Friday, March 16, 2018

7 Hadiah Ulang Tahun Andalan untuk Teman Si Kecil


Teman-teman yang satu generasi dengan saya, pasti sudah sering ya menyiapkan hadiah untuk teman yang menikah atau melahirkan. Sama, saya pun begitu. Seiring berjalannya waktu, usia anak juga terus bertambah. Seperti Jav yang kini sudah berusia 7 tahun. Pastinya sudah sekolah juga dong. Akhirnya, saya harus siap sedia pula apabila ada teman Jav yang berulang tahun.

Sejak masuk Taman Kanak-Kanak, saya cukup sering memberi hadiah untuk teman Jav yang berulang tahun dan mengadakan acara syukuran di sekolah. Di sekolah tersebut, apabila Jav dan teman-temannya ingin mengadakan acara syukuran ulang tahun di sekolah, guru memberi waktu beberapa menit sebelum pulang untuk kegiatan tersebut. Acaranya sederhana saja, hanya bernyanyi,  berdoa, dan berbagi. Yang pasti enggak boleh ada tiup lilin. 

Kalau di Sekolah Dasar, lain lagi. Enggak boleh ada acara ulang tahun di sekolah. Akhirnya Jav dan teman-temannya mengadakan acara syukuran ulang tahun di rumah. Ada juga yang membuat acara syukuran di restoran. 

Banyak alternatif barang yang bisa dijadikan sebagai hadiah ulang tahun. Namun berikut beberapa hadiah andalan saya apabila ada teman Jav yang berulang tahun.

1. Buku
Hadiah andalan saya nomor satu nih. Ceritanya ikut mendukung dan menebarkan gerakan cinta baca. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buku, baik buku cerita, buku aktivitas, maupun ensiklopedi. Bukan hanya untuk hiburan, tetapi menambah pengetahuan dan wawasan juga. Apalagi kalau bukunya dibacakan oleh orangtuanya, bisa meningkatkan bonding antara anak dan orangtua. Makanya ketika mencari buku untuk Jav, kadang saya membeli double untuk stok hadiah ulang tahun. Praktis. Bisa diberikan untuk teman laki-laki ataupun teman perempuan. Apabila stok buku habis, baru deh dadakan membeli barang yang lain.

2. Mobil-mobilan
Kalau teman Javnya laki-laki, paling mudah ya memberi hadiah mobil-mobilan. Sebagian besar anak laki-laki pasti suka mobil-mobilan. Berhubung Jav suka banget mengoleksi dan memainkan die cast, jadi untuk hadiah ulang tahun temannya pun tinggal beli die cast saja. 

3. Mainan edukatif
Mainan edukatif juga oke banget dijadikan sebagai hadiah ulang tahun. Apalagi di usia TK dan SD kelas 1, mainan edukatif kan baik sekali untuk menstimulasi kemampuan kognitif dan motorik halusnya. Mainan edukatif tersebut bisa berupa puzzle, lego, uno, dan lain-lain. 

4. Barang yang sesuai dengan hobi
Kadang apabila mengenal dekat teman Jav yang berulang tahun, saya membeli hadiah ulang tahun yang sesuai dengan hobinya. Atau sebelum menyiapkan hadiah, saya bertanya dulu pada Jav mengenai hobi temannya tersebut. Jadi, misalkan anaknya suka menggambar, saya siapkan hadiah ulang tahun yang sesuai berupa alat mewarnai.

5. Ransel 
Ransel bukan hanya bisa digunakan untuk membawa alat tulis ke sekolah saja loh. Bisa juga dikenakan untuk menyimpan berbagai kebutuhan ketika anak sedang bepergian. Seperti Jav. Ketika masih bayi sih, barang-barangnya menumpang di tas saya. Tetapi setelah agak besar, maunya membawa ransel sendiri. Apalagi ransel anak itu kan macam-macam dan bagus-bagus motifnya. Pilih motif ransel sesuai dengan karakter yang sedang populer. Contohnya karakter Tobot untuk anak laki-laki atau karakter Little Pony untuk anak perempuan.

6. Jam 
Sama seperti ransel, jam anak juga tersedia dalam berbagai karakter yang keren-keren. Baik jam tangan maupun jam dinding. Jam tangan bisa membuat penampilan anak semakin kece. Adapun jam dinding bisa membuat anak yang sedang belajar tidur sendiri, semakin betah tidur di kamarnya. Selain menarik, bisa juga membuat anak semakin semangat belajar mengenai waktu. Untuk anak usia TK sih, hadiahnya jam digital. Sedangkan untuk anak usia SD, boleh lah memberi hadiah jam analog. 

7. Wadah bekal
Apabila stok buku habis, serta enggak sempat belanja ke toko mainan atau toko alat tulis, terpaksa deh mencari hadiah ulang tahunnya di supermarket dekat rumah saja. Biasanya saya membeli misting atau botol minum. Menurut saya sih cukup bermanfaat untuk membawa bekal makanan dan minuman ke sekolah.

Nah, kalau teman-teman, biasanya menyiapkan hadiah apa nih untuk ulang tahun teman si kecil?

3 comments :

  1. Aku ingat dulu pas adik sepupuku masih kelas 1 SD, tak tanya menjelang ulang tahunnya pingin dikado mas apa nih btw? Jawabnya "Tablet"
    Bener2 generasi Z :D Coz kalau generasi Millenial dulu dapat buku, novel atau komik udah girang bukan main :P

    ReplyDelete
  2. Barang sesuai hobi yang paling sering buat kado, baru deh mainan

    ReplyDelete
  3. Wow kayak nya bakalan ngado buku cerita anak juga dehπŸ˜‚πŸ™†

    ReplyDelete