Tuesday, February 19, 2019

Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil


"Ih, bosan ya di rumah saja", kata seorang teman yang baru diam di rumah sekitar 1 bulan karena sedang cuti melahirkan. Saya yang mendengarnya hanya bisa tersenyum sambil bertanya-tanya di dalam hati, kok dia bisa bosan sih. Saya, meski enggak kerja kantoran, waktu 24 jam tuh rasanya enggak pernah cukup. Pasti ada saja yang harus diselesaikan. Mulai dari urusan anak, pekerjaan domestik, kegiatan blogging, dan lain-lain, termasuk mencari produk asuransi mobil proses klaim mudah.

Yup, sekarang ini saya sedang melihat-lihat asuransi mobil nih. Dulu tahun pertama setelah membeli mobil, sempat memiliki asuransi mobil, karena sudah termasuk ke dalam paket pembelian. Namun tahun berikutnya enggak dilanjutkan. Saat suami meminta masukan tentang asuransi mobil ini, saran dari saya sebagai direktur keuangan rumah tangga yang pelit ya berhenti saja. Soalnya lumayan kan bayar preminya, hihihi....

Tapi setelah saya turun sendiri ke jalan, merasakan kejamnya lalu lintas, lebay deh ah, hihihi.... Maksudnya mulai rutin menyetir sendiri, baru deh merasakan butuhnya asuransi mobil. Walau saya jarang menyetir jauh-jauh, paling yang rutin hanya seputar mengantar jemput sekolah, belanja ke supermarket, atau mengurus keperluan ke bank, rasanya penting memiliki asuransi mobil. Berikut beberapa alasannya.

Supaya bisa menyetir dengan lebih tenang
Kemampuan saya dalam mengendarai mobil termasuk pas-pasan. Walau hasil ujian teori saat membuat SIM kemarin nilainya bagus, tapi tetap saja enggak pede kalau harus parkir secara paralel, harus dibantu tukang parkir, hihihi.... Takut menabrak trotoar lah, takut menyenggol mobil lain lah. 

Selain itu, saya juga gampang grogi. Rasanya stres kalau lalu lintas sedang padat lalu tiba-tiba dikerubungi motor dari berbagai arah. Begitupun saat harus menyalip. Makanya saya suka kesal kalau ada kendaraan yang berjalan di bawah kecepatan rata-rata. Mau diikuti ya malas, tapi mau disalip juga rasanya deg deg serrr. 

Pernah tuh saya menyalip angkot yang sedang mencari penumpang dan kecepatannya kaya siput. Karena enggak nyaman mengambil jalur orang lain, padahal sedang kosong loh, saya pun buru-buru dan akhirnya menyenggol si angkot. Baret deh mobil saya. Suami sih enggak marah, ya namanya di jalan, apapun bisa terjadi. Tapi kan tetap saja saya merasa bersalah, huhuhu.... Seandainya memiliki asuransi mobil, perasaan bersalah saya enggak akan terlalu besar, hehehe....

Mengantisipasi kejadian tak terduga 
Kemampuan menyetir yang pas-pasan, membuat saya menjadi sangat berhati-hati ketika sedang mengendarai mobil. Mengatur laju kendaraan tetap terkendali, menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, hingga mencari tempat parkir yang leluasa. Makanya, di luar karena faktor grogi seperti cerita sebelumnya, saya enggak pernah mengalami kecelakaan parah.

Namun, kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Selihai apapun atau sehati-hati apapun, kalau sudah takdirnya harus kecelakaan ya kecelakaan juga. Seperti kejadian yang menimpa ibu saya beberapa waktu yang lalu. Saat itu beliau sedang berhenti di pinggir jalan, membeli buah atau apa gitu, saya lupa. Eh, tiba-tiba mobilnya ditrabrak motor dari belakang. Kencang, sampai mobilnya penyok enggak keruan. Yah begitulah, kita sudah hati-hati, belum tentu orang lain seperti itu juga. Lagi diam saja malah ditabrak. Itulah salah satu alasan pentingnya memiliki asuransi mobil.

Membantu urusan dengan pihak ketiga
Jadi kemarin itu pernah kejadian, saya keluar dari tempat parkir sekolah di pagi hari saat lalu lintas sedang ramai. Posisinya mundur, untung ada petugas parkir yang membantu. Setelah petugas parkir memberi aba-aba dan saya lihat semua kendaraan sudah berhenti, saya pun memundurkan mobil. 

Tapi tiba-tiba "Krak!" terdengar suara kendaraan yang beradu dilanjutkan dengan teriakan seorang ibu, "Aduh Pak, gimana ini Pak." Saya panik dong, langsung memajukan kembali mobil saya. Ternyata seorang ibu yang sedang mengendarai motor dan membonceng dua orang anaknya sempat tertabrak oleh mobil saya dan hampir terjepit di antara mobil dan tembok rumah. Petugas parkir memarahi si ibu, "Ibu sih, kenapa maksa!" Tapi si ibu hanya cengengesan lalu pergi.

Alhamdulillah, lega banget karena si ibu dan kedua anaknya enggak apa-apa. Barulah dalam perjalanan kembali ke rumah, saya sadar dan merasa sangat gemas. Ya Tuhan.... Itu si ibu apa enggak khawatir ya dengan keselamatan anak-anaknya. Kok ugal-ugalan begitu sih membawa motornya.

Meski pengendara motor yang salah, kalau ada apa-apa, biasanya kan pengendara mobil yang disalahkan dan harus bertanggung jawab. Kesal deh. Bisa rugi saya. Mobil baret, harus menanggung biaya pengobatan pula. Makanya harus memiliki asuransi mobil proses klaim mudah.

Melindungi mobil dari risiko lain
Selain kecelakaan lalu lintas, masih banyak risiko lain yang mungkin terjadi pada mobil. Mulai dari banjir, tertimpa pohon, perusakan dan pencurian, hingga kehilangan. Di komplek sebelah, sedang ramai kejadian kaca mobil dirusak untuk mengambil barang berharga di dalamnya. Makanya, saya enggak pernah meninggalkan tas atau dompet di dalam mobil. Isinya mungkin enggak seberapa, karena saya jarang membawa uang tunai banyak-banyak. Tapi kalau kaca mobilnya pecah, duh, biaya perbaikannya kan enggak murah.


Itulah beberapa alasan kenapa saya ingin memiliki asuransi mobil. Agar berbagai risiko yang mungkin terjadi pada mobil dapat dialihkan pada perusahaan asuransi. Namun, memilih perusahaan asuransi juga enggak mudah. Nah, untuk mendapatkan hasil terbaik, saya mencari produk asuransi mobil proses klaim mudah secara online melalui https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan. Dengan begitu, saya bisa memperoleh perbandingan produk asuransi mobil terbaik dan terlengkap yang dapat menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan.

14 comments :

  1. Iya teh memang penting banget ya punya asuransi mobil bisi ada apa - apa udah tercover lah ya istilahnya mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita kan enggak tau apa yg bakal terjadi di masa depan

      Delete
  2. Benar juga ya. Ternyata penting ya memiliki asuransi mobil

    ReplyDelete
  3. Ntar aja kalau udah punya mobil wkwk. Sekarang mah masih belum punya :D

    ReplyDelete
  4. Memang memiliki asuransi mobil itu banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
  5. Dengan memiliki asuransi mobil bisa mengantisipasi kejadian tak terduga ya

    ReplyDelete
  6. Wah bisa direkomendasikan nih kalau udah punya mobil nanti. Entah nantinya itu kapan :D

    ReplyDelete
  7. Bener banget asuransi mobil itu penting sekali, kalo yg kredit sudah otomatis tercover yah, mungkin utk yg beli secr cash atau beli second musti juga mempertimbangkan hal ini

    ReplyDelete