Monday, March 4, 2024

Pentingnya Asuransi Jiwa Syariah dalam Perencanaan Keuangan


Asuransi, Penting Enggak?

Adakah teman-teman yang menganggap bahwa asuransi itu enggak penting?

Saya juga dulu sempat begitu. Rajin membuat rencana anggaran keuangan, mendahulukan untuk menyetor tabungan daripada belanja, menghemat pengeluaran, konsisten mencatat pengeluaran, dan lain-lain. Tetapi rasanya tuh berat untuk memiliki asuransi.

Padahal saya paham banget loh bahwa asuransi itu ibarat payung. Payung memang enggak bisa menjamin supaya hujan enggak akan turun, tetapi seandainya hujan turun, payung bisa menjamin supaya enggak kebasahan.


Saya juga bukan orang dengan kondisi keuangan yang super stabil, sehingga merasa bisa menangani risiko keuangan tanpa bantuan asuransi. Justru saya sadar dan khawatir sekali bahwa apapun bisa terjadi.

Rupanya, yang membuat saya enggan untuk memiliki asuransi itu karena malas membayar uang kontribusi asuransi. Rasanya kok sayang ya mengeluarkan uang untuk hal yang belum pasti, hehehe.... Hingga akhirnya saya merasakan sendiri manfaat asuransi.

Saat saya harus dikuret, saat suami harus operasi gigi bungsu suami (tampak remeh tapi biayanya besar juga, apalagi gigi yang diangkat ada empat), saat suami harus operasi varikokel (katanya biayanya sampai puluhan juta), saat melahirkan Rashya, atau saat Jav harus melakukan perawatan gigi (coba hitung berapa biaya yang harus dikeluarkan karena bolak-balik perawatan seminggu dua kali selama tiga bulan), alhamdulillah merasa terbantu sekali dengan asuransi.

Pentingnya Asuransi Jiwa Syariah dalam Perencanaan Keuangan

Jenis asuransi itu ada bermacam-macam. Kebutuhannya tergantung pada tahap kehidupan dan jumlah anggota keluarga. Makanya kebutuhan asuransi untuk seseorang yang masih lajang, berbeda dengan seseorang yang baru mempunyai anak, dan berbeda juga dengan seseorang yang anak-anaknya sudah dewasa.

Salah satu asuransi yang sangat penting untuk dimiliki bagi seseorang yang bertugas sebagai pencari nafkah di keluarga yaitu asuransi jiwa. Alhamdulillah sejak awal kami menikah, suami sudah memiliki asuransi jiwa. Dan sebagai seorang Muslim, tentunya beliau pun memilih asuransi jiwa Syariah kapital dong ya.


Asuransi jiwa syariah memiliki peran penting dalam perencanaan keuangan. Berikut alasannya.

1. Perlindungan Keluarga
Jika meninggal, asuransi jiwa Syariah memberikan perlindungan finansial kepada keluarga.

2. Pengganti Pendapatan
Jika yang meninggal adalah penyandang keluarga, asuransi jiwa Syariah dapat menggantikan pendapatan yang hilang serta memastikan bahwa keluarga tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mempertahankan gaya hidup.

3. Pembiayaan Pendidikan
Manfaat asuransi jiwa Syariah dapat digunakan untuk mendukung biaya pendidikan anak-anak, memberi mereka kesempatan untuk meraih impian mereka.

4. Dana Peninggalan
Asuransi jiwa Syariah dapat menjadi bagian dari peninggalan untuk keluarga atau dapat digunakan sebagai dana darurat untuk mengatasi keadaan darurat keuangan.

5. Dana Darurat
Asuransi jiwa Syariah juga dapat digunakan sebagai dana darurat untuk mengatasi keadaan darurat keuangan.

Yup, asuransi jiwa Syariah bukan hanya alat perlindungan, tetapi juga bagian yang enggak terpisahkan dari perencanaan keuangan yang bertujuan untuk memberikan keamanan finansial keluarga. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS An-Nisa : 9, "dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir tehadap (kesejahteraannya)”.

Apalagi dalam pengelolaannya, asuransi jiwa Syariah juga menggunakan konsep tolong- menolong. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS A-Maidah : 2, ”… dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan ketaqwaan….”.

Asuransi Jiwa PRUAnugerah Syariah

Asuransi Jiwa Syariah PRUAnugerah Syariah merupakan salah satu produk unggulan asuransi jiwa Syariah dari Prudential Syariah. Keunggulan asuransi jiwa syariah ini yaitu Asuransi Jiwa Syariah Dengan Dana Usia Mapan yang memberikan peninggalan penuh berkah untuk keluarga.

PRUAnugerah Syariah mempunyai 8 manfaat yang disebut dengan 8 Anugerah. Di antaranya yaitu:

1. Manfaat Dana Usia Mapan
Besarannya diproyeksikan hingga 100% dari total kontribusi yang akan dibayarkan sekaligus. Dengan dana ini, peserta yang diasuransikan dapat tetap memenuhi kebutuhan keluarga, menyiapkan masa pensiun, dan membantu mempertahankan gaya hidup.

2. Perlindungan hingga usia 120 tahun
Bisa tetap didapatkan meskipun Manfaat Dana Usia Mapan telah dibayarkan.

3. Santunan Asuransi
Besarannya hingga 150%. Manfaat ini dapat digunakan sebagai peninggalan jika terjadi risiko meninggal dunia.

4. Santunan Meninggal Akibat Kecelakaan
Besarannya hingga 350% jika terjadi kecelakaan dalam periode mudik lebaran Idulfitri serta perjalanan ibadah umrah dan haji.

5. Manfaat Bebas Kontribusi
Apabila peserta yang diasuransikan terdiagnosis 1 daro 60 kondisi penyakit kritis sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis.

6. Hemat Kontribusi
Besarannya hingga 50%.

7. Fleksibilitas Pilihan Pembayaran
Dengan pilihan periode pembayaran 5, 10, atau 15 tahun sesuai kebutuhan untuk mempersiapkan dana peninggalan dan bentuk perencanaan finansial jangka panjang dalam masa produktif.

8. Tersedia Layanan Wakaf
Sebagian manfaat santunan asuransu dapat diwakafkan (maksimal 45% dari total santunan asuransi dan maksimal 33% dari Manfaat Dana Usia Mapan) untuk mencapai hidup yang lebih berkah.

Masih banyak produk asuransi syariah lain dari Prudential Syariah. Untuk informasi lebih jelas, teman-teman bisa membuka di website https://www.prudentialsyariah.co.id/id/.. Serta menampilkan informasi produk dengan lengkap.

19 comments :

  1. penting banget punya perlindungan, minimal asuransi jiwa, dengan syariah tuh sistemnya sepertinya lebih ringan, karena emang beda kan ya dengan konven dan insyaAllah nggak riba. manfaat asuransi prudential syariah juga lengkap banget

    ReplyDelete
  2. Tentu saja perlindungan keluarga dengan memiliki asuransi jiwa itu penting. Jadi punya persiapan masa depan jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Asuransi Jiwa Syariah PRUAnugerah Syariah ini oke banget, pelindungan hingga 120 tahun.

    ReplyDelete
  3. Asjiw ini sebenernya penting banget buat kepala keluarga yang bertugas mencari nafkah. Sebagai bentuk proteksi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan di masa depan. Yang penting sesuai syariah juga.

    ReplyDelete
  4. Banyak sekali benefit yang didapat dari asuransi jiwa syariah ini ya mom. Rekomendasi banget nih Asuransi Jiwa Syariah PRUAnugerah Syariah untuk keluarga

    ReplyDelete
  5. Orang dulu mikir asurasi bakal ini itu, termasuk soal riba, tapi sebenarnya banyak juga manfaatnya. Apalagi sekarang ada yang syariah juga. Jadi lebih banyak pilihan kan

    ReplyDelete
  6. Penting banget dong arusansi kalau menurut aku, karena sudah merasakan manfaatnya selama ini untuk perlindungan diri maupun keluarga. Pru Syariah punya produk Asuransi Jiwa Syariah PRUAnugerah patut cari tahu lebih banyak nih buat teman-teman yang belum punya asuransi

    ReplyDelete
  7. Wuih mantab, prudential nih emang juara banget soal inovasi produknya ya. Seperti bagus membaca pasar. Apalagi di Indonesia kan mayoritas muslim. Jadi asuransi pun maunya yg sesuai syariah.

    ReplyDelete
  8. Dulu aku gak terlalu memikirkan asuransi mba. Pas sudah punya anak terasa sekali pentingnya asuransi. Saya sangat terbantu dengan beberapa asuransi dari kantor suami dan mulai mempertimbangkan untuk mulai coba daftar asuransi pribadi nih

    ReplyDelete
  9. Memang sih, yang tidak menyenangkan dari asuransi adalah bayar preminya hahaha. Menerima santunannya juga sebenarnya tidak menyenangkan.....karena itu berarti ada yang sakit/meninggal. Maksudnya kan, lebih baik nggak terima duit ketimbang sakit/meninggal kan? Namun, maut adalah misteri. Tubuh pun tak selalu bisa kita jaga sehatnya. Jadi memang asuransi sangat penting.

    ReplyDelete
  10. Ternyata, setelah kejadian, baru ketauan bahwa ketersediaan dana darurat ini penting. Apalagi untuk kesehatan. Kalau ga ada dana yang bisa digunakan dan lebih memilih menunda pengobatan, juga pastinya merugikan. Bisa mencoba menggunakan produk terbaru Asuransi Jiwa Syariah PRUAnugerah Syariah yang memiliki banyak sekali perlindungan sesuai dengan kebutuhan diri sendiri dan keluarga.

    ReplyDelete
  11. Asuransi jiwa adalah kebutuhan primer menurutku
    Ditengah semua ketidakpastian dalam hidup, adanya asuransi jiwa memberikan kita proteksi

    ReplyDelete
  12. Harus diperhatikan ini
    Jangan sampai salah pilih asuransi
    Bisa nangis gak berhenti
    Apalagi kalau ada anggota keluarga yang ikut menjahili

    ReplyDelete
  13. Nah iya, Teh, saya dulu juga beranggapan kalau asuransi itu gak penting. Merasa sudah cukup dengan menabung aja.
    Tapi sekarang jadi sadar, kalau asuransi itu penting banget. Dan sangat membantu ketika dihadapkan dalam situasi yang genting.

    ReplyDelete
  14. Setuju mbak, yang namanya asuransi bukan hanya soal perlindungan tetapi juga terkait dengan ketahanan keuangan. Makanya sebaiknya dalam setiap keluarga minimal satu org terutama pencari nafkah utama memilikinya. Aku pun kalau asuransi memilihnya yang syariah biar nyaman dan tenang.

    ReplyDelete
  15. Iya, asuransi itu terlihat belum ada manfaatnya ketika ya tidak digunakan. Tapi tentu saja asji itu rada ngeri-ngeri sedap kan ya. Minimal, pencari nafkah keluarga punya lah satu, pilih asji yg syariah supaya berkah.

    ReplyDelete
  16. Penting Mbaa..
    Meskipun per bulan harus ngeluarin dana lebih buat bayar asuransi tapi sebanding dengan manfaatnya
    Malah lebih teratur cash flow keuangannya

    ReplyDelete
  17. Asuransi penting banget untuk perlindungan keluarga ya biar lebih tenang hatinya kita memilih pakai asuransi syariah

    ReplyDelete
  18. Saya juga saat ini sedang memikirkan dan fokus untuk bisa memiliki asuransi agar keluarga saya kelak bisa terlindungi dalam segala hal yang mungkin bisa terjadi

    ReplyDelete
  19. memiliki perlindungan jiwa itu penting ya, kalau sakit atau ada kendala kesehatan jadi lebih tenang adanya asuransi syariah. perlu menyisihkan anggaran untuk itu

    ReplyDelete