Tuesday, November 2, 2021

Bacaan Doa Selamat di Dunia dan Akhirat


Sebagai umat beragama, pastinya aktivitas berdoa penting untuk dilakukan. Hal itu sebagai bentuk permohonan sekaligus pendekatan diri kepada Sang Khalik. Umat Islam memiliki kewajiban untuk berdoa kepada Allah SWT, agar hubungan antara hamba dengan Allah semakin dekat.

Hal ini terbukti di dalam surah Al-Ghafir ayat 60, dimana Allah SWT telah berfirman:


“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke neraka jahanam dengan keadaan hina dina”

Berdoa menjadi bentuk tawakal serta sikap berserah diri kepada Allah SWT, setelah melakukan usaha maksimal atas tujuan yang hendak dicapai. Berdoa tidak hanya melulu memohon materi kepada Allah SWT. Melainkan kita bisa meminta kepada Allah SWT keberuntungan dari doa selamat di dunia dan akhirat.

Dari doa tersebut kita sebenarnya sedang mengharapkan perlindungan dari Allah SWT atas bencana/malapetaka, terhindar dari tipuan orang kafir, selamat dari orang dan penguasa yang zalim, serta dijauhkan dari siksa api neraka.

[Ilustrasi berdoa dalam Masjid/Elements Elvanto/suara.com]

Agar harapan tersebut dapat terwujud, berikut ini merupakan doa selamat di dunia dan akhirat, yang bisa teman-teman panjatkan seusai sholat 5 waktu ataupun sebelum melakukan kegiatan.

Doa Selamat Dunia Akhirat Berasal dari Firman Allah SWT

Kalau teman-teman sering membaca Al-Qur’an pastinya tahu bahwa di dalamnya terdapat firman Allah tentang doa selamat di dunia dan akhirat. Dalam surat Al-Baqarah ayat 201, telah disampaikan bahwa:


“Ya Allah, Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka”

Doa Selamat Dunia Akhirat dari Para Ulama

Pendapat para ulama pun mengatakan, bahwa kita penting untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Adapun doa selamat di dunia dan akhirat, yang disetujui oleh para ulama berbunyi:


Panjatan doa ini memiliki arti sebagai berikut:

“Ya Allah kami meminta kepada-Mu, berikanlah keselamatan dalam agama, kesejahteraan serta kesehatan pada tubuh, tambahkanlah ilmu, keberkahan rezeki, serta tobat sebelum mati dan rahmat sewaktu mati, dan ampunan sesudah mati. Ya, Allah, mudahlakanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapatkan ampunan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau memberi petunjuk dan berilah kami rahmat di sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, serta jauhkanlah kami dari siksa api neraka”

Doa Memohon Keselamatan Bagi Keluarga

Sebagai umat Islam, kita pun juga diberi ajaran untuk mendoakan ibu, bapak, serta saudara-saudara kita. Adapaun doa selamat di dunia dan akhirat yang bisa kita panjatkan kepada Allah SWT untuk keluarga kita telah tertulis di dalam Al-Qur’an pada surat Ibrahim ayat 40, berbunyi:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku, dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku”

Doa Meminta Keselamatan dari Bencana dan Ujian

Doa selamat juga bisa kita panjatkan saat hendak bepergian. Kita pun juga bisa mendoakan keselamatan untuk keluarga, agar diberikan perlindungan dari Allah SWT. Adapun doa keselamatan saat hendak bepergian agar terhindar dari bencana dan ujian sebagai berikut:


“Ya Allah, bukakanlah kami pintu kebaikan, keberkahan, kenikmatan, rezeki, kekuatan, kesehatan, keselamatan, pintu afiyah, pintu surga. Ya Allah, jauhkanlah kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tetap tercurah kepada Rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam”

Buat teman-teman yang ingin tahu seputar doa-doa lainnya selengkapnya bisa kunjungi sumbernya ya, teman-teman bisa kunjungi situs indozone.id.

1 comment :

  1. Hemm bagus nih untuk bekal di dunia maupun di akhirat, belakangan ini juga sangat dibutuhkan doa-doa seperti ini. Terima kasih infonya, ya, Mbak.

    ReplyDelete