Sunday, September 16, 2018

Bekal Penuh Cinta untuk Jav dari Bunda dan Julie's

bekal cinta julies

Waktu berlalu begitu cepat ya. Rasanya baru kemarin Jav masuk SD, sekarang dia sudah naik di level 2 lagi. Alhamdulillah, selama satu tahun menyekolahkan Jav di sekolah ini, saya mendapatkan pengalaman yang cukup memuaskan, karena memang sekolah incaran kami.

Cinta di Setiap Suapan Bekal untuk Jav

Salah satu pertimbangan utama saya dan suami memilih sekolah ini, selain karena ramah anak, juga karena memerhatikan asupan hariannya. Enggak ada tukang jajanan dan anak harus dibekali makanan yang sehat.

Jadi di sekolah Jav ini, istirahatnya ada 2 kali. Yang pertama yaitu pukul 10 untuk makan kudapan. Dan yang kedua yaitu pukul setengah 1 untuk makan siang. Makanya setiap hari saya menyiapkan dua macam bekal untuk Jav, kudapan dan makan siang.

Repot? Berhubung sedang mempunyai bayi, jadi ya lumayan repot, hihihi.... Memang sih ada catering untuk orang tua yang enggak sempat menyiapkan bekal untuk anaknya. Tapi saya pribadi lebih memilih menyiapkan sendiri bekal untuk Jav. Selain lebih hemat, juga karena saat-saat seperti inilah yang selalu saya tunggu-tunggu sejak Jav masih kecil. Ingin 'repot' menyiapkan bekal dengan bentuk yang lucu-lucu untuk Jav, hohoho.... 

Dan pilihan saya ini ternyata sesuai dengan anjuran dari ibu kepala sekolah loh. Beliau lebih suka apabila anak-anak menyantap bekal yang disiapkan oleh ibunya. "Ada cinta di setiap suapan bekal yang kau buat untuk anakmu," begitu katanya saat parent's meetings yang diadakan pada awal tahun ajaran baru. Ah iya, betul banget Bu.

Memang, akhirnya bekalnya enggak sesuai seperti harapan saya dulu. Bentuknya belum bisa yang lucu-lucu, mana sempat, hihihi.... Tapi insya Allah sehat. Menunya pun bukan menu-menu yang fantastis ala Masterchef. Hanya menu sederhana yang mudah dibuat, karena saya enggak jago masak, hehehe.... Tapi selalu saya usahakan agar setiap porsi makan siangnya sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Yaitu menu 4 bintang yang terdiri dari karbohidrat, sayur, protein hewani, dan protein nabati.

Kalau masih ada sisa waktu, bekalnya saya dokumentasikan dan saya pajang di Instagram. Sebagai sontekan apabila kapan-kapan tiba-tiba saya enggak ada ide. Syukur-syukur jika bisa menginspirasi teman-teman juga.

Tips Menyiapkan Bekal untuk Jav

Kadang ada teman yang berkomentar "hebat" atau "keren" karena saya rajin menyiapkan bekal untuk Jav. Duh, jujur saya tuh enggak sehebat atau sekeren itu. Betulan deh. Begini nih rahasia saya supaya bisa selalu menyediakan bekal makanan sehat untuk Jav dengan waktu yang terbatas.

Contoh bekal Jav

Masak untuk semua anggota keluarga.
Jangan kira saya memasak khusus bekal untuk Jav. Enggak lah. Demi menghemat waktu, saya memasak sekaligus untuk makan siang saya dan Rashya juga. Yup, termasuk Rashya meskipun dia masih dalam tahap MPASI. Berhubung sekarang usia Rashya sudah 1 tahun dan tekstur makanannya sudah sama dengan tekstur makanan keluarga, maka hanya berbeda di bumbunya saja. Jadi saya membuat masakan dengan takaran garam dan gula yang minimalis, kemudian sisihkan sedikit untuk Rashya, lalu saya tambahkan lagi garam dan gula secukupnya untuk makan siang saya di rumah dan makan siang Jav di sekolah. 

Siapkan sehari sebelumnya.
Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa disiapkan sehari sebelumnya. Contohnya ayam goreng. Sehari sebelumnya bisa dimarinasi terlebih dahulu, sehingga keesokan harinya bumbu sudah meresap dan tinggal digoreng. Kudapan pun begitu. Contohnya brownie, biasanya saya buat sehari sebelumnya. Selain menghemat waktu, juga karena rasanya akan lebih enak apabila didiamkan dulu semalam.

Stok 3 bahan wajib.
Saya selalu sedia wortel, tahu, dan telur di kulkas. 3 bahan tersebut multifungsi, bisa digunakan untuk berbagai macam menu. Selain itu mudah juga diolah saat dalam keadaan darurat. Jadi pernah tuh saya sakit sampai enggak kuat bangun dari tempat tidur. Untung ada 3 bahan itu, sehingga suami bisa membantu saya membuat bekal untuk Jav. Tinggal siapkan nasi sebagai sumber karbohidratnya, ditambah wortel kukus untuk sayurnya, telur ceplok sebagai sumber protein hewaninya, dan tahu goreng sebagai sumber protein nabatinya. Beres deh, siapapun bisa melakukannya dengan mudah.

Stok frozen food.
Frozen food seperti nuget, siomay, risoles, kebab, dan lain-lain sangat dibutuhkan apabila saya bangun kesiangan, Rashya tiba-tiba rewel, atau hanya karena saya memang sedang malas. Yah namanya juga manusia, kadang semangatnya naik-turun, hehehe.... Dulu sih sebelum ada bayi, saya biasa bikin sendiri. Sekarang karena enggak sempat, beli saja homemade frozen food. Selain praktis, sekalian memajukan usaha teman juga kan.

Contoh bekal Jav

Stok bahan makanan yang tahan lama.
Setiap belanja, saya pasti membeli beberapa makanan yang tahan lama. Misalnya biskuit, mi, pasta, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut bisa dikreasikan menjadi berbagai macam menu.

Buah untuk saat kepepet.
Buah merupakan makanan wajib yang harus selalu ada di rumah. Saya biasanya menyediakan buah 1 jam sebelum makan, saat kondisi perut sedang kosong. Namun saya jarang membekali buah untuk Jav. Kenapa? Karena buah itu sebaiknya segera dikonsumsi setelah dikupas dan dipotong. Tapi kalau sedang kepepet serta ada stok buah yang enggak perlu dikupas dan dipotong terlebih dahulu seperti jeruk, stroberi, atau anggur, bisa juga tuh dijadikan bekal untuk Jav.

Tampilan yang menarik.
Sebagai tahap akhir, saya berusaha menyajikan bekal yang tampilannya menarik. Maksud hati sih ingin bisa menghias bekal menjadi bento yang lucu-lucu ala mami-mami kekinian yang sering saya lihat fotonya di Instagram. Namun apa daya, ternyata enggak sempat tuh potong-potong nori dan menatanya sedemikian rupa menjadi bentuk Angry Bird, Shaun the Sheep, dan lain-lain. Untuk mengakalinya, saya menghias bekal Jav menggunakan food pick dan food cutter saja. Lumayan lah, jadi agak semarak, hohoho....

Contoh bekal Jav

Meski setiap pagi harus berjibaku di dapur dan heboh berpacu dengan waktu, tapi rasanya puas dan bahagia apabila Jav menyukai dan menghabiskan bekal yang saya siapkan. Saya pun merasa lebih tenang karena telah memberikan yang terbaik untuk Jav. Bekal yang saya siapkan tentunya:
  • Terjamin kesegarannya, karena saya sendiri yang memilih dan menyimpan bahan-bahan makanan seperti daging, ikan, telur, sayur, dan buah.
  • Terjamin kebersihannya, karena saya sendiri yang mengolahnya.
  • Terjamin kualitasnya. Namanya juga menyiapkan bekal untuk yang tersayang. Saya pasti memilih bahan makanan seperti biskuit, frozen food, tepung, minyak, dan lain-lain dengan kualitas terbaik.

Julie's, Biskuit Favorit Keluarga

Untuk biskuit yang berkualitas, saya memilih produk dari Julie's. Ada 2 produk yang menjadi favorit anggota keluarga kami. Pertama yaitu Julie's Peanut Butter Sandwich, dan yang baru yaitu Julie's Choco More Sandwich. Mau tahu apa saja kelebihannya? Berikut saya jabarkan ya. Siapa tahu teman-teman yang belum mencobanya menjadi tertarik juga.

bekal cinta julies

Enak
Keduanya memiliki rasa yang sangat enak. Julie's Peanut Butter Sandwich merupakan perpaduan antara biskuit yang renyah dan asin dengan peanut butter yang creamy dan legit. Benar-benar memanjakan lidah. Sedangkan Julie's Choco More Sandwich merupakan perpaduan antara biskuit cokelat dan krim cokelat yang rasa cokelatnya royal banget. Krimnya sangat tebal dan manisnya pas.

Halal
Sebagai seorang Muslim, saya harus memastikan bahwa semua makanan yang masuk ke tubuh anak saya berasal dari sumber yang halal serta jelas status kehalalannya. Meskipun merupakan produk impor, biskuit asal Malaysia ini sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI kok. Jadinya tenang deh.

bekal cinta julies
(Klik untuk memperbesar)

Sehat
Peanut butter pada Julie's Peanut Butter Sandwich memiliki banyak manfaat loh untuk kesehatan. Di antaranya yaitu kaya akan kandungan gizi seperti serat, protein, potassium, dan antioksidan. Mengandung vitamin E dan monounsaturated fat yang baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular tubuh. Serta mengandung resveratrol yang dapat mengurangi risiko pembentukan sel kanker.

Begitu pula dengan Julie's Choco More Sandwich. Cokelatnya mengandung flavonoid tinggi yang berfungsi sebagai anti oksidan, mengandung theobromine yang bisa mencegah kerusakan gigi, baik untuk kesehatan otak, membantu proses regulasi sistem pencernaan, serta merangsang produksi endorphin yang menciptakan perasaan bahagia dan senang.

Tahan lama
Selama belum dibuka dari kemasannya, kedua produk ini awet banget. Makanya selalu tersedia stoknya di rumah, karena merupakan makanan kering yang bisa bertahan hingga satu tahun. 

Terjangkau
Kedua produk ini sangat mudah didapatkan. Saya biasa membelinya di Indomaret dengan harga Rp 8.500 untuk Julie's Peanut Butter Sandwich 90 gram berisi 12 pasang keping biskuit dan Julie's Choco More Sandwich 110 gram berisi 10 pasang keping biskuit. 

Bisa Dinikmati dengan Berbagai Cara
Kedua produk ini tuh dimakan langsung saja rasanya sudah enak banget. Apalagi disantap bersama teh manis hangat, hmmm... nikmat. Namun untuk bekal Jav, kadang saya mengolahnya kembali agar lebih bervariasi.

bekal cinta julies

Kreasi Bekal Cinta Julie's

Banyak resep kudapan yang bisa dibuat dengan memanfaatkan kedua produk ini. Kalau saya sih memilih resep yang simpel saja. Contohnya Bola-Bola Julie's yang menggunakan Julie's Peanut Butter Sandwich dan Puding Julie's yang menggunakan Julie's Choco More Sandwich. Bahannya mudah didapatkan, cara membuatnya super gampang, dan bisa dibikin sejak sehari sebelumnya agar keesokan paginya jadi agak santai.

Bola-Bola Julie's
Bahan:
  • 1 bungkus Julie's Peanut Butter Sandwich
  • 2 bungkus susu kental manis
  • Meises secukupnya

Cara Membuat:
  1. Pisahkan biskuit dan krimnya.
  2. Haluskan biskuit.
  3. Campur dengan susu kental manis.
  4. Buat bola-bola dengan menggunakan krim sebagai isiannya.
  5. Gulingkan di atas meises.
bekal cinta julies

Berbeda dengan bola-bola cokelat pada umumnya, Bola-Bola Julie's ini enggak bikin giung. Karena biskuitnya kan asin ya, bagian dalamnya pun diisi peanut butter yang legit. Dipadukan dengan susu kental manis dan meises, rasa bola-bolanya jadi unik banget. Teman-teman Jav yang sudah ikut mencoba di sekolah juga pada doyan loh. 

Puding Julie's
Bahan:
  • 1 bungkus Julie's Choco More Sandwich
  • 1 bungkus agar plain
  • 100 gr gula pasir
  • 800 ml UHT plain
  • 3 bungkus susu kental manis

Cara Membuat:
  1. Pisahkan biskuit dan krimnya.
  2. Cincang kasar biskuit.
  3. Rebus agar, gula pasir, UHT, dan susu kental manis. Aduk hingga mendidih.
  4. Tambahkan biskuit dan krimnya.
  5. Tuang ke dalam cetakan.
  6. Sajikan bersama vla cokelat.
bekal cinta julies

Enggak cukup satu porsi, merupakan deskripsi yang menggambarkan Puding Julie's ini. Cincangan Julie's Choco More Sandwich-nya menambah kaya pada rasa dan tekstur puding susunya. Yummy banget....

Kuis Bekal Cinta Julie's

Nah, bagi teman-teman yang suka menyiapkan bekal juga, ikut kuis #BekalCintaJulies yuk. Caranya gampang banget. 

Teman-teman hanya perlu membeli produk Julie’s Peanut Butter Sandwich atau Julie's Choco More Sandwich. Kemudian foto bekal makanan dengan biskuit Julie’s di dalamnya. Lalu upload di Instagram dengan mention Instagram Julies dan hashtag #BekalCintaJulies atau upload ke Facebook di kolom komentar postingan kuis dan sertakan hashtag #BekalCintaJulies. Jangan lupa, tulis juga cerita menarik di balik #BekalCintaJulies versi teman-teman ya.

Akan ada 1 pemenang utama yang mendapatkan hadiah senilai total Rp 5.000.000 berupa Tupperware/Lock&Lock set, uang tunai, dan produk, serta 5 pemenang hiburan yang mendapatkan hadiah senilai total Rp 1.000.000 berupa Tupperware/Lock&Lock set dan produk

Yuk ah, tunggu apa lagi, karena kuisnya akan berakhir tanggal 30 September 2018 nanti. Info lengkapnya bisa teman-teman baca di sini ya.

Facebook: Julie's Indonesia
Instagram: Julie's Indonesia

59 comments :

  1. iya bener teh frozen food membantu banget kalau kesiangan uda ga tau harus bagaimana kalau kesiangan teh hahha..
    duh Jav beruntungnya dibekali menu sehat sama bunda :)
    aku jd pengen coba juga Julies nih

    ReplyDelete
  2. Wah kalau Julie's di kreasikan menjadi kue-kue kecil seperti Bola-Bola Julie's, sepertinya cukup mearik ya, pasti anak-anak suka sekali :)

    ReplyDelete
  3. Kebanyakan anak-anak seringkali merasa jenuh dengan makanan yang itu-itu aja, saya setuju sekali kalau bekal tidak harus makanan berat saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk camilan sih memang yg ga terlalu berat, tp utk makan siang saya sih tetap bekelin menu berat (ada karbohidratnya) :)

      Delete
  4. Wah, dengan produk Julie's, bunda-bunda di rumah pasti sangat terbantu sekali ya :)

    ReplyDelete
  5. Menurut saya bekal itu berperan penting untuk anak-anak, selain lebih sehat kita juga bisa menerapkan pembelajaran berhemat pada anak-anak.

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat sekali, semoga bermanfaat juga untuk yang lainnya ya :)

    ReplyDelete
  7. Dengan banyaknya jajanan-jajanan di luar yang mengandung bahan berbahaya, saya setuju sekali jika sebaiknya anak-anak di beri bekal dari ruamah.

    ReplyDelete
  8. Huhuu Kaka Olip pun sekarang sekolahnya mesti bekel, istirahatnya sama 2 kali kaya Jav. Mamanya rempong lagi, yg gampang2 ya frozen food hihii..
    Nah, nanti aku tawarin Julies biskuit nih, buat cemilan2nya..
    Kalo emaknya mah suka banget, apalagi dianclomin ke kopi panas huhuu

    ReplyDelete
  9. Di Sekolah neng Marwah ga ada kantin, dan neng Marwah gak mau ketring pula jadi lah ibunya harus nyiapin bekal hehhe, eh julies cokelat kesukaan neng Marwah tuh, enak katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih neng marwah sama kaya jav suka julie's choco more sandwich :)

      Delete
  10. Cakep banget asli bunda warbiyasakkk, gudlak bun 🌸

    ReplyDelete
  11. perjuangan di balik ibu yang rajin dan keren. sungguh salut, apalagi sedang punya baby, paham banget riwehnya kayak apa. Hihihi

    ReplyDelete
  12. luar biasa ya kekuatan para emak utk bikin bekal anak-anaknya.
    semangat ya emaakk...

    ReplyDelete
  13. Bundanya rajin bangeeet. Bekalnya Jav lucu dan cantik.

    ReplyDelete
  14. Teh Lia rajin banget, masya Allah. Aku jadi pengen niruin nih.

    ReplyDelete
  15. bentony kreatif banget ih tehhh... jadi inspirasi ini. aku bookmark :)

    ReplyDelete
  16. Favorit di rumah tuh Julie's Peanut Butter. Cocok dikreasikan atau dimakan langsung.

    ReplyDelete
  17. Kemarin sempet nanya2 halal ngga yah, alhamdulillah ternyata udah ada sertifikat halalnya.

    Ini jadi favorit saya dan keluarga. Kesukaan Vito juga buat bekal sekolah. 😘

    ReplyDelete
  18. lucu banget bekalnyaaa~

    aku sendiri belom pernah nemu julie's peanut butter di jogja. sedih deh, padahal pengen nyobain juga

    ReplyDelete
  19. Asyik ada tips lagi nih buat contekan nyiapin bekal anak, hehe...
    Btw aku jadi pengen nyicil kreasi puding Julie's nya...

    ReplyDelete
  20. Sunggu bekal yang praktis dan juga simple ya, Teh.
    Cocok dibawa kemana-mana dan bisa juga untuk nemenin nonton..he

    ReplyDelete
  21. Kreasi makanan Juliesnya kreatif banget Teteh :)

    ReplyDelete
  22. Bikin tampilan menariknya itu suka peer banget buat saya, Teh 😭😭😭

    ReplyDelete
  23. Kreatif banget bikin bekalnya. Dengan tampilan imut dan menarik seperti itu, pasti anak-anak akan lahap deh makan bekalnya :)

    ReplyDelete
  24. mantap dan lengkap. makan siangnya ada yang dari darat dan dari lautnya, sama seperti Totto Chan hehe

    ReplyDelete
  25. wah ada yg baru lagi.. cocok banget buat anak2 :)

    ReplyDelete
  26. Wah menarik nih, bisa ditiru nih.....
    hehehe...

    ReplyDelete
  27. Mudah-mudahan istri gua kelak bisa bikin bekal buat anak-anak nya hehe

    ReplyDelete
  28. Ya ampun Jav, mamanya kreatif banget, seneng deh jadi anaknya mama Nath, sehat selalu Jav

    ReplyDelete