Monday, September 30, 2013

Resep Sehat Untuk Si Gila Kerja dan Si Aktif

Perkenalkan dua jagoan saya! :D

Si Gila Kerja dan Si Aktif yang kini sudah berusia 2,5 tahun
Si gila kerja, selalu bersungguh-sungguh pada pekerjaannya. Dia tahan berpikir dan duduk di depan komputer hingga berjam-jam lamanya. Sedangkan si aktif, usianya sedang berada dalam masa optimal perkembangan otak dan motoriknya. Rasa penasarannya begitu besar. Berlari kesana-kemari, loncat kesana-kemari, mengeksplor setiap sudut rumah, adalah kegiatan sehari-harinya. Tentu saja sudah menjadi kewajiban saya untuk menyediakan makanan yang sehat bagi mereka, sehingga kebutuhan nutrisi mereka dapat terpenuhi. Berikut resep sehat ala saya untuk si gila kerja dan si aktif.

Jadwal Makan Teratur
Saat ini sedang marak berbagai macam diet. Mulai dari food combining hingga Obsessive Corbuzier's Diet yang kontroversial itu. Saya bukan penganut aliran diet mana pun. Sebagai penderita maag, saya menganut aliran makan besar tiga kali sehari dan makan selingan minimal dua kali sehari :D Karena selain menghindari maag, makan teratur juga dapat menjaga kandungan gula dalam darah. Kebiasaan ini tentu saya terapkan juga pada kedua jagoan saya.

Sesibuk apapun dan sesederhana apapun masakan saya, makanan besar yang saya sediakan untuk kedua jagoan saya harus mengandung karbohidrat, protein, dan sayur, baik itu ketika sarapan, makan siang, maupun makan malam. Oh iya, jangan abaikan sarapan. Sarapan sangat penting sebagai asupan nutrisi bagi tubuh dan otak kedua jagoan saya agar siap melakukan berbagai aktivitas di siang hari.

Adapun makanan selingan yang saya sediakan adalah buah untuk di pagi hari menjelang siang. Buah kaya akan serat, vitamin, mineral dan antioksidan. Untuk mengoptimalkan manfaatnya, buah baik dikonsumsi selama 20-30 menit sebelum makan.

Sedangkan di sore hari, saya biasa menyediakan cemilan berat yang padat kalori berupa one dish meal seperti schotel, cream soup, dan lain-lain. Pilihan menunya tergantung cuaca dan tentunya tergantung request si gila kerja dan si aktif juga dong :) Selain itu, saya juga selalu menyediakan makanan ringan di rumah seperti biskuit, cake, atau roti.

Makanan Homemade
Bukannya saya anti terhadap makanan non-homemade. Saya juga suka kok jajan di luar untuk menuntaskan hasrat berwisata kuliner :D Tapi sebisa mungkin, saya selalu menyediakan makanan homemade di rumah. Kenapa harus homemade?
  • Terjamin segar, karena saya sendiri yang memilih dan menyimpan bahan-bahan makanan seperti daging, ikan, telur, sayur, dan buah.
  • Terjamin aman, tidak mengandung bahan pengawet, bahan penyedap buatan, bahan pewarna buatan, dan zat aditif lainnya.
  • Terjamin bersih, karena saya sendiri yang mengolahnya.
  • Terjamin berkualitas. Namanya juga masak untuk orang yang dicintai, tentu saya memilih bahan dengan kualitas terbaik untuk kedua jagoan saya, seperti tepung, gula, minyak, dan lain-lain.

Untuk minyak yang berkualitas, saya memilih SunCo. Kenapa SunCo (sumber)?
  • Kesegarannya terjaga karena pengolahan dimulai tidak lebih dari 24 jam setelah buah sawit dipetik.
  • Warna minyak lebih bening, karena melalui 3 kali proses penyaringan dan 2 kali proses pemurnian.
  • Dapat diminum. Sifat dan karakter minyak ini seperti air, tidak lekat atau berbau sehingga tidak menyangkut atau gatal di tenggorokan.
  • Tidak mudah beku pada suhu rendah, karena merupakan minyak jenuh terendah dibanding yang lainnya, sehingga meminimalkan peningkatan kolesterol.
  • Merupakan minyak goreng pertama dengan Fortifikasi Vitamin A dari Jerman, sehingga Vitamin A tidak hilang pada waktu dipanaskan.

Sumber
Minum Air Putih
Tidak ada yang menyangkal bahwa air putih mempunyai khasiat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Kandungan mineral dalam air putih yang diminum sebanyak minimal 8 gelas per hari, dapat membuat tubuh sehat dan bekerja secara maksimal.

Saya selalu menyediakan air putih di tempat yang terjangkau, sehingga si aktif dapat dengan mudah mengisi gelasnya jika sudah kosong. Selain itu, setiap bepergian, saya juga tidak pernah lupa untuk selalu membawa air putih.

Madu dan Kurma sebagai Suplemen Alami
Sudah tidak ada lagi yang meragukan manfaat madu dan kurma. Setiap pagi, setelah bangun tidur, selain minum air putih, saya juga membiasakan si gila kerja dan si aktif untuk minum madu dan makan kurma sebagai salah satu makanan selingan. Khusus untuk si aktif yang tidak terlalu suka dengan tekstur kurma, saya menyajikannya dalam bentuk nabeez.
Cara membuat nabeezCampur 17 butir kurma dengan 500 ml air. Diamkan semalaman, lalu saring dan minum airnya. Untuk 2-3 kali minum. (Sumber)
Makanan Sehat Bukan Berarti Tidak Enak
  • Penyedap rasa alami bisa didapatkan dari bahan alami seperti kaldu, tomat, jamur, bawang, dan lain-lain.
  • Penyajian yang menarik untuk menggugah selera. Seperti Healthy Rainbow Puding ini yang dibuat dari campuran susu dan pure sayur. Cantik, namun tetap sehat ;)
Dok. Pribadi (Resep bisa dilihat di sini)
  • Siapa yang tidak suka kentang goreng? Rasanya yang gurih serta teksturnya yang garing di luar dan lembut di dalam dapat membuat siapa pun tergoda. Kentang goreng yang tidak sehat ini bisa dibuat menjadi sehat loh. Healthy French Fries ini dibuat dari kentang yang dicampur dengan sayur, telur dan keju. Gurih, namun tetap sehat :)

Dok. Pribadi (Resep bisa dilihat di sini)
Masih banyak resep sehat lain yang tetap menarik dan enak di lidah. Tergantung pada tingkat kreativitas dan semangat untuk terus menyajikan makanan yang sehat. Memang tidak mudah karena saya bukan koki, juga bukan ahli gizi. Saya hanya seorang ibu rumah tangga biasa yang baru serius belajar memasak setelah mempunyai anak :D Namun bukan berarti saya tidak bisa belajar.

Sekarang ini, informasi mengenai tips makanan sehat dapat dengan mudah diperoleh, baik dari buku, seminar, juga internet. Begitu juga dengan resep sehat. Banyak buku dan website yang menyediakan berbagai macam resep sehat. Salah satu website favorit saya adalah resepsehat.com. Website tersebut merupakan wadah bagi para onliners untuk berbagi resep, tips dan cerita seputar dapur dan masakan.

Dengan berbagai kemudahan dalam mendapatkan informasi tersebut, tidak sulit kan untuk selalu menyediakan resep sehat untuk keluarga :)

~~~


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari resepsehat.com persembahan SunCo Minyak Goreng Yang Baik.

Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.


2 comments :

  1. Selamaaat mbak Liaaa .... kita ketemuan di Makassar yaa, dirimu menang :)

    ReplyDelete