Thursday, September 20, 2018

Memanjakan Mata di Taman Bunga Nusantara

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
Teman-teman tahu Taman Bunga Nusantara? Sudah pernah ke sana? Saya sendiri baru sekali mengunjungi destinasi wisata yang berada di Cianjur ini. Itu pun sudah lama banget, waktu kuliah dulu pas ekskursi mata kuliah Perencanaan Pariwisata. Hmmm, mungkin sekitar 14 tahun yang lalu, hihihi.... Zaman sebelum ada Instagram, hohoho....

Makanya sekarang kepingin deh mengajak anak-anak main ke sini. Karena sesuai namanya, Taman Bunga Nusantara ini dipenuhi dengan berbagai macam tanaman dan bunga berwarna-warni yang ditata sedemikian rupa agar tampak semakin cantik. Anak-anak pasti akan puas berlari-lari di taman yang luas dan penuh bunga ini. 

Harga tiketnya pun cukup terjangkau, yaitu 40 ribu rupiah per orang. Untuk anak di bawah usia 4 tahun sih gratis, enggak perlu membeli tiket. Adapun untuk parkir, biayanya yaitu 10 ribu rupiah per motor dan 15 ribu rupiah per mobil. 

Taman Bunga Nusantara ini buka taman bunga biasa loh. Di dalamnya terdapat berbagai macam taman dengan tema dan desain yang berbeda-beda. Dijamin enggak akan bosan. 

1. Taman Air
Di taman ini terdapat berbagai jenis tanaman air dari berbagai lokasi. Contohnya seperti Kana Air yang berasal dari Amerika Serikat atau Lotus yang merupakan tumbuhan asli Asia Timur dan Australia. Bukan hanya itu, ada juga Cyperus Papyrus dari Mesir yang menyerupai rambut panjang.

Teman-teman juga bisa melihat teratai yang diletakkan permukaan kolam. Pasti sudah familiar kan dengan jenis tanaman cantik ini. Tapi eits tunggu dulu, teratai di Taman Bunga Nusantara ini ukurannya raksasa teratai dan bernama Victoria Amazonica yang berasal dari Amerika Selatan.

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
2. Taman Mawar
Rasanya belum afdal apabila sebuah taman bunga enggak ada bunga mawarnya. Jenis bunga cantik ini memang menjadi salah satu tanaman perdu favorit para wanita. Nah, bunga mawar ini juga bisa teman-teman temui di Taman Bunga Nusantara. Tentunya bukan sembarang mawar, karena di sini, bunga-bunga cantik tersebut mendapat perawatan khusus mulai dari penyiraman, pemupukan, hingga penyiangan.

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
3. Taman Perancis
Teman-teman enggak perlu berlibur jauh ke Perancis nih. Cukup di Taman Bunga Nusantara pun, teman-teman sudah bisa menikmati suasana bak negeri yang dikenal dengan Menara Eiffel-nya tersebut. Di sini, teman-teman bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan yang sangat memanjakan mata. 

Salah satu ciri dari Taman Perancis ini adalah bentuk-bentuk geometrisnya. Menariknya lagi, teman-teman juga bisa menikmati keindahan taman ini dari jarak jauh.

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
4. Taman Labirin
Taman Bunga Nusantara juga menyediakan tempat bagi teman-teman yang suka bertualang dan menyelesaikan teka-teki. Taman Labirin ini menggunakan pola Renaissance ala Eropa, di mana tanaman ditata dengan rapi membentuk lorong panjang yang berliku dengan kejutan berupa taman cantik di ujungnya. Apabila khawatir tersesat, teman-teman bisa membeli peta sell yang harganya seribu rupiah. 

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
5. Taman Bali
Di Taman Bunga Nusantara ini teman-teman juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam salah daerah di Indonesia. Di Taman Bali, teman-teman akan merasakan sensasi berlibur layaknya di Pulau Dewata. 

Di sini teman-teman akan menemukan bangunan unik khas Bali, seperti candi, gapura, bale, hingga patung. Tanamannya pun ada bunga kamboja, sepatu, aneka helikonia, dan tumbuhan tropis lainnya.

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
6. Taman Mediterania
Taman ini memiliki suasana seperti di daerah gurun. Di Taman Mediterania, teman-teman bisa melihat tanaman khas negara beriklim kering. Di sini juga terdapat bangunan berdesain unik yang di dalamnya berisi berbagai macam jenis kaktus.

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
7. Taman Palem
Pohon palem merupakan tanaman yang sering ditemui di Indonesia. Tapi ternyata ada ribuan jenis pohon palem yang tersebar di seluruh dunia dan tentunya memiliki bentuk yang berbeda-beda. Teman-teman bakal menemukan ratusan varietas pohom palem yang berasal dari negara lain.

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
8. Taman Jepang
Suasana khas negeri Sakura bisa teman-teman rasakan di taman yang berada di Taman Bunga Nusantara ini. Taman Jepang ini diciptakan oleh desainer asli dari Jepang yaitu Hamana Yosuke. Di sini, teman-teman akan disambut oleh pintu gerbang besar yang terbuat dari kayu.

Teman-teman memang enggak akan menemukan bunga berwarna-warni di sini. Soalnya taman ini didominasi oleh tanaman hijau, mulai dari pinus hingga cemara yang dibuat bonsai. Saat memasukinya, suasana tenang dan damai akan langsung menghampiri.

Di sini terdapat jalan dan kolam ikan dengan aliran yang tenang, serta gemericik air dari pancuran kecil yang membuat suasana menjadi asri. Sebagai pelengkap, ada juga rumah adat khas Jepang yang berdiri kokoh di tengah kolam.

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
Selain 8 taman tersebut, masih banyak fasilitas lain yang bisa dinikmati di Taman Bunga Nusantara. Misalnya rumah kaca, di mana teman-teman bisa menemukan berbagai koleksi bunga berbagai warna, seperti anggrek dan tanaman lain yang sulit hidup di iklim ekstrim.

Ada pula menara pandang agar teman-teman bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Serta danau angsa, topiari merak, jam raksasa, dan display karpet yang seluruhnya dibentuk menggunakan bunga. Wow....

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
Area piknik untuk teman-teman yang ingin menikmati suasana taman juga tersedia di sini. Selain itu, tersedia pula kendaraan seperti Kereta Dotto, Garden Tram, dan Mobil Wira-Wiri. 

Sumber: http://www.tamanbunga-nusantara.com
Objek wisata ini buka setiap hari loh. Untuk hari Senin sampai dengan Jumat buka pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Adapun saat akhir pekan dan libur nasional buka pukul 08.00 sampai dengan 17.30 WIB.

~~~

Taman Bunga Nusantara
Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi,
Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

12 comments :

  1. Untuk harga tiket taman seindah itu, yang hanya dibandrol 40 ribu menurut saya sangat terjangkau sekali. Andai saja dimalang ada.

    ReplyDelete
  2. Jadi ingin kesana bersama keluarga kecil nih hehe. :D

    ReplyDelete
  3. Tgl 13 Sept lalu, TBN ini ultah jadi masuknya gratis sampe sesak dan nyisain sampah, duh ya sayang banget klo pengunjung jorok mengotori taman bunga yang indah ini. Pengen kesana lagi ajak Gen, cz saya suka banget main ke taman bunga 🌸

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm begitu ya kelakuan sebagian besar bangsa kita :(

      Delete
  4. Ini taman super duper cantik, aku pernah kesana sekali, udah agak lama dan belum suka ngeblog, jadi nggak foto2 selengkap buat blogging hahaha.

    ReplyDelete