Thursday, December 16, 2021

Kolaborasi #AyoTunjukTangan untuk Generasi Maju


Hai hai.... Masih ingat kan dengan gerakan sosial #AyoTunjukTangan yang informasinya saya bagikan beberapa bulan yang lalu? Teman-teman sudah berpartisipasi? Penasaran bagaimana hasilnya? Nah, kali ini saya akan bercerita mengenai hasilnya nih.


Hari Kamis tanggal 9 Desember 2021 yang lalu, saya kembali mendapatkan kesempatan untuk menghadiri virtual press conference yang diadakan oleh SGM Eksplor. Acara ini mengundang beberapa narasumber, yaitu:
  1. Jumeri, S.TP., M. Si., - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek)
  2. Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci. - Pengamat sosial anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia
  3. Vera Galuh Sugijanto - VP General Secretary Danone Indonesia
  4. Astrid Prasetyo - Marketing Manager SGM Eksplor
  5. Andry P Santoso - General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel
  6. Siti Messyana Putri - Senior Business Development Manager CAKAP


Aksi Kolaboratif untuk Generasi Maju

Acara ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Ibu Vera. Seperti yang sudah diketahui bersama, anak merupakan harapan masa depan bangsa. Agar bisa menjadi generasi maju, kebutuhan anak-anak terhadap akses nutrisi dan edukasi harus terpenuhi.


Namun sayangnya, data menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak Indonesia mengalami kesulitan mendapatkan akses nutrisi dan edukasi. Padahal nutrisi dan edukasi merupakan fondasi yang amat penting.

Oleh karena itu, Danone melalui SGM Eksplor menginisiasi kampanye #AyoTunjukTangan. Gerakan tersebut mengajak masyarakat untuk sama-sama aktif berkontribusi mengoptimalkan akses nutrisi dan edukasi bagi anak-anak Indonesia.

Beliau menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Telkomsel, CAKAP, dan seluruh masyarakat Indonesia karena sudah bersama-sama melangkah dalam kampanye #AyoTunjukTangan. Danone percaya, setiap langkah yang sudah dilakukan ini akan membawa dampak positif bagi Indonesia. Beliau juga berharap aksi kolaboratif ini bisa menginspirasi lebih banyak pihak.

Usaha Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Acara kemudian dilanjutkan dengan keynote speech yang disampaikan oleh Bapak Jumeri. Beliau sangat mengapresiasi gerakan #AyoTunjukTangan. Gerakan yang diinisiasi oleh Danone ini sesuai dengan arah kebijakan pendidikan Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945 alinea ke-4 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, serta RPJM 2020-2024 yaitu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.


Upaya tersebut dilakukan terus-menerus dan enggak akan berhenti. Apalagi, pandemi telah menyebabkan penurunan hasil belajar, putus sekolah, pernikahan dini, kekerasan, dan lain-lain. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kesehatan anak baik secara fisik maupun mental.

Dengan terpenuhinya asupan nutrisi anak dari Danone, dapat meningkatkan energi, kinerja otak, memperbaiki mood, mencegah penyakit, mencegah penurunan berat badan, dan lain-lain yang memengaruhi tumbuh kembang anak. Makanya, beliau berharap kolaborasi Danone ini bisa diperluas jangkauannya.

"Kemajuan SDM Indonesia untuk mencapai visi Generasi Emas Indonesia 2045 merupakan salah satu prioritas penting pemerintah, agar dapat mewujudkan generasi masa depan yang berkualitas unggul, maju, mandiri, cerdas, dan sehat. Kami meyakini bahwa anak-anak Indonesia saat ini dapat menjadi mesin pembangunan yang luar biasa saat mereka mencapai usia produktif dan akan dapat meraup manfaat maksimal dari bonus demografi untuk mendukung kemajuan masa depan bangsa. Namun, untuk dapat mencapai hal tersebut, Indonesia harus berinvestasi sekarang juga untuk generasi muda, termasuk di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi fondasi untuk dapat mendukung pengembangan potensi mereka secara maksimal. Oleh karena itu, kami menyambut baik dan mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang ingin ikut berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Merdeka Belajar demi kemajuan generasi mendatang.” (Jumeri, S.TP., M. Si.)

 

Kolaborasi #AyoTunjukTangan Maksimalkan Akses Edukasi dan Nutrisi Generasi Maju

Selanjutnya, Ibu Astrid menjelaskan hasil dari gerakan sosial #AyoTunjukTangan. Selama 4 bulan, dari bulan Agustus sampai November, kolaborasi SGM Eksplor, Telkomsel, dan CAKAP ini telah berhasil mengumpulkan donasi dan menyalurkan dukungan akses nutrisi dan edukasi ke 41 kota/kabupaten di 15 provinsi loh.


Yaitu berupa:
  • 75.000 produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun
  • Gawai dan beasiswa pendidikan online untuk 1.500 siswa Sekolah Dasar
  • Rehabilitasi 10 sekolah


15 provinsi yang dipilih tersebut sesuai dengan saran dan arahan dari Kemendikbudristek, yaitu area yang memiliki urgensi kebutuhan.


Ibu Astrid menegaskan kembali, bahwa gerakan #AyoTunjukTangan ini enggak bisa berjalan sendiri. Oleh karena itu beliau mengucapkan terima kasih kepada para mitra dan tentu saja masyarakat yang telah berpartisipasi mendukung gerakan ini.


Selama lebih dari 65 tahun, SGM Eksplor percaya bahwa semua anak berhak untuk maju, sehingga seharusnya tidak boleh ada anak yang tertinggal, termasuk dalam memperoleh akses nutrisi dan pendidikan. Namun faktanya, 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses edukasi dan nutrisi yang memadai. Untuk itu, sejalan dengan visi Pemerintah dalam mempersiapkan dan membangun SDM unggul, SGM Eksplor terus berupaya untuk menghadirkan berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung intervensi yang tepat dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak IndonesiaGerakan sosial “#AyoTunjukTangan” merupakan salah satu komitmen dan upaya SGM Eksplor berkolaborasi dengan banyak partner yang memiliki tujuan sama untuk bersama-sama tunjuk tangan, berinisiatif untuk mendukung kemajuan anak Indonesia.” (Astrid Prasetyo)


Dukungan Telkomsel

Bapak Andry kemudian menyampaikan kesan-kesannya mengenai gerakan #AyoTunjukTangan ini. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel memiliki 4 pilar komitmen yang salah satunya yaitu pendidikan. Hal tersebut lah yang melatarbelakangi Telkomsel untuk bergabung dalam gerakan ini.


Sejak tahun 2020, Telkomsel berusaha untuk meringankan proses PJJ, yaitu dengan menyediakan paket kuota data yang murah, serta tentu saja memastikan tersedianya jaringan yang lancar dan terkoneksi dengan baik. Namun, ini merupakan kali pertama Telkomsel berkolaborasi dengan perusahaan lain loh.

“Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan SDM dan komunitas digital talent masa depan Indonesia yang berkualitas unggul. Untuk itu, kami sangat senang dapat ikut terlibat dan berkontribusi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan guna mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia dengan menjalankan peran kami sebagai connectivity enabler melalui penyediaan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik.” (Andry P Santoso)

 

Dukungan CAKAP

Enggak ketinggalan, Ibu Siti dari CAKAP pun turut menyampaikan kesan-kesannya mengenai gerakan #AyoTunjukTangan ini. CAKAP merupakan start up yang berdiri sejak tahun 2015. Perusahaan ini selalu mendukug peningkatan kualitas pendidikan yang merata, sehingga dapat mendorong pembangunan dan menciptakan Indonesia yang maju. Sebagai start up di bidang edukasi yang berbasis teknologi, CAKAP tentu mendukung kemudahan akses pendidikan melakui gerakan #AyoTunjukTangan ini.


Memanfaatkan platform edukasi 2 arah, selama ini CAKAP berusaha mengoptimalkan sistem belajar dari rumah, dengan harapan dapat mendukung anak-anak mengembangkan potensi dan prestasinya. Di antaranya yaitu menyediakan akses belajar Bahasa Inggris gratis, dan lain-lain.

“Dengan visi meningkatkan kehidupan dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia, CAKAP sebagai pelopor platform pembelajaran online di Indonesia, bangga dapat terlibat berkontribusi dalam inisiatif gerakan sosial #AyoTunjukTangan. CAKAP telah memberi program belajar Bahasa Inggris gratis selama 1 tahun kepada ribuan siswa-siswi di Indonesia. Pengetahuan Bahasa Inggris sendiri menjadi salah satu pembelajaran penting bagi masyarakat sejak usia dini. Untuk itu, melalui inisiatif ini kami berharap lebih banyak anak Indonesia bisa belajar Bahasa Inggris secara mudah hingga memiliki potensi menjadi SDM yang dapat bersaing secara global ke depannya” (Siti Messyana Putri)

Pentingnya Keterlibatan Publik

Terakhir, acara ini ditutup dengan paparan dari Ibu Daisy mengenai pentingnya keterlibatan publik untuk mendukung anak Indonesia maju.


Kesehatan anak merupakan komponen utama dalam pembangunan yang berkelanjutan. Sementara itu, pada tahun 2030-2040, Indonesia akan mengalami masa bonus demografi, di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih banyak 64% dari jumlah penduduk usia non-produktif (<15 tahun dan >64 tahun). Akan menguntungkan apabila penduduk usia produktif tersebut merupakan generasi yang sehat dan produktif. Apabila sebaliknya?

Oleh karena itu, penting sekali mempersiapkan SDM yang sehat dan produktif di masa datang, yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan edukasi anak-anak di masa kini. Sayangnya, kondisi kesehatan anak di Indonesia belum setara. Untuk itu, diperlukan keterlibatan publik nih.

Keterlibatan publik adalah partisipasi dalam berbagai bentuk kegiatan tentang suatu isu publik untuk menghasilkan perubahan dalam peningkatan kualitas kehidupan. Bentuknya bisa berupa kerja bakti, relawan, atau aksi kolektif digital seperti gerakan #AyoTunjukTangan ini.

Mengapa sih masyarakat seperti kita-kita ini perlu terlibat? Bukannya semua itu kewajiban pemerintah ya? Pemerintah itu berperan dalam membuat regulasi, menyusun konsensus, menyediakan infrastruktur, dan lain-lain. Akademisi berperan dalam mengumpulkan data, melakukan penelitian, dan lain-lain. Adapun pelaku usaha dan industri berperan dalam menyediakan produk sesuai kebutuhan, dan lain-lain.

Nah, masyarakat berperan dalam keterlibatan publik. Pertama, karena masyarakat adalah aktor penting dalam pembangunan. Serta kedua, karena masyarakat dapat berkontribusi pada kualitas hidup lebih baik untuk masa depan generasi bangsa.

Dengan terlibat dengan isu publik, kita bisa hidup lebih baik karena menyuarakan kepentingan, menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar, meningkatkan kepedulian, serta menjadi lebih bahagia.

Memang kesadaran untuk terlibat dalam isu publik ini enggak bisa instan, memerlukan proses. Dimulai dari mengetahui isunya, caranya yaitu dengan banyak membaca berita. Kemudian lakukan inisiatif dan aksi. Lalu ajak orang lain dan viralkan. Selesai? Enggak, lanjutkan dong.

“Dalam upaya untuk menciptakan generasi maju harus dimulai dari pengembangan kualitas hidup seorang anak sejak dini dan didukung oleh lingkungan sosial sekitar secara kolektif dan masif. Untuk itu, kesadaran masyarakat akan pemenuhan nutrisi dan pendidikan adalah hal yang penting sebagai langkah awal untuk mengembangkan potensi anak. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta juga akan membentuk support system yang positif, dimana sektor swasta dapat memainkan peran pentingnya sesuai dengan kapasitas dan keahlian yang dimiliki guna mendukung kemajuan anak-anak Indonesia. Semoga kedepannya keterlibatan pihak swasta dan publik untuk mendukung kemajuan anak Indonesia dapat terus meningkat.” (Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci.)


Jadi, terima kasih ya untuk teman-teman yang telah bergabung dengan saya berpartisipasi dalam gerakan #AyoTunjukTangan. Yuk, terus dukung kemajuan anak Indonesia.

#AyoTunjukTangan #GenerasiMaju #SGMEksplor

58 comments :

  1. Wih mantep, gak hanya memberikan nutrisi untuk anak, tetapi juga mengeksplorasi tumbuh kembang anak. SGM memang yang terbaik.

    ReplyDelete
  2. Miris ya kak mayoritas anak Indonesia masih kekurangan nutrisi sekaligus aksesnya. Tugas besar pemerintah dan swasta utk bisa mengedukasi masyarakatnya. Salut buat SGM yg terus edukasi masyarakat soal pentingnya nutrisi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul...
      Dan SGM ini bukan hanya mengedukasi, tapi mengumpulkan dan menyalurkan donasi juga...

      Delete
  3. Banyak sekali program yang juga kolaborasi dengan mitra, suka dengan program beasiswa dan rehabilitasi sekolah, sangat perlu untuk meningkatkan kualitas pendidikan sejak dini

    ReplyDelete
  4. Akses untuk mendapatkan product SGM terbilang sangat mudah karena hampir di semua swalayan ready stock.
    Ditambah dengan adanya dukungan Telkomsel terhadap event ini, harapannya SGM Eksplor bisa lebih membentangkan sayapnya lagi hingga ke pelosok demi tercapainya upaya untuk menciptakan generasi maju.
    Sehingga pemenuhan nutrisi di setiap daerah Indonesia lebih merata lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul...
      Tapi sayangnya enggak semua orang tua mampu, apalagi di masa pandemi seperti ini...
      Makanya diadakan kampanye #AyoTunjukTangan...

      Delete
  5. Alhamdulillah, dengan pemetaan yang tepat maka program #AyoTunjukTangan untuk Generasi Maju bisa menggapai daerah-daerah yang sulit untuk dijangkau. Dan ini bisa memberikan pemerataan nutrisi dan pendidikan yang baik untuk anak Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah...
      Hasil kolaborasi sgm, mitra, pemerintah, dan kita semua...

      Delete
  6. Waduh emang sih ya 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses edukasi dan nutrisi yang memadai. Ini bisa jadi salah satu faktor stunting juga. untung ada gerakan #AyoTunjukTangan dari SGM yang membantu anak Indonesia terpenuhi kebutuhan gizinya.

    ReplyDelete
  7. Semua harus terlibat demi masa depan anak bangsa. Jadi dukungan perlu diberikan sepenuhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena masa depan bangsa merupakan tanggung jawab kita semua...

      Delete
  8. Semoga program SGM explore untuk memnuhi nutrisi dan pendidikan anak-anak Indonesia menjadi salah satu jalan mencerdaskan anak bangsa yg juga dicontoh oleh produk lain yg serupa ya.

    ReplyDelete
  9. Program #AyoTunjukTangan memberikan kesempatan kepada kita semua untuk berpartisipasi menjngjat kualitas generasi maju ya, sukses untuk semuanya

    ReplyDelete
  10. Kolaborasi yg baik antara SGM eksplor dan Telkomsel semoga bisa membantu menciptakan generasi yg berkualitas

    ReplyDelete
  11. kolaborasi dan gotong royong bareng2 emang penting banget ya buat kemajuan generasi muda Indonesia termasuk gerakan ayo tunjuk tangan ini, selain dukung program beasiswa dan pemenuhan nutrisi, bisa juga dapet voucher belanja kan, bermanfaat buat semuanya deh

    ReplyDelete
  12. Setuju, sih, soal keterlibatan publik untuk kemajuan anak-anak Indonesia. Seperti u gkapan bijak It takes a village to raise a child.

    ReplyDelete
  13. Keren banget programnya SGM ini, mudah2an ngga ada lagi yaahh anak2 yang nutrisinya tidak terpenuhi di Indonesia. Tunjuk tangan jadi trend nihh di sosmedd.

    ReplyDelete
  14. Setuju banget mbak.
    Gerakan #AyoTunjukTangan bisaDbisa Kemajuan Anak Indonesia sebab untuk menciptakan generasi maju harus dimulai dari pengembangan kualitas hidup seorang anak sejak dini

    ReplyDelete
  15. Keren acaranya y mbak. Bisa kolaborasi apik gini.

    Duh aku merinding lho saat ada pernyataan 9 dari 10 anak kurang dalam nutrisi dan edukasi hiks..

    Semoga program2 kayak gini makin menjamur sehingga bisa menjadi sarana untuk persiapan generasi selanjutnya.

    Keren SGM ini, dia konsen dalam hal pendidikan gini.

    ReplyDelete
  16. Generasi maju ya harus didukung dengan akses terhadap kesehatan dan pendidikan ya mbak
    program ini inspiratif bgt

    ReplyDelete
  17. keren memang yaaa inisiatifnya SGM untuk kemajuan anak Indonesia dimulai dari edukasi dan nutrisi

    ReplyDelete
  18. Semoga dengan adanya program ini goal generasi emas di tahun 2045 bisa terwujudkan.

    ReplyDelete
  19. semoga makin banyak anak Indoensia yang dientaskan dari malnutrisi dan mereka mendapatkan pendidikan yang sama

    ReplyDelete
  20. SGM ini inovasinya nggak berhenti ya selalu terus menjalin kerjasama dengan banyak untuk mendukung generasi maju Indonesia

    ReplyDelete
  21. semoga dengan adanya program SGM ini kekurangan gizi anak Indonesia terantisipasi dan Generasi emas Indo0nesia terwujud

    ReplyDelete
  22. SGM ini fokus sekali sama penggembangan generasi, dari berbagai kampanye yang diadakannya, termasuk #AyoTunjukTangan ini. Bahkan dikhususkan pada generasi yang tersebar di pelosok tanah air.

    ReplyDelete
  23. Angka stunting di Indonesia juga termasuk ketiga tertinggi di dunia. Sedih kan. Ayo dukung untuk mewujudkan Generasi Maju!

    ReplyDelete
  24. Pantes aja sih SGM itu dipercaya orang Indonesia banget, ternyata udah 65 tahun yak! Nggak cuma menghasilkan produk berkualitas, tapi punya kepedulian sosial yang tinggi banget, terutama dalam hal pendidikan

    ReplyDelete
  25. Keren sih program yang dilaunching bulan Agustus, di Bulan Desember sudah menampakkan hasilnya.. kujadi ikut senang karena sudah ikutan tunjuk tangan juga :)

    ReplyDelete
  26. Program ayo tunjuk tangan ini menjadi bukti kalau SGM peduli dengan kemajuan anak bangsa terutama untuk pemenuhan nutrisi dan pemerataan pendidikan ya. Dan ini perlu dukungan semua pihak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, semua pihak harus terlibat, karena ini tanggung jawab kita semua...

      Delete
  27. Campaign yang menarik dari SGM ya! Semoga kedepannya generasi Indonesia bisa benar-benar tunjuk tangan dalam berinisiatif mengakhiri kesusahan dan menjadi inisiatif yang bisa dicontoh ya, amin

    ReplyDelete
  28. SGM ini benar-benar peduli terhadap pertumbuhan anak-anak Indonesia ya mbak. Sering banget ngadain acara edukasi seperti ini.

    ReplyDelete
  29. Narasumbernya banyak dan kompeten semua. Bener banget kalo dibilang program tunjuk tangan ini gak bs berdiri sendiri pastinya perlu peran serta kita semua. Utamanya peran ibu sebagai yg menyiapkan dan mengatur konsumsi keluarga apakah sesuai dengan kebutuhan tumbuh dan kembang anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...
      Plus membantu akses nutrisi dan edukasi bagi yang kurang mampu...

      Delete