Monday, July 20, 2015

Cermat Memilih Kartu Kredit di Cermati.com

Beberapa waktu yang lalu, teman saya pernah bertanya mengenai seluk beluk kartu kredit. Namanya juga pengantin baru, mungkin banyak keperluan rumah tangga yang harus dibeli. Sayangnya saya tidak dapat membantu teman saya tersebut, karena belum pernah mempunyai pengalaman menggunakan kartu kredit, heuheu....

Sekarang ini, sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan kartu kredit. Namun memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, saya sih membayangkannya seperti mencari mainan Jav di kotak mainannya :p Pasti ada, tapi membutuhkan kesabaran, ketelitian, dan waktu yang lama :D

"Pusing ya, kalau coba survei, datengin banknya satu per satu?" Begitu pertanyaan bodoh yang waktu itu keluar dari mulut saya. Teman saya hanya mengangguk sambil tersenyum tipis.

"Atau browsing aja di website banknya?" Saya mencoba memberi usul lain yang lebih masuk akal. "Iya, yah," Teman saya itu mulai mempertimbangkan pendapat saya.

"Oiya, coba tanya di grup ITBMotherhood atuh. Pasti banyak deh yang udah punya pengalaman pakai kartu kredit." Tiba-tiba saya teringat pada grup di Facebook yang berisi kumpulan para ibu-ibu alumni ITB. "Nah, betul banget tuh! Makasih ya, udah diingetin," ucapnya dengan wajah yang semringah.

Hmmm, seandainya dulu saya sudah mengenal Cermati.com, pasti deh langsung saya kasih tautannya pada teman saya itu. Cermati merupakan perusahaan start-up di Jakarta yang bergerak di bidang teknologi finansial. Produknya merupakan informasi finansial yang super lengkap dan sangat mudah diakses, sehingga masyarakat dapat membuat keputusan finansial yang paling tepat secara cermat. Salah satunya yaitu dalam memilih kartu kredit.


Apabila kita memilih kartu kredit di website Cermati, maka akan muncul 250 lebih produk kartu kredit yang tersedia di Indonesia. Wuih, ternyata banyak sekali ya. Untung teman saya tidak jadi survei mendatangi setiap banknya satu per satu, hihihi....


Di halaman tersebut, kita dapat melihat highlight dari masing-masing kartu kredit. Mulai dari rating (dalam skala 1 sampai dengan 5), resume singkat, jumlah iuran tahunan, serta besaran cashback. Semua produk diurutkan berdasarkan rating-nya. Tetapi bisa juga kok diubah urutannya, misalnya berdasarkan jumlah iuran tahunan atau besaran cashback-nya.


Apabila ada yang menarik, kita dapat mengetahui informasi lengkapnya dengan cara mengklik produk tersebut. Nanti muncul deh semua informasi yang kita butuhkan. Mulai dari promo yang sedang berlaku, fiturnya, biaya dan denda, persyaratan, cara pengajuan, serta ulasan tambahan mengenai produk tersebut. Di bagian paling bawah, terdapat pilihan kartu kredit lain yang diterbitkan oleh bank yang sama.





Untuk memudahkan pencarian, website ini juga memiliki fitur penyaringan yang sangat mudah digunakan. Fitur tersebut hanya akan memunculkan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kita. Misalnya berdasarkan tipenya, penerbitnya, iuran tahunannya, syarat penghasilan tahunannya, dan provider-nya. Kalau sudah disaring, tinggal cermati dan pilih deh kartu kredit mana yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan kita ;)


Kalau mau membandingkan beberapa produk kartu kredit juga bisa loh. Jadi bisa langsung terlihat kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing produk.



Oiya, informasi produk yang tersedia di Cermati ini bukan hanya kartu kredit saja. Masih ada yang lainnya juga seperti tabungam, deposito, kredit tanpa agunan, kredit multi guna, kredit motor, kredit mobil bekas, dan kredit pemilikan rumah. Jadi, bagi teman-teman yang sedang membutuhkan informasi mengenai berbagai produk finansial, tidak perlu bingung lagi, langsung saja cek di Cermati :)

5 comments :

  1. belum pernah pakai kartu kredit nih. Tapi memang informasi yg disajikan di web cermati.com sangat lengkap, bisa jadi acuan bagi yang ingin memiliki kartu kredit.

    salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Ku pernah buka web nya, simulasi kpr gitu gitu,, tapi kok gak masul akal ya.. Hari gini mana bisa dikasih batas kpr harga dibawah 250.000.000 ckckck (emosi) ya, tapi mungkin segmen nya beda ya makk..


    http://beautyasti1.blogspot.com/2015/07/cara-merawat-rambut-rusak-akibat.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih di bawah 250juta? saya intip beberapa, rata2 100juta-5miliar...

      Delete
  3. alhamdulillah bermanfaat sekali <a href="http://google.com>artikelnya</a>

    ReplyDelete