Wednesday, March 23, 2022

Pengalaman Menyenangkan Mendengarkan AudioBook di Storytel

storytel

Kalau ada yang bertanya, apa hobi saya, saya pasti menjawab membaca. Tapi itu dulu. Sekarang, hmmm... rasanya kok agak malu jika menjawab seperti itu.

Yup, sejak sekolah dulu saya hobi banget membaca buku. Ketika masih kerja, saya biasanya membaca buku di angkot. Lumayan banget, rute rumah-kantor (dan sebaliknya) yang bisa menghabiskan waktu sampai 2 jam per perjalanan, menjadi terasa lebih menyenangkan. Buku merupakan salah satu hiburan untuk mengalihkan rasa bosan dan kesal ketika lalu lintas macet atau supir angkotnya ngetem.

Pernah naik angkot di Bandung saat jam pulang kantor, dan melihat ada perempuan yang kadang tertawa atau menangis sendiri di pojok belakang sambil membaca novel fiksi? Nah, itu mungkin saya, hihihi....

Setelah melahirkan dan resign, kegiatan membaca buku di angkot pun enggak bisa saya lakukan lagi. Sebagai gantinya, biasanya saya membaca buku ketika anak-anak sedang tidur. Ceritanya me time, hohoho....

Tapi... itu juga cerita zaman dulu, ketika anak-anak masih bayi dan banyak tidur. Sekarang? Beuh, susah banget mencuri-curi waktu untuk membaca buku. Anak-anak semakin aktif dan posesif, sehingga butuh selalu didampingi. Membaca buku memang masih rutin, tapi bukan untuk saya, melainkan membacakan buku anak, hehehe.... Novel fiksi yang terakhir saya baca yaitu seri Dilan, Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995. Itupun karena saya sakit akhir tahun kemarin, heuheu....

Ya, saat ini membaca buku menjadi prioritas nomor sekian setelah suami, anak, pekerjaan domestik, dan pekerjaan lainnya. Bahkan saya juga sudah enggak terlalu heboh lagi belanja buku dan menimbun buku. Tapi efeknya, rasanya otak kekurangan asupan nutrisi. Hingga berpengaruh pada kegiatan menulis blog, rasanya kurang bernas gitu. Kangen banget juga menulis cerita fiksi, tapi selalu kekurangan ide. 

Tentang Storytel

Ternyata ada loh solusi untuk masalah saya ini. Jadi, kemarin saya membaca ulasan teman blogger tentang Storytel. Storytel merupakan aplikasi streaming buku audio dan e-book.

Yup, dengan aplikasi ini, kita bukan hanya bisa baca buku online, tetapi juga mendengarkan buku dalam bentuk audio di mana saja dan kapan saja. Keren banget. Sejalan dengan tren masa kini yang mulai beralih ke audio ya. Saya langsung membayangkan betapa asyiknya bisa mendengarkan buku sambil mengerjakan aktivitas lain. Jauh lebih praktis kan.

Aplikasi yang berkantor pusat di Stockholm Swedia ini merupakan aplikasi streaming buku audio dan e-book berlangganan terbesar di dunia loh. Beroperasi di lebih dari 20 pasar di seluruh dunia, serta menawarkan 500.000 judul buku.

Menjelajahi Storytel

Penasaran, saya pun langsung mencoba aplikasinya. Sebagai pengguna Android, saya mengunduh Aplikasi Storytel untuk Android. Sedangkan bagi teman-teman pengguna iOS, bisa mengunduh Aplikasi Storytel untuk iOS ya.

Ternyata apabila berlangganan paket premium, bisa dapat 7 hari free trial loh. Baru nanti setelah 7 hari, mulai membayar biaya berlangganan 39 ribu per bulan selama masa promo. Cara berlangganannya pun sangat mudah. Saya pilih pembayaran menggunakan GoPay.

Setelah berhasil berlangganan, selanjutnya saya disambut dengan aplikasi yang simpel dan user friendly, serta pilihan judul audiobook yang banyak. Ada audiobook Indonesia seperti Mariposa, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara, dan lain-lain. Hingga audiobook mancanegara seperti A Game of Thrones, Sapiens, dan lain-lain.

rekomendasi buku

Apabila bingung, teman-teman bisa mulai mencari audiobook dengan menjelajahi tab 'Home'. Ada:
  • 'Top Tittles in Indonesia' untuk kategori buku berbahasa Indonesia pilihan seperti Filososfi Kopi, Dunia Sophie, Lupus, Resign, dan lain-lain.
  • 'Top Tittles in English' untuk kategori buku berbahasa Inggris pilihan seperti A Game of Thrones, Sapiens, Harry Potter Audiobook, dan lain-lain.
  • 'Editor's Pick' untuk rekomendasi buku pilihan editor.
  • 'Familiar Voices" untuk kategori buku yang dinarasikan oleh aktor, aktris, dan public figure seperti Tatiana Maslany yang membacakan The Hunger Games atau Sissy Prescillia yang membacakan Dilan. 
  • 'Certified Best Sellers' untuk kategori buku best seller sepanjang masa seperti The Hobbit, The Hunger Games, Harry Potter Audiobook, dan lain-lain.
  • 'Upcoming Books in Indonesian' untuk kategori buku yang akan datang di Storytel.
  • 'This Week's NY Times Best Sellers' untuk kategori buku terlaris di daftar New York Times.
  • 'New!' untuk kategori buku yang baru tiba di Storytel. 
  • Dan lain-lain termasuk kategori buku sesuai preferemsi saya yaitu 'Fiction Books' seperti Mariposa, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara, dan lain-lain.

Jika sudah menggunakan aplikasinya, bagian paling atas itu adalah:
  • 'Continue listening' untuk kategori buku yang sedang didengarkan.
  • 'Because you bookshelfed..." untuk kategori buku yang sesuai dengan selera kita, karena memiliki tema yang sama dengan buku yang sudah dimasukkan ke 'Bookshelf'.

Nah, kalau sudah tahu buku apa yang ingin dibaca, eh didengar, langsung saja ketikkan judul buku atau nama penulisnya di tab 'Search'. Atau bisa juga mencari berdasarkan kategorinya.

novel fiksi

Seru! Banyak banget rekomendasi buku di Storytel yang ingin saya dengar. Mulai dari novel Metropop, novel Chick Lit, juga novel dari penulis favorit saya Liane Moriarty. Langsung saja saya tandai dengan cara memasukkannya ke 'Bookshelf'.

Di sebelah tab 'Bookshelf', paling kanan, ada tab 'Profile'. Selain berisi profil kita, di sini juga ada 'Listening Goal' untuk membuat target dan progress jumlah buku yang sudah didengarkan. Juga 'Statistics' untuk melihat data aktivitas selama 30 hari terakhir. Serta 'Settings' yang di dalamnya ada pilihan 'Kids Mode'.

aplikasi audiobook

Pengalaman Menyenangkan Mendengarkan AudioBook di Storytel

Layaknya buku konvensional, buku di Storytel juga dilengkapi dengan identitas mengenai buku tersebut. Mulai dari judul buku, penulis, bahasa, kategori, dan sinopsis. Berhubung bentuknya audiobook, tentunya ditambahkan juga dengan narator dan durasi.

Bingung banget mau mendengar buku yang mana dulu. Pilihan pertama pun akhirnya jatuh pada salah satu audiobook Indonesia, Honeymoon Express. Durasinya lumayan, 8 jam, tapi enggak sepanjang novel lain. Pas lah untuk percobaan pertama. Di dalamnya dibagi lagi ke dalam 25 bab, dengan durasi rata-rata 20 menit. 

Sudah lama saya tertarik dengan novel yang ditulis oleh Mia Arsjad ini. Ceritanya tentang Shera, gadis berusia 27 tahun yang memiliki usaha biro perjalanan khusus bulan madu, Honeymoon Express. Tapi profesionalismenya diuji ketika dia harus menangani bulan madu Alva, cinta terpendam Shera ketika mereka masih kuliah.

Temanya menarik, gaya berceritanya lincah, serta menggunakan bahasa yang santai. Ditambah lagi dibacakan dengan baik oleh sang narator, Mirna Haryati. Novel ini dibuka dengan adegan Shera dan Alva ketika masih kuliah. Gemas dengan Alva yang enggak pedean, membuat saya penasaran dengan kelanjutan jalan ceritanya.

Alurnya maju dengan beberapa adegan flashback ke masa Shera dan Alva di kampus dulu. Adapun sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama, bergantian antara Shera dan Alva. Sejauh ini sih saya nyaman mendengarnya.

baca buku online

Fitur player pada aplikasi Storytel ini cukup lengkap dan membantu. Ada 'timeline' yang bisa digeser dengan mudah, juga 'pengaturan kecepatan narasi' dan 'sleep timer'. Sejujurnya, sebelum ini saya enggak pernah tertarik mendengarkan buku di aplikasi audiobook. Bukannya apa-apa, bawaannya pasti mengantuk, hehehe.... Adakah yang sama dengan saya?

Tapi sekarang saya tahu bagaimana mengatasinya, yaitu dengan cara mendengarkan buku sambil melakukan kegiatan lain, seperti memasak, mengepel, atau menyetrika. Jangan sebelum tidur. Selain memanfaatkan waktu dengan maksimal agar lebih produktif, juga menghindari risiko mengantuk, hohoho.... Plus, dengan fitur  'pengaturan kecepatan narasi', saya juga mengatur kecepatan narasinya hingga 1,25 kali. Jadi enggak terasa terlalu lambat.

Pada aplikasi ini juga terdapat tombol 'download' untuk mendengarkan buku dalam keadaan offline, tombol 'chapter' untuk mendengarkan isi buku berdasarkan babnya, tombol 'bookmarks' untuk menandai bagian yang terakhir didengar, dan tombol 'options' untuk mengetahui 'identitas buku' dan lain-lain.

Keunggulan Storytel

Berdasarkan pengalaman tersebut, berikut beberapa keunggulan Storytel yang saya rasakan.
  • Koleksinya banyak. Ada ratusan ribu judul buku, termasuk buku best seller. Dijamin enggak akan kehabisan bahan buku yang akan didengarkan.
  • Harganya terjangkau. Biaya berlangganan 39 ribu sebulan rasanya lebih dari layak karena dapat mengakses ratusan ribu buku.
  • Aplikasinya simpel dan user friendly.
  • Dilengkapi dengan 'Kids Mode'. Para orang tua harus coba deh. Koleksinya banyak dengan pembagian kategori buku berdasarkan tema, usia anak, dan lain-lain. Mantap dan aman banget.
  • Praktis, bisa mendengarkan buku di mana saja dan kapan saja. Enggak ada lagi alasan enggak ada waktu untuk melahap buku.
  • Bisa didengarkan secara offline. Jadi enggak perlu ketergantungan dengan akses internet, terutama apabila sedang berada di perjalanan dan enggak ada WiFi.
  • Paket berlangganan bisa dibatalkan kapan saja. Enggak perlu khawatir karena enggak ada keterikatan.
  • Naratornya berkualitas. Dengan suara yang renyah dan intonasi yang ekspresif, memanjakan telinga dan imajinasi pendengar.
  • Mengurangi screentime. Sekarang segala sesuatu bisa dilakukan menggunakan smartphone, mulai dari membuat konten, baca buku online, menonton drama Korea, bahkan karena pandemi sekarang belanja buku di Big Bad Wolf pun bisa online. Asyik sih, tapi bahaya untuk mata. Dengan mendengarkan audiobook di Storytel, bisa meminimalkan waktu mata untuk menatap layar.

Bagaimana, teman-teman tertarik untuk mendengarkan buku di aplikasi audiobook Storytel? Langsung saja unduh serta manfaatkan free trial dan harga promonya ya.

165 comments :

  1. Ini super duper FUN dan seru bangett ya Mba
    Apalagi buat emak2 yg waktunya terbatas, karena kudu melakukan berbagai kegiatan domestik, plus temani anak belajar dll.
    makasii infonya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, membantu banget buat emak-emak...
      Sama-sama, semoga bermanfaat ya...

      Delete
  2. Kan enak banget bisa menikmati cerita dalam bentuk audiobook sambil mengerjakan pekerjaan lain, jadi gak bingung nyari waktu senggang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sensasinya emang beda kak, apalagi narator nya berkualitas. Coba dengerin serial the great woman karya Sibel Eraslan kak

      Delete
    2. Mbak Ainhy: suara naratornya enak didengar ya...

      Delete
  3. Aku sekarang juga jarang baca buku, padahal hobiku adalah baca buku, tapi itu duluu. Bukan karena sekarang gak ada waktu, tapi karena mata sudah gak bisa lama-lama dibuat baca buku, maklum faktor u juga haha. Kayaknya seru deh bisa mendengarkan buku pakai app audiobook storytel ini.

    ReplyDelete
  4. Solusi tepat buat kita sebagai emak rempong di segala cuaca hahaha :) Pakai aplikasi Storytel kayak gini kita me time asik seperti dininabobokan dengan suara renyah, buku2 pilihan yang pengen diceritain kayak dongeng deh. Mau coba ah. TFS mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, saya ngerasain setelah punya dua anak, waktu membaca buku semakin berkurang, hadirnya Storytel solutif banget

      Delete
  5. Membaca novel adalah hobbyku dari kecil mom. Bisa berjam-jam berkutat di novel. Ini memang memberikan keasyikkan tersendiri. Tapi pertambahan usia terkadang jadi malas ya untuk membaca. Untunglah sekarang aplikasi audiobook storytel kita bisa terbantu mendengar narator membacakan novel dari penulis kesayangan kita
    Salam:Dennise Sihombing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, solusi untuk yang senang membaca tapi terhambat karena faktor u, hehe...

      Delete
  6. Baca buku kini makin praktis dengan Storytel ya kak. Kita ga akan dicap sok kutu buku meski kita suka baca buku. Plus kl sambil naik transportasi umum, kita bs nyaman dengerin meski kita berdiri.

    Storytel ini emg cocok di segala kondisi ya kak.

    ReplyDelete
  7. Aku udah coba storytel juga mbak, dan emang solusi banget buat yang ga sempet baca. Aku pun lagi reading slump kebantu banget dengan adanya storytel ini

    ReplyDelete
  8. menarik nih, bisa terial dulu 7 hari dan biaya langganan per bulannya juga murah, bisa bayar pakai gopay pula.

    Saya pun udah lamaaaaa banget malu buat bilang kalau punya hobi membaca, soalnya udah lama nggak belanja dan baca buku. Kayaknya akan beralih ke storytel juga nih saya

    ReplyDelete
  9. Ternyata bisa didengarkan offline ya? Wah enak nih, karena kadang kan ada masanya sinyal nggak terlalu lancar ya. aku mau langsung download ah.

    ReplyDelete
  10. Praktis banget yaa dengan menggunakan Audiobook ini kita nggak perlu lagi deh buat mantengin buku atau gadget apalagi bisa nih dengerin sambil renahan atau disambi dengan mengerjakan pekerjaan rumah.

    ReplyDelete
  11. Sama mbak, aku juga suka membaca (tapi itu dulu) hahaha.
    Hanya saja aku ga bisa baca buku di angkot, rasanya kepala kayak pusing kayak mau mabuk kendaraan. Kayanya storytel bisa jadi solusi nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalau pakai storytel, enggak akan mabuk, hehe...

      Delete
  12. Mbak termasuk yang keren. Saya itu selalu iri dengan orang yang bisa membaca buku selama perjalanan. Saya sering coba, tapi kepala saya malah pusing hehehe. Dengan adanya Storytel Audiobook ini, kini selama di perjalanan saya bisa mendengarkan cerita dari sebuah buku.

    ReplyDelete
  13. Storytel memang keren ya. Urusan membaca sekarang jadi menyenangkan lewat sensasi mendengarkan cerita

    ReplyDelete
  14. Banyak banget keunggulannya Storytell ini, streaming audio dan ebook yang pastinya memudahkan kita untuk membaca buku jaman now, bisa dilakukan sambil mengerjakan apapun ya Liaa.
    Dan keknya lebih enak kalo mau bobo atau me time, berasa didongenin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau tidur saya mah malah ketiduran, terus enggak tau isi bukunya apa teh, hehe...

      Delete
  15. Wah keren mba bisa baca buku di angkot, klo saya mah gak bisa konsen hihi.. Senangnya Storytel ini menyediakan audiobook buku2 dan narator yang berkualitas, buku yang sejak dulu ingin saya baca ada di sini semua

    ReplyDelete
  16. ternyata fitur di dalam aplikasi audiobook storytel menarik nih, seperti 'Listening Goal' untuk membuat target dan progress jumlah buku yang sudah didengarkan. Juga 'Statistics' untuk melihat data aktivitas selama 30 hari terakhir. Jadi tau deh perkembangan kita ya

    ReplyDelete
  17. Aplikasi ini keren banget sih, berasa punya perpustakaan pribadi yang bisa dibawa kemana-mana. Praktis!

    ReplyDelete
  18. Dengan adanya storytel membuat kita bisa melahap banyak buku sambil
    melakukan kerjaan lain ya kak.

    Team mager malas baca buku sekarang bisa dunk ikutan baca buku dg adanya aplikasi ini

    ReplyDelete
  19. wow cakep nih aplikasi, baca jadi makin asik serta tidak butuh tempat dan ruang yang banyak, bisa di bawa dalam saku. biaya langganan pun bersaing

    ReplyDelete
  20. Adanya fitur "Upcoming Books in Indonesian" jadi bikin kita bisa ngintip dulu untuk kategori buku yang akan datang di Storytel ya. Hehehe...

    ReplyDelete
  21. Jujur deh aku penasaran banget dengan Audiobook ini, bisa jadi solusi banget loh ini membaca buku dengan cara yang nyaman. Selain itu kita juga bisa mendengarkan kapan saja.

    ReplyDelete
  22. saya juga menggunakan aplikasi storytel ini kak, pilihan bukunya juga banyak yang best seller di Indonesia dan juga dunia

    ReplyDelete
  23. Ahhh iya, memang sangat menyenangkan mendengarkan audiobook di Storytel ini
    Aku sudah mendengarkan lima buku di Storytel ini

    ReplyDelete
  24. aku jadi penasaran sm si storytel ini loh, karena misal lagi jalan k kantor dan naik commuter bisa sambil dengerin buku dan tetap update ya soal bacaan buku

    ReplyDelete
  25. Jadi pengen juga nih download Storytel. Dulu aku juga suka baca buku loh Mak terutama novel fiksi, ah sampai lupa kapan terakhir baca buku. Padahal banyak banget yang pengen dibaca, tapi kapan? Mending dengerin di Storytel aja yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen download dan langganan, ntar kalau lagi masak, setrika, mau tidur bisa nih dengerin audiobook Storytel.

      Delete
    2. Yup, langsung aja coba langganan ya mak...

      Delete
  26. wah makasih mbak rekomendasinya, jadi makin menyenangkan ya memabca buku menggunakan audio book. kayaknya asyik ya, sambil santai, mednengarkan audio book. selama ini aku mendengarkan ceritanya raditya dika, udah kayaknya paling kece banget suaranya, jadi pengen beneran dengerin novel yang dikonverst ke audio book deh.

    ReplyDelete
  27. Jadi tambah semangat kalau setia hari ditemani oleh AudioBook Storytel.
    Membaca buku sekaligus mendengarkan buku. Kalau lagi gak ingin kena radiasi, bisa sambil kerja sambil dengerin kisah di Storytel.

    ReplyDelete
  28. Aku juga sekarang susah banget meluangkan waktu buat baca buku. Alhamdulillah sekarang ada aplikasi Storytel ini ya jadi masih bisa menikmati buku lewat audiobook

    ReplyDelete
  29. Saya termasuk tim yang nggak bisa membaca saat perjalanan. Aplikasi audiobook storytel ini bakal jadi solusi menemani perjalanan selain mendengarkan musik. Target menyelesaikan bacaan dr karya penulis favorit bakal bisa diwujudkan.

    ReplyDelete
  30. Saya dengerim audio ini sambil nyambi kerjaan rumah nih. Mayan nih buat ngisi waktu daripada mager. Haha..
    Keren2 bukunya

    ReplyDelete
  31. Saya baca buku kalau lagi nyusui anak mbak tapi setelah baca buku selesai.. habis tu ga lanjut juga.. mesti bukunya kusut gara2 ditindih badan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Iya kalau masih bayi bisa baca buku sambil menyusui...

      Delete
  32. Saya berharap ada top titles dalam bahasa lain jadi bisa lebih luas jangkauannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung negara dan preferensi masing-masing mbak...
      Berhubung saya cuma bisa bahasa Indonesia dan bahasa Inggris ya settingnya 2 bahasa itu, dan judul-judul buku yang muncul pun menggunakan 2 bahasa itu...

      Delete
  33. Dari pada bengong di malam Minggu atau pas weekend, nah mendingan dengerin Storytel, biar makin banyak pengetahuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kak, daripada bengong kan mendingan dengerin buku biar wawasan makin bertambah

      Delete
  34. wah seneng sepertinya pakai storytel. Mata nggak harus fokus ke tulisan, karena diceritain.

    ReplyDelete
  35. Wah novel Honeymoon Express itu bahkan ada audiobooknya mbak? Bener2 banyak juga koleksinya Storytel ini.

    Aku pernah baca HE, jadi penasaran pengin dengerin versi audiobooknya kayaknya bakalan seru juga.

    ReplyDelete
  36. Wah murah banget ya biaya langganan storytel cuma 39 ribu. Padahal kita terbantykan dengan aplikasi audiobook storytel. Mana koleksinya banyak...asiikkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, coba kalau beli buku, bisa habis uang berapa, belum tentu sempat dibaca pula, hehe...

      Delete
  37. aku awalnya bukan orang yang suka baca kak, justru adanya audiobook ini berguna banget buat aku, meski gak suka baca bisa tetap dapat pengetahuan dengan dengerin buku audio.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi bisa multitasking, jadi tetep bisa ngerjain hal lain sambil dengerin buku

      Delete
  38. storytel bisa banget jadi solusi kita yang lama banget gak baca buku ya. biar terupdate terus khazanah dan wawasan. auto download nih kak

    ReplyDelete
  39. Kereeennn, banyak banget yang pake aplikasi ini. Tenyata sekarang sedang trend yaaa, senang sih dengar yang trend seperti ini dimana bakalan meningkatkan nilai literasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dengan adanya aplikasi storytel ini tingkat literasi masyarakat semakin baik ya...

      Delete
  40. Baru tahu loh ada aplikasi audio book ini. Biasanya cuma dengerin podcast review buku :D
    Lumayan ini, bisa menghemat ndak beli buku, *eh

    ReplyDelete
  41. Enak banget emang ndengerin audiobook di storytel. Bisa jadi teman selama perjalanan dengan banyak pilihan buku.

    ReplyDelete
  42. tinggal listening dan nyimak yaa, bisa sembari relaksasi diri dan istirahat mata juga nih, praktis dan bermanfaat banget klo pake aplikasi Storytel buat baca-dengerin novel dan buku-buku yang tersedia

    ReplyDelete
  43. Wah banyak juga pilihan buku di storytel yaaaa.. ga kebayang sekarang kita bisa dengerin buku jugaaa.. bisa dengerin buku malem malem sebelum bobo ya, bair berasa didongengin.. hihi

    ReplyDelete
  44. Aku tertarik deh pengen mencoba pengalaman mendengarkan buku begini, aku sekarang kan bacanya via ebook dan berusaha meluangkan waktu untuk membaca. Tapi kalau ada begini bisa dengar buku sambil beraktivitas sehari-hari..seru ya...

    ReplyDelete
  45. kalau sudah ngga promo biayanya jadi berapa ya mba? aku juga merasa biaya segitu cukup worthy karena memang fiturnya oke.. memudahkan pelanggan dan kasih pengalaman baru

    ReplyDelete
  46. Dengan aplikas audiobook Storytel, maka membaca buku bisa diganti dengan mendengarkan buku. Sungguh canggih dan praktis. Semoga literasi di Indonesia semakin meningkat.

    ReplyDelete
  47. Makin penasaran sama storytel ini, apalagi buat ibu-ibu, bisa makin produktif dalam aktivitas harian bisa sambil dengerin buku...

    ReplyDelete
  48. Aku lagi menyelesaikan buku di storytel nih kak.. enak banget deh, biasanya aku dengerin sebelum tidur. Jadi ngerasa ada yang bacain aja gitu hehe

    ReplyDelete
  49. seru banget sih Mba, sekarang bisa 'baca buku' rasa mendengarkan podcast sambil multitasking macam bersih bersih atau masak ya Mba...inovasi keren untuk bu ibu yang sibuk ini itu tapi pingin 'baca'

    ReplyDelete
  50. Aku suka banget aplikasi ini mba! Enak sih bisa dengerin buku kapan pun dan dimanapun tanpa terbatas waktu dan kegiatan. Makin produktif, deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dengerin cerita disambi ngerjain kerjaan lain atau sambil ngurus anak ya mba, jadi bisa multitasking nih

      Delete
    2. Mbak Diaz: Asyik ya jadi makin produktif...

      Delete
    3. Mbak Wulan: Iya, jadi lebih efektif waktunya...

      Delete
  51. Sungguh pengalaman baru mendengarkan buku via audio di Storytel ini. Mgkn kita belum terbiasa aja sih. Ntar kalo udh lama pasti juga terbiasa. Kayak makan sambal. Dulu ngga suka pedes, skrg mah nambah terus. Jangan2 ntar aku bisa ketagihan dengerin audiobook via Storytel ini nih. Murah banget paketannya.

    ReplyDelete
  52. Kalau lihat tampilan aplikasinya, sepintas kayak lagi dengerin playlist lagu gitu ya. Siapa sangka, ternyata lagi baca eh dengerin isi buku. Jadi teman tidur pas banget nih, susah tidur, terus dengerin audiobook..aih seru..

    ReplyDelete
  53. sering denger nih tentang storytel, jadi penasaran nyoba aplikasinya. Bagus kayanya

    ReplyDelete
  54. Biaya berlangganan 39rb per bulan memang terjangkau, mengingat bisa baca ratusan buku dengan narator berkualitas (bukan google voice)

    ReplyDelete
  55. kayanya menarik banget ya konsepnya. Belum pernah langganan, bisa coba trial dulu nih

    ReplyDelete
  56. Masyaa Allah banyak banget koleksi buku yang ada di storytel. Nggak akan ngebosenin nih. Bisa puas dengerin banyak buku. Bisa jadi teman kalau lagi perjalanan jauh. Nggak akan ngebosenin selama perjalanan.

    ReplyDelete
  57. Sama mbak aku pun dulu rutin baca buku di angkot, entah kenapa gara-gara hape nih jadi enakan hapean skrg daripada baca buku. Tapi ada audiobook ini bisa menghapus rinduku sama baca buku di perjalanan, bedanya sekarang sambil dibaca sambil didengarkan.

    ReplyDelete
  58. storytel yang lagi happening membuat suasana membaca jadi tambah seru dengan mendengarkan yaa

    ReplyDelete
  59. Saya jadi penasaran nih sama isi buku Honeymoon express. Genre novel metropop salah satu favorit saya tuh. Dan seru juga ya bisa dengerin buku sambil ngerjain kerjaan lain. Nice!

    ReplyDelete
  60. aplikasi audiobook storytel hadir di waktu yang tepat ya, Kak. Di saat semua semakin sibuk karena di new normal. Waktu untuk membuka buku pun terkadang jadi terbatas, beruntung ada storytel jadinya bsia tetap menuntaskan bacaan kesayangan

    ReplyDelete
  61. hahaha aku pun saat ditanya hobi apa, aku juga rada gimna gitu karena semangat membacaku memang ga seperti masa single dulu hehe tapi asyik banget nih storytel bisa digunakan saat lagi diperjlanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, praktis dan bisa didengerin kapan aja dan di mana aja...

      Delete
  62. akhirnya saya bisa baca buku incaran dan beberapa bukufavorit. karena jujurnih selama ini susah banget cari waktu duduk manis terus fokus baca. dengan storytel bisa banget baca dengar semua buku yang diinginkan. aku udah donlot dong, hehehe

    ReplyDelete
  63. storytel enak banget, gak perlu punya ayang buat dongengin soalnya udah ada ayangnya putri marino alias chicco jericko hahaha

    ReplyDelete
  64. Mencari dengan adanya kategori ini ngebantu sekali. Aku mau juga cobain untuk mendengarkan bacaan bermutu melalui Storytell ini

    ReplyDelete
  65. Untuk penggemar bacaan seperti novel misalnya, asik banget nih dimanjain dengan aplikasi Storytel. Tidak perlu repot-repot baca buku,tapi ada fasilitas narator yang bacain.Very simple ya

    ReplyDelete
  66. Kalau pakai storytel, kita bisa baca buku sambil melakukan kegiatan sehari" nih.. Pekerjaan rumah selesai, dan target bacaan kita juga bertambah deh.. Mantap storytel ini..

    ReplyDelete
  67. dulu akupun PD bilang hobi membaca buku, sekarang entah menguap kemana karena berbagai kesibukan emak emak hehe. Oia mbak, Storytel ini jawaban atas hobi yang sempet dilakoni dan sekarang bisa melalui audio deh kalo baca, mantap, solutif banget

    ReplyDelete
  68. seneng ya mbak ada storytel, kita bisa dengerin buku macem-macem
    bisa nyambi masak atau ngerjain yang lain
    nggak ada lagi alabi ga punya waktu deh

    ReplyDelete
  69. Ternyata ada novel Divortiare di aplikasi Storytel. Aku juga pernah baca novel Honeymoon Express itu, Mbak.

    ReplyDelete
  70. Membacakan buku atau cerita ke anak semakin mudah dan menyenangkan ya mba, apalagi anak2ku suka banget cerita pengantar tidur. Wajib download nih.

    ReplyDelete
  71. Keren deh Storytel ini. Bikin yang gak terlalu suka baca, dan sibuk belom bisa baca jadi dapat manfaat dari buku. Cus ah install. Kangen baca buku.

    ReplyDelete
  72. Banyak novel menarik yang enak didenger di Storytel. Soon mau langganan juga ah. Mau coba free trial 7 harinya ^^

    ReplyDelete
  73. Sukaa sama Storytel ada Harry Potter disana, paling enak dengerin pas lagi me time bisa relax

    ReplyDelete
  74. Aku tuh kalau baca buku di kendaraan (angkot, bis, bahkan mobil pribadi) suka mual dan mabuk, kalau pakai storytell aman deh kayaknya, bisa teteup baca buku melalui audio, ngagk bakalan mual juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, dengan storytel bisa tetap menikmati buku di perjalanan...

      Delete
  75. kalau pakai storytel ini jadinya kita tetap bisa menyelesaikan target bacaan kita ya. senang banget deh ada aplikasi ini sekarang

    ReplyDelete
  76. Aku sudah coba juga mbak, dengerin audio negeri lima menara. Solutif banget buat yg sibuk tp pengen hiburan baca novel.

    ReplyDelete
  77. Suka banget pengalaman membaca buku pakai storytel, soalnya gak pakai mata tapi telinga. 😂

    Aku paling suka diceritain soalnya, makanya cocok banget dengerin storytel..

    ReplyDelete