Tuesday, November 1, 2022

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

premi asuransi mobil
Sumber: glints.com

Mempunyai asuransi mobil menjadi hal penting yang enggak boleh ketinggalan jika teman-teman mempunyai mobil. Tahu sendiri kan, kondisi lalu lintas enggak dapat diprediksi dan banyak risiko saat berkendara. Pemilik mobil bisa menghindari kerugian dengan menggunakan asuransi. Namun sebelumnya, perlu teman-teman pahami dulu perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO.

All risk dan TLO adalah dua jenis asuransi yang bisa dipilih untuk mobil. Selama ini masih banyak orang yang bingung memilih di antara keduanya. Nah, agar lebih jelas inilah perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO yang bisa teman-teman pahami.

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Agar bisa dengan mudah membedakan asuransi mobil all risk dan TLO maka harus membahasnya satu per satu terlebih dahulu. Berikut adalah ulasannya:

1. Mengenal Asuransi TLO

asuransi mobil tlo
Sumber: pelitabanten.com

Pertama yang akan diulas di sini ada asuransi TLO. Sesuai dengan namanya Total Loss Only adalah asuransi yang memberikan proteksi atau perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan. Kehilangan di sini merujuk pada kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan karena pencurian atau perampasan. TLO akan memberikan jaminan risiko akibat pencurian serta kerusakan jika biaya perbaikan berada pada kisaran sama dengan atau melebihi 75 persen dari harga kendaraan ketika belum mengalami kerugian.

Ketika orang mengalami peristiwa pencurian mobil oleh orang yang enggak bertanggung jawab, oleh pihak asuransi hal itu disamakan dengan adanya kerusakan pada mobil secara total. Nantinya asuransi TLO yang akan menanggung semua kerugian atas kehilangan tersebut dan pemilik mobil enggak perlu mengeluarkan dana apapun.

Contohnya, ada sebuah mobil telah mengalami kerusakan akibat kecelakaan yang cukup parah. Hal itu mengharuskan adanya perbaikan yang membutuhkan dana sebesar 150 juta rupiah. Bila ditaksir, harga mobil itu sendiri kisaran 200 juta rupiah. Melihat perkiraan besar biaya perbaikan yang sudah melebihi 75 persen harga mobil terkait, maka semua biaya perbaikan akan ditanggung asuransi TLO.

Perlu diingat di sini, asuransi TLO ini enggak akan memberikan pertanggungan apabila mobil mengalami kerusakan yang nilainya enggak sampai 75 persen dari harganya. Misalnya bemper penyok atau pencurian spion. Hal itu di luar pertanggungan asuransi dan pemilik mobil harus mengeluarkan biaya perbaikan sendiri.

2. Mengenal Asuransi All Risk

asuransi mobil all risk
Sumber: id.pinterest.com

Jenis asuransi yang berikutnya adalah All Risk. Asuransi ini memberikan perlindungan secara menyeluruh dari beragam jenis kerusakan yang mungkin terjadi. Baik itu kerusakan minor atau berat, semua ditanggung oleh asuransi komprehensif ini.

Kerusakaan seperti baret halus, penyok, dan kerusakan kecil yang lain sampai kerusakan mobil dengan kondisi yang parah seperti bodi mobil yang berubah bentuk karena kecelakaan, hingga pencurian mobil, asuransi All Risk yang menanggung semua biaya perbaikan dan penggantiannya. Semua itu dapat ditanggung pihak asuransi asal sudah sesuai dengan apa yang tertulis pada polis.

Bukan hanya untuk perlindungan pada diri sendiri dan objek bergerak yang ada di sekitar, asuransi ini juga melakukan perluasan proteksi atau perlindungan yang lebih menyeluruh. Perluasan itu mencakup kemungkinan adanya bencana alam seperti banjir atau gempa. Kerusakan mobil yang dikarenakan adanya huru hara atau kerusuhan dan tanggung jawab pihak ketiga pun ditanggung dalam asuransi All Risk ini.

Dari penjelasan tadi dapat dilihat bahwa perbedaan asuransi all risk dan TLO terletak pada cakupan perlindungannya. Asuransi TLO hanya menanggung kerugian atau biaya perbaikan untuk mobil yang dicuri dan hilang, sementara asuransi All Risk memberikan proteksi pada semua jenis kerusakan mobil baik itu ringan atau berat.

Keduanya sama-sama bisa menjadi perlindungan yang baik untuk mobil. Jika teman-teman berminat membeli asuransi mobil, silahkan mengunjungi Cekpremi.com. Di sini teman-teman bisa membandingkan berbagai asuransi sehingga mendapatkan produk yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar premi asuransi mobil. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera lindungi kendaraan teman-teman dengan asuransi sekarang juga!

No comments :

Post a Comment