Sunday, June 18, 2023

Me Time Sambil Nostalgia Bermain Game di solitaire.org

free online solitaire game

Pentingnya Me Time

"Dulu saya tuh suka maksain diri. Ngurusin anak, nemenin orang tua, beresin kerjaan rumah, sambil ngelola usaha juga. Pokoknya semuanya harus perfect. Jujur, mental ngerasa enggak sehat. Ujung-ujungnya suka emosi dan anak jadi korbannya. Sekarang, saya lebih santai, enggak apa-apa rumah enggak rapi, yang penting bisa tetap waras."

Begitu sharing salah seorang bunda di acara kajian pola asuh di sekolah Rashya beberapa waktu yang lalu.

Yup, ibu-ibu tuh kadang suka begitu ya. Semua harus diselesaikan sendiri. Ingin menjalankan perannya sebagai istri, ibu, anak, dan anggota masyarakat dengan sempurna. Namun sebaliknya, menjadikan diri sendiri sebagai prioritas terakhir. Akhirnya malah menjadi stres, bahkan burn out. Padahal kebahagiaan anak berawal dari ibu yang bahagia kan.

Makanya, kesimpulan dari kajian pola asuh kemarin, penting sekali bagi kita nih ibu-ibu untuk menyediakan waktu bagi diri sendiri. Sempatkan untuk beristirahat sejenak dari semua kesibukan dan connect dengan diri sendiri.

Kami pun para peserta kajian ditanya, apa saja nih me time favoritnya. Rupanya ada yang senang berolahraga, makan mi instan, mendengarkan musik, belanja online, dan lain-lain.

Kalau saya sih me time favoritnya ada banyak, tergantung kebutuhan. Contohnya:
  • Kadang sesimpel rebahan di kasur sambil melamun dan melihat langit lewat jendela. Cukup 10-15 menit tapi nikmat banget deh, hihihi....
  • Atau makan mi instan dilanjut ngemil keripik sambil menonton drakor. Enggak sehat, tapi enggak apa-apa asal jangan sering-sering, hehehe....
  • Olahraga. Pertama, SHiNE Dance Fitness yang bukan hanya bisa menyehatkan fisik, tapi juga menyehatkan mental. Dijamin banjir hormon endorfin dan jadi happy seharian. Atau lari, cocok kalau lagi galau.
  • Bermain game. Gamenya yang ringan-ringan saja, yang bisa dimainkan di ponsel sambil rebahan, hohoho....

Manfaat Bermain Game

Bermain game itu bukan hanya sekadar aktivitas untuk mengisi waktu luang loh, banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat bermain game yang saya rasakan:
  • Mengembangkan keterampilan kognitif. Bermain game dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti pemecahan masalah, konsentrasi, perhatian, pemrosesan informasi, dan kecepatan berpikir.
  • Meningkatkan keterampilan motorik. Bermain game juga dapat membantu meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata.
  • Meredakan stres. Bermain game dapat menjadi sumber hiburan dan relaksasi yang efektif. Aktivitas ini dapat membantu mengalihkan pikiran dari stres serta mengurangi tingkat kecemasan.

Game Favorit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saya tuh senangnya main game di ponsel. Supaya praktis saja gitu, bisa sambil rebahan, enggak perlu duduk manis di depan laptop atau PC. Jenis gamenya pun yang pendek-pendek saja. Maksimal bisa dimainkan setengah jam, sudah cukup untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Mobile game favorit saya yaitu PUBG Mobile. Bikin ketagihan. Deg-degan tapi seru saat harus bertahan selama mungkin dalam zona bermain dan tetap fokus ketika berhadapan dengan musuh. Saya merasa lebih rileks setelah selesai bermain game yang lumayan memicu adrenalin ini.

Sayangnya, sejak memori ponselnya penuh, terpaksa saya menghapus aplikasi tersebut. Akhirnya enggak pernah main game lagi deh, hiks....

Tentang solitaire.org

Hingga beberapa waktu yang lalu, saya membaca mengenai solitaire.org di artikel yang ditulis oleh teman blogger. Wah, langsung penasaran dan ingin mencoba. Soalnya dulu saya sering memainkan game Solitaire ini di PC kantor waktu masih kerja.

Ternyata memang asyik banget deh, jadi nostalgia. Cuma bedanya, kali ini saya mainnya bisa di ponsel sambil rebahan, hihihi.... Selain gratis, basisnya pun website yang bisa dibuka melalui browser. Yeay! Enggak perlu memasang aplikasi di ponsel, jadinya device memory friendly. Serta yang lebih kerennya lagi nih, game ini merupakan aplikasi web progresif yang bisa dimainkan secara offline. Asyik banget kan.

Sesuai dengan namanya, di solitaire.org kita bisa memainkan berbagai macam versi Solitaire. Bukan hanya Classic Solitaire, tetapi juga Classic Klondike, Cup of Tea, Freecell Klondike, Kings Klondike, Klondike Solitaire, Gargantua Double Klondike, Gold Coast Klondike, dan lain-lain. Banyak banget, teman-teman cek sendiri deh.

Meski begitu, selain Solitaire, kita juga bisa memainkan ratusan game lain loh. Game tersebut dikelompokkan berdasarkan kategori Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzles, dan Word.

Nostalgia Bermain Game di solitaire.org

Dari ratusan game yang terdapat di solitaire.org, berikut beberapa game favorit saya.

Classic Solitaire
Pertama, game favorit saya di solitaire.org ini tentu saja Classic Solitaire. Tujuan dari permainan ini adalah mengumpulkan kartu sesuai urutan (dari As sampai King) berdasarkan jenisnya (sekop, hati, wajik, dan keriting).

Seru. Game ini enggak perlu terlalu banyak berpikir, yang penting teliti saja memerhatikan setiap jenis, warna, dan angka kartu yang terbuka. Alhamdulillah, sementara ini skor tertinggi yang berhasil saya dapatkan yaitu 648 poin.

classic solitaire

Teman-teman suka bermain juga dan merasa kesulitan? Tenang, diperkirakan sekitar 21% pada game ini enggak bisa dimenangkan. Memang kartunya enggak bisa diutak-atik lagi. Jadi kalau kalah, enggak perlu sedih, mulai dari awal saja ya.

Classic Minesweeper
Classic Minesweeper juga menjadi game favorit zaman saya masih kerja. Seperti Classic Solitaire, game ini sama-sama merupakan game bawaan dari Windows. Sama-sama enggak perlu banyak berpikir, yang penting teliti. Serta sama-sama mudah ditutup kalau Pak Bos tiba-tiba muncul, hihihi.... Senang banget ada game ini di solitaire.org.

Tujuan dari permainan ini yaitu menandai kotak yang berisi ranjau berdasarkan petunjuk angka di kotak sekelilingnya. Terdiri dari 3 macam tingkat kesulitan. Mulai dari yang Easy (9x9 kotak, 20 ranjau), Medium (10x12 kotak, 40 ranjau), dan Hard (12x14 kotak, 80 ranjau).

classic minesweeper

Cukup menantang dan memicu adrenalin. Untuk yang Easy, waktu tercepat saya yaitu 35 detik. Adapun yang Medium, waktu tercepat saya yaitu 1 menit 16 detik. Sedangkan yang Hard, saya belum pernah berhasil menang. Selalu terhambat kehabisan petunjuk, sehingga akhirnya membuka kotak secara acak, lalu kena ranjau deh, hiks....

Zuma Legend
Zaman dulu, saya juga suka bermain Zuma Deluxe. Ternyata di solitaire.org ada yang mirip, namanya Zuma Legend.

Tujuan permainan ini adalah untuk menghilangkan semua bola yang keluar dari lubang awal dan menggelinding di sepanjang jalur sebelum bola tersebut masuk kembali ke lubang akhir. Cara menghilangkannya yaitu dengan menembakkan bola ke arah bola dengan warna yang sama. Seru banget. Apalagi pas lubang awalnya ada 2 (level 20 ke atas). Duh, deg-degan dan rusuh kejar-kejaran dengan si bola.

zuma legend

Dibandingkan dua game sebelumnya, Zuma Legend ini memang paling bahaya sih, bahaya enggak bisa berhenti. Soalnya ada level-levelnya, semakin tinggi levelnya, semakin penasaran enggak bisa berhenti. Dari total 100 level, sejauh ini level tertinggi saya yaitu level 26, keburu mengantuk, heuheu....

Penutup

Jadi, jangan lupa me time ya. Mau sekalian sambil nostalgia bermain game jadul? Di solitaire.org saja. Asalkan main gamenya tetap bijak, jangan sampai lupa waktu ya, hehehe.... Selain itu, main gamenya pun enggak perlu terlalu ngoyo lalu membandingkan pencapaian diri dengan pencapaian orang lain. Yang penting seru-seruan saja menantang diri sendiri.


24 comments :

  1. Wah jadi ingat saat masih kerja di kantor suka banget main Game ini
    Seru dan menyenangkan

    ReplyDelete
  2. Game-game solitaire memang seru, masih jadi permainan favorit sampai sekarang. Bermain kartu menantang dan bikin greget sih memang, paling asyik juga main zuma. Menariknya itu di setiap level ada tantangannya sendiri, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  3. Kayaknya pengen perfect itu sindrom ibu2 muda yaa.. Soalnya dulu saya juga demikian, tapi seiring waktu jadi lebih santuy hehehe. Btw, saya juga suka main solitaire. Kalau anak saya suka coba minesweeper dan zuma. Saya malah belum pernah coba main game2 onlen semacam pubg dan temen2nya..

    ReplyDelete
  4. Aku awalnya juga seperfeksionis ituuu. Apa2 harus sendiri dan standarnya tinggi. Eh tapi capekkk kakaaa wkwkwk. Akhirnya menurunkan standar dan lebih woles aja. ya bener kaya main game favorit. Aku sering main Solitaire lagi buat releasing stress juga sii.

    ReplyDelete
  5. Mkl me time bunda mah gampang banget tp saratnya hrs betes dl dl tih kerjaan: masuk kamar, lempar badan ke.kasur empuk elus dada sambil memxesah: hhheeehhh nimatnya hidup ini, liat langit putih dan biru melalui jendela yg terbuk lebar2.

    ReplyDelete
  6. Sampai sekarang saya masih main game ini. Karena ringan dan gak bikin emosi hahaha. Udahlah sekarang saya lebih suka game yang memang bener-bener santai.

    ReplyDelete
  7. eman gak ada obat me time main game, apalagi ditemani dengan camilan. bisa suka lupa waktu. Nah, buat ibu pekerja minggu depan banyak liburnya tuh, bisa me time deh main game ini

    ReplyDelete
  8. bener - bener nostalgia banget nih mba aku heheh. Awal - awal main game di computer ya Solitaire ini

    ReplyDelete
  9. Dulu pas aku kerja di Jakarta, kayak jadi ketua genk buat main zuma legend. Dibuat kayak pertandingan, buat seru seruan. Rasanya pengen nostalgia nih main zuma legend.

    ReplyDelete
  10. semenjak lahiran anak kedua aku lebih slow sih menghadapi ritme kerjaan ibu rumah tangga, kalo dipaksain kadang bikin stress sendiri :D
    jadi ya kalo aku capek, aku bakal rebahan, nonton drakor atau main game ringan. di solitaire juga udah pernah nyobain, permainannya banyak banget ya dan seru-seru

    ReplyDelete
  11. Aku masih suka main game jadul, gak bikin banyak mikir, tapi enak buat ilangin stres. Kalau gak mau donlot aplikasi, paling bener ke website solitaire aja sih. Buanyak pilihannya

    ReplyDelete
  12. Iya memang Solitaire ini game yang melegenda pokoknya. Dari zaman saya masih kerja apa kuliah suka main game ini di komputer malahan. Dulu laptop masih jarang tapi game Kaya Zuma, Spider Solitaire ama Mahjong langganan saya mainkan buat ngisi waktu senggang.

    ReplyDelete
  13. Ih beneran loh, solitaire itu semenyenangkan itu. Aku juga jaman puyeng skripsi mainnya solitaire. Abis ngegame sebentar udah fresh lagi pikiran buat lanjut ngerjain tugas tugas.

    ReplyDelete
  14. Me time main game itu emang menyenangkan banget loh Mom, seru bikin makin happy, rileks dan semangat muncul lagi! Murah meriah pula, ya!

    ReplyDelete
  15. iya ih jadi kangen main Solitaire karena ini memang game pertama yang aku mainin di komputers sejak jaman SMP dulu. Waktu pertama kali punya komputer dan ada gamenya ini.

    ReplyDelete
  16. Me time itu penting
    Biar ibu tetap waras ya mbak
    Main game di solitaire bisa jadi me time terbaik

    ReplyDelete
  17. Aku pikir solitaire.org ini hanya mainan games classic.
    Ternyata ada banyak banget pilihannya.
    Dan anakku kadang juga belajar ama games-games klasik begini. Hihi.. efek bosen ama Roblox, Maincraft dan kawan-kawannya.

    ReplyDelete
  18. Ini permainann disela2 aku klo lagi.mentok nulis laporan kak.. seru soh dan bikin penasaran tapibdah lama juga gak pernaih main

    ReplyDelete
  19. aku me-time dengan membaca buku, ehem, haha...
    enggak ada game di HP-ku tapi solitaire ini menarik juga karena tidak perlu install yah. Bisa langsung buka browser aja, maklum lagi hemat space memory HP.

    ReplyDelete
  20. Ya ampun kok pas banget, aku barusan aja bikin mie instan pedas mbak, terus lanjut ngopi dan ngidupin laptop. Niatnya menyelesaikan kerjaan, tapi malah asyik nge game. Pas baca ini, kok pengen cobain ngegame di solitaire

    ReplyDelete
  21. Ya ampun game jaman kuliah , suka mainan di komputer lab kampus, sambil nunggu jadwal praktikum

    ReplyDelete
  22. Game favorit jaman sekolah niih, ahaha. Ternyata sekarang muncul lagi dan bisa dimainkan online yaa. Bahkan gak cuma solitaire aja yang ada, tapi game lainnya juga. Enaknya, kita gak perlu install pula, jadi memudahkan untuk main sambil menghilangkan kebosanan tanpa perlu isi isi data :D

    ReplyDelete
  23. wah iyaa.. dulu terbatas banget memang game tuh ya.. solitaire, minesweeper, zuma, pun sudah cukup menghibur, iseng mengisi waktu di komputer, hihi.. tapi dari tiga ini yang jarang aku mainkan dulu adalah minesweeper, cepet banget klik bom akunya wkwkwk xD

    ReplyDelete
  24. Duh iyaaaa, solitaire minisweeper tuh mainan jaman kecil yaaaaaa.. berasa nostalgia main ini yaaa.. jadi pengen main solitaire lagi niiih

    ReplyDelete