Tuesday, January 25, 2022

Adab Berdoa kepada Allah SWT yang diajarkan Rasulullah SAW

adab berdoa

Pernah berpikir mengapa doa tidak pernah dikabulkan? Tentu kita tidak boleh berprasangka buruk kepada Allah sebab kita hanyalah manusia yang tak pernah luput dari suatu kesalahan. Ketika doa kita tidak diijabah bisa saja kita salah dan tidak memperhatikan adab berdoa kepada Allah SWT. Berdoa juga merupakan suatu ibadah dan bisa dilakukan ketika dalam kondisi apapun seperti saat sedang sedih, kecewa, senang, kesusahan dan lainnya.

Tetapi segala aktivitas kita juga baiknya diniatkan untuk mengharap ridho Allah SWT dengan berdoa seperti ketika hendak tidur kita membaca doa sebelum tidur, dan ketika bangun tidur kita membaca doa bangun tidur. Kali ini saya akan memberikan informasi penting seputar adab berdoa kepada Allah SWT sesuai ajaran Rasulullah SAW. Penasaran seperti apa? Berikut adab berdoa yang saya rangkum dari berita jatim terbaru.

1. Memuji Allah SWT
Anjuran berdoa sesuai ajaran Rasulullah SAW yang pertama yaitu memuji Allah SWT dengan bertasbih dan membaca hamdalah. Tentu saja ketika hendak berkomunikasi dengan guru saja kita diharuskan untuk bersikap sopan, apalagi ketika kita berkomunikasi kepada sang Maha Pencipta yaitu Allah SWT. Maka dari itu mulailah dengan memujinya terlebih dahulu.

2. Berdoa di waktu yang mustajab
Untuk kita semua yang berdoa asal berdoa saja tanpa tahu adab berdoa tentu informasi di atas sangatlah penting. Tetapi bukan itu saja Rasulullah SAW juga menganjurkan kita agar berdoa di waktu yang mustajab. Dengan berdoa di waktu-waktu tersebut maka doa kita bisa menjadi doa yang mustajab. Di waktu apa saja kah doa menjadi mustajab? Yaitu di hari Arafah, di bulan Ramadhan, di hari Jumat, di sepertiga malam ketika tahajjud, dan di waktu sahur. Dengan mengetahui hal itu maka kita bisa memperbaiki hubungan kita dengan Allah dalam hal berdoa.

3. Berdoa menghadap arah Kiblat
Adab berdoa yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu berdoa dengan menghadap arah kiblat. Hal ini merupakan anjuran langsung dari Rasulullah SAW agar doa kita dapat diterima oleh Allah SWT. Berdoa mengarah kepada kiblat, mengangkat kedua tangan, dan mengusap wajah ketika selesai berdoa merupakan hal yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan begitu kita bisa memperbaiki adab dalam berdoa dan bukan tidak mungkin doa kita akan cepat dikabulkan.

4. Melembutkan suara saat berdoa
Dalam agama kita yaitu Islam tentu kita diajarkan untuk berbicara yang lembut dan dilarang untuk membentak orang tua. Begitu pula ketika berdoa kepada Allah SWT, sebab berdoa adalah salah satu bentuk komunikasi kita kepada-Nya. Maka dari itu Rasulullah SAW menganjurkan agar kita melemah lembutkan suara kita ketika berdoa dengan hati yang sangat rendah dan hanya bergantung kepada Allah SWT. Kita bisa mengatur volume suara kita ketika berdoa agar pas pada porsinya, tidak terlalu rendah dan tidak pula terlalu keras.

5. Penuh keyakinan
Yakin bahwa Allah SWT dapat mengabulkan doa kita juga merupakan suatu adab yang diajarkan Rasulullah SAW ketika berdoa. Berdoa dengan penuh keyakinan adalah salah satu kunci terkabulnya suatu doa, sebab jika kita sudah tidak yakin bahwa Allah mampu mengabulkan doa kita maka hal itu akan sia-sia sebab tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat saya sampaikan seputar adab berdoa sesuai anjuran Rasulullah SAW. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawawsan agama kita. Terima kasih.

1 comment :

  1. Yang sering salah paham karena doa dan terlalu menuntut untuk dikabulkan, khilaf. Memang berdoa itu ada adabnya dan juga harus bersabar jika ingin dikabulkan.

    ReplyDelete