Monday, April 18, 2022

Tips Semangat Olahraga di Rumah

tips semangat olahraga di rumah

Memiliki tubuh yang sehat, tentunya merupakan harapan semua orang. Iya enggak sih? Ya iyalah, siapa coba yang mau hidup sakit-sakitan.... Inginnya tuh kan panjang umur, sehat, bugar, bahagia, dan berdaya hingga tua.

Tentunya diperlukan usaha ya agar harapan tersebut bisa tercapai. Salah satunya yaitu dengan rutin berolahraga.

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh di antaranya yaitu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan ukuran dan massa otot, menambah kapasitas paru-paru, meregenerasi tulang, menjaga kadar gula dalam darah, menjaga tekanan darah, mengatasi nyeri punggung, menjaga berat badan ideal, serta membuat tubuh tetap bugar dan kuat saat lanjut usia.

Selain itu, olahraga bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi baik juga untuk kesehatan mental loh. Yaitu memperbaiki mood, menambah rasa percaya diri, menghilangkan stres, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan gairah seksual, memperlambat penurunan kognitif dan demensia, serta meningkatkan memori.

Olahraga di Rumah

Sayangnya, enggak semua orang memiliki keleluasaan untuk berolahraga di gym atau di luar rumah. Bisa karena pandemi, terlalu sibuk dengan karir/bisnis, atau ibu rumah tangga yang enggak bisa meninggalkan anak-anak di rumah.

Tenang, olahraga enggak harus ke luar rumah kok. Banyak loh olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Eits, tapi bukan termasuk menyapu dan mengepel ya, hehehe....

Pekerjaan domestik di rumah memang merupakan aktivitas fisik, karena melibatkan kontraksi otot untuk bergerak. Tapi bukan berarti karena banyak melakukan pekerjaan domestik menjadi alasan untuk enggak olahraga loh ya. Karena keduanya berbeda.

Jadi, aktivitas fisik itu ada dua macam. Pertama, Non-Exercise Physical Activity (NEPA). Yaitu semua pergerakan yang dilakukan sehari-hari, seperti memasak, mencuci, jalan ke warung, mengejar anak, dan lain-lain.

Serta kedua, Excercise. Yaitu latihan fisik atau olahraga yang terstruktur. Jadi ada frekuensinya (berapa kali per minggu), durasinya (berapa menit per minggu), intensitasnya (dimulai dari pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan), serta jenisnya (latihan kardio, penguatan, kelenturan, dan lain-lain).

Keduanya bagus. Namun keduanya harus sama-sama dilakukan karena NEPA enggak bisa menggantikan Excercise. NEPA memang bisa membakar kalori tetapi enggak bisa meningkatkan kebugaran seperti Excercise. Begitu...

Tips Semangat Olahraga di Rumah

Kembali ke soal olahraga di rumah nih. Olahraga di rumah, sendiri pula, pasti terasa sulit dan berat deh mengumpulkan semangatnya. Nah, saya ada tipsnya nih, bagaimana supaya bisa tetap semangat meski olahraga sendiri di rumah.

Tentukan Tujuan
Pertama, tentukan dulu tujuan olahraganya. Apakah yang penting bergerak dan sehat, atau ingin membakar lemak, membentuk otot, memperbaiki postur tubuh, dan lain-lain. Hal ini akan menentukan tipe olahraga apa yang akan dilakukan. Jadi terarah gitu loh, bukan random asal pilih tipe olahraga atau ikut-ikutan yang sedang tren.

Buat Rencana
Buat rencana olahraga, baik waktu, durasi, maupun tipe olahraganya. Kalau saya biasanya per minggu. Misal target seminggu olahraga minimal 150 menit. Berarti 5 hari dalam 1 minggu minimal olahraga 30 menit. Adapun tipe olahraganya disesuaikan dengan tujuan awalnya tadi.

Gunakan Pakaian Olahraga
Meski di rumah, sebaiknya jangan olahraga pakai daster ya, hihihi.... Selain membuat gerak menjadi lebih bebas dan nyaman, memakai pakaian olahraga juga bisa meningkatkan mood untuk berolahraga.

Olahraga di Depan Cermin
Olahraga di depan cermin itu menyenangkan loh. Bukan hanya bisa menambah semangat dan membuat semakin percaya diri, tetapi juga memudahkan untuk mengevaluasi form gerakan yang sedang dilakukan. Jangan lupa senyum ya, hohoho....

Fleksibel
Meski sudah membuat rencana, apabila ternyata tiba-tiba enggak memungkinkan, enggak masalah kok kalau pada praktiknya akhirnya berubah, baik waktu ataupun tipe olahraganya. Contohnya, niat awalnya mau Lari Pagi nih, tapi ternyata enggak bisa karena sibuk seharian. Ya sudah, ganti Yoga sebelum tidur misalnya. Bebas saja lah, enggak perlu terlalu kaku, yang penting tetap bergerak dan olahraga ya.

Diiringi Musik
Kalau Dance Fitness seperti SHiNE, Salsation, Zumba, dan lain-lain sih sudah jelas ya, gerakannya memang sesuai dengan irama musik. Tapi olahraga lain pun bisa juga loh dilakukan sambil mendengarkan musik supaya semakin semangat. Seperti Strength Training, kalau tanpa musik, duh rasanya tuh ingin cepat-cepat selesai karena terasa membosankan, hehehe....

Dilakukan Bersama-Sama
Memang ya, sekarang banyak channel di Youtube yang bisa dijadikan sebagai panduan olahraga di rumah. Gratis pula. Sayangnya, cuma satu arah. Selain itu, kalau sendiri, rawan malas dan membuat olahraga menjadi enggak konsisten. Makanya akan lebih optimal jika olahraganya dilakukan secara live, bersama-sama dengan peserta lain, dan dipandu dengan instruktur yang interaktif. Toh sekarang sudah banyak tersedia kelas olahraga online.

Booking Kelas Olahraga Online Melalui STRONGBEE

Enggak tahu di mana mencari kelas olahraga online? Enggak perlu bingung, kan ada STRONGBEE.

STRONGBEE merupakan platform digital yang menggabungkan teknologi dan olahraga. Platform ini menyediakan berbagai layanan yang berkaitan dengan fitness, health, dan wellness. Dengan aplikasi ini, kita bisa lebih mudah untuk terhubung dengan instruktur olahraga, ahli nutrisi, psikolog, dan berbagai macam fasilitas olahraga.

booking kelas olahraga online

Meski sudah hadir sejak tahun 2019, tapi saya baru mengunduh aplikasinya awal tahun 2022 kemarin. Aplikasinya sangat user-friendly. Yang saya suka nih, setiap membuka aplikasi ini, kita akan disambut dengan kalimat motivasi yang berbeda-beda.

Berikut beberapa keunggulan STRONGBEE yang saya rasakan.

Pilihan Kelas Olahraga Sesuai Preferensi Pribadi
Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mencari kelas olahraga berdasarkan preferensi dan tujuan olahraga masing-masing. Jadi saat memulai aplikasi, kita diminta untuk menjawab preferensi dan tujuan olahraga. Nanti ada bagian khusus di aplikasi tersebut yang menunjukkan rekomendasi kelas olahraga berdasarkan preferensi kita tadi.


Pilihan Kelas Olahraga Tak Terbatas
Mau mencari kelas olahraga apa? Semuanya ada di sini. Yoga? Hatha, Yin, Bikram, Vinyasa ada. Dance Fitness? SHiNE, Barre, Piloxing, Salsation, Zumba Class ada. Atau Self Defense? Muay Thai, Jiu Jitsu, Aeroboxing juga ada. Lengkap.

Olahraga di Mana Saja dan Kapan Saja
Aplikasi ini memudahkan kita untuk mencari kelas olahraga berdasarkan lokasi dan waktu yang sesuai dengan kebutuhan kita, baik di studio maupun online. Jadi apabila kita klik 'Dance', misalnya. Akan muncul pilihan kelas dengan urutan berdasarkan kedekatan jaraknya dari lokasi kita.

zumba class

Karena kita olahraganya di rumah nih, bisa juga diset dengan filter 'Online'. Selanjutnya tinggal pilih deh kelas yang waktunya sesuai, plus yang harganya cocok di kantong juga dong.

Proses Transaksi Mudah
Aplikasi ini menyediakan layanan dengan proses pembayaran yang sangat mudah dan fleksibel. Kita bisa membayar melalui Go-Pay, Credit Card, Virtual Account, ShopeePay, hingga PayPal. Kalau ingin hemat, bisa juga menggunakan BPASS Credit atau BFLEXI Credit.


Free Membership
Yang paling penting nih, untuk menikmati layanan di aplikasi ini kita enggak dikenakan biaya apapun. Gratis!

Asyik banget kan. Dengan booking kelas olahraga online menggunakan STRONGBEE, enggak ada alasan lagi untuk malas olahraga di rumah.

22 comments :

  1. Olahraga di depan cermin, entah kenapa itu ningkatin mood banget jadi walaupun di rumah tetap semangat olahraga. Wah mantep ini makin semangat dengan aplikasi strongbee, belakangan ini olahraga memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  2. Hihi... walau olahraga di rumah jangan pakai daster juga kali ya mbak, bisa-bisa daster tuh makin banyak robeknya saat melakukan gerakan-gerakan olahraga.

    wah di strongbee ada kelas-kelas olahraga yang bisa diikuti, jadi walau di rumah saja, tetap bisa ikut exercise ya mbak.

    ReplyDelete
  3. Keseringan orang menganggap olahraga bertujuan untuk menjaga berat badan. Padahal banyak banget manfaat untuk kesehatan, dari luar kulit hingga ke dalam jantung, ya. Selama ini aku pun belum pernah punya goal khusus dalam olahraga, setelah baca tulisan ini jadi sadar bahwa goals kita akan menentukan jenis olahraganya, ya. Wah, jadi tercerahkan nih. Dan menarik juga pakai aplikasi STRONGBEE, aku mau coba ah.

    ReplyDelete
  4. ga ada lagi nih alesan malas olahraga di rumah. kan ada aplikasi strongbee. olahraga asik dengan harga terjangkau bahkan bisa gratisan ya mba. mau coba ahhh

    ReplyDelete
  5. Pantesan aku malea olahraga mungkin karen olahraganya pake daster ya jd ribet sendiri. Harusnya emang pake baju olga yg bagus pake sepatu biar moodnya naik. Makasih tipsnya

    ReplyDelete
  6. wajib download nih untuk workout di rumah yah biar enggak kebanyakan rebahan, hehe

    ReplyDelete
  7. Kalau ada aplikasi olahraga seperti ini jadi nggak ada alasan lagi ya buat nggak olahraga karna sangat fleksibel bisa dilakukan dirumah. Dengan adanya aplikasi ini olahraga bisa lebih terarah yaa

    ReplyDelete
  8. Ini bisa pilih kelas offline juga kah mbak? kalau kelas online berupa rekaman atau kelas terjadwal? penasaran dengan strongbee, baru denger nih.

    ReplyDelete
  9. Aku nih sejak hamil mager banget olahraga mba, maboknya lumayan jadi jalan kaki 5 menit aja langsung lemes rasanya. Bisa dicoba nih olahraga ringan di rumah.

    ReplyDelete
  10. Pakai pakaian Olahraga Saat berolahraga emang pilihan aku juga mba. Bikin makin semangat olahraga. Aku udah download juga Strongbee mba dan senang sekali ada aplikasi ini :)

    ReplyDelete
  11. Memang harus atur strategi ya biar nggak malas olah raga. Salah satunya dengan mengikuti kelas senam yang jadwalnya bisa dicari yang pas dengan kita melalui aplikasi strongbee

    ReplyDelete
  12. Seru olahraga beginiii jadi pengen nyoba juga sapa tau aku jadi lebih semangat olahraga

    ReplyDelete
  13. Next levelnya olahraga nih dengan aplikasi Strongbee. Karena gak hanya ada instruktur, tetapi juga sampai ada ahli gizinya. Kalau udah begini, bakal semangat deh berolahraganya.

    ReplyDelete
  14. Kirain olahraga depan cermin itu cuma buat main-main atau gaya-gayaan aja. Ternyata emang ada dampak baik ya. Makin senang dan semangat gitu olahraga nya jadinya...

    ReplyDelete
  15. Jadwal di strongbee tuh bervariasi banget ya. Aplikasi kaya gini tuh solusi banget deh buat aku yang ga bisa keluar rumah dengan bebas.

    ReplyDelete
  16. Hehehe kalau punya cermin gedean senam depan cermin enak tu biar tambah semangat :D
    Wah asyik ada aplikasi yang membimbing utk melakukan olahraga ya mbak, bisa pilih kelas2 juga biar olahraganya lbh teratur

    ReplyDelete
  17. Sejak gak kemana-mana dan aktivitas di rumah aja...aku malah cenderung mager dan mudah lelah. Solusinya memang kudu tetap olahraga. Biar semangat, memilih bantuan dengan menginstal aplikasi STRONGBEE. Ini kabar baik sekali.

    ReplyDelete
  18. Olah raga dirumah solusi ketika pandemi 2 tahun lalu kalau saya olah raga lewat tv maak...
    Besok coba aah aplikasi strongbee ini jadi tertarik

    ReplyDelete
  19. feelnya emang beda kalau olah raga pakai pakaian khusus untuk olah raga jadi lebih semangat apalagi bisa boking class di strongbee, jadi memiliki catatan olah raga apa saja yang sudah dilakukan

    ReplyDelete
  20. Kalau olahraga di rumah kostumnya kudu baju olahraga ya biar lebih semangat, aku sering zumba via YouTube, kalau pandemi sudah mereda sudah bisa nih booking kelas zumba via aplikasi Strongbee.

    ReplyDelete
  21. Saat kuliah dulu, saya selalu nyempetin senam aerobic yang kurang lebih ritme workoutnya hampir sama kayak zumba tapi lebih medium impact. Enak sih Mak kalau olahraganya sejam sebelum buka puasa gitu dan rasanya badan juga lebih seger saat itu karena kegiatan perkuliahan dan organisasi tetap lancar berkat olahraga juga. Sekarang dengan bantuan aplikasi seperti Strongbee malah bisa lebih efektif lagi untuk bisa ngejaga rutinitas olahraga hanya dari rumah.

    ReplyDelete
  22. Walau di rumah aja ternyata bisa olahraga juga ya. Apalagi ada STRONGBEE, memudahkan kita untuk pilih yang sesuai dan bisa punya personal assistant juga heu heu. Keren

    ReplyDelete