Wednesday, October 16, 2019

Jalan-Jalan di Bandung, Naik Apa Ya...


Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata favorit di Indonesia. Setuju enggak? Begitu banyak pilihan objek wisata di Bandung. Wisata alam, wisata belanja, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata kuliner, dan lain-lain. Saya saja yang sejak lahir tinggal di Bandung, belum sempat mengunjungi semuanya. Hampir setiap bulan, selalu ada saja tujuan wisata yang baru. Enggak terkejar, hehehe....

Teman-teman ada rencana jalan-jalan di Bandung? Sayangnya, semakin lama, Bandung semakin macet ya. Tapi tenang, dengan memilih moda transportasi yang tepat, teman-teman bisa kok menikmati wisata Bandung dengan nyaman.


Berikut beberapa moda transportasi yang bisa teman-teman gunakan untuk jalan-jalan di Bandung.

Bandung Tour on Bus (Bandros)
Bandros adalah bus yang disediakan oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung. Teman-teman bisa jalan-jalan keliling Bandung menggunakan Bandros. Bandros beroperasi setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore. Titik naik dan turunnya ada di Balai Kota, Alun-Alun, dan Taman Lansia. Oh iya, khusus hari Jumat dan Sabtu, ada Night Bandros loh. Waktu operasinya mulai pukul setengah 7 sampai pukul 9 malam. 

Bandros ini memiliki 5 rute, sesuai warna busnya yaitu kuning, pink, ungu, hijau, dan biru. Teman-teman bisa melihat detail rutenya di bit.ly/rutebandros. Tinggal pilih saja mana yang paling menarik. Tarifnya Rp 20.000. Tapi kalau mau multi trip atau seharian, bisa juga kok, tarifnya Rp 40.000. Lebih asyik dan lebih hemat, hohoho....

Dengan menggunakan Bandros, teman-teman enggak perlu pusing memikirkan rute dan macetnya Kota Bandung. Tinggal duduk manis saja sambil mendengarkan penjelasan dari pemandu wisata yang mendampingi. Bandros ini enggak bisa disewa. Untuk mendapatkan tiketnya, teman-teman harus langsung membeli di tempatnya.

Transportasi umum
Jika ingin jalan-jalan dengan rute yang lebih fleksibel, teman-teman bisa memanfaatkan transportasi umum seperti angkot, bus kota (Damri), dan BRT (Trans Metro Bandung - TMB).

Bus Damri memiliki 11 rute. Adapun TMB memiliki 4 rute. Rencananya bulan November ini TMB akan menambah 1 rute lagi. Teman-teman bisa cek detail rutenya di akun Instagram @dishubkotabandung. Tarifnya murah. Fasilitasnya nyaman dan sudah memakai AC. Cara pembayarannya pun semakin kekinian karena bisa dilakukan secara non tunai, sudah mulai diaplikasikan secara bertahap di beberapa rute.

Nah, untuk jalan yang enggak terjangkau oleh Damri dan TMB, teman-teman bisa menggunakan angkot. Rutenya banyak, ada puluhan. Teman-teman bisa mengetahui angkot mana yang dibutuhkan dengan mengeceknya di https://angkot.tibandung.com/. Namun karena enggak dikelola oleh pemerintah, pelayanannya enggak bisa terjamin. Meski enggak semuanya, mungkin saja teman-teman bisa menaiki angkot yang supirnya ugal-ugalan atau angkot yang betah banget ngetem. Makanya, angkot lebih 'seru' untuk teman-teman yang memang ingin benar-benar mengeksplorasi Bandung termasuk pengalaman menggunakan transportasi lokalnya. 

Ojek atau Taksi Online
Bagi teman-teman yang lebih menyukai kepraktisan, sekarang sudah ada ojek dan taksi online. Enggak ada rute, bebas. Tarifnya pun jelas. Fasilitasnya nyaman seperti kendaraan pribadi. Meski dulu kehadirannya sempat ditolak oleh ojek dan taksi konvensional, sekarang ojek dan taksi online sudah semakin merajalela di jalan. Meski masih ada juga sih beberapa 'daerah terlarang' bagi mereka.

Enaknya, dengan menggunakan ojek dan taksi online teman-teman bisa jalan-jalan dengan nyaman tanpa perlu memikirkan rute dan tempat parkir. Namun yang perlu teman-teman perhatikan, saat akhir pekan dan pada jam sibuk, tarifnya tentu menyesuaikan. Kadang apabila teman-teman membutuhkan kendaraan di lokasi yang macet, susah juga mendapatkan drivernya. 

Sewa Mobil
Apabila jalan-jalannya ramai-ramai bersama keluarga atau kawan, teman-teman bisa sewa mobil saja. Lebih praktis karena memuat lebih banyak penumpang. Apalagi jika tempat wisata yang dituju lokasinya enggak sedikit dan berjauhan. Untuk jarak jauh, biayanya menjadi lebih murah karena tarifnya dihitung harian. 

Zaman sekarang, sewa mobil mudah banget, bisa dilakukan secara online dan bisa dipesan beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya. Jadi ketika sudah tiba di Bandung, tinggal menikmati saja. Yup, teman-teman juga enggak perlu pusing memikirkan rute dan kemacetan karena ada pengemudi yang biasanya warga lokal sehingga merangkap menjadi pemandu wisata juga bagi teman-teman. 

Jadi, kapan teman-teman mau jalan-jalan di Bandung? Pilih naik apa?

25 comments :

  1. aku mauuu ke BDG lagiii
    biasanya kalo halan2 dianterin adek iparku.
    tapiii bolehlahh mau coba BANDROS biar makin asyiqqqqq
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Aku penasaran sama Bandros teh, anakku sih udah karena kegiatan TK-nya hahaha..semoga next bisalah naik Bandros

    ReplyDelete
  3. Kalau aku mau naik Bandros. Tapi kalau gak kebagian antrian, mungkin milih transportasi online biar cepet. Kalau perginya sama yang bisa bawa mobil, nyewa enak kali ya

    ReplyDelete
  4. Aku mau ke Banduuuuung. Insyaallah ntar mau ada event di sana. Jadi bisa cobain Bandros nih.

    ReplyDelete
  5. Naik Angkot. Aku kalau di Bandung lebih suka naik angkot sebenarnya daripada naik taxi online. Eh aslinya aku ngidam banget naik Badros. Kayaknya perlu diagendakan seharian naik Badros. Murah banget 40.000 bisa keliling Bandung.

    ReplyDelete
  6. Penasaran deh pengen naik Bandros. Kayaknya seru, murah pula tuh. Beli tiketnya cuma bisa di ttik naiknya aja ya?

    ReplyDelete
  7. Wah iya, di Bandung sekarang mah tambah variatif ya alat transportasi teh. Dari angkot, bis, kereta, bis, sampe ojek online. Dan kalo masih belom bisa memenuhi kebutuhan, bisa sewa mobil juga. Tinggal pilih senyaman kita dan sesuai dengan kondisi dompet aja

    ReplyDelete
  8. Kalau saya lebih milih pakai damri atau trans metro Bandung. Keadaan di dalam bisnya nyaman dan yang pasti gak maju mundur cari penumpang atau ngetem. Selain itu seringnya pakai motor online.
    Kalau terpaksaaa banget, baru pakai angkot, deh!

    ReplyDelete
  9. Bandung, salah satu kota yang pengen saya tinggali. Dikelilingi gunung gemunung, rasanya menyenangkan. Apalagi transportasi umumnya bagus ya. Duh jadi pengen jalan-jalan ke Bandung lagiii.

    ReplyDelete
  10. Lebih suka Naik Bandros๐Ÿ˜œ seru Aja gak Ada soalnya di Jakarta siga Naik odong2,, smoga Makin banyak di tempat titik pariwisata buat mudah aksesnya

    ReplyDelete
  11. Sekarang paling praktis sih memang ojol atua takol jadi andalan ya teh. Saya juga kalau kemana2 males bawa kendaraan pribadi ya andalkan ojol atau takol.

    ReplyDelete
  12. Pengen coba naik Bandros deh Nat, asyik keliling kota naik Bandros yang lucu..pengen eksplorasi Bandung lagi terus main ke rumahmu..

    ReplyDelete
  13. Asiik...
    Ada sewa mobil yang bisa dijadikan pilihan transportasi selama di Bandung.
    Aku kalo kedatengan tamu rada banyakan butuh banget info ini. Secara mobilku mungil.

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah nyoba bandros.. Mau deh kalau ke Bandung naik bandros. Harganya juga murah 40rb keliling2.

    ReplyDelete
  15. Jadi ingin sekaliii aja naik Bandros. Jadi tahu spot-spot turis di Kota Bandung. Selama ini gak tahu mana spot yang menarik di tengah kota karena cuma mampir atau lewat doang.

    ReplyDelete
  16. dulu mba, sebelum nikah, sama suamik ke Bandung ngangkot lho, seru deh, naik turun angkot mau ke setiap tempat yang dituju

    ReplyDelete
  17. Naik Bandros emang seru sih.. tapi kalo mau puas ya sewa mobil hehe bisa sampe ke Lembang atau yang jauh2 sekalian..

    ReplyDelete
  18. Wah bisa jadi pilihan pas di bandung selain angkot. Memang ke Bandung nggak seru kalau nggak eksplore. Apalagi banyak kuliner enak yang bikin seruu

    ReplyDelete
  19. Pengen nyobain Bandros, karena udah pernah naik yang disebutkan lainnya. Kalau naik Bandros emang belum pernah, jadi mupeng deh.

    ReplyDelete
  20. Wuaa jadi kangeen main ke Bandung.. ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  21. Gak pernah ke Bandung mbaa. Duh, ngenes banget aku. Asik ya ada sewa mobil yg bisa dijadiin pilihan selama perjalanan disana. Wah, jadi pengen jalan2 nih

    ReplyDelete
  22. Dengan bandros sepertinya asyik ya, apalagi buat yang masih buta bandung seperti saya. Tinggal duduk manis sambil mendengarkan cerita...

    ReplyDelete
  23. Solusi niihh buat aku yg tinggal di bekasi dan mau ke bandung tanpa harus ngerasin macet di tol. Bisa naik kereta dari bekasi. Keliling kota Bandungnya gak usah pusing lagi ya. Banyak pilihan transportasinya.

    ReplyDelete
  24. Aku pingin banget ke bandung. Tapi kayaknya entar naik ojek online aja. Soalnya kalau sewa mobil belum berani

    ReplyDelete
  25. Kapan-kapan harus Cobain Bandros itu deh. Biasanya sih aku Naik Mobil sendiri kalo ke Bandung.

    ReplyDelete