Tuesday, January 5, 2016

Menikmati Legitnya Ubi Cilembu dalam Sepotong Boucil

Siapa yang suka Ubi Cilembu? Ayo ngacung. Agak berbeda dengan jenis ubi lainnya, Ubi Cilembu memang sudah terkenal dengan kelezatannya yang khas. Apabila dipanggang/dibakar, warnanya berubah menjadi kuning keemasan, teksturnya sangat lembut, dan menghasilkan madu yang rasanya sangat manis dan legit. Jadi manisnya Ubi Cilembu ini alami loh. Namun, enggak semua daerah cocok ditanami ubi ini. Ubi ini hanya bisa ditanam di daerah yang memiliki komposisi mineral tertentu di dalam tanahnya.

Saya sendiri lumayan menyukai Ubi Cilembu. Tapi enggak banget-banget. Bukannya apa-apa, malas saja, karena untuk menikmatinya, jari-jari tangan saya jadi lengket dan belepotan. Cepel kalau Bahasa Sundanya mah, hehehe.... Padahal selain enak, Ubi Cilembu memiliki kadar serat yang tinggi serta mengandung anti oksidan, sehingga baik untuk kesehatan.

Nah, beberapa waktu yang lalu, sepulang dari mengunjungi sebuah pameran, ibu saya membawa oleh-oleh berupa sekotak bolu. Namanya Boucil. Ternyata Boucil itu singkatan dari Bolu Ubi Cilembu. Wah menarik nih.


Kemasannya sih standar ya seperti kemasan bolu-bolu lainnya. Namun yang enggak biasa yaitu informasi yang tercantum pada kemasannya. Tanpa bahan pengawet buatan dan tanpa bahan kimia lainnya. Seratus persen alami. 

Boucil ini terdiri dari empat pilihan rasa, yaitu Original, Mocca, Mangga, dan Pandan. Harganya Rp 32.000 untuk yang rasa Original dan Rp 35.000 untuk yang rasa Mocca, Mangga, dan Pandan. Ibu saya bawanya yang Original. Dan surprise, walaupun Original, tapi ada topping kejunya.


Langsung saya ambil deh sepotong. Sebenarnya agak khawatir juga sih takut rasa bolunya manis banget. Tapi setelah dicoba, ternyata enggak loh. Manisnya pas enggak giung, serta legit dan aroma khas dari Ubi Cilembunya dapet. Teksturnya lembut sekali. Ditambah taburan keju parut jadi semakin mantap deh.


Saya memang menyukai perpaduan antara ubi dan keju. Dulu, zaman Jav masih MPASI, saya sering menyajikan ubi kukus dan keju sebagai alternatif menu karbohidrat untuk Jav. Selain jatah untuk Jav, pasti saya membuat lebih banyak untuk jatah saya juga, hihihi.... Itu ubi biasa, nah ini Ubi Cilembu. Hmmm lebih lezat rasanya.

Tertarik untuk mencoba? Atau ingin membawa oleh-oleh khas Bandung untuk kerabat? Langsung saja mengunjungi toko-toko yang menjual Boucil. Banyak kok, di sekitar Bandung, Lembang, Cimahi, dan Sumedang ;)

~~~

Boucil - Bolu Ubi Cilembu
Twitter: @infoboucil
Instagram: @infoboucil
Facebook: Boucil Bolu
Website: www.boucil.com

27 comments :

  1. Sayangnya harga umbi ini ckup mihil ya, Mbak. Aku suka banget sama manisnya. :D

    Btw, yang rasa mangga boleh juga tuh.

    ReplyDelete
  2. Gak bisa dikirim ke Malang, ya? :D Duuuh pingin

    ReplyDelete
  3. Wah Bandung makin banyak ya panganan oleh-olehnya. Inovasinya oke bgt ubi dijadiin bolu kaya talas bogor dan brownies Amanda. Liat foto bolunya sepertinya enak mbak, jd pengen coba yg rasa original dan mangga haha

    Theanandic.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  4. La wong ubi biasa aja enak kak kalau di di bakar (di panggang), di goreng, maupun di godog. Wah ini rasanya manis yaw, malah jadi membuat saya penasaran mbak, hehehe. Kapan - kapan coba ah :-)

    ReplyDelete
  5. Ubi CIlembu ini memang banyak peminatnya. Di kota Pontianak sendiri ada sentra Ubi CIlembu tepatnya di kawasan Jalan Adi Sucipto. Wahhh seruuu banged. Razanya legit dan enakkk

    ReplyDelete
  6. wah jadi kepingin nyoba umbi cilembunya, ini dari desa cilembu pastinya :)

    ReplyDelete
  7. Wah makin banyk ya oleh2 Bandung, patut dicoba. Biasanya dipanggang aja sy sdh suka apalgi dibikin kue dan ditambah keju, tambah nikmat ya

    ReplyDelete
  8. akupun suka ubi cilembu ^o^... tp iya sih, kalo makan ini tangan lgs belepotan lengket ;p.. makanya biasanya aku kupas dulu, lalu potong2, taro di piring, cuci tangan, baru makanin pake garpu :D.. eh baru tau ada bolunya... jd pgn coba kalo k bandung :)

    ReplyDelete
  9. Saya mau Mbak. Saya ini sedang ngacung Mbak. wkwkwkwkw... beda harga dengan yang rasa orsinil cuman 3000 doang ya Mbak... nyam nyam... :)

    ReplyDelete
  10. waih, kepingin coba umbie cilembu ini, emmm :)

    ReplyDelete
  11. Aaaah jadi pengeeeen.
    Kalo Mbak Lia ke Makassar, pengen dong dioleh-olehin Boucil.
    *Dasaaar, maunya gratisan, belii dong* :D

    Harganya terjangkau sekali ya. Wuih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya Allah mba, nanti dibawain...
      doain aja ya mba saya bisa main ke sana lagi ;)

      Delete
  12. ubi cilembu yang manis dibalut keju yang asin hmmmm ini mah maknyus banget ya mbak

    ReplyDelete