Wednesday, August 24, 2016

Puding Tape Singkong

puding tape singkong
Menu bekal sekolah Jav hari ini temanya olahan peuyeum (tape) singkong. Duh, saya langsung puyeng. Soalnya saya enggak terlalu suka tape singkong, jadi selama ini ya jarang banget membuat olahannya. Suka sih, tapi bukan penggemar. Biasanya nyicip sedikit saja di rumah orang tua kalau sedang menyediakan peuyeum goreng, bolu peuyeum, atau colenak.

So, setelah mendapatkan tape singkongnya (itupun hasil titip ke teman), saya memutuskan untuk membuat puding tape singkong. Alasannya? Pertama, supaya bisa mencoba cetakan puding baru, hohoho.... Itu cetakan pudingnya mahal loh, mahal di ongkos, hihihi.... Harganya hanya belasan ribu, tapi ongkos kirimnya dua puluhan ribu. Jauh-jauh dikirim dari Batam melalui seorang bunda baik hati anggota grup Langsung Enak. Dan kedua, karena cara pengolahannya yang sangat simpel.

Bahan:
  • 250 gr tape singkong
  • 200 ml santan
  • 200 gr gula pasir
  • 1 bungkus agar bubuk bening
  • 900 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili

Cara Membuat:
  1. Tape dibuang sumbunya, potong-potong, campur dengan santan, lalu blender sampai halus.
  2. Tuang di panci lalu tambahkan air, agar bubuk, gula pasir, garam, dan vanili.
  3. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api kemudian angkat.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan yg sudah dibasahi terlebih dahulu.
  5. Hilangkan uap panasnya, lalu masukkan ke dalam kulkas.

Cepat dan mudah kan? Rasanya juga enak, manis dan legit. Teksturnya pun lembut dan pulen. Serta yang paling penting, Javnya suka ;)

14 comments :

  1. Saya termasuk yang suka tape singkong. Dulu waktu sekolah, bila haus suka beli es tape singkong. Waah, kalo dibuat puding gitu kayaknya saya semakin suka deh. Makasih banyak resepnya ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2... saya penasaran sm es tape singkong nih :)

      Delete
  2. Wah.. jadi bingung mau bahas cetakannya apa resepnya.. Hihi..

    Bapak saya penggemar tape.. bolehlah dicoba resepnya ^^

    ReplyDelete
  3. Wih...kreatif bget mamak satu ini...camilan sehat buat anak ini...

    ReplyDelete
  4. baru tahu kalau singkong bisa juga di buat "puding". saya juga suka singkong boleh ini resepnya kapan2 NYOBA ama tetangga sebelah

    ReplyDelete
  5. Hah?? itu gambarnya puding?? O_O Wow, aku kira coklat. Aku mulai suka tape sejak mukaku jerawatan. mayan, makan tape muka kembali mulus ga pake obat2an dokter. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  6. btw tape yang enak dari kota saya loh,#ehhh

    ReplyDelete
  7. ternyata, tape singkong bisa dibuat puding gini, huaaah, jadi pengen

    ReplyDelete