Thursday, August 8, 2019

Segarnya Soto Mie Bogor Pak Kumis

Masih lanjutan cerita waktu menghadiri undangan pernikahan di Bogor kemarin ya, hehehe.... Setiap jalan-jalan, apalagi ke luar kota rasanya sayang banget kalau enggak kulineran. Makanya meski sebentar, ketika ke Bogor itu saya menyempatkan satu waktu makan untuk menikmati makanan khas Bogor.


Orang tua sih bilangnya bebas mau makan apa saja. Jadi saya deh yang menentukan, kebetulan memang ingin soto mie khas Bogor untuk sarapan. Tapi bingung juga, soto mie yang recomended di mana ya, heuheu.... Lupa, harusnya sebelumnya bertanya dulu sama adik ipar. Karena kalau ditanya pagi itu, pasti sedang sibuk persiapan akad nikah.

Akhirnya saya mencari di Google Maps saja. Rupanya kalau pagi hari, banyak penjual soto mie yang masih tutup. Untungnya ada satu toko yang sudah buka. Namanya Soto Mie Pak Kumis. Lokasinya berada di Jalan Suryakencana. Kalau melihat di peta dan diambil garis lurus, jaraknya dekat banget dari penginapan. Tapi kalau pakai kendaraan, lumayan memutar.

Setelah siap-siap, kami pun langsung berangkat. Lumayan juga harus melewati kemacetan di pasar, padahal jalannya hanya satu arah. Untungnya menjelang lokasi Soto Mie Pak Kumis, lalu lintas mulai lengang. Soto Mie Pak Kumis ini berada di sebelah kiri jalan. Kami memarkirkan kendaraan pas di depan toko.


Ternyata selain di Jalan Suryakencana, Soto Mie Pak Kumis ini memiliki beberapa cabang lain. Ada empat cabang loh, wuih.... Pas sampai, suami sadar katanya kami pernah ke sini. Oh gitu ya, saya enggak ingat, hihihi.... "Masa sih?" tanya saya enggak percaya. "Iya, lumpianya enak," begitu jawab suami. 

Dari depan, tokonya terlihat kecil. Tapi setelah masuk, baru terlihat kalau di dalamnya memanjang ke belakang. Di sana berjejer beberapa meja dan bangku sederhana. Kami pun memesan soto mie campur. Kata penjualnya, maksudnya yaitu campur antara mie, bihun, dan sayur. Jadi bukan campur antara daging dan jeroan. 

Enggak perlu menunggu lama, pesanan kami sudah diantar. Satu mangkuk soto mie berisi mi, bihun, kol, tomat, potongan lumpia goreng, dan daging. Kuahnya berwarna bening agak kemerahan, mungkin merah dari tomat. Rasanya gurih dan segar, apalagi ditambah perasan jeruk nipis dan sambal. Uh, sedap....


Dagingnya melimpah dan empuk. Lumpia gorengnya, betul kata suami, enak dan renyah kriuk kriuk. Sayang kurang banyak. Ada juga perkedel kentang dan kerupuk sebagai pelengkap. Perkedel kentangnya enak. Kerupuknya juga, jenis kerupuk rambak gitu, besar berbentuk setengah lingkaran. Maaf lupa difoto euy.... Mungkin asalnya memang bentuk lingkaran dan lebih besar, tetapi dibagi menjadi dua. Karena suka banget, suami sampai membeli lagi sebungkus plastik kerupuk untuk dibekal, hohoho.... Adapun untuk minumnya, disediakan teh tawar hangat gratis.

Kesimpulannya, lezat.... Seandainya Rashya enggak mengacak-acak tusuk gigi, kayanya saya bakal tambah lagi deh, setengah porsi saja tapi pakai nasi, hihihi.... Harganya juga cukup terjangkau. Kalau enggak salah, satu porsi soto mie harganya Rp 14.000, satu buah perkedel kentang harganya Rp 3.000, dan satu buah kerupuk harganya Rp 1.000. 

~~~

Soto Mie Bogor Pak Kumis
Jl. Suryakencana No.217 Bogor
Buka: pukul 07.00 - 20.00

4 comments :

  1. kalau soto saya paling suka
    apalagi ada krupuk dan gorengan

    ReplyDelete
  2. kayaknya soto mie di bogor enak2 , pernah nyobaij yang depan RS Hermina Bogor enak juga ...

    ReplyDelete
  3. Whuaa kelihatan enak banget. Aku belum pernah makan soto mie.. Seger banget gitu dinikmati Anget2, pedes2

    ReplyDelete
  4. Wahhh kalau melimpah ruah seperti ini, jadi gak rugi deh makan dan menikmati soto mie gini, boleh dicoba nih wuehehe :D

    ReplyDelete