Friday, April 10, 2015

Berburu Warna

Beberapa waktu yang lalu, saya kekurangan salah satu bahan puding untuk pesanan teman esok harinya. Kebetulan, hari sedang cerah. Sekalian saja saya ajak Jav jalan-jalan sore.



Jalan-jalan sore banyak manfaatnya loh untuk balita. Mulai dari membuat otot menjadi lebih rileks, membantu tidur menjadi lebih nyenyak, mengenal lingkungan sekitar, serta melatih sosialisasi dengan warga sekitar.
Field trips can serve a variety of purposes, such as exposing children to new things or helping children to see familiar things in new ways. (Sumber)
Supaya acara jalan-jalannya lebih seru dan tidak selesai begitu saja, waktu itu saya ajak Jav untuk berburu warna juga. Untuk melihat hal-hal yang sudah biasa melalui cara yang baru.


Apa saja yang dibutuhkan?
  • Sore yang cerah. Sekarang ini cuaca tidak bisa ditebak. Kadang cerah seharian, kadang sudah hujan sejak pagi. Makanya, kalau sorenya cerah, langsung deh dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan di luar rumah.
  • Tubuh yang segar. Jav paling susah diajak tidur siang. Kadang sudah diajak tidur pun, dianya malah main terus. Tapi kalau memang mengantuk, tanpa diajak juga bisa langsung tidur sendiri. Memang paling asyik ya mengajak Jav jalan-jalan setelah tidur siang. Apabila tidak tidur, khawatir sepulangnya jalan-jalan malah ketiduran sebelum sempat makan malam.
  • Pakaian santai. Selama perginya masih di sekitar komplek, saya lebih nyaman memakai pakaian rumahan yang santai, agar bisa bergerak lebih leluasa. Tapi tetap rapi ya, malu soalnya sama tetangga :p Jav saya pakaikan celana pendek, kaus, jaket, dan topi. Sedangkan saya, pakai celana panjang, kaus, dan jilbab instan. Kalau mau tampil lebih kece, bisa pakai jilbab instan Zoya dari Zalora :)
  • Kamera. Ini nih yang paling penting. Tadinya mau pakai kamera saku, tapi ternyata belum dicas, heuheu…. Ya sudahlah, pakai kamera dari ponsel saya saja.
  • Uang. Sementara Jav berburu warna, saya berburu camilan, hihihi…. Jadi harus bawa uang dong :D



Sambil berjalan, saya meminta Jav memperhatikan lingkungan sekitar. Cari benda dengan warna tertentu, lalu mendokumentasikannya menggunakan kamera. Jav kan sering tuh foto-foto menggunakan kamera saku ayahnya, ninnya, dan yangkinya. Tidak akan berhenti deh, sebelum baterainya habis. Sampai-sampai saya bosan menghapus foto-foto tidak jelas hasil karya dia. Makanya, daripada Jav curi-curi menggunakan kamera dengan hasil yang tidak menentu, lebih baik sekalian saja diarahkan.



Hasilnya, hmmm… lumayan. Hanya menurut saya sih tidak sebagus apabila Jav menggunakan kamera saku. Tangannya sering goyang. Apalagi setiap ada mobil yang lewat, perhatiannya langsung teralihkan. Dasar maniak mobil :))



Selain meningkatkan kemampuan observasi, Jav juga belajar bertanggungjawab ketika membawa dan menggunakan ponsel saya. Kapan-kapan coba lagi ah. Tapi cari tempat yang lebih menarik ;)

Referensi:
http://www.notimeforflashcards.com/2013/05/iphone-photo-safari-color-hunt.html

11 comments :

  1. asik ya berburu warnanya,apalagi kalau cuacanya cerah^^

    ReplyDelete
  2. Ada pesan sponsor itu yang Indihome he he :)

    ReplyDelete
  3. Kok foto Jav dan mama nya gak ada ya...? :))

    ReplyDelete
  4. Jav kece... Barangkali pas gede hobi fotografi :))

    ReplyDelete
  5. Cieeee jav...semangat motretnya ya jav :)

    ReplyDelete
  6. Belajar sambil bermain ya, Mak.
    Fotonya Jav bagus2, Mak :)

    ReplyDelete
  7. Serunya petualangan ibu dan anak berburu warna :)

    ReplyDelete
  8. saya juga dulu suka ajak anak-anak main sore. Belajar warna , dll. Sekarang udah enggak hehe

    ReplyDelete