Thursday, September 26, 2019

Makan Siang Nikmat di Se'i Sapi Lamalera

sei sapi lamalera

Udah lamaaa banget saya kepingin nyobain Se'i Sapi Lamalera ini. Sayangnya, udah dua kali juga mampir ke restonya yang berada di Jalan Bagus Rangin, tapi waiting listnya sampai belasan. Waduh.... Kalau cuma berdua suami sih, menunggu lama begitu ya enak bisa sekalian pacaran. Tapi karena bawa Jav dan Rashya juga, saya sudah pesimis duluan, pasti enggak nyaman. Khawatir pas waktunya makan, anak-anaknya sudah keburu bosan.

Akhirnya pasrah saja, keluar lagi mencari tempat makan lain yang enggak perlu pakai waiting list. Sambil berniat mau pesan Se'i Sapi Lamalera lewat Go-Food aja. Tapi itupun enggak jadi-jadi. Soalnya Bagus Rangin ke Ciwastra lumayan jauh kan, mahal ongkirnya, hihihi....

Eh, ternyata baru-baru ini Se'i Sapi Lamalera buka cabang juga di Jalan Emong. Enggak nunggu suami pulang pas weekend, langsung saja saya pesan lewat Go-Food, hihihi.... Lumayan jaraknya enggak sejauh yang di Jalan Bagus Rangin, jadi ongkirnya lebih murah, hohoho....

Waktu itu saya pesan Se'i Sapi Sambal Lu'at dan Se'i Lidah Rica-Rica. Ya ampun, enak banget. Pantas ya waiting listnya gila-gilaan. Anak-anak juga suka, dimakan sama nasi hangat, mereka makannya lahap banget. Saya pun bertekad untuk mengajak suami makan di Se'i Sapi Lamalera pas weekend nanti. 

Nah, hari Sabtu beberapa minggu yang lalu, setelah menyelesaikan urusan perpanjangan STNK di Samsat, kami ingin sekalian makan siang di luar. Akhirnya kesampaian deh mengajak suami ke Se'i Sapi Lamalera yang berada di Jalan Emong.

Kami tiba di sana pukul 11, masih cukup pagi. Lokasinya mudah dicari, tempat parkirnya cukup luas meski sebagian besar diperuntukkan bagi motor. Tempat makannya juga luas, terang, dan lengang dengan desain yang fresh dan simpel. Senang banget deh ada cabang di Jalan Emong. Selain lebih dekat dari rumah, tempatnya nyaman, juga enggak seramai seperti di Jalan Bagus Rangin yang berada di pusat kota. 

sei sapi lamalera

Saat kami tiba, sudah ada beberapa meja yang terisi. Akang-akang Go-Food dan Grab juga sudah mulai berdatangan. Kami pun bisa langsung masuk dan memilih meja tanpa perlu masuk waiting list, hohoho....

Kemudian kami diberi buku menu eh bukan buku deng karena cuma selembar, hehehe... bersama kertas pesanannya. Cara memesannya, kami memilih dulu menu apa saja yang akan dipesan. Setelah itu, kertas pesanannya dibawa sendiri ke bagian depan dan sekalian bayar juga di kasir. 

Oh iya, teman-teman sudah tahu belum se'i itu apa? Jadi se'i itu merupakan daging asap khas Kupang. Di Kupang sana, yang hitsnya sih se'i babi. Tapi tenang, Se'i Sapi Lamalera ini halal kok. Selain se'i sapi, di sini ada juga se'i lidah, se'i ayam, dan se'i iga sapi. Dengan pilihan bumbu sambal lu'at khas NTT, rica-rica khas Manado, sambal matah khas Bali, sambal ijo khas Padang, dan lada hitam. 

sei sapi lamalera
Teh Sereh Panas (Rp 6.000), Lemon Tea Panas (Rp 8.000), Milkshake Coklat (Rp 16.000)

Untuk makannya, kami memesan Se'i Sapi Sambal Lu'at ukuran Reguler dan Se'i Lidah Rica-Rica ukuran Jumbo. Yup, di sini ada dua ukuran, reguler dan jumbo, tinggal pilih saja sesuai kebutuhan. Tentu saja pesan sama nasinya juga. Adapun untuk minumnya, kami memesan Teh Sereh Panas, Lemon Tea Panas, dan Milkshake Coklat. Enggak perlu menunggu lama, pesanan kami pun langsung sampai.

sei sapi lamalera

Minumannya mah standar lah ya, mending langsung bahas makanannya saja. Jadi, Se'i Sapi Sambal Lu'at ini sambalnya terpisah. Makanya saya pilih ini supaya anak-anak bisa makan se'i sapi originalnya yang enggak pedas. Disajikan bersama tumis daun pepaya dan kuah kaldu. Dagingnya tipis dan empuk dengan aroma asap yang menggiurkan. Sambal lu'atnya pedas asam gitu, segar deh. Tumis daun pepayanya juga enak, enggak pahit sama sekali. Sedangkan kuah kaldunya gurih kaya kuah bakso.

sei sapi lamalera
Se'i Sapi Sambal Lu'at Reguler (Rp 20.000)

Kalau Se'i Lidah Rica-Rica, bumbunya menyatu ya dengan lidahnya. Pedasnya mantap. Namun menurut suami, bumbu rica-ricanya terlalu berminyak. Yang lainnya sama. Disajikan bersama tumis daun pepaya dan kuah kaldu. Suka banget. Enggak cukup dimakan hanya bersama satu porsi nasi. Makanya, kami pesan nasi lagi, hihihi.... 

sei sapi lamalera
Se'i Lidah Rica-Rica Jumbo (Rp 55.000)

Kesimpulannya, recomended. Pokoknya harus ke sana lagi nih, nyobain jenis se'i lain dan varian bumbu lainnya juga.

2 comments :

  1. Saya salah satu penggemar ikan asap, dulu pernah ngebayangin, apa daging2 sapi atau kambing gitu diasapi bakal enak ya? apa dagingnya mateng ya? tapi tak pernah nemu hidangan ini di kampung atau di kalbar.

    lalu akhirnya sekarang melihat ini... sepertinya enaaaaakkk. ini nyarinya di mana dah kalo kota besar lainnya?

    ReplyDelete