Tuesday, December 16, 2014

A Self Reflection: Cerita Masa Lalu dan Impian Masa Depan



Beberapa hari lagi, tahun 2014 akan segera berakhir. Sebagian cerita dan pengalaman pribadi yang terjadi di tahun ini sudah saya tuliskan di blog tercinta.

Tulisan mana yang paling berkesan? Hmmm, awalnya agak sulit untuk menjawabnya. Bagi saya, semua tulisan tersebut berkesan, karena semuanya ditulis dengan hati ;) Tapi, setelah menengok kembali dan membaca ulang 103 tulisan di blog ini, akhirnya saya menemukan bahwa yang paling berkesan adalah tulisan yang berjudul Bali I'm in Love.

Tulisan yang di-publish pada tanggal 16 Januari 2014 tersebut merupakan sebuah flash fiction dalam rangka menjawab tantangan dari Monday Flash Fiction dengan tema The Spectacular Bali. Isinya bercerita tentang seorang penari Bali beragama Islam yang mempunyai hubungan spesial dengan seorang pemain gamelan beragama Hindu.

Kenapa paling berkesan? Memang tulisan ini berhasil menyandang Karya Terpilih pada tantangan tersebut. Tapi alasan utamanya bukan karena hal itu, melainkan karena rasa nyeseuk setiap kali membacanya. Mungkin karena cerita yang berada di baliknya. Dulu saya pernah mengatakan--lupa di mana--bahwa ketika menulis fiksi, biasanya sebagian besar idenya terinspirasi dari pengalaman pribadi yang didramatisasi, baik yang dialami oleh sendiri maupun yang saya lihat/dengar dari orang lain. Ada juga sih yang benar-benar dari hasil imajinasi. Tapi untuk cerita yang ini, terinspirasi dari pengalaman pribadi yang didramatisasi. Makanya nyeseuk. Eits, terinspirasi bukan berarti sama persis yah. 

Saking niatnya menulis cerita itu, saya sampai melengkapinya dengan foto yang dipinjam dari teman di Maha Gotra Ganesha (MGG)--unit kesenian Bali di ITB. Bahkan ada soundtrack-nya juga loh. The One That Got Away, tapi yang versi Isa Raja.
In another life... I would be your guy... We'd keep all our promises... Be us against the world... In another life... I would make you stay... So I don't have to say... You were the one that got away...
Namun, bukan berarti tulisan tersebut tidak mempunyai kekurangan. Walaupun ceritanya ditulis dengan sangat lancar, tapi saya kesulitan mendapatkan judul yang kece. Jujur, menurut saya, judulnya terkesan asal-asalan.

Mudah-mudahan saya bisa menemukan judul lain yang lebih menarik, apabila berhasil meng-upgrade flash fiction  tersebut menjadi sebuah novel. Ya, saya mempunyai impian untuk bisa menulis novel. Ide besarnya sudah ada. Outline detailnya yang agak berat, karena harus melakukan riset terlebih dahulu tentang reinkarnasi yang dipercaya oleh umat Hindu. Semoga ada teman di MGG yang bisa membantu.

Tapi, ironisnya, akhir-akhir ini saya jarang sekali menulis cerita fiksi. Tahun ini, hanya ada dua flash fiction yang berhasil saya publish di blog. Harus lebih serius dan semangat lagi nih latihan menulisnya. Karena… 
Menulis itu bukan apa, kenapa, atau siapa, tapi masalah komitmen diri sendiri akan apa yang ingin diraih. (The Somplak Life - Diva Press)
~~~

“Postingan ini diikut sertakan dalam lomba tengok-tengok blog sendiri berhadiah, yang diselenggarakan oleh blog The Ordinary Trainer”

38 comments :

  1. Salam Pagi Teh Nathalia. Sangat berkesan sekali artikel nya Teh walau judulnya terlihat asal asalan namun artian dan kandungan di dalam isi tulisanya sangat menarik buat saya. Selamat Jelang Tahun Baru dan segera akan tinggalkan tahun 2014 ini yang Penuh kenagan :)

    ReplyDelete
  2. Hari yang baik diawali dengan komentar yang Paling awal, semoga sampai siang nanti tetap fresh Agar Teteh bisa menjalankan aktiitas dan Rutinitas pada hari ini, *salam ceria selalu :)

    ReplyDelete
  3. Wiiih, flash fiction jadi novel memang sebuah perjalanan panjaaaang dan berliku ya mak. Good luck ya :)

    ReplyDelete
  4. Ayo mak, pasti bisaa..dakuw pernah nulis novel anak dari cerpen..asik nulisnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga saya jg bisa seasyik (dan yg pasti seniat & serajin) mak dewi...

      Delete
  5. Semoga sukses dengan tulisan-tulisannya

    ReplyDelete
  6. Nulis yg datangnya dari hati emang ngalir gitu aja ya mbak, justru malah mau ngasih judulnya itu yg agak sedikit nemuin kesulitan.. yg paling cocoknya tuh yg kyk apa :)

    Dan emang saat buka2 tulisan lama tuh ada kesan dan kepuasan tersendiri pas bacanya lagi, bisa dibuat senyam-senyum sendiri, geleng geleng campur gak percaya, atau sedikit kaget kalo ternyata, kita dulunya pernah buat tulisan seperti ini hehe
    #lah malah curhat

    Moga jadi yang baik dari yang terbaik ya mbak buat kontesnya
    Good luck :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba... baca2 tulisan lama emang seru...
      kadang klo lg down saya suka baca2 tulisan lama di blog, biar bisa smangat lg :D

      makasih ya :)

      Delete
  7. Aku baca yang cerita itu mbak. Bagus ceritanya. Pantes jadi jawara

    ReplyDelete
  8. Wah keren mak. Segala yang dilakukan dengan sungguh2 insya Allah hasilnya memang maksimal :))

    ReplyDelete
  9. Wah mbak nathalia pandai banget nulis, ff ok, resensi keeen, blog mantap keren dua jempol deh intukmu =)

    ReplyDelete
  10. Pinky blog ... Salam kenal yaa.
    Suskes untuk lombanyaa :)))

    ReplyDelete
  11. wah, saya juga termasuk orang yang susah nyari judul yang 'asyik'. tapi intinya nulisnya dari hati, pasti nyampe ke hati bagi yang baca :)

    ReplyDelete
  12. "Menulis itu bukan apa, kenapa, atau siapa, tapi masalah komitmen diri sendiri akan apa yang ingin diraih"
    yups bagus sekali motto nya

    ReplyDelete
  13. Saya juga ingin bikin cerita juga ya tapi apa ya.. Itu yang susah idenya itu :)

    ReplyDelete
  14. ceritanya memang keren, mak.
    saya silent reader mff lho :)

    ReplyDelete
  15. saya selalu salut sama blogger yang bisa menulis fiksi dengan konsisten, ketimbang saya yang janji2 dlaam hati tapi gk pernah dilakukan. Hehehe. Slm sukses utk GAnya ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg lg ga konsistem nih mak :D
      smoga taun depan bs lbh serius...
      makasih ya :)

      Delete
  16. tahun akan berganti.. tutp masalalu tataplah masa depan jadikan masalalu sebagai pelajaran untuk tahun depan menjadi pribadi yang baik .. :D

    ReplyDelete
  17. Saya datang dan sudah membaca “Self Reflection” di blog ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut lomba saya ya
    Semoga sukses

    Salam saya
    #63

    ReplyDelete