Tuesday, September 21, 2021

Maraton Nonton Film Indonesia


Bikin artikel review singkat film lagi ah. Kalau kemarin artikelnya berisi review beberapa film keluarga yang saya tonton bersama Jav, sekarang artikelnya berisi review beberapa film dewasa 13+ yang sebagian besar saya tonton sendiri.


Yup, mumpung agak santai karena Jav sedang libur sekolah, bulan Juni-Juli kemarin saya menyempatkan diri menonton beberapa film. Ada film yang sudah lama rilis, tapi belum pernah saya tonton. Maklum punya balita, jadi jarang ke bioskop. Ditambah sekarang pandemi pula, makin-makin deh, heuheu.... Tapi ada juga film baru yang memang baru rilis dan waktu itu sedang hit.

Imperfect (2019)



Sudah lama banget kepingin nonton film ini. Bercerita tentang Rara (Jessica Mila) yang memiliki tubuh gemuk, kulit sawo matang, dan rambut keriting. Berbeda seratus delapan puluh derajat dengan ibu dan adiknya yang langsing, berkulit putih, dan berambut lurus.

Untungnya Rara mempunyai Dika (Reza Rahadian), pacar yang mencintai dirinya apa adanya. Hingga suatu hari, Rara mendapat peluang untuk naik jabatan di tempat kerjanya. Tetapi dengan syarat, dia harus mengubah penampilannya.

Suka banget sama film ini. Pertama, jelas karena tema dan pesan moralnya. Kedua, karena chemistry antar tokohnya yang dapet banget. Ketiga, tentu saja karena Reza Rahadian. Karakternya sebagai Dika loveable banget deh.

Rating: 10/10

Ali & Ratu Ratu Queens (2021)



Film ini bercerita tentang Ali (Iqbaal Ramadhan), seorang remaja yang sejak kecil ditinggal oleh ibunya, Mia (Marissa Anita) pergi ke New York demi mengejar impiannya. Setelah ayahnya (Ibnu Jamil) meninggal, Ali pun menyusul ke New York untuk mencari ibunya. Di sana, Ali bertemu dan tinggal dengan empat orang tante asal Indonesia juga.

Saya tuh penasaran banget sama film ini karena banyak yang bilang bagus. Iya, memang bagus sih. Pesan moralnya, suasana New York yang memanjakan mata, juga cerita yang semakin hidup dengan akting para tante (Nirina Zubir, Asri Welas, Tika Pangabean, dan Happy Salma) yang natural.

Namun di luar itu, saya enggak habis pikir dengan alasan Mia rela pergi meninggalkan suami dan anak untuk menjadi penyanyi di Amerika. Apalagi jika dibandingkan dengan Agnez Mo ya, menurut saya Mia ini nekat banget sih. Ditambah lagi responnya ketika pertama kali bertemu Ali, duh, gemas banget deh, heuheu....

Rating: 8/10

Orang Kaya Baru (2019)



Film ini bercerita tentang keluarga yang sehari-harinya hidup kekurangan. Hal tersebut bahkan membuat anak-anaknya menjadi bahan bully teman-temannya.

Tiba-tiba ayah mereka (Lukman Sardi) meninggal. Ternyata sebenarnya dia orang kaya dan sekarang mewariskan semua uangnya untuk istri dan anak-anaknya. Sang ibu (Cut Mini), Duta (Derby Romero), Tika (Raline Shah), dan Dodi (Fatih Unru) pun mulai menikmati hari-hari mereka sebagai orang kaya baru.

Filmnya cukup seru dan menghibur. Suka dengan pesan moralnya. Meski agak lebay juga sih, sampai-sampai Jav yang sempat mengintip sedikit filmnya jadi ngomel-ngomel, hihihi....

Rating: 8/10

Milea: Suara dari Dilan (2020)



Sama seperti, Dilan 1991 (2019), film ini bercerita tentang Milea (Vanesha Prescilla) yang memilih untuk putus dari Dilan (Iqbaal Ramadhan) karena dia enggak suka Dilan ikut-ikutan geng motor. Bedanya, film Dilan 1991 diceritakan dari sudut pandang Milea. Sedangkan Milea: Suara dari Dilan diceritakan dari sudut pandang Dilan.


Ya, memang enggak ada hal yang baru. Cuma sedikit tambahan penjelasan saja yang menunjukkan kesalahpahaman yang terjadi di antara mereka. Apalagi saya juga sudah membaca novelnya.

Tapi seperti biasa, saya selalu menikmati dan merasa terhibur setiap menonton film seri Dilan ini. Mungkin karena membangkitkan nostalgia masa-masa di SMA, hehehe....

Rating: 8/10

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)



Film ini bercerita tentang tiga bersaudara. Angkasa (Rio Dewanto) anak sulung yang selama ini merasa enggak nyaman karena menyimpan rahasia keluarga, Aurora (Sheila Dara Aisha) anak tengah yang harus selalu mengalah, dan Awan (Rachel Amanda) anak bungsu yang selalu mendapat perhatian serta perlindungan berlebih.

Kedekatan Awan dengan Kale (Ardhito Pramono), membuat kehidupan keluarga mereka menjadi panas. Hingga akhirnya terkuaklah rahasia yang selama ini ditutupi oleh sang ayah (Oka Antara).

Alur ceritanya cukup lambat dan agak membosankan. Tapi saya suka dengan pesan moralnya dan sangat terhibur dengan kehadiran Rio Dewanto, hohoho....

Rating: 7/10

Mahasiswi Baru (2019)



Film ini bercerita tentang Lastri (Widyawati), seorang oma yang keukeuh ingin kuliah. Bersama gengnya, Danny (Morgan Oey), Sarah (Mikha Tambayong), Erfan (Umay Shahab), dan Reva (Sonia Alyssa), Lastri selalu membuat keributan di kampus.

Hal tersebut membuat anaknya, Anna (Karina Suwandhi) kesal. Juga menyebabkan Chaerul (Slamet Rahardjo) sebagai dekan di fakultas merasa geram dan mengancam akan memberhentikan Lastri.

Ceritanya agak lebay. Tapi cukup menghibur. Ada kisah persahabatan, romansa, plus mengangkat hubungan antara ibu dan anak juga.

Rating: 7/10

A Perfect Hit (2021)



Berlatar tempat di Bali, membuat saya tertarik untuk menonton film ini. Bercerita tentang Saski (Nadya Arina), seorang fashion blogger yang jatuh cinta pada Rio (Refal Hadi) pemilik toko sepatu. Padahal dia sudah bertunangan dengan Deni (Georgio Abraham) putra pengusaha properti.

Bagus. Lokasinya, menyajikan visual yang memanjakan mata dan menghadirkan budaya Bali yang memperkaya wawasan. Konflik tentang hutang budi dan women empowering. Filosofi tentang sepatu dan jodoh. Ditambah sentuhan ramalan yang menjadi penggerak cerita dalam film ini.

Hanya satu yang menurut saya kurang memuaskan, tapi memengaruhi penilaian saya terhadap keseluruhan film ini. Yaitu karakter Rio. Kok enggak loveable ya.... Entah memang karena karakternya diciptakan seperti itu atau aktingnya yang terlalu kaku.

Rating: 6/10

Teman-teman sudah nonton film yang mana nih?

1 comment :

  1. Pernah nonton mahasiswi baru, pesan moralnya mantep banget dari sana aku sadar kalau menuntut ilmu gak dibatasi usia. Selain itu, alasannya kuliah karena cucu salut sih.

    ReplyDelete