Friday, April 30, 2010

Ngomel-Ngomel Pajak


Mungkin agak telat saya menulis ini. Karena saat ini kegiatan pengumpulan SPT sudah selesai, kasus Gayus pun sudah tidak seheboh dulu (menurut saya yang jarang nonton TV sih begitu :D).

Ada yang mengganjal di pikiran saya soal pajak-pajakan ini. Entah berapa rupiah pajak yang kita bayarkan yang sudah masuk ke negara.  Mari kita sebutkan beberapa jenis pajak yang kita bayarkan untuk negara (yang saya ingat saja). Ada pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, pajak kendaraan bermotor, pajak parkir, belum lagi pajak pertambahan nilai (orang paling miskin di Indonesia aja kalau mau beli sabun colek harus bayar PPN, coba bayangkan ckckck). Itu untuk orang pribadi, untuk pengusaha lebih banyak lagi jenis pajaknya #:-S.

Kemana itu semua?????

Sementara saya disini (Bandung) berbulan-bulan sakit badan tiap naik kendaraan karena jalan yang rusak parah X(. Ah tidak usah pedulikan saya. Tapi tolong pedulikan masyarakat di luar sana yang tidak mempunyai akses terhadap listrik, harus menyeberang sungai (bahkan tidak jarang tenggelam) untuk pergi ke pasar, atau harus berjalan memutari bukit berjam-jam untuk sampai di sekolah.

Pasti ada yang kurang saya mengerti dalam hal pajak-pajakan ini. Setiap mata kuliah Administrasi dan Pembiayaan Pembangunan saya tidak pernah mendengarkan dengan baik ;)). Tapi yang pasti, saya belum pernah menemukan laporan penggunaan pajak, bahkan di website resmi pajak.go.id.

Saya ga suka iklan-iklan ini:
Hari gini ga bayar pajak? Apa kata dunia?
Hari gini males ngurus SPT? Apa kata dunia?
Hari gini ga jujur ngisi SPT? Apa kata dunia?

Komentar dari saya:
Hari gini ga mempublikasikan penggunaan pajak? Apa kata dunia?

No comments :

Post a Comment