Tuesday, February 26, 2019

Kunci Sukses Bisnis di Meeting Room

Sumber: https://go-work.com

Tahukah teman-teman keberadaan meeting room adalah kunci sukses bisnis teman-teman? Kelengkapan fasilitas ruang meeting haruslah efektif, kondusif, dan nyaman. Seorang klien tentunya bukan hanya menilai kemampuan presentator secara personal dalam mempersuasifkan produk kepada rekan bisnisnya. Namun, seorang klien tentunya mengevaluasi setiap apa yang dipresentasikan dan di mana tempat yang dipilih sebagai lokasi pertemuan tersebut diadakan. 

6 Fasilitas Wajib di Meeting Room 

Seperti yang sudah teman-teman ketahui, setiap meeting room memiliki konsep dan desain seating yang berbeda-beda. Mulai dari U- Shape, Classroom, Boardroom, Teater, Banquet, dan masih banyak lagi. Secara umum berikut adalah 6 fasilitas wajib yang harus dimiliki sebuah ruang meeting: 

1. Akses listrik yang memadai 
Selama meeting dilakukan, penggunaan barang-barang elektronik menjadi kebutuhan primer yang harus ada untuk menunjang presentasi meeting berlangsung. Bayangkan saja apabila terjadi pemadaman listrik di saat pertemuan sedang berlangsung? Pertemuan bisa jadi tertunda dan memungkinkan terjadi pembatalan. Akses listrik menjadi salah satu faktor yang menyukseskan suatu pertemuan dilakukan. 

2. Perangkat Elektronik Pendukung 
Dalam menyajikan presentasi diperlukan perangkat pendukung seperti proyektor, Kabel proyektor, layar atau LCD, hingga sound system di dalam meeting room. Enggak kalah penting saklar hingga terminal listrik dalam jumlah yang memadai. 

3. Koneksi internet cepat 
Koneksi internet sudah seperti kebutuhan primer bagi sebagian orang. Semakin canggih teknologi membuat kebutuhan ke arah gerak yang cepat, menuntut kesempurnaan hasil. Dalam menyajikan data presentasi produk yang ditawarkan, informasi yang diberikan banyak dikonfirmasi langsung melalui sambungan internet. 

4. Meja Kursi yang nyaman 
Kondisi meeting room sangat berpengaruh pada tingkat penerimaan klien maupun penyaji presentasi. Kondisi meja dan kursi yang enggak nyaman menjadi faktor penerimaan terhadap presentasi yang berkurang. Kualitas meja kursi yang nyaman menjamin kenyamanan klien maupun penyaji presentasi. Bisa dibayangkan apabila dalam jangka waktu pertemuan yang cukup lama klien merasa enggak nyaman dengan tempat duduknya? Bukan hanya saat duduk namun juga saat beraktivitas lain seperti menulis catatan penting atau mengetik di laptop. Kenyamanan menjadi faktor terpenting untuk memaksimalkan daya serap dan fokus peserta meeting pada materi presentasi yang disajikan. 

Selain meja dan kursi yang nyaman, tata letak ruangan disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas berapa peserta yang akan hadir di ruang meeting. Konsep penataan kursi dan meja dibuat senyaman mungkin agar memudahkan peserta lebih mudah berinteraksi antara satu dengan yang lainnya, serta memudahkan setiap partisipan untuk berkontribusi. 

5. Tersedia white board dan alat tulis 
White board dan alat tulis menjadi alat pendukung dalam menyampaikan penggambaran materi presentasi. Bagi sebagian orang akan lebih mudah menjelaskan dengan bantuan visual bagan untuk menghubungkan sub topik satu dengan yang lainnya. Terkadang kebutuhan seperti mencoret atau menekankan suatu hal dengan menuliskan kembali perlu dilakukan. 

6. AC untuk udara yang bersih dan segar 
Bekerja keras dengan jam kerja yang panjang tentunya membuat beban kerja juga banyak. Untuk itu bekerja dalam kondisi tempat yang pengap dan enggak nyaman tentunya menjadi kendala bagi sebagian orang. Teman-teman membutuhkan tempat kerja yang enggak pengap, ventilasi udara yang cukup baik hingga menjamin teman-teman leluasa untuk bernapas. Keberadaan AC ini akan membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih, segar, dan sejuk yang membuat teman-teman nyaman bekerja seharian. 

Demikian tips fasilitas yang harus ada di ruang meeting. Nah solusi bagi para pengusaha atau startup yang belum memiliki kantor sendiri, Go-Work hadir menyediakan meeting room, dengan fasilitas ruang yang nyaman serta fasilitas lengkap sesuai dengan konsep dan kebutuhan perusahaan teman-teman. Untuk melihat beragam informasi menarik yang ditawarkan Go-Work silakan kunjungi website go-work.com. Semoga meeting teman-teman berjalan dengan sukses.

2 comments :

  1. Bener banget tuh mba. Klo fasilitas di ruang meeting gak memadai, meeting jadi gak efektif dan gak akan memcapai sasaran.

    ReplyDelete