu saja. Kita harus bisa mencarikan tambahan pengetahuan dengan cara lain juga untuk mendukung pelajaran yang diberikan di sekolah.

      ReplyDelete
    16. Alhamdulillah anak saya juga setahun langganan Ruangbelajar dan memang terbantu banget.

      ReplyDelete
    17. Wah kemarin aku juga liat niiih.. makin seru ya belajar bareng ruang guru.. anak anak emang perlu sesuatu yang manrik gini nih biar makin semangat belajaaar

      ReplyDelete
    18. Melatih kedisiplinan anak ini perlu banget digaris bawahi mbak, sayapun kebetulan sedang belajar karena anak baru mulai masuk SD dan masih tetap PJJ. Semoga stok sabar kita nggak abis abis ya mbak.. dan aplikasi belajar kayak ruang guru ini memang membantu banget buat anak belajar. ^^

      ReplyDelete
    19. Sudah dua tahun kita berada di situasi yang tidak nyaman ini. Sudah banyak juga orang tua resah melihat perkembangan anaknya dalam hal pendidikan. Untunglah ada ruang guru yang mengerti situasi ini dengan terus berinovasi demi mencerdaskan anak bangsa.

      ReplyDelete
    20. Mantep banget emang nih ruangguru terus update fitur jadi memudahkan anak-anak belajar secara online dirumah yaa

      ReplyDelete
    21. Semoga kondisi segera membaik ya, Jav bisa segera sekolah tatap muka lagi. Tapi walau PJJ, kalau ditemani ruangbelajar dengan ribuan video animasi gitu, belajarnya jadi menyenangkan ya. Visual bagus, membuat anak tertarik dan bisa terus fokus belajar

      ReplyDelete
    22. Pas banget bimbel gini dipakai pas pandeni. Ada bagian hobi lagi

      ReplyDelete