Sunday, August 6, 2023

Kulit Bersih dan Cerah dengan RDL Sabun Papaya

RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya

Teman-teman tahu enggak? Pasti tahu lah ya, hehehe.... Sebenarnya merawat kesehatan kulit itu enggak memerlukan biaya yang mahal loh. Banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit.

Dulu, masa-masa masih sekolah (SMA), saya tuh rajin banget loh melakukan perawatan kesehatan kulit. Selain rutin creambath dan luluran di salon, saya juga melengkapinya dengan perawatan menggunakan bahan-bahan alami di rumah. Seperti lidah buaya yang ada di halaman rumah. Atau buah yang murah meriah di tukang sayur seperti mentimun dan pepaya.

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Ngomongin pepaya nih, berhubung jenis kulit saya tuh kering dengan masalah kulit kusam, makanya cocok banget menggunakan pepaya.

Kenapa? Berikut beberapa manfaat pepaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
  • Melembapkan kulit. Pepaya mengandung banyak air dan enzim yang membantu melembapkan kulit secara alami. Ini membantu mengurangi kekeringan, menjaga elastisitas kulit, dan membuatnya terasa lembut dan kenyal.
  • Mencerahkan kulit. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit. Dengan mengonsumsi pepaya secara teratur atau mengaplikasikannya sebagai masker wajah, dapat membantu mengurangi noda hitam, flek, dan mencerahkan kulit.
  • Mengurangi jerawat. Kandungan enzim papain dalam pepaya memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, yang membantu mengurangi peradangan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Menggunakan masker pepaya secara teratur dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak berlebih, yang seringkali menjadi penyebab jerawat.
  • Mengurangi kerutan: Pepaya mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang membantu melawan kerusakan radikal bebas pada kulit. Konsumsi pepaya atau penggunaan topikalnya dapat membantu mengurangi kerutan, garis halus, dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.

Masker Pepaya

Untuk mendapatkan manfaatnya, saya biasanya membuat masker pepaya. Caranya gampang banget kok.

Bahan-bahan:
  • Pepaya matang secukupnya
  • 1 sendok makan madu alami (opsional)

Langkah-langkah:
  1. Ambil buah pepaya matang dan potong kecil-kecil.
  2. Haluskan potongan pepaya menggunakan blender atau haluskan menggunakan garpu.
  3. Tambahkan madu alami ke dalam pasta pepaya. Madu memiliki sifat melembapkan dan membantu menjaga kelembapan kulit.
  4. Setelah mencampurkan bahan-bahan dengan baik, oleskan masker pepaya secara merata ke seluruh wajah yang telah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya.
  5. Diamkan masker pepaya selama sekitar 15-20 menit, biarkan bahan-bahan bekerja pada kulit.
  6. Bilas wajah dengan air hangat, kemudian keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih.

Tips:
  • Pastikan untuk menghindari area mata saat mengaplikasikan masker pepaya, karena enzim dalam pepaya dapat menyebabkan iritasi pada mata.
  • Selain itu, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Makanya disarankan untuk melakukan tes kecil pada kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan masker secara keseluruhan.
  • Masker pepaya ini lebih efektif ketika digunakan secara teratur, minimal seminggu sekali.

Tapi itu dulu. Entah kenapa, sekarang tuh malas banget melakukan perawatan kulit. Bisa rutin membersihkan wajah dan mengaplikasikan sunscreen saja sudah alhamdulillah banget, heuheu.... Apalagi membuat masker pepaya begitu. Hadeuh, ribet ah, mending langsung dimakan saja pepayanya, hihihi....

RDL Sabun Papaya 

Hingga beberapa waktu yang lalu, saya membaca review teman blogger tentang RDL Sabun Papaya. Saya langsung penasaran dong, tapi baru sempat mencoba sekarang.

RDL Sabun Papaya

Deskripsi:
Skin Whitening Soap dengan kandungan Ekstrak Papaya dan Sunscreen membantu mencerahkan dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dilengkapi dengan Vitamin A, C, dan E yang membantu memelihara kekenyalan kulit sehingga terlihat lebih halus, cerah, dan segar sepanjang hari.

Komposisi:
Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Aqua Demineralisata, Sodium Hydroxide, Fragrance, Mineral Oil, Carica Papaya (Fruit) Extract, Tocopheryl Acetate, Ascorbyl Palmitate, Soya Bean Oil, Retinyl Palmitate, Butylated Hydroxytoluene, CI 45370, Oxybenzone

Bahan Aktif:
  • Ekstrak pepaya. Berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulit wajah, serta mencegah penuaan dini.
  • Vitamin A. Berfungsi untuk mencegah kembali munculnya jerawat, menghilangkan bekas jerawat, membantu mengurangi kerutan di wajah, serta mencegah penuaan dini.
  • Vitamin C. Berfungsi untuk mencerahkan wajah, merangsang produksi kolagen, melindungi kulit dari sinar UV, serta membantu mengurangi kerutan di wajah.
  • Vitamin E. Berfungsi untuk melembapkan kulit wajah, mengatasi hyperpigmentasi, membantu menyamarkan bekas jerawat, serta membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Cara Penggunaan:
Usapkan pada wajah dan leher secara merata dengan gerakan melingkar yang lembut. Diamkan selama 3 menit lalu bilas bersih dengan air.

Netto: 135 gram

Harga: Rp 30.000

Review RDL Sabun Papaya

RDL Sabun Papaya ini bentuknya berupa sabun batang. Dikemas dalam kotak dus dengan desain yang simpel tapi fresh, didominasi warna putih dan oranye. Di dalamnya, sabunnya dibungkus lagi dalam kemasan plastik bening.

Review RDL Sabun Papaya

Informasi yang tercantum pada kemasannya cukup lengkap. Mulai dari deskripsi, komposisi, cara penggunaan, tanggal kedaluwarsa, dan lain-lain. Termasuk logo Halal dan nomor BPOM juga loh. Jadi enggak perlu diragukan lagi soal keamanannya.

Sabunnya pun berwarna oranye juga. Berbentuk kotak dengan tulisan RDL di bagian atas dan bawahnya. Aromanya mirip buah, manis dan lembut. Setelah dibasahi, keluar busa yang cukup melimpah. Rasanya lembut ketika diaplikasikan di wajah. Setelah dibilas kulit terasa lebih bersih, lembap, dan kencang.

Alhamdulillah review RDL Sabun Papaya yang saya rasakan enggak membuat kulit menjadi kering, karena biasanya langsung dilanjutkan dengan rangkaian skin care lainnya seperti hydrating toner, pelembap, dan lain-lain.

Cara Penggunaan RDL Sabun Papaya

Untuk manfaat mencerahkan dan mengurangi kerutan di wajah, belum terlihat signifikan. Ya iyalah, kan baru dipakai beberapa hari. Namun untuk berjaga-jaga, saya memakai sabun ini bukan hanya di wajah dan leher, tetapi seluruh badan juga, supaya enggak belang, hohoho....

RDL Facial Cleanser Papaya

Untuk melengkapi rutinitas membersihkan wajah, sebelum menggunakan RDL Sabun Papaya, saya menggunakan RDL Facial Cleanser Papaya juga. Istilahnya double cleansing, membersihkan wajah dengan 2 tahap.

RDL Facial Cleanser Papaya

Deskripsi:
Pembersih wajah yang diformulasikan secara efektif untuk membersihkan wajah dari kotoran secara menyeluruh penyebab komedo dan jerawat. Menjadikan kulit terasa lebih halus dan cerah bersinar tanpa noda. Dilengkapi dengan Ekstrak Papaya dapat membantu mencerahkan, melembapkan, dan merawat kulit tampak tetap sehat.

Komposisi:
Aqua Demineralisata, Denatured Ethyl Alcohol, Carica Papaya (Fruit) Extract, Allantoin, Boric Acid, D-Phantenol, Fragrance, Menthol, PEG 40 Hydrogenated Castrol Oil, Benzalkonium Chloride, CI 15985

Cara Penggunaan:
Tuangkan ke kapas. Usapkan ke wajah dan leher sampai semuanya bersih. Untuk hasil yang baik, gunakan 2x sehari pagi hari dan sebelum tidur. Gunakan secara teratur.

Netto: 150 ml

Harga: Rp 30.000

Review RDL Facial Cleanser Papaya 

RDL Facial Cleanser Papaya ini bentuknya cair berwarna oranye. Dikemas dalam botol transparan dengan tutup oranye berbentuk flip top. Desainnya simpel juga, namun dengan dominasi warna oranye keemasan.

Review RDL Facial Cleanser Papaya

Informasi yang tercantum pada kemasannya pun lengkap juga. Mulai dari deskripsi, komposisi, cara penggunaan, tanggal kedaluwarsa, logo Halal, nomor BPOM, dan lain-lain.

Ketika tutupnya dibuka dan isinya dituangkan ke kapas, tercium aroma yang cukup kuat. Tapi aroma buahnya enggak terlalu terasa, lebih ke aroma wangi bunga yang segar.

Cara Penggunaan RDL Facial Cleanser Papaya

Nah, saat diaplikasikan ke wajah, rasanya dingin dan segar semriwing. Alhamdulillah review RDL Facial Cleanser Papaya yang saya rasakan enggak memberikan efek negatif di kulit. Aman, tanpa rasa perih atau reaksi kemerahan. Meski saya jarang memakai make up, namun manfaatnya langsung terlihat. Hasilnya kotoran, debu, dan sisa skin care terangkat dan menempel di kapas.

Tentang RDL

RDL ini merupakan produk asli dari Philipina loh. Diproduksi oleh RDL PHARMACEUTICAL LAB.INC yang sudah terkenal memiliki pengalaman dalam memproduksi produk skin care dan personal care dengan kualitas terbaik. Di Indonesia, PT. RDL DISTRIBUSI INDONESIA ditunjuk sebagai partner untuk mengembangkan brand dan distribusi. 

Selain RDL Papaya Brightening Soap dan RDL Facial Cleanser with Papaya Extract yang sudah saya coba, masih banyak produk RDL lainnya. Diantaranya yaitu:
  • RDL Cucumber Brightening Soap
  • RDL Avocado Brightening Soap
  • RDL Kalamansi Brightening Soap with Honey
  • RDL Kojic Brightening Soap
  • RDL Facial Cleanser with Cucumber Extract
  • RDL Facial Cleanser with Avocado Extract
  • RDL Facial Cleanser with Kalamansi Extract
  • RDL Facial Cleanser Plain
  • RDL SureWhite Microexfoliant
  • RDL Cream with Moisturizer
  • RDL Sunblock Cream SPF 15

Jadi penasaran deh ingin mencoba juga produk RDL lainnya. Namun ternyata produk RDL ini banyak yang membuat versi palsu/tiruannya loh. Makanya, kalau teman-teman mau membeli, harus hati-hati ya. Pastikan membeli di tempat resmi dan terpercaya yaitu RDL Official Store di Shopee.

Lalu kalau mau info promosi, produk baru, tips perawatan kulit, bahkan event seru dari RDL, teman-teman follow saja Instagram RDL @rdlofficialstore dan TikTok @rdlofficialstore atau akun TikTok baru RDL di @official.rdl ya.

Penutup

Berdasarkan review RDL Sabun Papaya dan review RDL Facial Cleanser Papaya, saya merekomendasikan keduanya. RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya bisa memberikan manfaat dari ekstrak pepaya namun dalam bentuk produk yang praktis dan aman digunakan.

Kulit Bersih dan Cerah dengan RDL Sabun Papaya

116 comments :

  1. Saya tertarik sama sabunnya ini. Makasih banyak ya, Kak.

    ReplyDelete
  2. Banyak banget memang ya kandungan dari buah pepaya ini, apalagi untuk kulit wajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul banget banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit...

      Delete
  3. RDL sabun pepaya ini banyak banget ya kandungan dan manfaatnya

    ReplyDelete
  4. Saya jadi pingin coba juga nih, Kak terutama menggunakan sabun cuci mukanya

    ReplyDelete
  5. Saya pernah nih pakai sabun ini tapi cuman bentar dan udah dulu hihi

    ReplyDelete
  6. Saya jadi pingin coba nih, Kak yang RDL facial cleansernya. Sepertinya bagus banget

    ReplyDelete
  7. Kalau RDL Papaya ini percaya sih sama hasilnya karena aku pernah pakai beberapa tahun lalu. Direkomendasiin tanteku yang udah pake duluan.
    Mana awet banget lagi. Wanginya juga soft gitu.
    Jadi penasaran pengen cobain facial cleansernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sudah pernah coba ya... Yuk, cobain juga facial cleansernya...

      Delete
  8. Dulu pas diberitahu temen akan khasiat RDL Papaya nih bentuknya yang sabun batang. Baru tau saya kalau RDL Papaya ada baby face celansernya. Jadi makin penasaran mau nyobain deh. Secara dah banyak yang review bagus

    ReplyDelete
  9. Ternyata ini tho, rahasia kulit cerahnya mba Nat. Sabun legend RDL Papaya kesayangan masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho... Justru sekarang lagi malas perawatan wajah... Jadi semangat karena mulai coba produk RDL...

      Delete
  10. Mba untuk pemakaian apakah perlu muka dibasahi dulu kah atau boleh langsung saja di usah. Terus dibalas apakah sampai membentuk Busa baru diusahakan atau bisa langsung aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya langsung aja, wajahnya enggak dibasahin dulu, tapi sabunnya sudah basah dan berbusa...

      Delete
  11. Waah RDL Sabun Papaya legend banget. Ibuku juga pakai ini, baru tau deh ada cleanser-nya juga sekarang. Ternyata buat bikin kulit sehat dan kinclong nggak harus pakai skincare mahal-mahal ya teh.

    ReplyDelete
  12. Setuju kalau dipakai ga hanya muka tapi ke badan juga biar ga belang ya..RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya memnag efektif memberikan manfaat dari ekstrak pepaya dengan praktis dan aman

    ReplyDelete
  13. Merawat kebersihan dan kesehatan kulit wajah memang gak harus dengan biaya yang mahal ya. Contohnya merawat wajah dengan RDL Sabun Papaya. Harga terjangkau dengan hasil yang bagus

    ReplyDelete
  14. manfaat pepaya emang luar biasa, buah yang sangat mudah ditemukan di sekitar. sekarang jadi bahan sabun yang bisa dipakai sehari-hari tanpa repot, ini mah asyik banget

    ReplyDelete
  15. Penasaran sama face cleanser-nya keknya menarik nih untuk dicoba. Bisa untuk makeup waterproof juga kan kak?

    ReplyDelete
  16. Bagi saya RDL Sabun Papaya bukanlah produk pembersih muka baru karena sudah lama menggunakannya bahkan ibu saya pun dulu rutin menggunakannya, tapi untuk Facial Cleanser-nya baru saja saya beli dan coba, ternyata kedua produk ini saling melengkapi ya sehingga kulit terasa lebih bersih dan cerah.

    ReplyDelete
  17. Fix sih memang bagus hasilnya di wajah. Sabun RDL enak dipakai, tapi kalau mau awet, perlu dipotong-potong supaya nggak cepat terkikis air. hehe

    ReplyDelete
  18. ternyata pepaya selain bagus untuk dikonsumsi krna banyak mengandung nutrisi dan vitamin, ternyata juga bisa diekstraksi buat sabun yg menyengarkan badan ya.. makasih informasinya ya

    ReplyDelete
  19. Pepaya sudah terkenal banyak banget manfaat vitamin dan nutrisinya bagi pencernaan dan kulit kita. Kalau zat-zat nutrisi ini dimasukan ke dalam sabun, artinya kurang lebih saja mengoleskan segala manfaat buah tersebut pada kulit kita ya Mbak. Bikin kulit kita cerah dan ternutrisi

    ReplyDelete
  20. Kalau pake produk RDL favial cleanser nya saja, tapi sabunnya sabun wajah lain, bakal masalah gk ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya enggak masalah, tapi bakal lebih efektif kalau merknya sama...

      Delete
  21. Dulu pernah pakai sabun RDL Papaya nya aja, hasilnya bagus. Apalagi kalau dibarengi dengan cleansernya ya. Hasilnya pasti makin maksimal

    ReplyDelete
  22. Keren banget, kak..
    Aku dulu pas anak-anak kecil juga seneng banget bebikinan minyak kemiri sendiri. Dan memang yang alami tuh kasih hasil gak cepet, tapi beneran terlihat hasil baiknya. Kebayang kalau saat ini menggunakan RDL Sabun Papaya dan review RDL Facial Cleanser Papaya yang asli dari ekstrak pepaya dan dilengkapi dengan kandungan lain yang mendukung. Pasti kaya kak Nathalia, canci banget.. mashaAllah~

    ReplyDelete
  23. Produk RDL ini bagus, dan harganya juga sangat bersaing. Udah gitu manfaat dari pepaya banyak banget, ada kandungan vitamin A, E, dan juga C.

    ReplyDelete
  24. Jujur... aku penasaran sama wanginya sih, seingatku ini sabunnya tuh sudah lumayan lama deh karena sepupuku sudah pakai ini. Terlihat sekali ini ya mbak hasil dari menggunakan rangkaian Papaya.

    ReplyDelete
  25. Produk RDL ini memang sangat mantab khasiatnya, dengan harga yang masih terjangkau dan mudah ditemukan di toko kosmetik. Pembersih wajah nya memang bikin wajah lebih cerah dan lembut, bagus banget lah ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mudah ditemukan, tapi kalau mau yang terjamin asli, mending beli di official storenya...

      Delete
  26. Produk RDL ini memang sangat mantab khasiatnya, dengan harga yang masih terjangkau dan mudah ditemukan di toko kosmetik. Pembersih wajah nya memang bikin wajah lebih cerah dan lembut, bagus banget lah ini.

    ReplyDelete
  27. Mau nyobain ah resep maskernya, sampe sekarang saya nggak pernah make pepaya jadi masker, tapi kalau make sabun papaya pernah, dulu ikut temen akhirnya kecanduan hihi.. emang bagus banget sabunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat... Saya malah udah engga pernah lagi bikin masker pepaya, pakai sabun RDL aja, hihihi...

      Delete
  28. Zaman dulu, Mbakku pakai RDL Sabun Papaya ini dong dan aku juga ikutan karena masih kismin, belum kuat beli skincare. Selain legend, emang hasilnya enak di wajah. Aku pengen coba clensernya juga deh

    ReplyDelete
  29. Manfaat pepaya untuk kulit sudah tidak diragukan lagi, tapi daripada rempong dengan buah pepaya yang mesti diparut dululah atau diapain dululah, mending langsung pakai produk yang mengandung pepaya saja, seperti sabun pepaya ini. apalagi sudah ada RDL facial cleansernya, patut dicoba nih.

    ReplyDelete
  30. Pengen nyobain sabun papaya nih jadinya. Mau dong lebih muda beberapa tahun karena kulit wajah yang bercahaya hehehe

    ReplyDelete
  31. Siapa yang tidak kenal RDL dengan khasiatnya yang sangat luar biasa ini. Jadi, tidak usah diragukan lagi.

    ReplyDelete
  32. Aku juga pakai dua produk andalan dari RDL papaya ini mbak
    Facial cleanser dan sabunnya merawat kulit wajahku jadi lebih cerah

    ReplyDelete
  33. btw mba ini bisa dibeli di supermarket juga kan ya? aku jadi mau coba RDL Facial Cleanser deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah ngecek sih, soalnya lebih praktis belanja online, hehe...

      Delete
  34. Kulit bersih dambaan semua wanita apalagi usia taklagi muda butuh lebih rajin lagi perawatan kulit wajah.
    RDL papaya bagus buat pembersih wajah harganyapun terjangkau sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kalau mau kulit wajah tetap sehat memang harus dirawat ya...

      Delete
  35. Kulit tidak hanya bersih dengan RDL Sabun Papaya, tetapi setelah pakaian kulit menjadi cerah. Apalagi cocok juga buat yang bermasalah dengan jerawat.

    ReplyDelete
  36. Baru tahu kalau ada merk RDL, sangat membantu sekali kak

    ReplyDelete
  37. RDL Sabun papaya ini cocok di kulitku. Alhamdulillah sudah merasakam ,manfaatnya juga. Wajah jadi makin bersinar. Untuk mendapatkannya juga mudah, di link shopee aja ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah samaan ya *tosss*
      Betul, beli di official store di shopee, tinggal duduk manis, paketnya dateng... Praktis dan produknya dijamin asli...

      Delete
  38. Manfaatnya bagus yaa, cocok sekali untuk kebutuhan kulit kita agar selalu terlindungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya manfaatnya lengkap, membersihkan, melembapkan, dan mencerahkan...

      Delete
  39. Ternyata oh ternyata, walau sudah kenal lama dengan brand sabun satu ini, baru tau kalau ternyata varian produknya banyak dan asalnya dari Filipina.

    ReplyDelete
  40. Wah keren, ternyata ada cara lain untuk merasakan manfaat pepaya untuk wajah tanpa harus ribet-ribet.

    ReplyDelete
  41. Buah pepaya ternyata bisa dimanfaatkan untuk banyak hal ya Kak. Termasuk jadi masker untuk wajah. Dan untungnya lagi, sekarang tanpa perlu repot-repot pun sudah ada RDL sabun papaya yang bisa instan kita gunakan untuk merawat kulit wajah dan tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pepaya banyak manfaatnya... Bisa didapatkan di sabun RDL ini...

      Delete
  42. Generasi tanteku pakainya ya RDL ini mba, emang legend ya produknya. Dan baru tahu kalau produk RDL Papaya ternyata ga cuma sabun muka, tp lengkap banget.

    ReplyDelete
  43. Selain mencerahkan, RDL Sabun Papaya juga memberikan manfaat menjadikan kulit sehat bebas jerawat. Biasanya kalau uda jerawatan kan jadi auto senewen ya.. Sebelum itu terjadi, merawat dengan deep cleansing begini lebih baik.

    ReplyDelete
  44. Pepaya ini banyak manfaatnya ya, apalagi udah tersedia dalam bentuk sabun yang praktis buat kulit lebih sehat

    ReplyDelete
  45. benar sekali! Merawat kesehatan kulit tidak selalu harus melibatkan biaya yang mahal atau produk-produk perawatan yang eksklusif. Bahan-bahan alami yang banyak ditemukan di sekitar kita sering kali memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kulit. Ini adalah pendekatan yang bijaksana karena tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga dapat memberikan hasil yang baik tanpa membahayakan kesehatan kulit.

    ReplyDelete
  46. aku juga pakai RDL sabun Papaya ini mak. bagus untuk mencerahkan kulit dan merawat kulit. apalagi digunakan secara rutin biar hasilnya terasa

    ReplyDelete
  47. Terima kasih atas rekomendasinya, RDL ini memang sedang naik daun yaa, banyak sekali informasi yang berseliweran di internet, menandakan bahwa produknya memang terbukti kualitasnya dan terpercaya.

    ReplyDelete
  48. Masha Allah mbak, glowing bgt wajahnya ;) anyway keren bgt emang sabun papaya ini, wanginya fresh. Terus dipadupadankan sama cleansernya bisa buat double cleansing mantep bgt. Legend juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, makasih... Iya, jadi lengkap 1 rangkaian untuk double cleansing...

      Delete
  49. Sudahlah bagus untuk perawatan kulit, RDL Sabun Papaya ini harganya terjangkau banget ya. Hanya 30ribu aja udah dapat. Bisa dibeli juga di ecommerce kesayangan kita.

    ReplyDelete
  50. RDL Papaya ini bagus loh. aku udah pake dan baru mau repurchase. rekomen banget sih yang suka kulit wajahnya kalo udah dibersiin auto fresh

    ReplyDelete
  51. Jadi ingat dulu, saking sukanya sama sabun Papaya ini, hemat banget dipakainya. Sampai aku bagi jadi beberapa bagian supaya awet hhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Iya ukurannya besar sih, bisa dibagi-bagi biar lebih hemat...

      Delete
  52. Manfaat pepaya untuk kesehatan kulit bisa kita dapatkan dengan mudah dan simple hanya dengan menggunakan RDL Sabun Papaya ya, Kak. Simple banget dan praktis tentunya

    ReplyDelete
  53. Enggak perlu repot membuat masker pepaya ya Kak, sudah disiapkan semua oleh RDL, hasilnya juga nyata ya

    ReplyDelete
  54. Wah belum pernh coba produk ini, cleansernya bisa buat makeup yang berat ga mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya belum tau, soalnya jarang pakai make up, heuheu...

      Delete
  55. Ternyata pepaya ga hanya bisa dimakan sekarng uda ada skincarenya mantap deh

    ReplyDelete
  56. jadi pengen nyobain pakai sabun papaya nih baca manfaatnya untuk kulit. secara aku juga perlu banget sabun wajah dan body yang gak bikin kulit kering dan mengkerut.

    ReplyDelete
  57. Aku juga pakai dua produk dari RDL Papaya ini mbak
    Sabun dan facial cleanser nya bikin wajah jadi cerah

    ReplyDelete
  58. Terima kasih untuk resep masker pepayanya. Ditambah produk RDL pepaya jadi makin mantul hasilnya ya

    ReplyDelete