Thursday, January 27, 2022

Tidak Mau Ribet? Yuk Pelajari Pembuatan Lontong dengan Magic Com

membuat lontong dengan magic com

Lontong merupakan makanan khas Indonesia yang tampaknya selalu muncul ketika perayaan hari-hari besar ataupun acara syukuran tertentu. Biasanya, lontong yang dibentuk ini memiliki beragam balutan dan bentuk, ada yang menggunakan daun pisang dan plastik.

Begitu juga dengan proses memasaknya. Ada yang menggunakan dandang dan direbus hingga matang atau dimasak dengan menggunakan magic com seperti memasak nasi pada umumnya. Tentunya perbedaan cara membuat lontong dengan magic com ini memberikan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sejarah Lontong

Lontong seperti yang kita ketahui ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari Indonesia yang dibalut dengan daun pisang ataupun dengan daun kelapa. Ternyata tradisi ketupat/lontong ini diperkirakan berasal dari saat Islam mulai masuk ke dalam tanah Jawa di mana dalam sejarah sendiri, Sunan Kalijaga merupakan orang yang pertama kali memperkenalkannya pada masyarakat Jawa.

Beliau dinilai membudayakan dua kali Bakda, yakni Bakda lebaran dan bakda kupat. Bakda kupat ini dimulai seminggu sesudah lebaran. Berbagai daerah di seluruh Indonesia memliki nama-nama yang khas untuk masakan lontong ini.

Kenapa Beras yang Dipilih Sebagai Bahan Utama Lontong?

Seperti yang kita ketahui sendiri, bahan utama untuk pembuatan lontong ini merupakan beras yang dikukus dalam balutan daun pisang ataupun plastik dengan berbagai metode memasak. Biasanya memasak lontong ini membutuhkan waktu selama beberapa menit lamanya.

Lontong dibuat dengan bahan utama yakni beras karena kebanyakan orang Indonesia menjadikan lontong ini sebagai bahan pengganti nasi yang dimakan bersamaan dengan sayur mayur pada umumnya.

Lontong ini biasanya disajikan pada hari-hari besar seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, dan acara syukuran seperti pernikahan yang menjadikan beras sebagai pengganti nasi untuk acara seperti ini pada umumnya.

Bahan-Bahan Pembuatan Lontong dengan Magic Com

· Beras secukupnya
· Plastik zip lock ukuran sedang
· Air secukupnya

Cara Pembuatan Lontong Plastik dengan Magic Com

1. Siapkan plastik putih zip lock ukuran sedang
Langkah awal yang sangat penting adalah teman-teman harus menyiapkan plastik putih zip lock yang akan digunakan sebagai wadah balutan beras yang akan dijadikan lontong nantinya. Dengan menggunakan plastik zip lock, proses pembuatan lontong dengan magic com pun akan menjadi lebih mudah.

2. Cuci bersih beras dengan air mengalir
Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah teman-teman harus mencuci terlebih dahulu beras yang akan digunakan untuk mebuat lontong nantinya. Pencucian ini berguna untuk membersihkan beras dari kotoran yang menempel pada tiap butiran beras yang berguna juga untuk menjaga kualitas beras tersebut.

3. Masukkan beras kedalam plastik zip lock
Setelah itu, teman-teman perlu memasukkan beras yang akan dijadikan lontong tersebut ke dalam plastik zip lock yang sudah disiapkan sebelumnya. Isilah ke dalam plastik dengan ukuran sedang saja jangan sampai memenuhi area plastik karena akan berpengaruh pada tekstur lontong tersebut nantinya.

4. Rekatkan zip lock plastik dengan kencang
Langkah selanjutnya adalah teman-teman perlu memastikan dengan benar untuk merekatkan zip lock dengan kencang dan bila perlu teman-teman bisa membakar ujung plastik dengan menggunakan lilin atau staples untuk menghindari beras berkeluaran saat dimasak.

Pastikan udara dalam plastik sudah keluar supaya nantinya ketika dimasak tidak memiliki tekstur yang kembung.

5. Buatlah lubang kecil dibagian bawah
Setelah menutup rapat plastik yang sudah berisi beras tersebut, maka teman-teman harus membuat lubang kecil di bagian bawah plastik dengan menggunakan tusuk gigi.

6. Masak dalam magic com
Setelah semua lontong sudah terisi dalam plastik, maka selanjutnya adalah masukkan semua beras yang sudah terisi di plastik ke dalam magic com dan tambahkanlah air hingga semua bagiannya terendam.

Tekan tombol ‘’cook’’ pada magic com dan tunggu hingga beras sudah berubah menjadi nasi.

7. Angkat jika sudah matang
Setelah menunggu beberapa saat jika dirasa lontong sudah matang maka sebaiknya diangkat lalu didinginkan hingga tekstur lontong tersebut menjadi lebih padat dan bertekstur seperti lontong pada umumnya.

1 comment :

  1. Hehehe yang masih buat lontong dengan ribetnya dikukus atau dimasak biasa ternyata bisa pakai magic com. Terima kasih tipsnya.

    ReplyDelete